silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media flowchart dengan slot card yang menjelaskan tentang struktur pemerintahan desa/kelurahan termasuk penjelasan singkat tugas pokok dan fungsinya.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Tidak menjelaskan tentang materi struktur organisasi pemerintahan.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai dengan kurikulum.

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

167 Comments

  1. NAMA : DANANG NURHALIMI
    NIM : 857145586
    PRODI PGSD

    •SEBELUM MENGGUNAKAN FLOW CHART ANAK- ANAK KURANG MEMPERHATIKAN DARI YANG DIJELASKAN OLEH GURU, DI SEBABKAN PEMBELAJARAN TERLALU MEMBOSANKAN
    • GURU TIDAK ADA KETRAMPILAN MEMBUKA PELAJARAN SALAM KEPADA ANAK, MENUTUP PELAJARAN ,
    •HAL INI SANGAT UNIK SEHINGGA ADA ANAK YANG TERTIDUR KETIKA GURU MENERNGKAN DAN SEMUA SISWA TERTAWA.

  2. Nama : IHSAN FIRMANSYAH
    NIM : 877597731
    Prodi : PGSD
    Menurut pendapat saya dari video ini pada pendahuluan guru kurang mengkondisikan kelas banyak siswa yang bercanda dan bermain ,setelah itu guru berusaha menarik perhatian siswa dengan pembelajaran menggunakan media yang menarik dengan Flowchart yang dapat membantu siswa melihat struktur pemerintahan secara terorganisir, sementara slot card dengan penjelasan singkat berfungsi memecah informasi kompleks menjadi bagian-bagian sederhana. Ini sesuai dengan gaya belajar anak usia sekolah dasar, yang lebih menyukai pembelajaran konkret dan melibatkan aktivitas langsung.
    Penggunaan media ini juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi aktif, misalnya dengan memasang slot card di flowchart yang telah disediakan. Ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa, tetapi juga membantu mereka lebih mudah mengingat materi karena terlibat secara fisik dan visual. Guru perlu berperan sebagai fasilitator yang membimbing murid menemukan pengetahuannya sendiri dan memberikan penguatan terhadap pemahaman muridnya. Guru perlu mendorong siswa untuk menggali informasi lebih lanjut tentang struktur pemerintahan dan hubungannya dengan kehidupan sehari-hari.Perhatian yang diberikan guru terhadap seluruh murid harus lebih merata, sehingga tidak ditemukan murid-murid yang tertidur selama proses pembelajaran. Dan jangan lupa untuk memberikan umpan balik positif saat siswa berpartisipasi aktif dalam menyusun diagram alir.

  3. NAMA : DJEFRIDUS KLAU, S.Pd.
    NIM : 501372279
    PRODI : MPDR

    Judul Video 2, “Pembelajaran Menggunakan Flow Chart”.
    Di awal video itu, guru tidak menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, Saran saya guru harus memiliki strategi untuk menciptakan pusat konsentrasi dan pembelajaran yang menyenangkan dan kondusif, guru merefleksi diri dan menyiapkan alur pembelajaran struktur pemerintah desa dengan menggunakan media belajar flow chart. Sekian dan terima kasih.

  4. Nama: Enung Setiawati
    Nim: 857401377
    Prodi: PGSD

    Dalam vidio tersebut tidak ada pembuka kelas dulu dan tidak ada penjelasan,
    Dan mungkin sebagian anak akan merasa kebingungan tugas apa yg akan dilaksanakan tersebut

  5. Nama : Marwiti
    NIM : 857963413
    Prodi : PGSD S1
    Pokjar : Mandiri ( Tidak ikut pokjar )
    Tutor Pengampu : Triyanto Prabowo ,S.Pd.SD, M.Pd.

    Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar. Sehingga keadaann siswa tidak kondusif .
    Tidak menjelaskan tujuan pembelajaran Tidak menjelaskan tentang materi struktur organisasi pemerintahan.
    Tindakan yang dilakukan Bu guru sangat bagus karena dengan menggunakan media pembelaran anak anak mulai bisa fokus.
    Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media flowchart dengan slot card yang menjelaskan tentang struktur pemerintahan desa/kelurahan termasuk penjelasan singkat tugas pokok dan fungsinya

  6. Nama : Lenis Putri Waruwu
    Nim : 859881214
    Salut : Damai Idanogawo
    Prodi : S1 PGSD

    Setelah menonton video ” Pembelajaran dengan menggunakan media Flow Chart”, saya menanggapi bahwa diawal pembelajaran guru tidak melakukan doa, tidak menanyakan tingkat kesiapan siswa dalam belajar. Diawal pembelajaran anak terlihat kurang memperhatikan materi yang disampaikan guru sehingga materi yang disampaikan tidak dipahami. Jika diamati dari prinsip dasar psikologis siswa guru sudah melakukan penguatan positif pada siswa yang menjawab benar dengan memberikan puijian dan tepuk tangan sehingga siswa lain ingin juga mencoba menjawab dengan benar. Dan semakin banyak siswa yang ingin mencoba. Dari segi pedagogis siswa masih kurang mendapat pengalaman langsung karena masih berbentuk catatan dan hapalan, sebaiknya pembelajaran bersifat kontekstual misalnya mengajak anak ke kantor Kelurahan.

