silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media flowchart dengan slot card yang menjelaskan tentang struktur pemerintahan desa/kelurahan termasuk penjelasan singkat tugas pokok dan fungsinya.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Tidak menjelaskan tentang materi struktur organisasi pemerintahan.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai dengan kurikulum.
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
Nama : Alvin Syahrul Gunawan
NIM : 857635615
MAPEL : IPS
JUDUL : PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN FLOW CHART
POKJAR SLAWI AYU UPBJJ PURWOKERTO
HASIL ANALISISI VIDEO TERSEBUT YAITU
1. SEBELUM MENGGUNAKAN FLOW CHART ANAK ANAK KURANG MEMPERHATIKAN DI SEBEBKAN PEMBELAJARAN TERLALU MEMBOSANKAN
2. GURU TIDAK ADA KETRAMPILAN MEMBUKA PELAJARAN SALAM, MENUTUP PELAJARAN ,
3. GURU MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN SEHINGGA ANAK ANTUSIAS DAN MEMPERHATIKAN
4. HAL UNIK YAITU ADA ANAK YANG TERTIDUR KETIKA GURU MENERNGKAN DAN SEMUA SISWA TERTAWA.
5. GURU HARUS MEMILIKI KETRAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN DAN MELAKUKAN VARIASI DALAM PEMBEALAJARAN
NAMA : ANGGI NUR AFIYAH
PRODI : Magister Pendidikan Dasar
NIM : 501282916
Video “Pembelajaran Menggunakan Flow Chart” menyajikan metode yang efektif untuk membantu siswa memahami struktur pemerintahan desa. Penggunaan flow chart sebagai alat visual mempermudah siswa dalam mengikuti alur informasi. Namun, video dapat ditingkatkan dengan penjelasan lebih mendalam tentang setiap elemen yang ditampilkan. Menambahkan interaksi, seperti tanya jawab, dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Proses pembelajaran ini akan menjadi lebih menarik jika guru memperhatikan tahap perkembangan anak, konten flow chart perlu disajikan dengan bahasa yang sederhana dan ilustrasi yang jelas, sesuai dengan pemahaman siswa kelas 3 SD. Sebelum memulai pembelajaran, guru perlu mengkondisikan dan menyiapkan murid dan lingkungan belajar murid lebih fokus dan siap, sehingga tercipta suasana belajar yang positif. Guru perlu berperan sebagai fasilitator yang menuntun murid menemukan pengetahuannya sendiri dan memberikan penguatan terhadap pemahaman muridnya. Guru perlu mendorong siswa untuk menggali informasi lebih lanjut tentang struktur pemerintahan dan menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Penggunakaan media flow chart juga bisa dipadukan dengan kegiatan diskusi secara berkelompok, agar setiap murid mendapat kesempatan yang sama dalam belajar. Guru juga bisa mengajak siswa berkontribusi dengan mendiskusikan dan membuat flow chart mereka sendiri untuk mengembangkan kreativitas. Perhatian yang guru berikan terhadap seluruh murid harus lebih merata, sehingga tidak ditemukan murid-murid yang tertidur selama proses pembelajaran. Dan jangan lupa untuk memberikan umpan balik positif saat siswa berpartisipasi aktif dalam menyusun flow chart.
NAMA : ANGGI NUR AFIYAH
PRODI : Magister Pendidikan Dasar
NIM : 501282916
Video “Pembelajaran Menggunakan Flow Chart” menyajikan metode yang efektif untuk membantu siswa memahami struktur pemerintahan desa. Penggunaan flow chart sebagai alat visual mempermudah siswa dalam mengikuti alur informasi. Namun, video dapat ditingkatkan dengan penjelasan lebih mendalam tentang setiap elemen yang ditampilkan. Menambahkan interaksi, seperti tanya jawab, dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Proses pembelajaran ini akan menjadi lebih menarik jika guru memperhatikan tahap perkembangan anak, konten flow chart perlu disajikan dengan bahasa yang sederhana dan ilustrasi yang jelas, sesuai dengan pemahaman siswa kelas 3 SD. Sebelum memulai pembelajaran, guru perlu mengkondisikan dan menyiapkan murid dan lingkungan belajar murid lebih fokus dan siap, sehingga tercipta suasana belajar yang positif. Guru perlu berperan sebagai fasilitator yang menuntun murid menemukan pengetahuannya sendiri dan memberikan penguatan terhadap pemahaman muridnya. Guru perlu mendorong siswa untuk menggali informasi lebih lanjut tentang struktur pemerintahan dan menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Penggunakaan media flow chart juga bisa dipadukan dengan kegiatan diskusi secara berkelompok, agar setiap murid mendapat kesempatan yang sama dalam belajar. Guru juga bisa mengajak siswa berkontribusi dengan mendiskusikan dan membuat flow chart mereka sendiri untuk mengembangkan kreativitas. Perhatian yang guru berikan terhadap seluruh murid harus lebih merata, sehingga tidak ditemukan murid-murid yang tertidur selama proses pembelajaran. Dan jangan lupa untuk memberikan umpan balik positif saat siswa berpartisipasi aktif dalam menyusun flow chart.
