silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen biotik menjadi mati.
Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup.
Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
NAMA: FEBRIWATI TELAUMBANUA
NIM: 856037416
UPBJJ: MEDAN
POKJAR :IDANEGAWO
1.setelah saya menonton dalam pembelajaran (PJBL) menurut saya ,mengajak siswa lebih aktif dalam proses pelajaran ,sistem mengajarnya seperti bercerita,tetapi mempunyai makna yang begitu dalam bagi anak didik ,sehingga anak didik lebih mudah memahami ,materi yang di sampaikan guru.
2.guru mengajar siswa untuk bisa berkarya /mendaur ulang botol bekas menjadi hiasan kelas
peserta didik menyelidiki bagaimana hubungan saling ketergantungan antar komponen biotik -abiotik yang mempegaruhi kestabilan suatu ekosistim di lingkungan sekitar .
3.sangat menjadi acuan kedepan untuk merangcang pembelajaran, menjadi lebih kreatif dan tidak tergantung pada buku paket.
4.dalam video ini mempunyai makna yang sangat baik untuk peserta didik ,karna sangat membatu mereka dalam mengetahui hal-hal apa saja yg di jelaskan guru misalnya , di saat siswa menonton video pasti siswa lebih cepat menangkap karna kenapa video nya langsung memberikan gambar /contoh sehingga mudah di pahami .
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
menurut pendapat saya video pembelajaran berbasis proyek (PjBL) yang telah ditayangkan ini merupakan kegiatan pembelajaran yang sangat menarik, dan efektif. hal ini dikarenakan guru didalam video melakukan pembukaan pembelajaran dengan membuat atau memberikan suatu acuan dari pengalaman siswa, sehingga siswa didalam kelas semuanya ikut berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran dan menjawab pertanyaan atau acuan dari pak guru.
2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
hal penting yang dapat saya peroleh dari video pembelajaran diatas adalah, guru harus:
– pada awal pembelajaran guru harus memberikan acuan untuk membangkitkan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran.
– langkah kedua adalah guru harus mendesain rencana tentang kegiatan project yang akan dilakukan.
– langkah ketiga adalah guru juga harus memberikan jadwal kapan proses pembuatan project akan dilakukan dan kapan deadline project tersebut harus dikumpulkan
– langkah keempat adalah guru harus memonitoring kegiatan pengerjaan project yang dilakukan oleh siswa.
– langkah kelima adalah menguji hasil project yang telah dikerjakan dengan cara menyuruh salah satu siswa yang ada di setiap kelompok untuk mempersentasikan hasil kegiatan project yang dibuat.
– langkah terakhir adalah melakukan evaluasi pengalaman belajar siswa dengan menanyakan kepada setiap siswa apa saja kelemahan atau kekurangan dari produk dan juga kendala atau pun kesulitan yang dihadapi selama mengerjakan project tersebut.
3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
tayangan video diatas sudah sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran karena rancangan pembelajaran yang di tayangkan sangat sistematis, dimulai dari kegiatan awal guru memberikan acuan kepada siswa dikelas sehinggga siswa didalam kelas berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. pada kegiatan inti guru sudah mendesain rencana kegiatan, mengatur jadwal kapan proses pembuatan dan kapan deadline project akan dikumpulkan, pada saat siswa melakukan proses project guru berperan sebagai fasilitator yang dimulai dari awal diskusi sampai pengujian laporan hasil project yang dilakukan oleh siswa. pada kegiatan penutup guru melakukan evaluasi pengalaman belajar siswa dengan menanyakan kepada setiap siswa apa saja kelemahan atau kekurangan dari produk dan juga kendala atau pun kesulitan yang dihadapi selama mengerjakan project tersebut.
4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
hal yang sudah sangat baik dalam video adalah guru telah mempersiapkan materi secara sistematis, dengan sarana yang baik pula dimana alat dan bahan untuk project dapat ditemukan dengan mudah di lingkungan. sehingga dalam kegiatan pembelajaran siswa sangat aktif dan antusias dalam melakukan atau membuat produk untuk project, kegiatan pembelajaran pun menjadi lebih bermakna dan tidak membosankan.
