Similar Posts
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar…
Menyimpulkan Isi Cerita Anak
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Asyiknya Melakukan Perkalian Dengan Tulang Napier
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan perkalian dengan media karton yang dinamakan “Tulang Napier”. Dengan metode ini anak-anak jadi lebih mudah memahami perkalian dua buah bilangan. Vera Maya Santi, M.Si. Pakar Dosen Video ini diawali dengan ungkapan guru yang akan menyajikan bilangan bulat. Ungkapan…
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan yang diawali dengan pertanyaan terkait jarak antara cermin dan…
Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar…
Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya. Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd. Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
NAMA : VINGKA ALVIONITA
NIM : 858815925
PRODI : S1-PGSD
Berikut adalah tanggapan saya setelah melihat video tersebut :
Karena video ini mengalami proses pengeditan maka dalam video tersebut tidak dinampakkan pembuka dan penutupnya sehingga dapat disebut video pembelajaran yang kurang lengkap. Namun dalam kegiatan intinya, pembelajaran tersebut sudah berjalan dengan baik. Menurut saya guru tersebut sudah berhasil mentransfer ilmu kepada siswa-siswanya dengan memadukan seni rupa, seni seni musik, dan seni tari. Hal tersebut sangatlah berguna untuk mengoptimalkan waktu mengajar. Waktu yang terpakai sedikit namun sudah mencakup beberapa materi. Selain itu guru tersebut mampu untuk mengajak semua siswa antusias dan berperan aktif sehingga kegiatan pembelajaran terasa menyenangkan. Namun mungkin disini guru kurang memberi penjelasan materi tentang 3 bidang seni yang dipelajari sehingga siswa hanya mengerti implementasinya saja tapi tidak terlalu paham dengan definisi dan fungsinya. Jika saya boleh memberi saran, sebaiknya guru memberi penjelasan materi terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan praktik.
Mohon maaf jika ada kekeliruan dalam berkata-kata. Sekian dan terimakasih.
nama : KARSIH
nim : 858050403
program studi : S1 PGSD
UPBJJ : PONTIANAK
tanggapan saya dalam mengenai video yang saya putar atau dilihat disitu guru hanya mengucapkan salam.
sehingga didalam kegiatan pembelajarannya di pendahulunya masih sangat kurang dan kegiatan penutupnya juga tidak ada. dalam penyampaian materi guru tersebut sudah berhasil menjelaskan kepada siswa tentang penggabungan pembelajaran seni, baik itu dengan cara menggambar, menari, bernyanyi, dan membuat keterampilan.
tetapi guru tersebut juga memiliki kekurang yakni kurangnya penjelasan materi dan langsung melakukan praktik. media yang digunakan juga sangat mudah dan cepat di pahami oleh anak.
jadi dari kesimpulan dan pendapat saya dalam video tersebut sebaiknya penyampaian tidak hanya melakukan praktik di depan kelas dengan materi gambar, bernyanyi, menari, dn keterampilan tetapi penyampaian pengertian materi tersebut juga penting dijelaskan kepada siswa.
Nama : Devi Arianingsih
NIM : 858049075
Prodi : S1 PGSD
Tanggapan saya setelah melihat video tersebut yaitu.
Menurut saya, guru tersebut sudah berhasil dalam mengajar atau mentransfer ilmu kepada siswa-siswanya dengan memadukan seni rupa, seni musik dan juga seni tari. Dan guru tersebut juga sudah mampu menarik perhatian dan mengajak semua siswa untuk berperan aktif sehingga kegiatan pembelajaran pun terasa menyenangkan. Namun disini guru masih kurang memberikan penjelasan secara detail tentang materi 3 bidang seni yang dipelajari.
Nama : Devi Arianingsih
NIM : 858049075
Prodi : S1 PGSD
Tanggapan saya setelah menonton video tersebut yaitu.
Menurut saya guru tersebut sudah berhasil dalam mengajar dan mentransfer ilmu kepada siswa-siswanya dengan memadukan seni rupa, seni musik dan juga seni tari. Dan guru tersebut juga sudah mampu menarik perhatian dan mengajak semua siswa untuk berperan aktif sehingga kegiatan pembelajaran pun terasa menyenangkan. Namun disini guru masih kurang memberikan penjelasan secara detail tentang materi tiga bidang seni tersebut.
Nama : Muhamad Dicky Irawan
Nim : 858795167
Prodi : S1 PGSD
Berikut tanggapan saya setelah melihat vidio tersebut :
Menurut saya, didalam vidio tersebut sangat lengkap mulai dari pembukaan guru menanyakan kesiapan belajar sampai guru mentranfer ilmunya kepada siswa secara lengkap. Guru tersebut berhasil mengajar kepada siswa-siswanya. Dengan siswa-siswanya dimulai untuk menggambar serangga kupu-kupu lalu di warnai hingga di gunting itu menandakan seni rupa/keterampila. Lalu guru menuliskan lirik sebuah lagu kupu-kupu, lalu siswa antausias di depan kelas menyanyi hingga menari seolah olah melambaikan tangan menyerupai kupu-kupu. jadi intinya guru tersebut sudah lengkap memadukan 3 bidang seni.
