Similar Posts
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Nama : Retno Dwi Puspita
Nim : 857008156
Pokjar : Sidomulyo
Hasil analisis video pembelajaran “Pembelajaran seni secara Terpadu ”
1. Reaksi siswa sangat antusias, ketika guru memasuki kelas dan menjelaskan materi pembelajaran hari ini, siswa memberikan respon yang baik terhadap guru.
2. Adapun kelemahan dari video pembelajaran tersebut yaitu guru tidak melakukan pembukaan saat diawal pembelajaran seperti memberi salam, melakukan absensi siswa terlebih dahulu ataupun memberikan kegiatan ice breaking untuk membaktikan semengat siswa sebelum menghadapi pembelajaran.
3. Dan kelebihannya juga ada dimana guru memanfaatkan media pembelajaran yang ada dan langsung mempraktekkan nya bersama siswa yang membuat siswa lebih semangat melaksanakan pembelajarannya.
4. Hal uniknya yaitu guru dan siswa terlihat sangat senang dan gembira saat mempraktekkan pembelajaran seni.
5. Untuk meningkatkan lagi lebih baik guru melakukan kegiatan awal pembelajaran, supaya menumbuhkan semangat siswa sebelum proses pembelajaran.
Nama : masria
Nim : 859769275
Pokjar : wundulako
Hasil analisis video pembelajaran “Pembelajaran seni secara Terpadu ”
1. Reaksi siswa sangat antusias, ketika guru memasuki kelas dan menjelaskan materi pembelajaran hari ini, siswa memberikan respon yang baik terhadap guru.
2. Adapun kelemahan dari video pembelajaran tersebut yaitu guru tidak melakukan pembukaan saat diawal pembelajaran seperti memberi salam, melakukan absensi siswa terlebih dahulu ataupun memberikan kegiatan ice breaking untuk membaktikan semengat siswa sebelum menghadapi pembelajaran.
3. Dan kelebihannya juga ada dimana guru memanfaatkan media pembelajaran yang ada dan langsung mempraktekkan nya bersama siswa yang membuat siswa lebih semangat melaksanakan pembelajarannya.
4. Hal uniknya yaitu guru dan siswa terlihat sangat senang dan gembira saat mempraktekkan pembelajaran seni.
5. Untuk meningkatkan lagi lebih baik guru melakukan kegiatan awal pembelajaran, supaya menumbuhkan semangat siswa sebelum proses pembelajaran.
Nama : Khoirun Nisa
NIM : 855860796
1. Siswa terlihat sangat antusias, namun perlu dipastikan semangat ini tetap terjaga sepanjang pembelajaran dengan aktivitas yang melibatkan mereka secara aktif.
2. Guru tidak melakukan pembukaan seperti salam, absensi, atau ice breaking. Padahal, kegiatan ini penting untuk membangun semangat dan kesiapan siswa sejak awal.
3. Media pembelajaran dimanfaatkan dengan baik dan langsung dipraktikkan bersama siswa. Akan lebih baik jika guru juga mempertimbangkan media yang mudah dijangkau semua siswa.
4. Guru dan siswa tampak gembira saat praktik seni. Suasana ini perlu dipertahankan agar siswa merasa bebas berekspresi.
5. Disarankan untuk menambahkan kegiatan pembuka, memperkaya aktivitas kreatif, dan mungkin memasukkan unsur teknologi agar pembelajaran lebih menarik dan relevan.
Nama : Erina Dewi
NIM. : 860231875
Pokjar : Prabumulih
Pembelajaran seni secara terpadu
1. Kelebihan
Siswa sangat antusias dalam kegiatan pembelajaran, guru menggabungkan seni rupa (menggambar), seni musik
(menyanyi), seni tari (menari) dalam satu satu media berupa gambar serangga kupu-kupu, guru memberikan contoh gerakan terlebih dahulu dan secara aktif memantau siswa. Siswa di kelompokkan untuk memperagakan di depan kelas agar menguasai materi.
