silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam video ini menggambarkan upaya guru dalam menanamkan disiplin pada anak. Hal ini penting, karena pada masa usia dini anak masih belum memahami arti disiplin dan masih bersifat egosentris. Dalam tayangan, tampak beberapa anak yang menyerobot antrian atau berebut saat hendak bermain di area permainan. Upaya yang dilakukan guru dalam video ini adalah dengan memberi penghargaan baik yang bersifat verbal seperti ucapan” hebat”,  “kamu pintar” dan juga non verbal seperti “mengacungkan ibu jari”, “mengusap kepala dan bahu anak”,  dan “tepuk tangan”.

Sri Tatminingsih

Dalam tayangan video ini, para pengunjung dapat memperoleh beberapa
tips yang bisa dengan mudah dilakukan untuk memberi penguatan perilaku
dengan pemberian pujian, baik secara verbal ataupun ditambahkan dengan
adanya bahasa tubuh tertentu yang dilakukan oleh guru.

Secara umum tayangan ini sudah menerangkan dengan jelas fungsi dan cara pemberian penguatan melalui pujian pada anak didik.

Pemberian pujian hingga saat ini memang sangat diperlukan, dan merupakan keterampilan yang harus dikuasai guru.

Pemberian pujian yang tepat akan mengakibatkan sikap positif pada
anak didik semakin bertambah, hal tersebut berlaku pada semua anak didik
bagaimanapun karakteristik mereka sebagai individu.

Wing Hanyom Sari

Similar Posts

679 Comments

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…
    Ijin berkomentar pada ilustrasi video tentang pemberian hadiah. Dimana ketika anak berhasil melakukan suatu hal yang di arahkan oleh guru, maka akan diberikan hadiah atau imbal balik agar anak semakin bersemangat dan giat dalam melaksanakan tugasnya.
    Saya pun demikian di tempat mengajar ketika anak berhasil menjalankan apa yang di arahkan, maka saya akan memberikan hadiah baik berupa kata pujian secara langsung, mengacungkan jempol, tepuk tangan bahkan tak jarang juga saya memberikan uang sebagai bentuk penghargaan terhadap anak yang berhasil walaupun hanya 1000 rupiah. Tentunya dari cara-cara seperti tadi, yang saya dapat amati mereka sangat senang, berusaha lebih maksimal dari sebelumnya bahkan mereka berlomba-lomba untuk bisa seperti temannya yang sudah berhasil..
    Jadi, pemberian hadiah memang sangat perlu dilakukan untuk Anak Usia Dini, guna membangkitkan semangat belajarnya.

    2
    0
  2. Tugas GPO
    Nama : Hirmayuliana
    Nim : 859166317
    (Seri menanamkan ketaatan peraturan PAUD : Pemberian Hadiah)
    Comment :
    Dalam tayangan vidio tersebut, guru telah menujukan bagaimana cara pemberian hadiah yang berupa pujian dengan baik. Sehingga anak-anak dengan mudahnya untuk mengikuti setiap peraturan yang ada baik di sekolah maupun di kelas, meskipun masih ada satu atau dua orang anak yang masih asyik dengan tingkahnya sendiri.
    Secara umum tayangan vidio tersebut sudah dapat menerangkan dengan jelas fungsi dan cara pemberian penguatan melalui pujian pada peserta didik. Dan jika kita perhatikan pada vidio, upaya yang dilakukan guru dengan memberi penghargaan baik yang bersifat verbal seperti: ucapan hebat, pintar, baik, dan juga non verbal seperti: mengacungkan ibu jari, dan dengan mengusap kepala sambil memberikan senyuman, dengan cara seperti itu anak akan merasa lebih di sayang dan diperhatikan.

  3. Dalam vidio yang berjudul pemberian hadiah “parise” Yaitu berisi tentang guru memberikan hadiah pada anak setelah anak melakukan sesuatu atau menyelesaikan tugas yang diberikan. Menurut saya, hal ini sangat bagus karena anak akan lebih semangat dalam menyelesaikan tugasnya, hal ini juga sering saya terapkan di lembaga tempat saya mengajar , saya selalu memberikan pujian dan acungan jempol serta stempel bintang pada anak yang dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik dan itu membuat anak semakin bersemangat dan berlomba- lomba untuk menyelesaikan tugasnya.

