silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Ilustrasi dalam video ini menggambarkan upaya guru dalam menanamkan disiplin pada anak. Hal ini penting, karena pada masa usia dini anak masih belum memahami arti disiplin dan masih bersifat egosentris. Dalam tayangan, tampak beberapa anak yang menyerobot antrian atau berebut saat hendak bermain di area permainan. Upaya yang dilakukan guru dalam video ini adalah dengan memberi penghargaan baik yang bersifat verbal seperti ucapan” hebat”, “kamu pintar” dan juga non verbal seperti “mengacungkan ibu jari”, “mengusap kepala dan bahu anak”, dan “tepuk tangan”.
Sri Tatminingsih
–
–
Dalam tayangan video ini, para pengunjung dapat memperoleh beberapa
tips yang bisa dengan mudah dilakukan untuk memberi penguatan perilaku
dengan pemberian pujian, baik secara verbal ataupun ditambahkan dengan
adanya bahasa tubuh tertentu yang dilakukan oleh guru.
Secara umum tayangan ini sudah menerangkan dengan jelas fungsi dan cara pemberian penguatan melalui pujian pada anak didik.
Pemberian pujian hingga saat ini memang sangat diperlukan, dan merupakan keterampilan yang harus dikuasai guru.
Pemberian pujian yang tepat akan mengakibatkan sikap positif pada
anak didik semakin bertambah, hal tersebut berlaku pada semua anak didik
bagaimanapun karakteristik mereka sebagai individu.
Wing Hanyom Sari
Assalamu’alaikum
Ijin menjawab bu
Nama : Bilqis shofwah. N
Nim : 858722473
Pokjar :lamongan
Dari video Seri ketaatan peraturan
Melalui pemberian hadiah “PARISE”
dari GPO menggambarkan anak sulit mentaati aturan, seperti tidak mau antri dan saling mendorong, dengan pemberian hadiah kepada anak dapat menjadi salah satu metode untuk meningkatkan motivasi dan minat anak terhadap aturan.
Pada vidio tersebut guru memberikan penghargaan, hadiah atau pujian kepada anak agar anak bisa disiplin dan semangat untuk belajar,apalagi guru juga harus memberikan hadiah kepada anak jika akan melakukan kegiatan yang positif, akan terapi guru juga jangan terlalu sering memberi hadiah agar anak tidak bergantung pada hadiah, dan membuat anak menjadi sombong, pemberian hadiah juga harus adil dan konsisten
Terima aksih.
Nama : Teguh imtihana
Nim :858722538
Judul : Pemberian Hadiah “Parise”
Pada video yang saya sudah saya lihat seorang guru sudah memberikan hadiah bukan berupa barang melainkan berupa pujian untuk anak-anak yang sudah melakukan kegiatan dengan disiplin dan tanggung jawab .Seorang guru memberikan pujian wah kamu hebat sinta sudah mau beres-beres mainan,bu guru juga bisa memberikan jempol hebat kepada anak-anak yang bisa disiplin dan tanggung jawab.Untuk anak yang belum bisa disiplin guru akan selalu membimbing anak tersebut dengan halus agar anak tersebut bisa melakukan kegiatan disiplin sejak dini.terima kasih
Mohon ijin menjawab.
Nama : Esti indah lestari
Nim : 858722513
Vidio seri pembelajaran pemberian hadiah “parise” menurut saya sudah menunjukkan dalam membentuk karakter kedisiplinan dan tanggung jawab pada anak. Meskipun masih ada yang tidak mudah diarahkan, guru selalu memberikan dorongan, motivasi dan semangat untuk anak tersebut. Dan memberikan pujian kepada anak yang sudah bisa melakukan kedisiplinan dan tanggung jawab.
Nama: MAR’ATUS SHOLIHA
NIM. : 858840001
UPBJJ : 74/MALANG
Dalam video di atas menceritakan tentang upaya guru dalam menanamkan kedisiplinan untuk mentaati peraturan pada Anak Usia Dini melalui pemberian penghargaan “Parise” . Dalam video diatas guru memberikan perhargaan segera setelah anak melakukan perbuatan baik, memberikan
Penghargaan pada perbuatan anak tanpa membeda-bedakan , memberikan dorongan bagi anak yang belum mampu berbuat baik ,disiplin dan taat aturan, memberikan penghargaan tanpa perundungan.
Adapun penghargaan yang di berikan dapat bersifat verbal berupa kata/kalimat pujian: misalnya “wah kamu hebat”, pintar sekali kamu dapat membereskan mainan dengan rapi ” , mau pun non verbal misalnya dengan senyuman, tepuk tangan, mengacungkan jari jempol , mengusap bahu dan kepala, serta penghargaan juga dapat di berikan berupa nilai bintang,dan tanda emoticon senyum yang banyak , dan memberikan hadiah kecil misalnya dengan di belikan Snack kecil, ataupun hal-hal sederhana yang membuat anak tambah senang dan semangat untuk berbuat baik, disiplin dan taat aturan.
Nama: MAR’ATUS SHOLIHA
NIM. : 858840001
UPBJJ : 74/MALANG
Dalam video di atas menceritakan tentang upaya guru dalam menanamkan kedisiplinan dan mentaati peraturan pada Anak Usia Dini melalui pemberian penghargaan “Parise” . Dalam video diatas guru memberikan perhargaan segera setelah anak melakukan perbuatan baik, memberikan
Penghargaan pada perbuatan anak tanpa membeda-bedakan , memberikan dorongan bagi anak yang belum mampu berbuat baik ,disiplin dan taat aturan, memberikan penghargaan tanpa berlebihan.