2. Kelemahan
Dalam pembelajaran tidak di dahului oleh kegiatan pembukaan berupa Doa. Guru tidak menjelaskan mengenai definisi, jenis, contoh dan perbedaan dari masing-masing seni rupa dan keterampilan.
3. Solusi
Agar pembelajaran seni dapat terpadu. proses praktik di dahului oleh penjelasan agar siswa dapat mengetahui seni apa yang sedang mereka kerjakan.
Nama : Erina Dewi
NIM. : 860231875
Pokjar : Prabumulih
Pembelajaran seni secara terpadu
1. Kelebihan
Siswa sangat antusias dalam kegiatan pembelajaran, guru menggabungkan seni rupa (menggambar), seni musik (menyanyi), seni tari (menari) dalam satu satu media berupa gambar serangga kupu-kupu, guru memberikan contoh gerakan terlebih dahulu dan secara aktif memantau siswa. Siswa di kelompokkan untuk memperagakan di depan kelas agar menguasai materi.
2. Kelemahan
Dalam pembelajaran tidak di dahului oleh kegiatan pembukaan berupa Doa. Guru tidak menjelaskan mengenai definisi, jenis, contoh dan perbedaan dari masing-masing seni rupa dan keterampilan.
3. Solusi
Agar pembelajaran seni dapat terpadu. proses praktik di dahului oleh penjelasan agar siswa dapat mengetahui seni apa yang sedang mereka kerjakan.
Nama : CITRA AMALIA
Nim : 857030756
Pokjar : Sidomulyo
Pembelajaran seni budaya biasanya dikelompokkan menjadi beberapa bagian seperti Menari, mengenal/memainkan alat musik, menghasilkan karya,dll.
Sedangkan seni budaya secara terpadu dapat menggabungkan/dipadukan seni budaya dan keterampilan seperti conton video diatas menggabungkan (menggambar, bernyanyi dan menari)
alhamdulillah di video diatas anak anak sangat antusias ingin belajar seni secara terpadu.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Ryan Bernaldhi Hidayat
NIM : 856822814
Salut. : Ketahun
UPBJJ : Bengkulu
Menurut pendapat saya dari Hasil analisis video pembelajaran “Pembelajaran seni secara Terpadu ”
1. Reaksi siswa sangat antusias, ketika guru memasuki kelas dan menjelaskan materi pembelajaran hari ini, siswa memberikan respon yang baik terhadap guru.
2. Adapun kelemahan dari video pembelajaran tersebut yaitu guru tidak melakukan pembukaan saat diawal pembelajaran seperti memberi salam, melakukan absensi siswa terlebih dahulu ataupun memberikan kegiatan ice breaking untuk membaktikan semengat siswa sebelum menghadapi pembelajaran.
3. Dan kelebihannya juga ada dimana guru memanfaatkan media pembelajaran yang ada dan langsung mempraktekkan nya bersama siswa yang membuat siswa lebih semangat melaksanakan pembelajarannya.
4. Hal uniknya yaitu guru dan siswa terlihat sangat senang dan gembira saat mempraktekkan pembelajaran seni.
5. Untuk meningkatkan lagi lebih baik guru melakukan kegiatan awal pembelajaran, supaya menumbuhkan semangat siswa sebelum proses pembelajaran.
Nama:Resti Violita
Nim:856608077
Pokjar:Prabumulih
Reaksi siswa sangat antusias, ketika guru memasuki kelas dan menjelaskan materi pembelajaran hari ini, siswa memberikan respon yang baik terhadap guru.
2. Adapun kelemahan dari video pembelajaran tersebut yaitu guru tidak melakukan pembukaan saat diawal pembelajaran seperti memberi salam, melakukan absensi siswa terlebih dahulu ataupun memberikan kegiatan ice breaking untuk membaktikan semengat siswa sebelum menghadapi pembelajaran.