Nama : Mely Rahmawati
NIM : 857700769
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ-UT : Semarang
Sebelmunya mohon izin untuk menanggapi video diatas tentang Pembelajaran Seni Secara Terpadu.
Pada video tersebut keadaan dalam kelas terlihat kondusif. Guru menyampaikan salam pembuka dan ada interaksi dengan murid yang menurut saya cukup baik. Dari video tersebut, guru telah melaksanakan 3 tahapan dengan runtut. Mulai dari kegiatan awal, inti, sampai dengan kegiatan penutup. Pelajarannya pun menarik, menjadikan para murid antusias untuk belajar .
Mungkin itu pendapat yang bisa saya sampaikan, terimakasih…
Nama : Syariah
NIM : 856991402
Pokjar : Sidomulyo
Prodi : S1 PGSD
Berikut tanggapan saya setelah melihat vidio tersebut :
Menurut saya, didalam vidio tersebut sangat lengkap mulai dari pembukaan guru menanyakan kesiapan belajar sampai guru mentranfer ilmunya kepada siswa secara lengkap. Guru tersebut berhasil mengajar kepada siswa-siswanya. Dengan siswa-siswanya dimulai untuk menggambar serangga kupu-kupu lalu di warnai hingga di gunting itu menandakan seni rupa/keterampila. Lalu guru menuliskan lirik sebuah lagu kupu-kupu, lalu siswa antausias di depan kelas menyanyi hingga menari seolah olah melambaikan tangan menyerupai kupu-kupu.Tetapi guru tersebut juga memiliki kekurang yakni kurangnya penjelasan materi dan langsung melakukan praktik, media yang digunakan juga sangat mudah dan cepat di pahami oleh anak.
Jadi dari kesimpulan dan pendapat saya dalam video tersebut sebaiknya penyampaian tidak hanya melakukan praktik di depan kelas dengan materi gambar, bernyanyi, menari, dn keterampilan tetapi penyampaian pengertian materi tersebut juga penting dijelaskan kepada siswa.
Nama : Nova Damayanti
Nim : 856996583
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : Sidomulyo
Berikut adalah tanggapan saya setelah melihat video tersebut :
Menurut saya dalam pembelajaran seni ini, termasuk pembelajaran yang sangat kreatif, imajinatif, dan inovatif sehingga siswa mampu berkomunikasi dengan baik dan penuh semangat seperti ketika guru mengucapkan selamat pagi, siswa mampu menunjukkan semangatnya dengan baik dan memberi pendapat sesuai dengan pilihannya masing-masing yang siswa sukai, sehingga guru pun dengan penuh semangat mengajarkannya.
Dalam melaksankan pembelajaran, siswa dapat melaksanakan dengan baik untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dan penuh semangat, ketika sudah melaksanakan pembelajaran. Guru mampu mempraktekan kreatifitas gaya gambar yang diberikan, dalam pembejaran ini guru harus bener2 memiliki jiwa kreatif untuk anak siswa nya.
kesimpulan dari pembelajaran ini adalah guru mampu melaksanakan dengan baik dan sangat lengkap, guru dapat memperaktekan gaya seperti pada gambar kupu-kupu saat terbang dan menjelaskan dengan baik, para siswa pun mampu beradaptasi dan kondusif di kelas saat belajar dan penuh dengan kegembiraan
Nama : Khotimatu Sa’adah
Nim : 858908244
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ-UT : Jember
Berikut tanggapan saya setelah melihat video tersebut :
Menurut saya, didalam video tersebut terdapat kelebihan dan kekurangan tersendiri yakni :
Kelebihannya dari video tersebut guru memberikan pengajaran yang menarik mulai dari menyanyi, menari,menggambar, dan keterampilan karya seni. memberikan lirik lagu dan dinyanyikan bersama pada saat membuat karya seni sehingga para siswa berantusias mengikuti pembelajarannya, kemudian guru menyuruh siswa untuk memperagakan gerakan dari karya seni kupu-kupu tersebut. Sehingga pembelajaran yang diberikan guru tersebut terkesan bervariasi, dan membuat para siswa bersemangat dalam berkarya.
Dan sedikit kekurangan menurut saya, yakni pada saat pembelajaran guru kurang memberikan penjelasan secara rinci pada saat awal pembelajaran dimulai.
Menurut saya, sesuai pembelajaran Seni (SPdP) yang di ajarkan oleh seorang guru yaitu Seni Musik,Seni Tari,Seni Rupa ,di mana hobi anak-anak di sana berbeda -beda ,di antara minat/skilnya, sehingga dalam pembelajaran ini sudah efektif karena Seni di kolaborasikan dengan memberikan suatu contoh gambar kupu-kupu yang langsung di praktekan atau di padukan dengan Tarian kupu-kupu sesuai iringan musiknya.