silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam video ini menggambarkan upaya guru dalam menanamkan disiplin pada anak. Hal ini penting, karena pada masa usia dini anak masih belum memahami arti disiplin dan masih bersifat egosentris. Dalam tayangan, tampak beberapa anak yang menyerobot antrian atau berebut saat hendak bermain di area permainan. Upaya yang dilakukan guru dalam video ini adalah dengan memberi penghargaan baik yang bersifat verbal seperti ucapan” hebat”,  “kamu pintar” dan juga non verbal seperti “mengacungkan ibu jari”, “mengusap kepala dan bahu anak”,  dan “tepuk tangan”.

Sri Tatminingsih

Dalam tayangan video ini, para pengunjung dapat memperoleh beberapa
tips yang bisa dengan mudah dilakukan untuk memberi penguatan perilaku
dengan pemberian pujian, baik secara verbal ataupun ditambahkan dengan
adanya bahasa tubuh tertentu yang dilakukan oleh guru.

Secara umum tayangan ini sudah menerangkan dengan jelas fungsi dan cara pemberian penguatan melalui pujian pada anak didik.

Pemberian pujian hingga saat ini memang sangat diperlukan, dan merupakan keterampilan yang harus dikuasai guru.

Pemberian pujian yang tepat akan mengakibatkan sikap positif pada
anak didik semakin bertambah, hal tersebut berlaku pada semua anak didik
bagaimanapun karakteristik mereka sebagai individu.

Wing Hanyom Sari

Similar Posts

679 Comments

  1. setelah saya menonton video seri menanamkan ketaatan pembelajaran paud, semakin menambah pengetahuan bagi saya dalam menghadapi anak didik di sekolah. penanaman karakter memang sangat bagus sejak usia dini, anak sejak dini harus mulai ditanamkan atau dikenalkan tentang perilaku – perilaku yang positif dengan harapan mereka akan terbiasa hidup sesuai aturan sampai kelak dewasa. ketaatan terhadap peraturan di sekolah memang harus dijalankan agar anak teribasa untuk disiplin, sehingga jika sudah dibiasakan di sekolah maka anak akan terbiasa juga melakukan hidup disiplin ketika di lingkungan rumah maupun di masyarakat. saya sangat sangat setuju terhadap pola asuh pada video, yang memberikan hadiah(reward) baik berupa verbal maupun non verbal pada anak didiknya ketika anak didik sudah melakukan hal yang bagus sesuai dengan peraturan. dan saya juga menerapkan hal yang sama memberikan reward berupa stiker, pujian, dan dorongan bagi anak yang belum mampu agar memiliki semangat untuk menjadi lebih baik. saya kebetulan mengajar di kelompok bermain usia 3 – 4 tahun, pada awal tahun ajaran baru saya menghadapi anak dengan berbagai latar belakang, di awal tahun ajaran memang sangat kacau anak didik masih harus benar- benar dikenalkan tentang berbaris, bersikap antri, membereskan mainan setelah digunakan, merapikan meja setelah digunakan dsb. Pengaruh hadiah atau reward ini sangat besar sekali apalagi yang kita hadapi adalah anak usia dini yang masih sangat membutuhkan perhatian dan motivasi untuk perkembangannya.

  2. Nama : Nunuk Rahayu
    NIM : 859659104
    UT UPBJJ : SURABAYA
    setelah saya menonton video seri menanamkan ketaatan pembelajaran paud, semakin menambah pengetahuan bagi saya dalam menghadapi anak didik di sekolah. penanaman karakter memang sangat bagus sejak usia dini, anak sejak dini harus mulai ditanamkan atau dikenalkan tentang perilaku – perilaku yang positif dengan harapan mereka akan terbiasa hidup sesuai aturan sampai kelak dewasa. ketaatan terhadap peraturan di sekolah memang harus dijalankan agar anak teribasa untuk disiplin, sehingga jika sudah dibiasakan di sekolah maka anak akan terbiasa juga melakukan hidup disiplin ketika di lingkungan rumah maupun di masyarakat. saya sangat sangat setuju terhadap pola asuh pada video, yang memberikan hadiah(reward) baik berupa verbal maupun non verbal pada anak didiknya ketika anak didik sudah melakukan hal yang bagus sesuai dengan peraturan. dan saya juga menerapkan hal yang sama memberikan reward berupa stiker, pujian, dan dorongan bagi anak yang belum mampu agar memiliki semangat untuk menjadi lebih baik. saya kebetulan mengajar di kelompok bermain usia 3 – 4 tahun, pada awal tahun ajaran baru saya menghadapi anak dengan berbagai latar belakang, di awal tahun ajaran memang sangat kacau anak didik masih harus benar- benar dikenalkan tentang berbaris, bersikap antri, membereskan mainan setelah digunakan, merapikan meja setelah digunakan dsb. Pengaruh hadiah atau reward ini sangat besar sekali apalagi yang kita hadapi adalah anak usia dini yang masih sangat membutuhkan perhatian dan motivasi untuk perkembangannya.

  3. Nama : Wahyu Sri Rahayu
    NIM : 857619413

    Setelah saya menonton video tentang Pemberian Hadiah “Praise”, yang dapat saya simpulkan yaitu sebagai seorang guru kita harus bisa memberikan motivasi kepada anak agar anak bisa patuh pada peraturan dan menanamkan kedisiplinan sejak dini, salah satu caranya dengan memberikan hadiah. Hadiah yang dimaksud tidak selalu berupa barang atau benda, tetapi juga bisa dengan kalimat pujian, senyuman, dan kasih sayang yang tulus akan membuat anak termotivasi untuk mentaati aturan atau sikap disiplin.

