silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Ilustrasi dalam video ini menggambarkan upaya guru dalam menanamkan disiplin pada anak. Hal ini penting, karena pada masa usia dini anak masih belum memahami arti disiplin dan masih bersifat egosentris. Dalam tayangan, tampak beberapa anak yang menyerobot antrian atau berebut saat hendak bermain di area permainan. Upaya yang dilakukan guru dalam video ini adalah dengan memberi penghargaan baik yang bersifat verbal seperti ucapan” hebat”, “kamu pintar” dan juga non verbal seperti “mengacungkan ibu jari”, “mengusap kepala dan bahu anak”, dan “tepuk tangan”.
Sri Tatminingsih
–
–
Dalam tayangan video ini, para pengunjung dapat memperoleh beberapa
tips yang bisa dengan mudah dilakukan untuk memberi penguatan perilaku
dengan pemberian pujian, baik secara verbal ataupun ditambahkan dengan
adanya bahasa tubuh tertentu yang dilakukan oleh guru.
Secara umum tayangan ini sudah menerangkan dengan jelas fungsi dan cara pemberian penguatan melalui pujian pada anak didik.
Pemberian pujian hingga saat ini memang sangat diperlukan, dan merupakan keterampilan yang harus dikuasai guru.
Pemberian pujian yang tepat akan mengakibatkan sikap positif pada
anak didik semakin bertambah, hal tersebut berlaku pada semua anak didik
bagaimanapun karakteristik mereka sebagai individu.
Wing Hanyom Sari
Assalamaulaikum wr. wb.
Dalam vidio berjudul ”Pemberian hadiah parise” vidio ini sangat menarik salah satu tugas pendidik membentuk disiplin diri pada anak usia dini dengan cara menanamkan ketaatan pada aturan yaitu dengan cara memberikan hadiah verbal atau non verbal. penghargaan dapat berupa pujian yang dapat dilakukan dengan kata-kata, ekspresi wajah, ataupun gerakan tubuh. ada beberapa cara memberikan penghargaan kepada anak diantaranya :
– memberikan penghargaan segera setelah anak melakukan perbuatan baik
– berikan penghargaan kepada anak tanpa membedakan anak
– berikan dorongan kepada anak yang belum anak yang belum dapat melakukan perbuatan baik ,disiplin , dan belum dapat menaati peraturan
– berikan penghargaan pada anak tanpa berlebihan.
terimakasih
Video tersebut berisikan cara menanamkan ketaatan peraturan atau disiplin pada anak yang dapat dilakukan dengan memberikan penghargaan, baik secara verbal maupun non verbal. Hal yang dapat dilakukan oleh guru adalah memberikan pujian, baik dengan kata-kata seperti “kamu hebat!” “wah, bagus!”, senyuman, ataupun menepuk pundak anak. Tips dalam memberikan penghargaan kepada anak, yaitu:
1. Memberikan penghargaan segera setelah anak melakukan hal baik.
2. Berikan penghargaan tanpa membedakan.
3. Berikan dorongan pada anak yang belum bisa melakukan tindakan baik, disiplin atau mentaati aturan.
4. Berikan penghargaan tanpa berlebihan.
Menurut saya tips yang diberikan sangat berguna dalam pembelajaran sehari-hari. Masalah yang diangkat juga relevan dengan kegiatan belajar mengajar yang saya lakukan, karena ada beberapa anak yang kurang disiplin. Sehingga, video ini sangat bermanfaat bagi saya.
Nama : Muhalimah
NIM : 857990159
Menurut saya , dalam video tersebut sudah menanamkan cara mendisiplinkan anak didik dengan baik , dengan cara memberi pujian yang baik dan tepat akan membuat anak menjadi semakin disiplin dan semangat untuk mentaati peraturan yang ada di sekolah.
Assalamualaikum wr.wb.
Judul video: pemberian hadiah “Parise”
Pujian adalah salah satu bentuk penguatan positif yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan motivasi dan sikap positif anak didik. Pujian yang tepat dan sesuai dengan situasi dapat meningkatkan kepercayaan diri anak didik, memotivasi mereka untuk terus berprestasi, dan membangun hubungan yang baik antara guru dan anak didik. Oleh karena itu, pemberian pujian yang tepat sangat penting dalam proses pendidikan dan harus dikuasai oleh setiap guru. Dan tentu saja pada video ini materi yang di sampaikan sangat bermanfaat untuk para guru.
video ini sangat efektif dalam meningkatkan ketaatan peraturan pada anak-anak. Dengan memberikan pujian dan apresiasi pada anak-anak yang mengikuti peraturan, guru dapat meningkatkan motivasi anak-anak untuk mengikuti peraturan.
Nama : Nita Ritani
Nim : 858450999
Judul video ” Pemberian hadiah “Parise”
Dalam video diperlihatkan beberapa tips cara memberikan hadiah/Parise terhadap anak. hadiah di video ini berupa ucapkan atau penghargaan terhadap hal baik yang sudah dilakukan oleh si anak. hal ini sudah kami lakukan juga selain memberikan penghargaan berupa lisan kami juga memberikan reward/hadiah berupa memberikan stiker. kenapa kami memilih stiker karena anak-anak suka dengan stiker dan bisa di tempelkan di botol minum/tempat makan/buku/tas mereka. hal ini juga bisa membuat anak untuk mengerti setiap hal baik dan positif yang mereka lakukan akan ada hadiahnya baik itu pujian ataupun lainnya.
