silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen biotik menjadi mati.
Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup.
Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Nama: Idel Mizal
NIM: 85658315
Prodi : PGSD
Dari video yang telah dianalisa, bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh guru sangat membantu siswa untuk membuka cakrawala mereka, sebab pembelajaran bersifat kontekstual karena siswa dapat menghubungkan materi dengan contoh kehidupan sehari-hari. Guru disini sangat bagus dalam memberikan penguatan ketika peserta didik aktif menanggapi. Proses pembelajaran berjalan baik hingga akhir.
Assalamu alaikum wr,wb
Nama = SITI MUSDALIFAH
NIM = 085227716008
PRODI = PGSD
POKJAR = KALIWUNGU
Tanggapan dari Vidio PJBL ini,
1. Vidio ini merupakan model pembelajaran yang berpusat terhadap siswa ( student center) dengan memberikan suatu proyek yang dilakukan oleh kelompok sehingga menghasilkan produk. apabila melihat proses pembelajarannya sudah sesuai dengan sintak model pembelajaran, peserta didik mendapat pengalaman baru. vidio ini membantu sekali untuk peran guru yang hanya sebagai fasilitator, dimana murid yang aktif dan kritis memecahkan masalah.
2. Hal penting yang diperoleh dari pembelajaran ini adalah bisa mendorong semangat siswa supaya selalu kreatif dan berpikir kritis. Tayangan vidio di atas sudah sesuai kebutuhan dalam pembelajaran . Hal yang sangat berkesan dalam pembelajaran ini adalah guru bisa menciptakan suasana yang membangun siswa untuk aktif, berpikir kritis dan senang.
3. Menurut saya tayangan Vidio ini sudah sesuai dengan kebutuhan guru saat mengajar atau merancang pembelajaran. disini model pembelajaranya kreatif , inovasi, tidak hanya monoton pada acuan modul/paket saja.
4. Hal yang sudah baik dalam vidio ini antara lain sesuai dengan peran guru yang pada dasarnya hanya menjadi fasilitator yaitu lebih mengarah pada pemberian permasalahan berupa studi kasus yang akan diselesaikan pada peserta didik, dan peserta didiklah yang aktif memecahkan masalah. Arahan dari guru jelas, mampu menciptakan suasana yang senang, inovasi, dan efektif terhadap pembelajaran.
Terima kasih, Wassalamu alaikum wr.wb
NAMA :Rahayu Setyorini
NIM: 857757505
PRODI : PGSD
POKJAR : UPBJJ SEMARANG
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
Sangat menarik & inspiratif, karena guru berupaya mengeksplor pendapat siswa dari wawasan yang dimiliki. Selain itu, guru juga menggunakan media yang menarik sehingga siswa mudah menerima pembelajaran yang diberikan.
2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?Inspirasi tentang pengeloaan kelas untuk lebih mengeksplor kemampuan siswa, tidak melulu guru saja yang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran sehingga terlaksana pembelajaran yang interaktif.
3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?Sangat sesuai, karena mengingatkan kembali tentang pengelolaan kelas yang interaktif
4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?Guru interaktif, memberikan kesempatan kepada siswa untu menyampaikan pendapat
Nama : Nishfu Lailiyah
NIM : 858911392
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ : Jember
Video tersebut sangat menarik, karena didalam video tersebut memberikan gambaran pada kita tentang bagaimana mengajar yang baik dann benar serta dapat menarik semangat atau antusias para siswa. Dengan memberikan gambaran mengenai materi yang akan dibahas, serta mengikut sertakan siswa dalam kegiatan belajar aktif akan menjadikan siswa lebih antusias dan memiliki semangat belajar yang tinggi. Dengan begitu rasa ingin tau yang tinggi akan muncul dari dalam diri siswa. Pada video tersebut juga terdapat pesan yang tersirat, yakni sebagai guru kita hendaknya selalu mengupgrade kemampuan serta dapat mengembangkan kekreatifitas dalam menyusun, membuat media pembelajaran, serta dalam mengajarnya.
