silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Ilustrasi dalam video ini menggambarkan upaya guru dalam menanamkan disiplin pada anak. Hal ini penting, karena pada masa usia dini anak masih belum memahami arti disiplin dan masih bersifat egosentris. Dalam tayangan, tampak beberapa anak yang menyerobot antrian atau berebut saat hendak bermain di area permainan. Upaya yang dilakukan guru dalam video ini adalah dengan memberi penghargaan baik yang bersifat verbal seperti ucapan” hebat”, “kamu pintar” dan juga non verbal seperti “mengacungkan ibu jari”, “mengusap kepala dan bahu anak”, dan “tepuk tangan”.
Sri Tatminingsih
–
–
Dalam tayangan video ini, para pengunjung dapat memperoleh beberapa
tips yang bisa dengan mudah dilakukan untuk memberi penguatan perilaku
dengan pemberian pujian, baik secara verbal ataupun ditambahkan dengan
adanya bahasa tubuh tertentu yang dilakukan oleh guru.
Secara umum tayangan ini sudah menerangkan dengan jelas fungsi dan cara pemberian penguatan melalui pujian pada anak didik.
Pemberian pujian hingga saat ini memang sangat diperlukan, dan merupakan keterampilan yang harus dikuasai guru.
Pemberian pujian yang tepat akan mengakibatkan sikap positif pada
anak didik semakin bertambah, hal tersebut berlaku pada semua anak didik
bagaimanapun karakteristik mereka sebagai individu.
Wing Hanyom Sari
Nama : Shokhifatul Ula
NIM : 857760639
Judul Vidio : Pemberian Hadiah “Parise”
Konsep pemberian hadiah “Parise” dalam pembelajaran PAUD memberikan pengakuan akan pentingnya memberikan apresiasi kepada anak-anak atas usaha dan prestasi mereka. Pemberian hadiah seperti ini bukan hanya menguatkan motivasi belajar anak, tetapi juga memperkuat hubungan antara guru dan siswa. Melalui pemberian hadiah “Parise” yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat anak, pembelajaran menjadi lebih bersemangat dan menyenangkan. Ini adalah salah satu strategi yang sangat relevan dan dapat diterapkan dalam konteks pendidikan anak usia dini. Terimakasih
Ilustrasi yang diberikan dalam video tersebut memperlihatkan pentingnya peran guru dalam menanamkan disiplin pada anak usia dini. Pada usia tersebut, anak-anak masih dalam tahap perkembangan di mana mereka belum sepenuhnya memahami arti dari disiplin dan masih cenderung bersifat egosentris.
Upaya yang dilakukan guru dalam video tersebut menggunakan berbagai bentuk penghargaan, baik verbal maupun non-verbal, untuk memberikan penguatan positif kepada anak-anak. Penggunaan pujian seperti “hebat” dan “kamu pintar” serta tindakan non-verbal seperti mengacungkan ibu jari, mengusap kepala dan bahu anak, dan memberikan tepuk tangan, merupakan cara yang efektif untuk memperkuat perilaku yang diinginkan dan mengajarkan anak-anak tentang pentingnya kedisiplinan dan tindakan positif.
Dengan memberikan penghargaan secara konsisten atas perilaku yang diinginkan, guru membantu membentuk pola perilaku yang baik pada anak-anak, serta menciptakan lingkungan pembelajaran yang positif dan mendukung.
Nama : Risna Maya sari
Nim:856789437
Dalam video diatas memperlihatkan bagaimana upaya guru anak usia dini dalam menanamkan kedisiplinan pada anak dengan cara memberikan penghargaan melalui kata-kata, ungkapan,pujian. Tips dalam memberikan penghargaan kepada anak
1. Memberikan penghargaan segera setelah melakukan kegiatan baik
2. Memberikan penghargaan tanpa membedakan anak
3. Berikan dorongan kepada anak yang belum dapat melakukan kegiatan disiplin
4. Berikan penghargaan tanpa berlebihan
Tips tersebut dapat kita terapkan disekolah kita.
Assalamu’alaikum wr. wb
Pada video tersebut anak anak diajarkan untuk menaati sebuah peraturan dengan cara pemberikan hadiah atau “praise” menurut saya cari ini dapat dilakukan dengan baik karena anak anak masih bersifat egosentris dimana ia lebih mementingkan dirinya sendiri, sebagai stimulasi membangun ketaatan anak dapat dilakukan dengan memberikan hadiah baik verbal maupun non-verbal.