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini? menurut pendapat saya video pembelajaran berbasis proyek (PjBL) yang telah ditayangkan ini merupakan kegiatan pembelajaran yang sangat menarik, dan efektif. hal ini dikarenakan guru didalam video melakukan pembukaan pembelajaran dengan membuat atau memberikan suatu acuan dari pengalaman siswa, sehingga siswa didalam kelas semuanya ikut berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran dan menjawab pertanyaan atau acuan dari pak guru.
2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini? hal penting yang dapat saya peroleh dari video pembelajaran diatas adalah, guru harus: – pada awal pembelajaran guru harus memberikan acuan untuk membangkitkan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. – langkah kedua adalah guru harus mendesain rencana tentang kegiatan project yang akan dilakukan. – langkah ketiga adalah guru juga harus memberikan jadwal kapan proses pembuatan project akan dilakukan dan kapan deadline project tersebut harus dikumpulkan – langkah keempat adalah guru harus memonitoring kegiatan pengerjaan project yang dilakukan oleh siswa. – langkah kelima adalah menguji hasil project yang telah dikerjakan dengan cara menyuruh salah satu siswa yang ada di setiap kelompok untuk mempersentasikan hasil kegiatan project yang dibuat. – langkah terakhir adalah melakukan evaluasi pengalaman belajar siswa dengan menanyakan kepada setiap siswa apa saja kelemahan atau kekurangan dari produk dan juga kendala atau pun kesulitan yang dihadapi selama mengerjakan project tersebut.
3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran? tayangan video diatas sudah sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran karena rancangan pembelajaran yang di tayangkan sangat sistematis, dimulai dari kegiatan awal guru memberikan acuan kepada siswa dikelas sehinggga siswa didalam kelas berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. pada kegiatan inti guru sudah mendesain rencana kegiatan, mengatur jadwal kapan proses pembuatan dan kapan deadline project akan dikumpulkan, pada saat siswa melakukan proses project guru berperan sebagai fasilitator yang dimulai dari awal diskusi sampai pengujian laporan hasil project yang dilakukan oleh siswa. pada kegiatan penutup guru melakukan evaluasi pengalaman belajar siswa dengan menanyakan kepada setiap siswa apa saja kelemahan atau kekurangan dari produk dan juga kendala atau pun kesulitan yang dihadapi selama mengerjakan project tersebut.
4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini? hal yang sudah sangat baik dalam video adalah guru telah mempersiapkan materi secara sistematis, dengan sarana yang baik pula dimana alat dan bahan untuk project dapat ditemukan dengan mudah di lingkungan. sehingga dalam kegiatan pembelajaran siswa sangat aktif dan antusias dalam melakukan atau membuat produk untuk project, kegiatan pembelajaran pun menjadi lebih bermakna dan tidak membosankan.
Nama : Christine Artha Sagita Malau
NIM : 859889201
Program Studi : PGSD S1
1. Menurut pendapat saya video pembelajaran berbasis proyek (PjBL) yang telah ditayangkan ini merupakan kegiatan pembelajaran yang sangat menarik, dan efektif. hal ini dikarenakan guru didalam video melakukan pembukaan pembelajaran dengan membuat atau memberikan suatu acuan dari pengalaman siswa, sehingga siswa didalam kelas semuanya ikut berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran dan menjawab pertanyaan atau acuan dari pak guru.
2. Hal penting yang dapat saya peroleh dari video pembelajaran diatas adalah, guru harus:
– pada awal pembelajaran guru harus memberikan acuan untuk membangkitkan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran.
– langkah kedua adalah guru harus mendesain rencana tentang kegiatan project yang akan dilakukan.
– langkah ketiga adalah guru juga harus memberikan jadwal kapan proses pembuatan project akan dilakukan dan kapan deadline project tersebut harus dikumpulkan
– langkah keempat adalah guru harus memonitoring kegiatan pengerjaan project yang dilakukan oleh siswa. – langkah kelima adalah menguji hasil project yang telah dikerjakan dengan cara menyuruh salah satu siswa yang ada di setiap kelompok untuk mempersentasikan hasil kegiatan project yang dibuat.