Selamat Pagi Semuanya, Ijin menanggapi topik diskusi pada vidio pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar ini.
Nama : Fierda Martina Laia
NIM : 856039624
Prodi : S-1 PGSD
Pokjar : TAPTENG
UPBJJ : Medan
1. Pendapat saya terkait vidio pembelajaran berbasis proyek (PJBL) ini ialah bahwasanya PJBL ini sangat baik jika kita terapkan didalam kelas kita masing-masing, karena dengan PJBL ini siswa akan mampu menghasilkan suatu proyek yang bisa berguna dikehidupan sehari-hari apalagi dengan memanfaatkan sampah yang ada disekitarnya. Dan juga siswa akan berfikir kreatif dalam PJBL ini, sehingga menimbulkan motivasi siswa dalam pembelajaran yang sedang berlangsung, sehingga dalam kelas siswa tidak lagi hanya monoton, pasif dalam pembelajaran, dan juga dengan PJBL ini, siswa akan langsung belajar secara konkret atau nyata dan siswa juga bisa sekalian bermain dalam membuat suatu proyek yang dimana sangat mendukung dimasa peserta didik yang dunianya masih bermain.
Seperti proyek yang dihasilkan siswa dari botol plastik bekas yang ada didalam vidio yang menimbulkan keaktifan dan kreatifitas siswa dalam membuat suatu karya yang bermanfaat walaupun terkadang memilik kesulitan dalam proses pembuatannya. Selain manfaat PJBL diterapkan disekolah sangat baik, ternyata juga PJBL ini bisa menjadi salah satu keunggulan dari sekolah kita, jika kita mampu mengasilkan susatu proyek yang berguna dan dapat dijual.
2. Menurut saya, begitu banyak hal yang penting yang saya dapat dari vidio diatas. Salah satunya ialah dari cara guru tersebut yang membangkitkan suasana kelas yang kreatif dalam menciptakan susatu proyek yang sangat berguna, seperti pemanfaatan dari botol,bekas tersebut. Sehingga saya bisa menerapkannya kepada siswa saya dikemudian hari.
3. Tayangan vidio ini sangat sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar dan merancang pembeljaran saya terkait maple IPAS, karena sekolah kami sekolarang lagi tahap kurikulum Merdeka Belajar. Jadi dengan tayangan dari vido ini saya jadi paham bagaiman pembelajaran IPAS dalam model pembelajaran berbasis proyek .
4. Menurut saya hal yang sudah sangat baik dalam vidio ini ialah:
– Guru mampu menguasai kelas dan menimbulkan Susana kelas yang mebuat siswa ikut berpartisipasi dalam pembelajaran.
Keaktifan siswa yang sangat baik dalam pembelajaran terutama kreativitas dalam membuat susatu proyek yang berguna.
– Apresiasi guru yang sangat baik jika ada siswa yang memberikan tanggapan terkait pertanyaan yang diajukan guru tersebut.
Terimakasih.
Nama ; Melsi gustina
Nim;856213038
Program Studi; PGSD-S1
Menurut tanggapan saya tentang video diatas adalah pembelajaran berbasis PBL , metode pembelajaran yang sangat menarik bagi siswa dan banyak diterapkan oleh guru.
Hal yang sangat penting diperoleh dalam video tersebut adalah menggunakan moodel pembelajaran PBL dalam proses mengajar siswa dapat bersemangat semaksimal mungkin untuk mempersiapkan pembelajaran yang akan diberikan guru.
Tayangan video diatas yang sudah saya tonton sangat sesuai dengan kebutuhan dalam proses mengajar karena proses belajar terdapat materi yang disampaikan sudah tepat dengan materi pembelajaran sudah disiapkan dengan peraganya.