3. Dan kelebihannya juga ada dimana guru memanfaatkan media pembelajaran yang ada dan langsung mempraktekkan nya bersama siswa yang membuat siswa lebih semangat melaksanakan pembelajarannya.
4. Hal uniknya yaitu guru dan siswa terlihat sangat senang dan gembira saat mempraktekkan pembelajaran seni.
5. Untuk meningkatkan lagi lebih baik guru melakukan kegiatan awal pembelajaran, supaya menumbuhkan semangat siswa sebelum proses pembelajaran.
Nama : CITRA AMALIA
Nim : 857030756
Pokjar : Sidomulyo
analisis video : Pembelajaran seni budaya biasanya dikelompokkan menjadi beberapa bagian seperti Menari, mengenal/memainkan alat musik, menghasilkan karya,dll. Sedangkan seni budaya secara terpadu dapat menggabungkan/dipadukan seni budaya dan keterampilan seperti conton video diatas menggabungkan (menggambar, bernyanyi dan menari) alhamdulillah di video diatas anak anak sangat antusias ingin belajar seni secara terpadu.
kelebihan video : anak anak senang dan sangat antusias ingin belajar seni budaya terpadu dan guru juga memenuhi keinginan apa yang diinginkan anak anak sehingga anak anak happy saat kegiatan berlangsung.
kekurangan video : guru tidak hafal dengan lirik lagu kupu-kupu
hal unik yang terjadi : guru memenuhi keinginan anak anak untuk belajar seni budaya dengan menggabungkan beberapa kegiatan seperti menggambar, mewarnai, menyanyi dan menari.
rekomendasi perbagikan : sebaiknya guru harus hafal terlebih dahulu dengan lirik lagu kupu-kupu sehingga anak anak pun antusias dan senang disaat bernyanyi dan menari dengan lagu kupu-kupu.
Nama : Siti Nuraysah
NIM : 858447263
UPBJJ : Samarinda
Video “Pembelajaran Seni Secara Terpadu” menampilkan pendekatan pembelajaran seni yang mengintegrasikan berbagai aspek seni seperti menggambar, menyanyi, menari, dan keterampilan tangan.
Video memperlihatkan praktik pembelajaran seni yang mengintegrasikan beberapa cabang seni (musik, tari, dan rupa) dalam satu kegiatan tematik. Guru menggunakan pendekatan kontekstual yang berfokus pada pengalaman langsung siswa.
1. Kelebihan pada video tersebut :
a) Pendekatan interaktif dan holistik
Guru tidak hanya menyampaikan materi secara verbal, tetapi langsung melibatkan siswa melalui aktivitas kreatif yang menyenangkan. Ini mendukung perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik secara bersamaan.
b) Fokus pada pengalaman belajar
Pembelajaran bersifat aktif dan partisipatif. Siswa tidak sekadar mendengarkan, tetapi ikut mencipta dan mengekspresikan ide mereka dalam bentuk karya seni.
c) Integrasi antarmata pelajaran
Dalam satu kegiatan seni, guru menyisipkan unsur bahasa (bercerita/bernyanyi), keterampilan motorik (menari/menggambar), dan kerjasama sosial (kerja kelompok), mencerminkan prinsip pembelajaran terpadu.
2. Aspek yang perlu ditingkatkan
a) Kurangnya tahapan pedagogis formal
Guru langsung masuk ke aktivitas tanpa apersepsi atau pemanasan. Tahapan ini penting untuk membangun koneksi dengan pengalaman sebelumnya dan menyiapkan mental siswa.
b) Minim refleksi atau umpan balik
Setelah kegiatan selesai, tidak tampak adanya refleksi atau diskusi untuk memperkuat pemahaman siswa tentang proses dan hasil belajar mereka.
c) Penggunaan media yang terbatas
Meskipun aktivitas berjalan baik, penggunaan media digital atau alat bantu visual/audio tambahan dapat meningkatkan kualitas penyampaian dan daya tarik pembelajaran.