silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).
Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd
–
–
Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.
Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.
Nama : Sri Putri Astuti Antuhar
Nim : 859504491
Pokjar : Jatiluhur
Setelah saya melihat dan mengamati video tersebut, menurut pendapat saya pribadi dalam video tersebut dalam menyampaikan kegiatan materi sudah baik dan sudah bisa menguasai kelas sehingga siswa menjadi aktif dalam keterampilan bertanya maupun dalam menjawab pertanyaan tersebut. Dalam pembelajaran tersebut pendidik juga sudah memanfaatkan suatu alat peraga berupa benda-benda sederhana yang ada di sekitarnya.
Pertanyaan-pertanyaan dalam video ini membantu kita memahami cara terbaik untuk mendukung siswa dalam mengembangkan kemampuan mereka, baik melalui pengajaran yang berbeda atau melalui lingkungan belajar yang disesuaikan,para siswa di video ini berani mengungkapkan ketertarikan dan ketidakpahaman mereka melalui pertanyaan yang di ajukan.
Guru juga memberikan pertanyaan yang mudah dipahami siswa serta penjelasan yang sederhana yang dengan mudah dipahami siswa.
Kelemah guru tersebut dalam pembelajaran ini yaitu tidak adanya kegiatan pendahuluan pembelajaran yang dilakukan oleh seorang pendidik tersebut.
Untuk kelebihan pendidik tersebut dalam menyampaikan pembelajaran yaitu penyampaian materi yang sangat jelas dan disertai alat peraga yang mendukung penyampaian pembelajaran.
Video tersebut memberi saya motivasi dan saya dapat pengalaman baru bahwa dengan penjelasan yang tepat serta metode yang tepat dalam meningkat keterampilan bertanya dikelas dengan menggunakan alat peraga sebagai pemicu peserta didik untuk merasa ingin tau sehingga mendorong para peserta didik untuk menjadi lebih aktif bertanya.
Nama Defi widiani
NIM 857757544
Setelah menonton video diatas sangat membantu dalam menggali pemahaman tentang kemampuan belajar siswa di kelas, Pertanyaan-pertanyaan dalam video ini membantu kita memahami cara terbaik untuk mendukung siswa dalam mengembangkan kemampuan mereka, baik melalui pengajaran yang berbeda atau melalui lingkungan belajar yang disesuaikan,para siswa di video ini berani mengungkapkan ketertarikan dan ketidakpahaman mereka melalui pertanyaan yang di ajukan.
Guru juga memberikan pertanyaan yang mudah dipahami siswa serta penjelasan yang sederhana yang dengan mudah dipahami siswa karena pengalaman belajar siswa bisa siswa langsung rasakan dalam kehidupan mereka.
materi yang diajarkan juga sudah sesuia dengan karakterisktik peserta didik pada tahap konkret operasional.
Kelemahan Pembelajaran Dalam Video
a. Dalam tahapan pendahuluan guru dalam video tidak melakukan apresepsi.
b. Pada pembelajaran Inti guru pada video pembelajaran masih banyak menggunakan metode ceramah yang dominan dan guru tidak memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya.
c. Pada tahap penutup pembelajaran guru tidak menyimpulkan pembelajaran dan tidak di tutup dengan berdo’a
Kelebihan Pembelajaran Dalam Video
a. Pada video pembuka guru melakukan kegiatan pengulangan materi sebelumnya yang berkaitan dengan materi hari ini, dan tujuan pembelajaran, siswa juga berperan aktif dalam pembelajaran
b. Pada Inti Pembelajaran guru sangat menguasai materi, guru juga menggunakan media peraga, guru memberikan materi dengan jelas dan semangat, sehingga pada proses pembelajaran berlangsung sangat menyenangkan.
c. Guru melakukan evaluasi kepada siswa dengan memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi yang telah di jelaskan kepada siswa.
Nama : Af Dalifah
Nim : 858651081
Tugas 1 Pemantapan Kemampuan Profesional
Menurut pendapat saya dalam video tersebut keterampilan bertanya sudah cukup baik, karena guru sudah mengajak siswa aktif dalam proses pembelajaran dikelas. Hanya saja terdapat beberapa kekurangan serta kelabihannya
Kekurangannya
-pada awal pembelajaran tidak adanya doa bersama, serta absensi kehadiran dikelas
Kelebihannya
-dalam penyampain materi guru sudah menguasai materi pembelajaran serta penggunaan alat peraga yang disediakan oleh guru sehingga mempermudah siswa dalam mengingat pembelajaran dikelas
Nama :Rofikoh
NIM : 857158392
Prodi : S1 PGSD (Jakarta)
Menurut saya keterampilan bertanya guru dalam video pembelajaran dengan judul penerapan keterampilan bertanya pada siswa SD kelas 1 ini sudah cukup baik, hal ini terlihat dari:
1. siswa terlihat antusias mengikuti pembelajaran secara bermakna karena guru mengajak setiap siswa melakukan kegiatan mengukur benda yang dimilikinya
2. guru mengarahkan siswa mengukur dua benda berbeda dengan tangan siswa sendiri untuk membandingkan mana yang benda yang terasa berat dan mana benda yang terasa ringan
3. guru mengajukan pertanyaan secara bergilir kepada beberapa siswa
4. guru memberikan pertanyaan tentang alat ukur berat benda yang pernah dilihat dan digunakan anak
5. guru juga menggunakan alat peraga sederhana dengan menggunakan botol sebagai titik acuan dan kayu yang diujungnya sudah diikat tali sebagai titi berat dan titik kuasa benda saat ditimbang dan menayakan hasil pengukuran dua benda yang diukur guru yaitu penghapus dan kertas.