Nama : Erna Milosopa
NIM : 501362619
Guru menggunakan strategi yang baik dalam mengajar yaitu melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan memberi kesempatan siswa untuk mengisi struktur organisasi desa.Siswa merasa sedang karena guru menggunakan media gambar yang menarik dan siswa tertarik untuk semangat dalam belajar. Yang perlu diperhatikan guru adalah ketercapaian kompetensi atau tujuan pembelajaran. Guru boleh menggunakan berbagai media pembelajaran yang edukatif tetapi guru harus terarah menyampaikan materi agar Tujuan Pembelajaran tercapai. Saat menyusun perangkat modul ajar terlebih dahulu guru sudah melakukan asesmen awal untuk mengetahui kebutuhan siswa. Kebutuhan murid akan terdeteksi dari gaya belajar atau minat belajar atau kesiapan belajar.
Nama: Wulan Karmila
NIM: 501312306
1. Video ini berisi penjelasan bahwa metode ceramah tidak efektif sehingga kelas tidak terkondisikan.
2. Perlu adanya media pembelajaran untuk menarik minat siswa
3. Media pembelajaran memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan pembelajaran bermakna dengan praktik langsung,
Nama : RETNOWATI
NIM : 857740185
Pokjar : KUDUS JAWA TENGAH
Menurut pendapat saya dari video ini yaitu dari sesi pendahuluan guru kurang mengkondisikan kelas banyak siswa yang bercanda dan bermain ,setelah itu guru berusaha menarik perhatian siswa dengan pembelajaran menggunakan media yang menarik dengan Flowchart yang dapat membantu siswa melihat struktur pemerintahan secara terorganisir, sementara slot card dengan penjelasan singkat berfungsi memecah informasi kompleks menjadi bagian-bagian sederhana. Ini sesuai dengan gaya belajar anak usia sekolah dasar, yang lebih menyukai pembelajaran konkret dan melibatkan aktivitas langsung.
Penggunaan media ini juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi aktif, misalnya dengan memasang slot card di flowchart yang telah disediakan. Ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa, tetapi juga membantu mereka lebih mudah mengingat materi karena terlibat secara fisik dan visual. Selain itu, adanya interaksi selama proses belajar bisa menumbuhkan kerja sama dan rasa percaya diri siswa.
Namun, penting bagi guru untuk memadukan metode ini dengan strategi lain seperti diskusi dan simulasi peran, agar semua siswa, termasuk yang memiliki gaya belajar auditori atau kinestetik, bisa memahami materi dengan baik. Dengan demikian, pembelajaran tidak hanya menyenangkan tetapi juga lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap struktur dan fungsi aparatur desa/kelurahan.
