silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).
Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd
–
–
Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.
Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.
Marlenatul Apsyah_858063607
Kelemahan dalam pelajaran di Video
1. sebelum pembelajaran di mulai, tidak ada doa dan pengecekan kehadiran siswa.
2. tidak ada apersepsi padahal sangat penting dalam memulai pelajaran.
3. sesudah belajar tidak di simpulkan kembali hasil belajar yang sudah dibahas tadi.
4. tidak ada pembacaan doa sesudah pembelajaran.
Kelebihan dalam pelajaran di video
1. guru menyampaikan materi dengan baik dan bagus.
2. guru memberikan contoh alat permainan dengan baik dan melibatkan siswa sehingga siswa dapat mengerti dengan baik.
Nama rasiyan sulaiman asyik
Nim 858578421
Upbjj Ternate
Pokjar sanana
Menurut saya proses belajar menagajar pada video di atas sudah sangay bagus. Hanya mungkin saya tidak melihat proses awal mengajar tidak ada proses guru menyapa dan memberi salam sebagai pembuka pelajaran. Tp selain itu semuanya sempurna.
Sudah sangat sesuai.
Nama NIM : Wa Ode Wirda
NIM: 859984745
Penerpan keterampilan bertanya dalam video ini sesuai dengan pembelajaran kurikulum 2013 dimana siswa harus lebih aktif dikelas dalam pelajaran, menanamkan rasa percaya diri dan keberanian dalam bertanya yang juga salah satu karakternya yaitu integritas dalam penguatan pendidikan karakter dalam kurikulum 2013.Guru memberikan contoh mengunakan alat peraga apa yang ada disekitar siswa, dan memberikan stimulus yang sangat aktif dari seorang guru terhadap murid sehingga anak aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dari seorang guru,akan tetapi dalam akhir pelajaran seharusnya seorang guru menyimpulkan dari pembahasan pelajaran yang diajarkan.
Nama NIM : Raimon Manuhua
NIM : 825751087
Menurut saya video pembelajaran sudah sangat menarik, karena Guru tersebut sudah menggunakan media pembelajaran secara konkret, sehingga menarik perhatian siswa dalam mengikuti kegiatan proses belajar mengajar, Guru tersebut juga sudah menguasai materi pembelajaran dengan baik, penguasaan kelas juga guru juga sudah menguasai dengan baik.
Nama : Rizqi Nuralfin
NIM : 857151074
Kelemahan Pembelajaran dalam Video :
– Dalam proses pembelajaran guru melewatkan kegiatan pendahuluan (Salam, doa)
– Tidak menjelaskan tujuan pembelajaran
Kelebihan Pembelajaran dalam Video :
– Guru menjelaskan materi dengan baik dan jelas
– Guru memberi tahu manfaat dari materi yang disampaikan