Similar Posts
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Kenampakan Alam
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut….
Membaca Cerita Secara Bergilir
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi…
Implementasi Metode Among “Ki Hajar Dewantara” dalam Pembelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah: Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, Meminta siswa…
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Nama : Dian Ayu Widia Putri
NIM : 855739802
Kelas : 6A
UPBJJ : Bandar Lampung
Pokjar : Sidomulyo
1. Reaksi siswa sangat antusias dalam belajar dengan mengutarakan keinginan belajar Siswa.
2. Kelebihan yang terjadi yaitu guru dapat menerapkan beberapa materi pembelajaran dalam satu kegiatan dari mulai menggambar, bernyanyi dan menari.
3. Kelamahan yang terjadi guru tidak menjelaskan materi terlebih dahulu tetapi langsung menerapkannya atau mempraktikkannya.
4. Hal unik nya adalah guru menerapkan materi pembelajaran dengan kegiatan yang sederhana.
5. Saran yang diberikan yaitu seharusnya guru menjelaskan materi pembelajaran terlebih dahulu agar siswa paham dan mengerti materi apa yang sedangkan mereka terapkan atau praktikkan.
Nama: FITRIA ALFIRA
NIM: 856024932
Pokjar: Sei Balai
Program Studi: PGSD-S1
Menurut pengamatan saya berdasarkan video tersebut anak-anak sangat bersemangat dan antusias saat mengikuti pembelajaran. Dalam pembelajaran seni terpadu ada siswa meminta pembelajaran bernyanyi, menggambar, dan menari. Sehingga guru memadukan pembelajaran tersebut. Guru menggunakan media konkret sehingga membuat siswa lebih tertarik. Guru juga mengajak siswa mempraktekkan langsung cara membuat gambarnya. Pembelajaran yang dilakukan juga terpadu. Adanya keterpaduan dari gambar kemudian dengan bernyanyi kemudian juga dengan tarian.
Nama: Afnearati ompusunggu
NIM:877522521
Program Studi: PGSD (S1)
Setelah Saya Tonton vidio yang diatas boleh saya simpulkan antusias siswa dalam mata pelajaran Seni dan Budaya sangat baik ,dan gurunya sangat tangap apa yang diminta siswa tersebut sehingga dalam mata pelajaran telaksana dengan baik, melukis, bernyanyi dan menari.
NAMA: YUSPITA SARI
NIM:855865233
POKJAR: TEBINGTINGGI
1. Reaksi siswa sangat antusias dalam belajar dengan mengutarakan keinginan belajar Siswa.
2. Kelebihan yang terjadi yaitu guru dapat menerapkan beberapa materi pembelajaran dalam satu kegiatan dari mulai menggambar, bernyanyi dan menari.
3. Kelamahan yang terjadi guru tidak menjelaskan materi terlebih dahulu tetapi langsung menerapkannya atau mempraktikkannya.
4. Hal unik nya adalah guru menerapkan materi pembelajaran dengan kegiatan yang sederhana.
5. Saran yang diberikan yaitu seharusnya guru menjelaskan materi pembelajaran terlebih dahulu agar siswa paham dan mengerti materi apa yang sedangkan mereka terapkan atau praktikkan.
NAMA : AYU SULIS MELIYANA
NIM : 857563776
PROGRAM STUDI : PGSD S1
POKJAR : SLAWI
Setelah saya melihat vidio tersebut, saya menjadi terinspirasi dalam penerapan pembelajarannya, karena didalam vidio tersebut mengandung pembelajaran terpadu dan sangat baik untuk peserta didik.
NAMA : INTAN RAHAYU
NIM : 856046906
POKJAR :LANGKAT
setelah saya melihat video tersebut, saya dapat melihat kelebihan dan kekurangan dari proses KBM tersebut,
Kelebihan nya, guru tersebut menjelaskan materi dengan jelas, mengajar anak anak ber nyanyii dan melakukan gerakan menari kupu kupu
Kekurangan yang saya lihat adalah, guru tersebut tidak melakukan pembukaan di dalam kelas, tidak ada berdoa, absensi mau pun ice breakinh didalam kelas tersebut,
Nama : Sari Departuna
NIM : 856818047
Pokjar : Arga Makmur
a. Reaksi siswa sangat antusias dalam belajar dengan mengutarakan keinginan belajar Siswa.
b. Kelebihan yang terjadi yaitu guru dapat menerapkan beberapa materi pembelajaran dalam satu kegiatan dari mulai menggambar, bernyanyi dan menari.
c. Kelamahan yang terjadi guru tidak menjelaskan materi terlebih dahulu tetapi langsung menerapkannya atau mempraktikkannya.
d. Hal unik nya adalah guru menerapkan materi pembelajaran dengan kegiatan yang sederhana.
e. Saran yang diberikan yaitu seharusnya guru menjelaskan materi pembelajaran terlebih dahulu agar siswa paham dan mengerti materi apa yang sedangkan mereka terapkan atau praktikkan.
Nama : Sari Departuna
NIM : 856818047
Pokjar : Arga Makmur
a. Reaksi siswa sangat antusias dalam belajar dengan mengutarakan keinginan belajar Siswa.
b. Kelebihan yang terjadi yaitu guru dapat menerapkan beberapa materi pembelajaran dalam satu kegiatan dari mulai menggambar, bernyanyi dan menari.
c. Kelamahan yang terjadi guru tidak menjelaskan materi terlebih dahulu tetapi langsung menerapkannya atau mempraktikkannya.
d. Hal unik nya adalah guru menerapkan materi pembelajaran dengan kegiatan yang sederhana.
e. Saran yang diberikan yaitu seharusnya guru menjelaskan materi pembelajaran terlebih dahulu agar siswa paham dan mengerti materi apa yang sedangkan mereka terapkan atau praktikkan.
Nama : Nur Hamidah Br. Pane
NIM: 855864027
Pokjar: Labura
UPBJJ: MEDAN
Reaksi siswa anak sangat antusias dengan melihat gambar yang sangat bagus dan anak sangat merespon gurunya
Kelemahan guru langsung mulai mempraktikkan pembelajaran
Kelebihan guru juga membawa contoh kupu-kupu yang akan di gambar anak
Upaya yang dilakukan guru hendaknya guru menjelaskan terlebih dahulu materi lalu mempraktekkan
Guru tidak melakukan kegiatan berdoa, sebaiknya guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang mungkin siswa mengerti tentang materi, guru hanya memberi evaluasi pada saat diluar sekolah