– langkah terakhir adalah melakukan evaluasi pengalaman belajar siswa dengan menanyakan kepada setiap siswa apa saja kelemahan atau kekurangan dari produk dan juga kendala atau pun kesulitan yang dihadapi selama mengerjakan project tersebut.
3. Tayangan video diatas sudah sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran karena rancangan pembelajaran yang di tayangkan sangat sistematis, dimulai dari kegiatan awal guru memberikan acuan kepada siswa dikelas sehinggga siswa didalam kelas berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. pada kegiatan inti guru sudah mendesain rencana kegiatan, mengatur jadwal kapan proses pembuatan dan kapan deadline project akan dikumpulkan, pada saat siswa melakukan proses project guru berperan sebagai fasilitator yang dimulai dari awal diskusi sampai pengujian laporan hasil project yang dilakukan oleh siswa. pada kegiatan penutup guru melakukan evaluasi pengalaman belajar siswa dengan menanyakan kepada setiap siswa apa saja kelemahan atau kekurangan dari produk dan juga kendala atau pun kesulitan yang dihadapi selama mengerjakan project tersebut.
4. Hal yang sudah sangat baik dalam video adalah guru telah mempersiapkan materi secara sistematis, dengan sarana yang baik pula dimana alat dan bahan untuk project dapat ditemukan dengan mudah di lingkungan. sehingga dalam kegiatan pembelajaran siswa sangat aktif dan antusias dalam melakukan atau membuat produk untuk project, kegiatan pembelajaran pun menjadi lebih bermakna dan tidak membosankan.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ….
Perkenalkan,
Nama : Menuk Safitri
NIM : 856078063
Prodi : PGSD – S1
Terimakasih,
1. Menurut pendapat saya pada video PJBL ini sangatlah menarik dan penting dalam memotivasi peserta didik karena melibatkan langsung peserta didik sehingga mereka sangat antusias dan lebih aktif dalam mengikuti pelajaran tersebut. Apalagi Pak Farid (Guru) menggunakan media pembelajaran. Selain itu dapat mendorong kemampuan mereka untuk melakukan pekerjaan penting, serta dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah. Pak Farid dalam melaksanakan diskusi sangat membantu semua peserta didik terlibat aktif, karena adanya pembagian tugas yang merata dan tuntunan dalam menyelesaikan tugas.
2. Hal penting setelah saya menyaksikan video PJBL ini yaitu peserta didik dapat menunjukan pengetahuan dan kemampuan mereka dalam mempresentasikan produk yang dihasilkan oleh kelompoknya masing-masing. Serta adanya kegiatan eksplorasi dan elaborasi guru membimbing dan peserta didik.
3. Video PJBL ini sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan bermanfaat bagi saya dan menambah inspirasi untuk menciptakan kegiatan eksplorasi dan elaborasi sehingga terjadi interaktif dengan peserta didik.
4. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah :
a. Pembelajaran menggunakan media pembelajaran
b. Pembelajaran berfokus / berbasis peserta didik
c. Terdapat sintak atau langkah-langkah dalam pembelajaran yang efektif
d. Adanya kolaborasi dan elaborasi guru pembimbing dan peserta didik
e. Guru sangat jelas dan terarah dalam menyampaikan materi
Nama: Vega Afifah
NIM: 857753959
Program Studi: PGSD
1. Setelah menonton video pembelajaran berbasis proyek (PjBL) yang diberikan oleh guru tersebut sangat efektif, karena guru dapat membangun kelas menjadi lebih hidup. Guru memberikan pertanyaan pemantik untuk membuat siswa menjadi aktif dalam pembelajaran dan menggali pengetahuan peserta didik yang berkaitan dengan materi yang sedang dibahas.
