silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Ilustrasi dalam video ini menggambarkan upaya guru dalam menanamkan disiplin pada anak. Hal ini penting, karena pada masa usia dini anak masih belum memahami arti disiplin dan masih bersifat egosentris. Dalam tayangan, tampak beberapa anak yang menyerobot antrian atau berebut saat hendak bermain di area permainan. Upaya yang dilakukan guru dalam video ini adalah dengan memberi penghargaan baik yang bersifat verbal seperti ucapan” hebat”, “kamu pintar” dan juga non verbal seperti “mengacungkan ibu jari”, “mengusap kepala dan bahu anak”, dan “tepuk tangan”.
Sri Tatminingsih
–
–
Dalam tayangan video ini, para pengunjung dapat memperoleh beberapa
tips yang bisa dengan mudah dilakukan untuk memberi penguatan perilaku
dengan pemberian pujian, baik secara verbal ataupun ditambahkan dengan
adanya bahasa tubuh tertentu yang dilakukan oleh guru.
Secara umum tayangan ini sudah menerangkan dengan jelas fungsi dan cara pemberian penguatan melalui pujian pada anak didik.
Pemberian pujian hingga saat ini memang sangat diperlukan, dan merupakan keterampilan yang harus dikuasai guru.
Pemberian pujian yang tepat akan mengakibatkan sikap positif pada
anak didik semakin bertambah, hal tersebut berlaku pada semua anak didik
bagaimanapun karakteristik mereka sebagai individu.
Wing Hanyom Sari
Nama : Audry Hawa Mardotilah
NIM : 857521643
UPBJJ : Kota Bandung
Menurut saya cara yang di lakukan di dalam video tersebut sangat efektif untuk di lakukan kepada anak-anak. Memberikan pujian dan penghargaan kepada anak akan menumbuhkan rasa percaya diri anak dan menumbuhkan motivasi belajar atau motivasi untuk rajin bersekolah dan bermain bersama teman-teman nyaa.
Nama : Alif Dewi ratnasari
NIM : 858955046
Refleksi dari video ini yaitu menggambarkan bagaimana guru berperan aktif dalam menanamkan disiplin kepada anak-anak usia dini, sebuah proses yang krusial mengingat anak-anak pada tahap ini masih bersifat egosentris dan belum memahami sepenuhnya konsep disiplin. Pada usia ini, anak-anak sering menunjukkan perilaku berebut atau tidak mengikuti antrean, terutama dalam situasi yang melibatkan permainan. Guru dalam video ini mengatasi tantangan ini dengan menggunakan penghargaan verbal seperti pujian, “hebat” atau “kamu pintar,” dan dukungan non-verbal seperti mengacungkan ibu jari, mengusap kepala atau bahu, dan memberi tepuk tangan.
Strategi-strategi ini menekankan pentingnya penghargaan sebagai penguatan positif. Respons positif dari guru tidak hanya memperlihatkan penghargaan terhadap usaha anak-anak tetapi juga memperkuat perilaku disiplin secara bertahap. Penggunaan pujian sederhana dan sentuhan ringan menumbuhkan rasa dihargai dalam diri anak-anak, sehingga mereka terdorong untuk berperilaku lebih disiplin secara alami tanpa merasa tertekan atau dipaksa.
Secara keseluruhan,video tersebut memperlihatkan bagaimana peran guru dalam membimbing anak melalui contoh dan penghargaan dapat secara efektif membantu anak memahami pentingnya disiplin.
Nama : Andi Hamsana
Nim : 859398916
Dalam menanamkan aturan dalam anak usia dini itu sangat sulit karena anak yang memiliki sikap egosentris dengan memberikan hadia kepada anak berupa pujian dalam permainan kereta api terlihat anak sangat antusias dalam permainan. Maka penghargaan dalam bentuk pujian dapat dilakukan dengan beberapa cara bisa acuan jempol ,senyuman dan lain lain . Motivasi yang diberikan oleh guru sangat baik sehingga anak sangat termotivasi dalam kegiatan .
Nama : Fani Nurul Aida
Nim : 858917171
Secara umum tayangan ini sudah menerangkan dengan jelas fungsi dan cara memberikan penguatan melalui pujian pada anak didik.
Memberikan pujian hingga saat ini memang sangat diperlukan, dan merupakan keterampilan yang harus dikuasai guru.
Pemberian pujian yang tepat akan mengakibatkan sikap positif pada
anak didik semakin bertambah, hal tersebut berlaku pada semua anak didik
namun karakteristik mereka sebagai individu.
Strategi-strategi ini menekankan pentingnya penguatan positif. Respons positif dari guru tidak hanya menampilkan penghargaan terhadap usaha anak-anak tetapi juga memperkuat perilaku disiplin secara bertahap. Penggunaan pujian sederhana dan sentuhan ringan menumbuhkan rasa dihargai dalam diri anak-anak, sehingga mereka terdorong untuk berperilaku lebih disiplin alami tanpa merasa tertekan atau dipaksa.