Adapun penghargaan yang di berikan dapat bersifat verbal berupa kata/kalimat pujian: misalnya “wah kamu hebat”, pintar sekali kamu dapat membereskan mainan dengan rapi ” , mau pun non verbal misalnya dengan senyuman, tepuk tangan, mengacungkan jari jempol , mengusap bahu dan kepala, serta penghargaan juga dapat di berikan berupa bintang, atau tanda emoticon senyum setiap anak berbuat baik .
Nama : Astrid Faradina
NIM : 858839988
UPBJJ : 74 / Malang
Dalam video yang sudah saya amati dapat dilihat upaya guru untuk menanamkan kedisipinan pada anak dengan cara memberikan hadiah atau reward pada anak yang sudah melakukan kebaikan dengan cara memberi pujian dengan ungkapan misalnya kata hebat ataupun juga memberi senyuman pada anak yang sudah menyelesaikan tugasnya. Guru juga tidak membeda bedakan anak. Berikan juga dorongan pada anak ketika belum melakukan perbuatan baik karena bisa membantu anak membangun moralnya. Terimakasih video diatas sudah sangat bermanfaat dan akan saya terapkan di lembaga saya.
NAMA : NUR PUJIATI
NIM : 858840818
JURUSAN : PG PAUD
SEMESTER : 6
JUDUL VIDIO : Menanamkan ketaatan peraturan dalam pemberian hadiah “parise”
Dalam video seri pembelajaran “Pemberian Hadiah (Parise)” saya bisa belajar untuk menjadi pendidik yang menanamkan ketaatan peraturan kepada anak usia dini dengan cara yang menyenangkan dan membahagiakan pada kedua belah pihak. Dimana untuk membentuk disiplin dalam diri anak usia dini bisa melalui cara pemberian hadiah. Pemberian hadian pada anak usia dini bisa dilakukan dalam bentuk verbal maupun non verbal. Dan salah satu contohnya bisa dalam bentuk kata, ucapan, ekspresi , senyuman, tepukan di Pundak anak. Hal ini bisa di lakukan kepada semua anak dan tanpa membeda-bedakan .
Nama : Uswatun hasanah
Nim : 858840058
upbjj : 74/Malang
Menurut saya menanamkan ketaatan terhadap peraturan pada anak PAUD melalui pemberian hadiah seperti “parise” sangat efektif dalam membentuk perilaku positif sejak dini,Karena Anak-anak masih dalam tahap perkembangan awal dimana mereka merespon lebih baik terhadap pendekatan yang melibatkan penguatan positif dari pada hukuman.karena hadiah atau pujian bisa menjadi motivator yang kuat bagi anak-anak untuk mengikuti aturan.mereka akan sangat senang jika perilaku mereka di hargai,tetapi harus juga dilakukan dengan strategi yang seimbang agar anak belajar memahami nilai ketaatan dan tanggung jawab bukan sekedar ingin dipuji dan mengejar hadiah.harus selalu di lakukan pengulangan terus menerus agar perilaku baik yang awalnya muncul karena pujian dapat berubah menjadi kebiasaan.
NAMA : MEI PUSPITASARI
PRODI : PG PAUD
UPJJ : MALANG
JUDUL VIDEO : Menanamkan Ketaatan Peraturan PAUD melalui Pemberian Hadiah “Praise”
Dalam video tampak upaya guru dalam menanamkan disiplin pada anak usia dini. Guru mendorong anak untuk berbuat baik, disiplin, dan mematuhi aturan dengan memberikan hadiah atau penghargaan yang bersifat verbal seperti ucapan “hebat”, “kamu pintar” dan non verbal seperti mengacungkan ibu jari, mengusap kepala anak, atau bahkan dapat memberikan pelukan kepada anak.. Guru memberikan pengahargaan kepada semua anak tanpa membedakan, dengan demikian anak akan merasa dihargai dan sebisa mungkin anak akan terus berupaya melakukan hal baik atau disiplin.
NAMA : WIRDATUL AMALIA SOFIANA
NIM : 858835998
PRODI : S1 PGPAUD AKPMM
JUDUL : MENANAMKAN NILAI KETAATAN ATURAN MELALUI PEMBERIAN HADIAH *PRAISE*.
Dari vidio di atas dapat menunjukkan beberapa metode untuk membantu menanamkan dan menerapkan nilai ketaatan kepada anak usia dini. Mungkin dengam banyaknya siswa di dalam kelas guru akan mengalami beberapa kesulitan untuk memperhatikan satu persatu dengan teliti, namun menggunakan metode pemberian hadiah berupa verbal ataupun nonverbal seperti contoh hadiah berupa senyuman, di beri jempol 2 dengan berkata hebat, atau menepuk pundaknya pelan untuk menyemangati anak, anak akan merasa senang, dan bermula dari rasa senangnya anak itu saat di puji atau di beri hadiah oleh ibu guru, maka anak akan terbiasa untuk melakukan kegiatan taat aturan tsb dengan sendirinya.
Dari potongan vidio di atas dapat membantu dan memberi inspirasi kepada kami sebagai guru untuk menerapkan kegiatan tsb kepada anak.