2. Dari video pembelajaran tersebut terdapat beberapa hal penting yang saya dapatkan, yaitu peserta didik bebas mengungkapkan pemikiran dan pengetahuan mereka. Kegiatan diskusi atau tanya jawab membuat peserta didik lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Guru yang membebaskan siswa bereksplorasi dengan materi yang disampaikan sehingga kegiatan belajar menjadi lebih aktif karena tidak menggunakan metode konvensional yang hanya berpusat kepada guru.
3. Video pembelajaran tersebut sesuai dengan kebutuhan guru saat mengajar dan dalam merancang pembelajaran. Langkah-langkah yang diperlihatkan dalam video tersebut sangatlah tepat untuk dijadikan contoh sehingga pembelajaran akan lebih terarah dan tidak monoton.
4. Hal yang sanagt baik dari video tersebut adalah guru telah mempersiapkan materi, teori, media pembelajaran dengan sangat baik, sehingga tercipta kegiatan belajar mengaja yang tidak monoton, siswa aktif dalam pembelajaran, adanya timbal balik saat kegiatan belajara mengajar berlangsung sehingga kelas lebih hidup, tidak membosankan dan siswa dapat menerima materi yang disampaikan dengan baik.
Nama : Shobirin
Nim :857702153
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : Kedungwuni Pekalongan
UPBJJ : Semarang
1. Menurut pendapat saya, setelah menyimak video di atas dapat memberikan manfaat yang lebih mengenai penerapan pembelajaran berbasis proyek (PJBL). Bisa memberikan pemahaman yang lebih tentang bagaimana pembelajaran berbasis proyek yang benar, gurunya sangat interaktif dan siswa juga banyak berdialog dan saling menanggapi sehingga pembelajaran menjadi lebih hidup, tentunya juga arahan dari guru jelas. Pembelajaran berbasis proyek bisa dimulai dari hal sederhana yang terdapat di lingkungan dekat kita, contohnya dari memanfaatkan botol bekas yang bisa di daur ulang menjadi proyek kreatif sehingga memunculkan banyak ide dari siswa sesuai dengan kreativitasnya. Dan merupakan salah satu cara untuk mencegah banyaknya sampah. Saya sangat tertarik.
2. Hal penting yang saya di peroleh dari vidio di atas adalah seorang guru mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan siswa sangat aktif.
3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?Sesuai, karena sudah sistematis dari kegiatan awal, inti hingga penutup.
Pada kegiatan awal terdapat kata pemantik atau guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui kesiapan peserta didik terhadap materi yang akan dipelajari, kemudian adanya keterkaitan atau mengingatkan kembali kepada materi yang telah diajarkan sebelumnya.
Kegiatan inti, dalam pembelajara IPAS materi yang dijarkan mengenai komponen biotik dan abiotik dengan salah satu contoh yang berada di pantai. Dengan model PJBL serta didukung oleh media pembelajaran peserta didik akan mendaptkan pengalaman belajar disamping pengetahuan yang mereka dapatkan, karena model PJBL dapat melatih keterampilan peserta didik.
Kegiatan penutup, guru memberika penguatan terhadap apa yang telah mereka pelajari hari ini dan memberikan apresiasi kepada peserta didik yang sudah mempresentasikan mulai dari proses hingga hasil akhir yang menjadi sebuah produk karya.
4. Dalam sistem berbasis projek seorang guru hanya sebagai fasilitator, memberi arahan serta mendampingi siswa dalam proses pembelajaran.
Nama: Vega Afifah
NIM: 857753959
Program Studi: PGSD
1. Setelah menonton video pembelajaran berbasis proyek (PjBL) yang diberikan oleh guru tersebut sangat efektif, karena guru dapat membangun kelas menjadi lebih hidup. Guru memberikan pertanyaan pemantik untuk membuat siswa menjadi aktif dalam pembelajaran dan menggali pengetahuan peserta didik yang berkaitan dengan materi yang sedang dibahas.