6. guru mengajak anaka anak-anak membuat kesimpulan yang dipelajari
keterampilan bertanya yang dimiliki guru dalam video tersebut sudah cukup baik, hanya sajaguru perlu menghindari pertanyaan dengan jawaban serentak, guru juga belum memberikan kesempatan bertanya pada siswa, guru hanya mensimulasikan alat timbangan sederhana tanpa memberikan kesempatan kepada siswa menggunakan timbangnan sederhana untuk mengukur dua benda berbeda.
Nama: Caca Lestari
Nim: 856444595
Menurut saya keterampilan bertanya guru dalam video pembelajaran dengan judul penerapan keterampilan bertanya pada siswa SD kelas 1 ini sudah cukup baik, hal ini terlihat dari:
pada awal pembelajaran tidak adanya doa bersama, serta absensi kehadiran dikelas
Kelebihannya
-dalam penyampain materi guru sudah menguasai materi pembelajaran serta penggunaan alat peraga yang disediakan oleh guru sehingga mempermudah siswa dalam mengingat pembelajaran dikelas
Nama: Ampera pelita
Nim : 856753798
Pokja: gelumbang
Setelah saya melihat dan mengamati video tersebut, menurut pendapat saya pribadi dalam video tersebut dalam menyampaikan kegiatan materi sudah baik dan sudah bisa menguasai kelas sehingga siswa menjadi aktif dalam keterampilan bertanya maupun dalam menjawab pertanyaan tersebut. Dalam pembelajaran tersebut pendidik juga sudah memanfaatkan suatu alat peraga berupa benda-benda sederhana yang ada di sekitarnya.
Video tersebut memberi saya motivasi dan saya dapat pengalaman baru bahwa dengan penjelasan yang tepat serta metode yang tepat dalam meningkat keterampilan bertanya dikelas dengan menggunakan alat peraga sebagai pemicu peserta didik untuk merasa ingin tau sehingga mendorong para peserta didik untuk menjadi lebih aktif bertanya.
Nama :Lia Aidha
Nim : 858737853
Prodi : PGSD BI
Setelah melihat video disini guru sudah menyampaikan materi dengan jelas. Guru menggunakan alat peraga yang mudah didapat siswa, kondisi kelas terlihat hidup. Tetapi kelemahan guru disini dalam memulai pembelajaran guru tidak memberi salam, gurujuga tidak memberi kesempatan siswa untuk bertanya, guru setelah proses pembelajaran tidak memberikan kesimpulan.
Nama : febriyani setianingrum
Nim : 857564223
Prodi : PGSD
Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.
Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Namun pada tayangan video diatas terdapat beberapa kekurangan, seperti:
• Pada kegiatan pendahuluan, guru tidak mengajak semua siswa untuk berdoa, guru tidak menyapa siswa, mengecek kehadiran, guru tidak memberikan apersepsi dan tidak menyampaikan tuiuan pembelajaran.
• Guru tidak memberikan kesempatan bertanya kepada siswa.
• Guru tidak memberikan kesimpulan setelah proses pembelajaran, dan
• Pada kegiatan penutup guru bersama siswa tidak berdoa.
Nama : TRI SUTRISNO
Nim : 856705758
UPBJJ : PALEMBANG
Pokjar : LAWANG WETAN
PRODI : S1-PGSD
Setelah melihat vidio pembelajaran tersebut menurut pendapat saya:
A. Kelemahan
Tidak adanya kegiatan pendahuluan seperti mengucapkan salam, berdoa, dan menanyakan kabar siswa serta melakukan absensi terhadap kehadiran siswa dan juga di akhir pembelajran guru tidak menyimpulkan hasil pembelajaran serta kegiatan penutup pembelajarn juga tidak diakhiri dengan doa.
B. kelebihan
Penampilan guru yang rapi dan suara guru yang lantang dan tegas mampu membuat siswa fokus mendengarkan materi pembelajaran.ketika guru menjelaskan materi pembelajaran sangat bersemangat di sertai dengan pertanyaan yang menyenangkan sehingga siswa termotivasi untuk menjawab dan terlibat aktif dalam pembelajaran.
C. Rencana pembelajaran yang akan dilakukan ketika membuat RPP
Disetiap kegiatan pendahuluan alangkah baiknya dilakukan dengan memberikan salam pembuka dan berdoa sebelum melakukan kegiatan pembelajaran serta melakukan absensi terhadap siswa.
Memberikan motivasi kepada siswa dengan kegiatan bernyanyi serta memberikan pertanyaaan yang membuat siswa bersemangat dan aktif dalam pembelajaran.
Dan tidak kalah pentingnya juga diakhir kegiatan pembelajaran guru harus menyimpulkan hasil pembelajaran serta menutup kegiatan pembelajran dengan berdoa.