Menjadi pendidik yang profesional ada 4 kompetensi yang harus dikuasai, yakni : kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.
dalam video memberi contoh kepada kita sebagai pendidik yang profesional, memiliki kompetensi sosial. guru yang profesional harus mampu berkomunikasi yang efektif terutama kepada peserta didiknya, dengan pemberian pujian kepada peserta didik bentuk komunikasi yang efektif. karena dengan pemberian pujian akan menumbuhkan semangat kepada peserta didik untuk terus meningkatkan hasil belajarnya atau perbuatan baik yang telah mereka lakukan.
namun perlu diperhatikan, seperti saran yang tersirat dalam video tersebut, pemberian pujian atau penghargaan hendaknya perhatikan :
1. memberikan penghargaan segera setelah anak melakukan perbuatan yang baik atau benar
2. berikanlah penghargaan kepada anak tanpa membeda-bedakan
3. berikanlah dorongan kepada peserta didik yang belum bisa berbuat baik / mengerjakan tugasnya dengan benar
4. berikan penghargaan tanpa berlebihan
Dalam vidio tersebut berisi mengenai bagaimana cara mendisiplinkan anak? Terlihat Anak memang suka dan identik dengan pujian/rewad yang di berikan oleh guru. Salah satu cara untuk dapat mendisiplinkan anak yaitu dengan memberikan pujian / rewad terhadap pencapaian anak. Mendidik anak dengan memberikan pujian adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi mereka. Pujian yang tepat dapat memperkuat perilaku positif dan mendorong anak untuk terus berusaha keras.
NAMA : Dessy Wahyu Wirasti
NIM : 858948151
PRODI : S1 PGPAUD
UPBJJ UT : JEMBER
1. Pemberian hadiah atau penghargaan “Praise”
Video ini sangat bermanfaat dan bisa dijadikan referensi bagi saya sebagai guru TK dalam menanamkan disiplin pada anak. Penanaman disiplin sangat penting terutama bagi anak usia dini karena pada masa usia dini anak-anak masih belum memahami arti disiplin dan masih bersifat egosentris. Upaya yang dilakukan guru dalam menanamkan disiplin pada anak usia dini yang tidak mau mengantri pada saat berkegiatan dapat berupa memberikan penghargaan baik yang bersifat verbal (dengan ucapan) dan juga non verbal (bisa dengan perbuatan langsung). Pemberian penghargaan baik yang bersifat verbal seperti ucapan “hebat”, “kamu/anak pintar”, wah pintar sekali” dan yang bersifat non verbal bisa seperti guru “mengacungkan ibu jari” kepada anak yang dapat melakukan disiplin, memberi tepuk tangan, mengusap kepala dan bahu anak.
Masukan:
– Video ini sangat bermanfaat dan informatif bagi guru TK dalam memahami pentingnya pemberian hadiah atau penghargaan “praise” untuk menanamkan disiplin pada anak.
– Penjelasan tentang konsep disiplin dan egosentrisme pada anak usia dini disampaikan dengan baik dan mudah dipahami.
– Contoh-contoh pemberian penghargaan yang bersifat verbal dan non-verbal sangat membantu guru untuk menerapkannya di kelas.
Saran:
– Video ini bisa lebih diperkaya dengan contoh-contoh konkret dari pengalaman guru dalam menerapkan pemberian penghargaan “praise” di kelas.
– Video ini bisa membahas lebih lanjut tentang bagaimana memberikan penghargaan “praise” dengan cara yang efektif dan sesuai dengan karakteristik individu anak.
Nama : Ni Kadek Darmayanti Andriani
NIM : 859038351
Ilustrasi dalam video ini menggambarkan upaya guru dalam menanamkan disiplin pada anak usia dini. Hal ini penting, karena pada masa usia dini anak masih belum memahami arti disiplin dan masih bersifat egosentris. Upaya yang dilakukan guru dalam menanamkan disiplin pada anak usia dini yang sudah melaksanakan kegiatan dengan baik dapat berupa memberikan penghargaan baik yang bersifat verbal (dengan ucapan) dan juga non verbal (bisa dengan perbuatan langsung). Pemberian penghargaan baik yang bersifat verbal seperti ucapan “hebat”, “kamu/anak pintar”, wah pintar sekali” dan yang bersifat non verbal bisa seperti guru memberikan emoticon senyum, “mengacungkan ibu jari” kepada anak yang dapat melakukan disiplin, memberi tepuk tangan.
Dalam video ini juga memberikan contoh kepada pendidik yang profesional, guru yang profesional harus mampu berkomunikasi yang efektif terutama kepada peserta didiknya, dengan pemberian pujian kepada peserta didik bentuk komunikasi yang efektif. karena dengan pemberian pujian akan menumbuhkan semangat kepada peserta didik untuk terus meningkatkan hasil belajarnya atau perbuatan baik yang telah mereka lakukan.
Namun perlu diperhatikan, seperti saran yang terdapat dalam video tersebut, pemberian pujian atau penghargaan hendaknya perhatikan :
a. memberikan penghargaan segera setelah anak melakukan perbuatan yang baik atau benar
b. berikanlah penghargaan kepada anak tanpa membeda-bedakan
c. berikanlah dorongan kepada peserta didik yang belum bisa berbuat baik / mengerjakan tugasnya dengan benar
d. berikan penghargaan tanpa berlebihan
NAMA : NUR ELVA OKTAVIANA
NIM : 857 609 509
SERi MENANAMKAN KETAATAN PERATURAN PAUD
PEMBERIAN HADIAH
Dalam video tersebut sangat efektif dengan adanya memberikan penghargaan baik yang bersifat verbal seperti ucapan “hebat”, ” Kamu anak pintar ” Dan juga non verbal seperti “mengancungkan ibu jari”, ” Mengusap kepala dan bahu anak” , dan “tepuk tangan”, anak jadi bisa lebih memahami arti disiplin dan bisa mengurangi sifat egosentris.