  7. Nama: BONDAN LARASATI RAHAYU
    Nim: 859945127
    Prodi: S1 PGSD
    UPBJJ UT JAKARTA

    Assalamualaikum wr wb
    Izinkan saya memberikan komentar pada video di atas.

    Dalam pembelajaran di atas, Ibu Guru menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan Struktur Pemerintahan Desa, dimana murid-murid kurang memahami materi yang disampaikan Ibu Guru tersebut. Murid terlihat asyik mengobrol sendiri dan tidak mendengarkan perkataan Ibu Guru,
    Metode ceramah ini tidak efektif dan membosankan sehingga murid-murid tidak fokus mendengarkan dan merasa bosan.
    Tidak lama, Ibu Guru mengganti metode mengajar yaitu dengan menggunakan metode FLOWCHART dimana Ibu Guru membuat gambar dan tempelan yang bertuliskan nama-nama Struktur Pemerintah Desa dan mengajak murid-murid untuk ikut serta dan aktif dalam menempel struktur pemerintahan desa sesuai dengan jabatan di wilayahnya. Hal ini lebih efektif bagi murid-murid dalam mempelajari struktur pemerintah desa dengan baik.

    Demikian komentar saya, terima kasih atas perhatiannya.
    Wassalamualaikum wr wb

  8. Nama : Priska Sagala
    Nim : 856051083

    Video ini menunjukkan sebuah kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru dan siswa di kelas III SD, dimana mereka sedang belajar mata pelajaran IPS berkaitan dengan materi struktur pemerintahan desa/kelurahan.
    Video ini dibuat dalam dua part. Part pertama, terlihat bahwa kegiatan pembelajaran sangat tidak kondusif. Hampir seluruhnya siswa tidak memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru tersebut dan mereka malah sibuk dengan kegiatannya yang menimbulkan keriuhan di dalam kelas. Menurut saya hal ini terjadi karena berbagai faktor dan beberapa diantaranya bahwa guru yang kurang dalam mengondisikan kelas dan melaksanakan pembelajaran yang kurang menarik serta monoton. Ada baiknya sebelum kelas dimulai, guru tersebut mengkondisikan kelas agar menjadi aman dan nyaman, serta menyesuaikan apa yang sebenarnya guru tersebut dapat lakukan agar pembelajaran tidak membosankan dan monoton.
    Sementara itu pada part berikutnya, guru membawakan sebuah media yaitu flowchart yang tentunya dapat membantu siswa dalam memahami materi yang berkaitan dengan itu. Terlihat siswa menjadi antusias dalam mengikuti pembelajaran dan dengan demikian pembelajaran dapar tersampaikan dengan baik.

  9. Nama : Nadira Syanindhita
    NIM : 857164959
    Prodi : PGSD / Pokjar

    Didalam video ini ada seorang guru yang awalnya menggunakan metode ceramah saat menjelaskan tentang suatu pemerintahan desa/kelurahan pada siswa kelas 3 SD, namun cara ini kurang efektif karena siswa tidak memahami dan suasana menjadi tidak kondusif.

    solusi yang diterapkan guru menggunakan media flowchart (diagram alur) yang dilengkapi dengan slot card yang berisi struktur pemerintahan desa berserta tugasnya.

    Evaluasi dari metode pembelajaran yaitu :
    – guru perlu memperhatikan keterampilan saat membuka dan menutup kegiatan pembelajaran
    – kelas dapat dikondisikan agar siswa lebih fokus dengan ice breaking sebelum pembelajaran
    -guru berperan sebagai fasilitator, mendorong siswa aktif mencari tahu dan dapat menggunakan media pembelajaran yang lebih inovasi agar menumbuhkan rasa keingitahuan anak untuk belajar.

  10. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar. Sehingga keadaann siswa tidak kondusif .
    Tidak menjelaskan tujuan pembelajaran Tidak menjelaskan tentang materi struktur organisasi pemerintahan.
    Tindakan yang dilakukan Bu guru sangat bagus karena dengan menggunakan media pembelaran anak anak mulai bisa fokus.
    Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media flowchart dengan slot card yang menjelaskan tentang struktur pemerintahan desa/kelurahan termasuk penjelasan singkat tugas pokok dan fungsinya

Leave a Reply