silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam video ini menggambarkan upaya guru dalam menanamkan disiplin pada anak. Hal ini penting, karena pada masa usia dini anak masih belum memahami arti disiplin dan masih bersifat egosentris. Dalam tayangan, tampak beberapa anak yang menyerobot antrian atau berebut saat hendak bermain di area permainan. Upaya yang dilakukan guru dalam video ini adalah dengan memberi penghargaan baik yang bersifat verbal seperti ucapan” hebat”,  “kamu pintar” dan juga non verbal seperti “mengacungkan ibu jari”, “mengusap kepala dan bahu anak”,  dan “tepuk tangan”.

Sri Tatminingsih

Dalam tayangan video ini, para pengunjung dapat memperoleh beberapa
tips yang bisa dengan mudah dilakukan untuk memberi penguatan perilaku
dengan pemberian pujian, baik secara verbal ataupun ditambahkan dengan
adanya bahasa tubuh tertentu yang dilakukan oleh guru.

Secara umum tayangan ini sudah menerangkan dengan jelas fungsi dan cara pemberian penguatan melalui pujian pada anak didik.

Pemberian pujian hingga saat ini memang sangat diperlukan, dan merupakan keterampilan yang harus dikuasai guru.

Pemberian pujian yang tepat akan mengakibatkan sikap positif pada
anak didik semakin bertambah, hal tersebut berlaku pada semua anak didik
bagaimanapun karakteristik mereka sebagai individu.

Wing Hanyom Sari

Similar Posts

679 Comments

  1. Anwargani Saputra
    836860408

    Untuk menanamkan ketaatan terhadap aturan salah satu cara yang dapat dilakukan dengan Pemberian hadiah baik verbal maupun nonverbal. Berikan pujian.
    Penghargaan dalam bentuk pujian dapat menggunakan kata-kata (hebat, bagus), ekspresi wajah (senyuman) dan bentuk tubuh (senyuman, tepukan di pundak anak).
    Tipsnya adalah. Memberikan pujian segera, berikan pujian terhadap perilaku baik yang sudah dilakukan. Berikan motivasi kepada anak agar lain dapat melakukan perilaku baik. Berikan penghargaan tanpa berlebihan.

  2. Nama : Dwi Indah Cahyati
    Nim : 859788662
    Mata kuliah : profesional guru
    UPBJJ : PALEMBANG

    Menurut saya didalam vidio tersebut terdapat banyak manfaat yaitu pertama, dapat meningkatkan motivasi dan minat anak dalam melaksanakan pembelajaran. Kedua dapat memperkuat pemahaman anak tentang aturan-aturan yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga, menanamkan dalam diri anak untuk terus taat pada aturan baik sehingga anak menjadi terbiasa dengan aturan-aturan tersebut. Karena dengan adanya pemberian hadiah atau pujian kepada anak itu sangat membantu untuk membuat anak termotivasi dan senang melakukan aturan tersebut.

  3. Nama : Nur Aisyah Indri Astutik
    NIM : 858937546

    Video ini ” Pemberian Hadiah parise” ini sangatlah manarik,bagus dan memberikan ilustrasi yang baik tentang upaya guru dalam menanamkan disiplin pada anak usia dini. Dimana sering kali masih bersifat egosentris dan belum memahami arti disiplin. Cara menanamkan disiplin pada anak yaitu dengan taat pada aturan. Salah satu cara menanamkan disiplin pada anak dengan memberikan hadiah, seperti dilakukan guru dalam video tersebut dengan memberi penghargaan baik yang bersifat verbal seperti ucapan” hebat”, “kamu pintar” dan juga non verbal seperti “mengacungkan ibu jari”, “mengusap kepala dan bahu anak”, dan “tepuk tangan. Dengan memberikan pujian kepada anak yang mematuhi peraturan, sehingga anak akan menjadi senang dan termotivasi untuk selalu disiplin dan taat akan aturan.

  4. judul :Pemberian Hadiah “Parise”
    komentar : Setelah menonton video “Pemberian Hadiah ‘Parise'”, saya melihat betapa efektifnya pendekatan guru dalam menanamkan disiplin pada anak-anak. Dengan memberikan penghargaan verbal dan non-verbal seperti kata-kata pujian dan tindakan seperti mengacungkan ibu jari, guru menciptakan lingkungan positif yang mendukung pertumbuhan anak-anak. Ini sangat penting mengingat pada usia dini, anak-anak masih belajar tentang aturan dan tata tertib. Pendekatan tersebut membantu mereka memahami arti disiplin sambil menjaga suasana belajar yang menyenangkan.
    saran : kualitas video harap ditingkatkan lagi

  5. Nama : Lailatul syahidah ummina
    Nim : 858316439

    Dengan memperhatikan tanggapan ini, video berjudul “Pemberian Hadiah ‘Parise'” dapat lebih efektif dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi para penonton, terutama para pendidik yang mencari metode untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar.