Hal sangat baik dalam sebuah video diatas adalah seorang guru sudah mempersiapkan materi pembelajaran dan sebelum memulai proses pembelajaran mengajar ,bahan dan praktek sudah disiapkan.
Seorang guru juga mengajukan pertanyaan yang meransang otak siswa untuk kesiapan belajar dengan bersemangat.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
Perkenalkan,
Nama : Muris Arna Noor Septiriyani
NIM : 857598699
Prodi : PGSD BI
Terimakasih,
1. Menurut Saya pembelajaran berbasis PjBL ini sangat bagus, karena bisa meningkatkan motivasi belajar peserta didik untuk belajar. Mendorong kemampuan mereka untuk melakukan pekerjaan penting serta mereka perlu untuk dihargai. Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan berhasil memecahkan problem-problem kompleks. Meningkatkan daya kolaborasi. Mendorong peserta didik untuk mengembangkan dan mempraktikkan keterampilan komunikasi. Meningkatkan keterampilan peserta didik dalam mengelola sumber. Membuat suasana belajar menjadi menyenangkan sehingga peserta didik maupun pendidik menikmati proses pembelajaran.
Tetapi dilain sisi PjBL ini memerlukan banyak waktu yang harus disediakan untuk menyelesaikan permasalahan yang kompleks. Banyak pendidik merasa nyaman dengan kelas tradisional, dimana pendidik memegang peran utama dikelas, ini merupakan tradisi yang sulit, terutama bagi pendidik yang kurang atau tidak menguasai teknologi. Peserta didik pun memiliki keluhan dalam percobaan dan harus meminta bantuan ke orang tua. Ada kemungkinan peserta didik yang kurang aktif juga dalam kerja kelompok.
2. Hal penting yang Saya peroleh dari video pembelajaran tersebut adalah mendorong semangat pendidik supaya selalu kreatif saat membuat media pembelajaran.
3. Menurut Saya, tayangan video tersebut sangat sesuai dengan kebutuhan Saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran, karena sesuai dengan urutan kegiatan pembelajaran, diantaranya ada pendahuluan, pembukaan, materi, penutup serta ada juga ice breakingnya sehingga peserta didik tidak merasa jenuh dan bosan.
4. Menurut Saya, hal yang sudah sangat baik dalam video tersebut ialah adanya interaksi antar peserta didik dengan pendidik, sehingga suasana belajar aktif, menyenangkan, tidak jenuh dan tidak membosankan.
Terimakasih,
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
SITI MUSDALIFAH says:
April 19, 2023 at 10:32 pm
Assalamu alaikum wr,wb
Nama = SITI MUSDALIFAH
NIM = 857748459
PRODI = PGSD
POKJAR = KALIWUNGU
Tanggapan dari Vidio PJBL ini,
1. Vidio ini merupakan model pembelajaran yang berpusat terhadap siswa ( student center) dengan memberikan suatu proyek yang dilakukan oleh kelompok sehingga menghasilkan produk. apabila melihat proses pembelajarannya sudah sesuai dengan sintak model pembelajaran, peserta didik mendapat pengalaman baru. vidio ini membantu sekali untuk peran guru yang hanya sebagai fasilitator, dimana murid yang aktif dan kritis memecahkan masalah.
2. Hal penting yang diperoleh dari pembelajaran ini adalah bisa mendorong semangat siswa supaya selalu kreatif dan berpikir kritis. Tayangan vidio di atas sudah sesuai kebutuhan dalam pembelajaran . Hal yang sangat berkesan dalam pembelajaran ini adalah guru bisa menciptakan suasana yang membangun siswa untuk aktif, berpikir kritis dan senang.
3. Menurut saya tayangan Vidio ini sudah sesuai dengan kebutuhan guru saat mengajar atau merancang pembelajaran. disini model pembelajaranya kreatif , inovasi, tidak hanya monoton pada acuan modul/paket saja.