  4. Nama : Lisnawati
    Nim : 856066352

    ” pemberian hadiah Parise”

    Tanyangan video diatas cara untuk mendisiplinkan anak tidak selalu harus dengan hukuman tetapi dapat juga dengan memberikan pujian yang tulis, ikhlas, dan khusus dapat menjadu sarana yang tepat untuk mendorong perilaku positif pada anak.
    Guru mengucapkan pujian ungkapan mata seperti hebat, bagus dan pintar adalah sebuah pujian dannpenghargaan dari guru karena dapat memunculkan rasa kepercayaan dan rasa percaya diri anak.

  5. Mela Ariyani 858001006
    Setelah saya melihat vidio tentang menanamkan ketaatan peraturan PAUD terutama pemberian hadiah yaitu sangat baik diterapkan di sekolah/lembaga lainnya. Kerjasama antara guru dengan anak terlihat saat anak-anak belum bisa mematuhi peraturan sehingga guru memberikan hadiah baik berupa verbal maupun non verbal. salah satunya yaitu memberikan pujian terlihat seorang guru memberikan pujian kepada anak didiknya dengan kata hebat. Anak merasa senang karena di hargai dengan apa yang di lakukannya .

  6. Nama: Nia Marda Widuri
    Nim: 856646575

    Menurut saya vidio tersebut sangat membantu saya sebagai guru.
    Pemberian hadiah, reward atau pujian pada anak usia dini memiliki manfaat yang signifikan dalam membentuk disiplin dan motivasi anak. Hadiah dapat menjadi alat yang efektif untuk mendorong perilaku positif, meningkatkan semangat belajar, dan memotivasi anak untuk berprestasi.

  7. NAMA : NUR FARIDA
    NIM : 857991025

    Sangat menarik sekali video yang ditayangkan.Saya tertarik untuk mempelajarinya, karena semua itu pasti terjadi tidak lepas dari semua lembaga TK/ PAUD yang kita jalani saat ini.Saya setuju sekali dengan Pemberian hadiah kepada anak yang berprestasi, displin dan bertanggung jawab serta guru juga tetap memberikan dorongan dan motivasi – motivasi bagi anak – anak yang belum bisa disiplin dan bertanggung jawab terutama dalam kegiatan di kelas sehari hari.
    Jadi dengan pemberian hadiah anak akan merasa senang dan bangga atas apa yg dilakukannya serta anak yang belum bisa juga akan termotivasi agar bisa melakukan hal – hal yang bisa dilakukan teman yang lain sehingga anak tersebut bisa mendapatkan hadiah juga.

  8. Menurut saya vidio tersebut sangat bermanfaat bagi kita sebagai pendidik/guru paud, cara memberikan penghargaan secara efektif yaitu bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :
    1. Memberikan hadiah verbal dan non verbal, diantaranya berupa pujian
    2. Penghargaan dalam bentuk pujian dapat dilakukan dengan kata-kata, ekspresi wajah, ataupun gerak tubuh (seperti memberikan senyuman, tepukan di pundak anak), maupun ungkapan kata seperti “hebat”, “bagus”

    Berikut beberapa tips dalam memberikan penghargaan terhadap seorang anak :
    1. Memberikan penghargaan segera sesudah anak melakukan perbuatan baik
    2. Berikan penghargaan perbuatan anak tanpa membedakan anak
    3. Berikan dorongan kepada anak yang belum dapat melakukan perbuatan baik, disiplin dan belum dapat mentaati aturan

  9. Assalamualaukum Wr Wb, saya:
    Nama : Hana Afifah
    NIM : 856301229
    izin menyampaikan pendapat atau komentar terhadap video Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), tentang pemberian hadiah “Parise”.
    videonya sangat bagus dan menarik, sehingga perlu dikembangkan dan diterapkan pada anak usia dini. Dan juga merupakan pembelajaran yang bisa di contoh atau ditiru oleh guru yang mengajar di sekolah dasar. karena video ini memberikan motivasi dan semangat belajar untuk anak, dan juga bisa menerapkan cara mendisiplin anak pada jenjang atau fase A (Kelas 1, dan 2 SD).

  10. Nama : Ida Wahyuni
    Nim : 878188916
    Yang dapat saya cermati dari video tersebut sangat bermanfaat dan dapat saya gunakan dalam lembaga saya karena membudayakan anak-anak untuk antri pada saat masuk kelas dan dalam video yang sudah saya tonton banyak sekali manfaat yang bisa saya kembangkan di lembaga saya agar anak bisa lebih tertib lagi dengan adanya pemberian gift/reward akan bisa membuat anak-anak bangga dan senang dan dapat memotivasi anak-anak yang memang kurang tertib dalam kedisplinan dan dapat lebih bertanggung jawab dalam setiap kegiatan di lembaga. Upaya yang dilakukan guru dan pendidik dalam video sangat memotivasi anak untuk dapat lebih disiplin dan bertanggung jawab dan anak yang telah mendapatkan hadiah jadi bangga karena bisa menjadi panutan siswa yang lain.

Leave a Reply