Nama : Ilma Auliya Nurfauziyah
Nim : 857490065
pemberian hadiah
dalam vediao tersebut menurut pendapat saya pemberian hadiah atau parise adalah sebuat apresiasi pada anak, karena telah mengikuti aturan yang diberikan tersebut sebuah kesenangan sendiri bahwa anak jika diberi sesuatu ia akan merasa senang, halnya seperti contoh misalkan guru sedang menjelaskan tentang apel dan guru tersebut memberikan pertanyaan kepada anak yang bisa mendengarkan dan menjawab pertanyaan bu guru bu guru akan memberikan rewad/ hadiah, hal tersebut adalah bahwa anak dapat belajar cara mendissiplinkan dirinya ketika sedang belajar/ berkegiatan
Nama : yosefina k. Pajong
Nim : 859302963
Menurut saya dari video pemberian hadiah “perise” menunjukan bagaimana guru PAUD dapat menggunakan hadiah untuk motivasi dan menghargai siswa dengan cara yang positif. Dalam video ini juga memberi contoh kepada kita sebagai pendidik yang profesional harus mampu berkomunikasi yang efektif terutama kepada peserta didiknya dengan memberi pujian kepada peserta didik bentuk komunikasi yang efektif.
Nama : Rusmalasari
Nim : 858308241
Prodi : S1 PGPAUD
Menurut Saya apa yang dilakukan guru tersebut sangat bagus dan Saya juga sering melakukan itu kepada anak didik Saya
Nama : Miftahul Jannah
NIM : 859428495
• Perjelas tujuan: Jelaskan secara lebih detail tujuan pemberian hadiah “praise” dalam konteks pendidikan anak usia dini. Apakah untuk meningkatkan motivasi belajar, membangun rasa percaya diri, atau memperkuat perilaku positif?
• Berikan contoh yang konkret: Tampilkan contoh-contoh konkret bagaimana pemberian hadiah “praise” diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar di PAUD. Hal ini akan membantu para guru memahami cara menerapkan program ini dengan efektif.
• Tekankan pentingnya ketepatan waktu: Jelaskan bahwa pemberian hadiah “praise” harus dilakukan pada saat yang tepat, yaitu ketika anak menunjukkan perilaku positif atau mencapai pencapaian. Hal ini akan membantu memperkuat asosiasi antara perilaku dan hadiah.
• Gunakan variasi jenis hadiah: Selain hadiah materi, pertimbangkan untuk memberikan hadiah non-materi seperti pujian, pelukan, atau perhatian khusus. Hal ini akan membantu anak belajar bahwa pengakuan dan penghargaan tidak selalu harus dalam bentuk materi.
• Libatkan orang tua: Berikan edukasi kepada orang tua tentang pentingnya pemberian hadiah “praise” dan bagaimana mereka dapat menerapkannya di rumah. Hal ini akan membantu anak mendapatkan konsistensi dan dukungan dalam belajar dan mengembangkan perilaku positif.
Zimamatud Diyanah
857755723
Dalam video diatas memperlihatkan bagaimana upaya guru anak usia dini dalam menanamkan kedisiplinan pada anak dengan cara memberikan penghargaan melalui kata-kata, ungkapan,pujian. Tips dalam memberikan penghargaan kepada anak
1. Memberikan penghargaan segera setelah melakukan kegiatan baik
2. Memberikan penghargaan tanpa membedakan anak
3. Berikan dorongan kepada anak yang belum dapat melakukan kegiatan disiplin
4. Berikan penghargaan tanpa berlebihan
Tips tersebut dapat kita terapkan disekolah kita.
Nama : Arifa Liana Utami
Nim : 857506135
UPBJJ : Bandung
Video : Pemberian Hadiah ” Parise”
Setelah menonton video tersebut, metode pemberian hadiah sudah sangat bagus jika dilakukan dalam mendisiplinkan anak-anak, dengan memberi apresiasi secara verbal saja terhadap anak yang sudah mampu merapihkan mainan, hal tersebut akan memotivasi anak lain untuk memiliki rasa semangat dan bertanggung jawab merapihkan kembali mainan yang telah dimainkan.