2. Dari video pembelajaran tersebut terdapat beberapa hal penting yang saya dapatkan, yaitu peserta didik bebas mengungkapkan pemikiran dan pengetahuan mereka. Kegiatan diskusi atau tanya jawab membuat peserta didik lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Guru yang membebaskan siswa bereksplorasi dengan materi yang disampaikan sehingga kegiatan belajar menjadi lebih aktif karena tidak menggunakan metode konvensional yang hanya berpusat kepada guru.
3. Video pembelajaran tersebut sesuai dengan kebutuhan guru saat mengajar dan dalam merancang pembelajaran. Langkah-langkah yang diperlihatkan dalam video tersebut sangatlah tepat untuk dijadikan contoh sehingga pembelajaran akan lebih terarah dan tidak monoton.
4. Hal yang sanagt baik dari video tersebut adalah guru telah mempersiapkan materi, teori, media pembelajaran dengan sangat baik, sehingga tercipta kegiatan belajar mengaja yang tidak monoton, siswa aktif dalam pembelajaran, adanya timbal balik saat kegiatan belajara mengajar berlangsung sehingga kelas lebih hidup, tidak membosankan dan siswa dapat menerima materi yang disampaikan dengan baik.
Nama : Sherin Himmatus Suroyya
Nim : 857758782
1. Pada Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini memberi gamabaran pelaksaan dikelas, video ini sangat menarik dan dapat dijadikan referensi saat pembelajaran di kelas
Saat penerapan sintaks guru mengarahkan siswa untuk terlibat aktif selama pembelajaran, permasalahan yang disajikan telah disiapkan dengan baik untuk mengakah siswa pada tahapan selanjut yakni dicari solusi atas permasalahan yang telah disajikan.
2. Memancing anak untuk berfikir dengan menayangkan beberapa gambar dan video agar kita tahu seberapa focus mereka, jalan pikiran mereka untuk mengarahkan pada pembelajaran selanjutnya. Memancing siswa untuk berpikir dan membantu mereka untuk mengarahkan nya pada materi yang ingin disampaikan
3. Sesuai dengan kebutuhan mengajar, untuk dapat menaktifkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar.
4. Saat pembelajaran guru sudah menggunakan model pembelajaran dan media pembelajaran yang menarik siswa dalam pembelajaran, menarik perhatian siswa merupakan Langkah awal dalam pembelajaran, mendampingi dan mengontrol mereka dengan meminta untuk mereka atau dapat pula mengambil gambar itu salah satu tugas guru sebagai seorang fasilitator yang siap membimbing dan mnegarahkan dan agar tugas yang di berikan dapat dikerjakan secara penuh oleh siswa dengan anggota kelompoknya itu sendiri.
Nama : SARIPUDDIN
Nim : 856976764
Pokjar: kota agung
UPBJJ:Bandarlampunh
1. terkait vidio di atas, tentu kami sebagai seorang pendidikan tentu sangat berguna ataupun bermanfaat.
teentu dalam hal ini terkait dengan bagaimana proses belajar mengajar di kelas. setelah saya tonton atau simak vidio di atas banyak sekali pengetahuan baru, teknik belajar yang baru untuk memotivasi minat belajar siswa.
2. Dalam video tersebut hal yang saya dapatkan sangat banyak dan beragam dari mulai pengelolaan serta persiapan diwal salah satunya dengan ada kalimat pemantik agar anak siap dan paham mengenai materi apa saja yang akan disampaikan dan juga di dalam video tersebut guru pun mengkaitkan pembelajaran yang sebelumnya sudah diajarkan dengan materi yang akan dipelajari saat ini. Peserta didik pun diajarkan untuk dapat memberikan pendapatnya.
3. Tayangan ideo ini sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar dan merancang pembelajaran
4. hal-hal yang sudah sangat baik dalam vidio ini menurut saya adalah, guru mempersiapkan materi dengan baik sebelum memulai proses belajar mengajar, bahan ajar dan praktik juga sudah disiapkan sebelum proses belajar mengajar, jadi menurut saya sebenarnya seperti inilah seorang guru, lebih dahulu memahami materi sebelu disampaikan kepada anak disekolah. Sekian Terimakasih