4. Hal yang sudah baik dalam vidio ini antara lain sesuai dengan peran guru yang pada dasarnya hanya menjadi fasilitator yaitu lebih mengarah pada pemberian permasalahan berupa studi kasus yang akan diselesaikan pada peserta didik, dan peserta didiklah yang aktif memecahkan masalah. Arahan dari guru jelas, mampu menciptakan suasana yang senang, inovasi, dan efektif terhadap pembelajaran.
Terima kasih, Wassalamu alaikum wr.wb
Assalamu alaikum wr,wb
Nama = SITI MUSDALIFAH
NIM = 857748459
PRODI = PGSD
POKJAR = KALIWUNGU
Tanggapan dari Vidio PJBL ini,
1. Vidio ini merupakan model pembelajaran yang berpusat terhadap siswa ( student center) dengan memberikan suatu proyek yang dilakukan oleh kelompok sehingga menghasilkan produk. apabila melihat proses pembelajarannya sudah sesuai dengan sintak model pembelajaran, peserta didik mendapat pengalaman baru. vidio ini membantu sekali untuk peran guru yang hanya sebagai fasilitator, dimana murid yang aktif dan kritis memecahkan masalah.
2. Hal penting yang diperoleh dari pembelajaran ini adalah bisa mendorong semangat siswa supaya selalu kreatif dan berpikir kritis. Tayangan vidio di atas sudah sesuai kebutuhan dalam pembelajaran . Hal yang sangat berkesan dalam pembelajaran ini adalah guru bisa menciptakan suasana yang membangun siswa untuk aktif, berpikir kritis dan senang.
3. Menurut saya tayangan Vidio ini sudah sesuai dengan kebutuhan guru saat mengajar atau merancang pembelajaran. disini model pembelajaranya kreatif , inovasi, tidak hanya monoton pada acuan modul/paket saja.
4. Hal yang sudah baik dalam vidio ini antara lain sesuai dengan peran guru yang pada dasarnya hanya menjadi fasilitator yaitu lebih mengarah pada pemberian permasalahan berupa studi kasus yang akan diselesaikan pada peserta didik, dan peserta didiklah yang aktif memecahkan masalah. Arahan dari guru jelas, mampu menciptakan suasana yang senang, inovasi, dan efektif terhadap pembelajaran.
Terima kasih, Wassalamu alaikum wr.wb
Nama : Nadia ulfa marpaung
Nim : 856022147
program study : S-1 PGSD
pokjar : Asahan
Upbjj : Medan
1. 1. setelah saya melihat vidio tersebut dalam pembelajaran (PJBL) menerut saya pembelajaran project based learning sangat baik dengan pendekatan saintifik peserta didik termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. peserta didik leih aktif, semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran diskusi dan menanggapi presentasi .pada saat melaksanakan diskusi semua peserta didik terlibat aktif karena adanya pembagian tugas yang merata dan tuntutan dalam menyelesaikan tugasnya.
2. 2. hal penting yang diperoleh dari vidio pembelajran tersebut yaitu siswa dapat menunjukkan pengetahuan dan kemmapuan mereka melalui presentasi atau produk yang dihasilkan untuk publik secara nyata selain itu, project based learning juga dapat mengembangkan pengetahuan konstan yang mendalam serta keterampilan berpikir yang kritis,kolaborasi,kreativitas, dan komunikasi.
3. 3. ya sesuai menurut saya vidio tersebut sangat bermanfaat bagi saya karena dengan adanya ontoh vidio (PJBL) saya banyak belajar cara menagajar dengan baik dalam metode (PJBL) untuk mengembangkan proses pembelajaran yang innovatif dan bisa menjadi salah satu alternatif dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
4. 4. hal yang sangat baik dalam vidio diatas guru tersebut sangat jelas dn terarah dalam menyampaikan materi yang akan diajarkan guru tersebut melaui proses pembelajaran yang menyenangkan siswa menajdi lebih aktif dalam pembelajaran di kelas.