  4. Assalamualaikum ,dari pemaparan video yg sy lihat sdah dapat memberikan gambaran ttg cara pemberian penghargaan pada anak yang telah melakukan perbuatan yang baik dan mengarahkan anak yg masih bersifat egosentris untuk dapat melakukan perbuatan yang terpuji dan belajar untuk melakukan hal yang baik.dengan demikian anak akan merasa nyaman dan di perhatikan oleh gurunya.terimakasih

  5. tugas GPO
    Nama Linda Surtiasih
    NIM 857486438

    Pemberian Hadiah

    setelah melihat video diatas guru dan anak bekerjasama dalam melakukan pembiasann kegiatan pembelajaran dari mulai penyambutan anak, mencuci tangan, menggosok gigi, bermain bersama, membereskan kembali mainan. saya setuju dengan guru yang ada divideo tersebut, karena dengan adanya penghargaan atau pemberian hadiah anak akan termotivasi untuk melakukan hal hal baik, sehingga akan terbiasa mengulangi kegiatan kegiatan tersebut.

  6. nama : evi prihatiningsih
    nim : 0859170729
    prodi : S1 PGPAUD

    untuk menanamkan sikap disiplin pada anak didik khusunya pada PAUD memang membutuhkan upaya khusus mengingat anak usia dini yang masih harus dimengerti dan terkadang egosentris. upaya guru pada video diatas sudah cukup baik yaitu dengan memberikan penghargaan secara verbal dan non verbal akan tetapi memberikan penghargaan juga bisa dengan cara memberikan anak reward berupa stiker bintang atau senyum yang mana stiker tersebut bisa di print oleh guru dan ditempeli double tip agar anak bisa menempelnya dirumah untuk dikoleksi. cara ini cukup efektif karena saya menerapkannya di lembaga saya sendiri. jadi untuk anak yang tertib saat berdoa atau anak yang merapikan mainan akan diberikan reward berupa stiker tersebut oleh gurunya. cara ini memotivasi anak untuk berperilaku disiplin karena akan sangat senang jika mendapatkan reward berupa stiker tersebut.

  7. assalamualaikum
    nama saya : meki ulandari
    nim : 856813514

    Dalam tayangan vidio tersebut, guru telah menujukan bagaimana cara pemberian hadiah yang berupa pujian dengan baik. Sehingga anak-anak dengan mudahnya untuk mengikuti setiap peraturan yang ada baik di sekolah maupun di kelas, meskipun masih ada satu atau dua orang anak yang masih asyik dengan tingkahnya sendiri.
    Secara umum tayangan vidio tersebut sudah dapat menerangkan dengan jelas fungsi dan cara pemberian penguatan melalui pujian pada peserta didik.

  8. Dalam menanamkan sikap disiplin pada anak didik khusunya pada PAUD memang membutuhkan upaya khusus mengingat anak usia dini lebih dominan egonya. Upaya guru pada video diatas sudah cukup baik yaitu dengan memberikan penghargaan secara verbal dan non verbal. Bentuk pemberian penghargaan juga bisa dengan cara memberikan anak reward berupa acungan jempol dengan senyum. Bentuk kedisiplinan pada anak bisa dimulai pada hal-hal kecil misalnya ketika anak dapat berdoa dengan tertib , anak dapat merapikan sepatu pada tempatnya. Setelah anak melakukan salah satu tindakan displin selanjutnya kita bisa memberikan reward . Cara ini memotivasi anak untuk berperilaku disiplin karena akan sangat senang jika mendapatkan reward berupa stiker tersebut.

  9. Untuk menanamkan sikap disiplin pada anak didik khusunya pada PAUD memang membutuhkan upaya khusus mengingat anak usia dini yang masih harus dimengerti dan terkadang egosentris. setelah saya melihat video diatas guru dan anak bekerjasama dalam melakukan pembiasann kegiatan pembelajaran dari mulai penyambutan anak, mencuci tangan, menggosok gigi, bermain bersama, membereskan kembali mainan. saya setuju dengan guru yang ada divideo tersebut, upaya guru pada video tersebut sudah cukup baik yaitu dengan memberikan penghargaan secara verbal dan non verbal akan tetapi memberikan penghargaan juga bisa dengan cara memberikan anak reward berupa stiker bintang. cara ini cukup efektif karena saya menerapkannya di lembaga saya sendiri.

  10. Untuk menanamkan sikap disiplin pada anak didik khusunya pada PAUD memang membutuhkan upaya khusus mengingat anak usia dini yang masih harus dimengerti dan terkadang egosentris. setelah saya melihat video diatas guru dan anak bekerjasama dalam melakukan pembiasann kegiatan pembelajaran dari mulai penyambutan anak, mencuci tangan, menggosok gigi, bermain bersama, membereskan kembali mainan. saya setuju dengan guru yang ada divideo tersebut, upaya guru pada video tersebut sudah cukup baik yaitu dengan memberikan penghargaan secara verbal dan non verbal akan tetapi memberikan penghargaan juga bisa dengan cara memberikan anak reward berupa stiker bintang. cara ini cukup efektif karena saya menerapkannya di lembaga saya sendiri.

Leave a Reply