NAMA : ANIMAR GEA
PRODI : PGSD
NIM : 855849364
Video “Pembelajaran Menggunakan Flow Chart” menyajikan metode yang efektif untuk membantu siswa memahami struktur pemerintahan desa. Penggunaan flow chart sebagai alat visual mempermudah siswa dalam mengikuti alur informasi. Namun, video dapat ditingkatkan dengan penjelasan lebih mendalam tentang setiap elemen yang ditampilkan. Menambah interaksi, seperti tanya jawab, dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Proses pembelajaran ini akan menjadi lebih menarik jika guru memperhatikan tahap perkembangan anak, konten flow chart perlu disajikan dengan bahasa yang sederhana dan ilustrasi yang jelas, sesuai dengan pemahaman siswa kelas 3 SD. Sebelum memulai pembelajaran, guru perlu mengkondisikan dan menyiapkan murid dan lingkungan belajar murid lebih fokus dan siap, sehingga tercipta suasana belajar yang positif. Guru perlu berperan sebagai fasilitator yang membimbing murid menemukan pengetahuannya sendiri dan memberikan penguatan terhadap pemahaman muridnya. Guru perlu mendorong siswa untuk menggali informasi lebih lanjut tentang struktur pemerintahan dan hubungannya dengan kehidupan sehari-hari. Diagram alur media penggunakaan juga bisa dipadukan dengan kegiatan diskusi secara berkelompok, agar setiap murid mendapat kesempatan yang sama dalam belajar. Guru juga bisa mengajak siswa berkontribusi dengan berdiskusi dan membuat diagram alur mereka sendiri untuk mengembangkan kreativitas. Perhatian yang diberikan guru terhadap seluruh murid harus lebih merata, sehingga tidak ditemukan murid-murid yang tertidur selama proses pembelajaran. Dan jangan lupa untuk memberikan umpan balik positif saat siswa berpartisipasi aktif dalam menyusun diagram alir.
Nama : Tita Kusnia
NIM : 860035975
Prodi : PGSD
hasil analisis saya dari video ini adalah :
1. Metode ceramah sudah tidak menarik lagi bagi siswa
2. Siswa membutuhkan media visual untuk membantu mereka konsentrasi dan memahami pembelajaran
3. Metode flowchart dinilai mampu menarik perhatian siswa terutama dalam menerangkan materi yang menerangkan sesuatu yang berurutan.
4. Terlihat siswa lebih kondusif dalam belajar setelah adanya media pembelajaran yang menarik, sehingga materi juga tersampaikan secara optimal.
Berdasarkan hasil pengamatan dari video seri pembelajaran SD yang berjudul “ Pembelajaran Menggunakan Flowchart”, berikut ini adalah analisis saya:
Diawal video terlihat guru mengajar/menjelaskan materi tentang struktur pemerintah desa/kelurahan dengan menggunakan metode ceramah namun, dalam hal ini siswa-siswa terlihat tidak menarik dengan penjelasan guru terlihat dari suasana kelas yang ramai, tidak kondusif, siswa sibuk bermain sendiri tidak mendengarkan guru. Kemudian ketika guru menggunakan media pembelajaran flowchart pada materi struktur pemerintah desa/kelurahan, siswa-siswa terlihat lebih antusias dan bersemangat dalam mengikuti materi pelajaran tersebut. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran flowchart sangat baik diterapkan pada materi struktur pemerintahan desa/kelurahan, karena anak-anak pada dasarnya menyukai belajar secara visual dibandingkan dengan mendengarkan, selain itu pembelajaran dengan melibatkan siswa secara langsung terlibat dalam proses pembelajaran tersebut juga sangat efektif membantu siswa menangkap/memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh gurunya.
Demikian analisis saya, terimakasih.
Nama: Mayliana Zahra Devita
NIM :857026004
Menurut pendapat saya dari video ini yaitu dari sesi pendahuluan guru kurang mengkondisikan kelas banyak siswa yang bercanda dan bermain ,setelah itu guru berusaha menarik perhatian siswa dengan pembelajaran menggunakan media yang menarik dengan Flowchart yang dapat membantu siswa melihat struktur pemerintahan secara terorganisir, sementara slot card dengan penjelasan singkat berfungsi memecah informasi kompleks menjadi bagian-bagian sederhana. Ini sesuai dengan gaya belajar anak usia sekolah dasar, yang lebih menyukai pembelajaran konkret dan melibatkan aktivitas langsung.
Penggunaan media ini juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi aktif, misalnya dengan memasang slot card di flowchart yang telah disediakan. Hal ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa, tetapi juga membantu mereka lebih mudah mengingat materi karena keterlibatan secara fisik dan visual. Selain itu, adanya interaksi selama proses belajar bisa menumbuhkan kerja sama dan rasa percaya diri siswa.
Namun, penting bagi guru untuk memadukan metode ini dengan strategi lain seperti diskusi dan simulasi peran, agar semua siswa, termasuk yang memiliki gaya belajar auditori atau kinestetik, dapat memahami materi dengan baik. Dengan demikian, pembelajaran tidak hanya menyenangkan tetapi juga lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap struktur dan fungsi aparatur desa/kelurahan.