  6. Assalamu’alaikum wr wb
    Nama : Yuli YuliYani
    NIM : 857524807

    Menanamkan disiplin pada anak usia dini melalui penghargaan positif adalah pendekatan yang sangat efektif dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan mereka. Anak-anak pada usia ini masih belajar tentang aturan sosial dan cenderung bersikap egosentris, sehingga mereka memerlukan bimbingan yang lembut dan mendukung.
    Pendapat saya tentang Pendekatan Guru dalam Video tersebut adalah :
    1. Penghargaan Verbal: Ucapan pujian seperti “hebat” dan “kamu pintar” membantu memperkuat perilaku positif. Anak-anak pada usia dini sangat responsif terhadap pujian dan cenderung mengulang perilaku yang mendapatkan respons positif. Ini juga meningkatkan rasa percaya diri mereka.
    2. Penghargaan Non-verbal: Tindakan seperti mengacungkan ibu jari, mengusap kepala, bahu anak, dan tepuk tangan memberikan penguatan tambahan yang penting. Penghargaan non-verbal sering kali lebih kuat karena anak-anak dapat merasakan penghargaan melalui kontak fisik dan ekspresi tubuh yang mendukung.

    Terimakasih,

  7. Untuk menanamkan ketaatan terhadap aturan salah satu cara yang dapat dilakukan dengan Pemberian hadiah baik verbal maupun nonverbal. Berikan pujian.
    Penghargaan dalam bentuk pujian dapat menggunakan kata-kata (hebat, bagus), ekspresi wajah (senyuman) dan bentuk tubuh (senyuman, tepukan di pundak anak).
    Tipsnya adalah. Memberikan pujian segera, berikan pujian terhadap perilaku baik yang sudah dilakukan. Berikan motivasi kepada anak agar lain dapat melakukan perilaku baik. Berikan penghargaan tanpa berlebihan.

  8. Nama : Zerlina Wulandari
    NIM : 858936308
    Judul Vidio : Pemberian Hadiah “Parise”

    Konsep pemberian hadiah “Parise” dalam pembelajaran PAUD memberikan pengakuan akan pentingnya memberikan apresiasi kepada anak-anak atas usaha dan prestasi mereka. Pemberian hadiah seperti ini bukan hanya menguatkan motivasi belajar anak, tetapi juga memperkuat hubungan antara guru dan siswa. Melalui pemberian hadiah “Parise” yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat anak, pembelajaran menjadi lebih bersemangat dan menyenangkan. Ini adalah salah satu strategi yang sangat relevan dan dapat diterapkan dalam konteks pendidikan anak usia dini. Terimakasih

  9. Nama : SAMSINAR
    Nim: 859412841

    Video tersebut tampaknya memberikan contoh yang baik tentang bagaimana guru dapat secara efektif menanamkan nilai-nilai disiplin pada anak-anak. Pada usia dini, anak-anak memang cenderung egosentris dan belum sepenuhnya memahami konsep disiplin, sehingga pendekatan yang dilakukan guru haruslah kreatif dan memotivasi. Penggunaan pujian verbal dan non-verbal, seperti yang ditunjukkan dalam video, adalah cara yang efektif untuk menguatkan perilaku positif tanpa harus menggunakan hukuman atau kritik yang keras. Hal ini tidak hanya membantu anak-anak mengembangkan rasa disiplin tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri mereka. Pujian seperti “hebat” atau “kamu pintar”, serta isyarat tubuh yang mendukung, memberikan umpan balik positif yang dapat memotivasi anak-anak untuk terus berperilaku baik dan menghargai pentingnya menunggu giliran serta berbagi dengan teman-teman mereka.

  10. Nama: HENNI PURWASIH
    NIM:858296724
    Cara yang di lakukan oleh guru tersebut dalam menanamkan kedisplinan pada anak,yaitu dengan pemberian penghargaan,berupa pujian,sikap yang ramah,hal itu sangat efektif bagi anak usia dini dalam hal menanamkan sikap disiplin pada anak,seperti mengatakan anak hebat pintar,membuat anak merasa senang Daan bahagia,sehingga dengan senang hati melakukan disiplin sejak dini sampai mereka dewasa nantinya.

Leave a Reply