silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).
Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd
–
–
Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.
Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.
Nama : Lisa Uviyanti
Nim : 856586756
Kelas : D
Menurut pendapat saya Ketika siswa diajak untuk bertanya dan berdiskusi, mereka menjadi lebih terlibat dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat meningkatkan motivasi, rasa ingin tahu, dan rasa percaya diri mereka.
Nama : Kezia Priskila k
UPBJJ : UT Kendari
Pokjar : Wanggudu
Izin Berkomentar.
Dari analisis video pembelajaran,terdapat kelemahan dalam video pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah ketiadaan kegiatan pendahuluan pembelajaran. Sebagaimana seharusnya, suatu pembelajaran sebaiknya diawali dengan kegiatan pendahuluan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara mental dan mengarahkan perhatian mereka kepada topik yang akan dibahas. Selain itu, dalam kegiatan pendahuluan, guru seharusnya menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa agar mereka memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang akan dipelajari dan apa yang diharapkan dari pembelajaran tersebut. Dengan adanya kegiatan pendahuluan dan penyampaian tujuan pembelajaran, siswa dapat lebih siap dan terfokus dalam mengikuti pembelajaran.
Nama : Siti Rukmiati
NIM. : 856642592
UPBJJ: Jambi
Vidio. : Penerapan Keteampilan Bertanya Di Kelas
Izin menanggapi setelah melihat vidio pembelajaran diatas sangat baik dan dapat menjadi tambah wawasan bagi kami karena guru mengenalkan bagaimana cara mengajarkan berat benda untuk anak kelas rendah dengan mengunakan alat peraga apa yang ada disekitar siswa, dan memberikan stimulus yang sangat aktif dari seorang guru terhadap murid sehingga anak aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dari seorang guru,akan tetapi dalam akhir pelajaran seharusnya seorang guru menyimpulkan dari pembahasan pelajaran yang diajarkan.
Sekian Trima kasih
Nama : Muhammad Syarief Hidayatullah
UPBJJ : UT Palembang
Pokjar : Gelumbang
Izin Berkomentar.
Dari analisis video pembelajaran,terdapat kelemahan dalam video pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah ketiadaan kegiatan pendahuluan pembelajaran. Sebagaimana seharusnya, suatu pembelajaran sebaiknya diawali dengan kegiatan pendahuluan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara mental dan mengarahkan perhatian mereka kepada topik yang akan dibahas. Selain itu, dalam kegiatan pendahuluan, guru seharusnya menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa agar mereka memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang akan dipelajari dan apa yang diharapkan dari pembelajaran tersebut. Dengan adanya kegiatan pendahuluan dan penyampaian tujuan pembelajaran, siswa dapat lebih siap dan terfokus dalam mengikuti pembelajaran.
Nama : Muhammad Syarief Hidayatullah
UPBJJ : UT Palembang
Pokjar : Gelumbang
Izin Berkomentar.
Dari analisis video pembelajaran,terdapat kelemahan dalam video pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah ketiadaan kegiatan pendahuluan pembelajaran. Sebagaimana seharusnya, suatu pembelajaran sebaiknya diawali dengan kegiatan pendahuluan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara mental dan mengarahkan perhatian mereka kepada topik yang akan dibahas. Selain itu, dalam kegiatan pendahuluan, guru seharusnya menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa agar mereka memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang akan dipelajari dan apa yang diharapkan dari pembelajaran tersebut. Dengan adanya kegiatan pendahuluan dan penyampaian tujuan pembelajaran, siswa dapat lebih siap dan terfokus dalam mengikuti pembelajaran dan selalu bersemangat, aktif dan berani tampil dalam kegiatan pembelajaran
NAMA : JOJOR ROMAITO SIMANJUNTAK
NIM : 877528959
POKJAR : HUMBANG HASUNDUTAN
UPBJJ : MEDAN
Baiklah saya akan menyampaikan pendapat saya mengenai video “Penerapan keterampilan bertanya di kelas” ;
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu tentunya setiap anak ada yang suka atau suka dalam setiap pelajaran, seperti dalam video diatas ada seorang anak yang baru saja masuk sudah mengatakan capek , bahkan mungkin dia bosan dengan pelajaran itu, namun dari video diatas guru tersebut tetap melanjutkan video bahkan tetap mengajak anak tersebut untuk tetap mau berinteraksi untuk menerima pelajaran.
2. Adapun kelebihan guru dari video diatas yaitu guru menggunakan metode pembelajaran yang sederhana sehingga dapat dipraktekkan secara langsung dan bahan-bahan dapat dengan mudah untuk ditemukan, dengan hal ini guru yang sebagai pemimpin kelas dapat berhasil untuk mengambil kesempatan kepada siswa dengan mengalihkan pandangan dan pikirannya kepembelajaran yang disampaikan, dengan hal ini kompentensi pedagogik berhasil diperlihatkan guru itu.
3. Adapun kekurangan guru dari video diatas yaitu guru tidak mengecek siswanya yaitu dengan tidak mengabsen , tidak melakukan ice briking, tidak berdoa bersama bahkan tidak mempertanyakan siswanya apa sudah mengerti dengan pelajaran tersebut atau sebaliknya, dan juga guru tidak membuat kesimpulan hasil pembelajaran yang guru sampaikan.
4. hal -hal unik yang ditemukan dari video diatas yaitu guru tetap fokus pada pembelajaran, tetap tersenyum dan tetap memberikan kata-kata semangat kepada siswa yang memberikan pendapatnya yang walaupun ada beberapa siswanya yang sudah mulai bosan dalam pembelajaran.
5. Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran yaitu tetaplah melakukan pengecekan siswa dan juga ice briking karena dari hal ini kita dapat mengetahui apakah siswa siap menerima pembelajaran atau sebaliknya.
demikian pendapat saya terimakasih.
Nama : HALIMAH
NIM : 501153088
Sebenar cara guru dalam menyampaikan materi sudah baik hanya saja guru mengajar tidak sesuai denga langkah-langkah pembelajaran. Antusias murid dalam belajar juga sangat baik, tapi sangat terlihat terpakus pada guru, seharusnya guru sebagai fasilitator dan anak lah yang lebih aktif dalam pembelajran. jadi yang lebih banyak bertanya di dalam vidio tersebut guru bukannya murid, murid hanya kebagian menjawab saja. sedangkan judul dari vidio penerapan keterampilan bertanya di kelas, sesuai dengan judul vidio seharusnya anak yang lebih aktif dalam bertanya. terima kasih
Nama : Amalia Zahro
NIM. : 857130221
UPBJJ : Jakarta
Izin menanggapi video diatas
Menurut saya kekurangan dalam video ini adalah kegiatan pembukaan , dimana diawal pembelajaran guru tidak melakukan berdoa bersama, lalu absensi siswa , serta kegiatan ice breaking yang bertujuan untuk menyiapkan siswa agar siap menerima pembelajaran pada hari itu.
Adapun kelebihan dalam video ini adalah media yang digunakan oleh guru mudah dilakukan oleh siswa dirumah, guru selalu memberikan semangat dan motivasi kepada siswa, guru melibatkan siswa aktif di dalam pembelajaran, serta guru mampu menghubungkan pembelajaran hari ini dengan kehidupan sehari hari siswa
NAMA: ANIDAR WARUWU
NIM: 856061339
UPBJJ: UT-MEDAN
POKJAR: Idanogawo
JUDUL: Penerapan keterampilan Bertanya di Kelas
Setelah menonton video pembelajaran pada
https://drive.google.com/file/d/1AnayW8Io_z8aoJauPunMK2MGiKib-Be8/view?usp=drivesdk
reaksi siswa terhadap video kegiatan awal pembelajaran , pada proses pelajaran berlangsung dalam video menyampaikan materi tentang “Berat Benda”
dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.
Sehingga dengan metode pembelajaran yang guru lakukan membuat siswa antusias dan semangat mereka terbakar menjawab pertanyaan dari guru , bahkan lebih banyak yang ingin menerapkan untuk mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat
kelemahan dalam video pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah ketiadaan kegiatan pendahuluan pembelajaran. seharusnya, suatu pembelajaran sebaiknya diawali dengan kegiatan pendahuluan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara mental dan mengarahkan perhatian mereka kepada topik yang akan dibahas.
Kemudian tidak mengabsen , tidak melakukan ice briking, tidak berdoa bersama bahkan tidak mempertanyakan siswanya apa sudah mengerti dengan pelajaran tersebut atau sebaliknya, dan juga guru tidak membuat kesimpulan hasil pembelajaran yang guru sampaikan.
kelebihan guru dari video diatas yaitu guru menggunakan metode pembelajaran yang mudah di dapatkan karna semuanya alat belajar siswa , sehingga dapat dipraktekkan secara langsung tidak menggunakan biaya, dan tanpa membuat siswa sibuk mencari metode praktek mereka masing-masing
hal unik yang ditemukan dari video diatas yaitu guru tetap fokus pada pembelajaran, tetap tersenyum dan tetap memberikan kata-kata semangat kepada siswa yang memberikan pendapatnya walaupun ada sebagian siswa yang bilang capek dan bosan
Upaya yang dapat di dapat lakukan untuk meninggatkan kualitas kegiatan pembelajaran bisa dilakukan dengan memperbaiki dari segi model kegiatan pembelajaran dengan cara meningkatkan kreatifitas pembelajaran guru misalnya menambahkan ice braking yang lebih menarik pehatian siswa supaya dapat membangkitkan minat belajar siswa .
NAMA: ANIDAR WARUWU
NIM: 856061339
UPBJJ: UT-MEDAN
POKJAR: Idanogawo
JUDUL: Penerapan keterampilan Bertanya di Kelas
Setelah menonton video pembelajaran pada
https://drive.google.com/file/d/1AnayW8Io_z8aoJauPunMK2MGiKib-Be8/view?usp=drivesdk
1. reaksi siswa terhadap video kegiatan awal pembelajaran , pada proses pelajaran berlangsung dalam video menyampaikan materi tentang “Berat Benda”
dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.
Sehingga dengan metode pembelajaran yang guru lakukan membuat siswa antusias dan semangat mereka terbakar menjawab pertanyaan dari guru , bahkan lebih banyak yang ingin menerapkan untuk mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat
2. kelemahan dalam video pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah ketiadaan kegiatan pendahuluan pembelajaran. seharusnya, suatu pembelajaran sebaiknya diawali dengan kegiatan pendahuluan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara mental dan mengarahkan perhatian mereka kepada topik yang akan dibahas.
Kemudian tidak mengabsen , tidak melakukan ice briking, tidak berdoa bersama bahkan tidak mempertanyakan siswanya apa sudah mengerti dengan pelajaran tersebut atau sebaliknya, dan juga guru tidak membuat kesimpulan hasil pembelajaran yang guru sampaikan.
3. kelebihan guru dari video diatas yaitu guru menggunakan metode pembelajaran yang mudah di dapatkan karna semuanya alat belajar siswa , sehingga dapat dipraktekkan secara langsung tidak menggunakan biaya, dan tanpa membuat siswa sibuk mencari metode praktek mereka masing-masing
4. hal unik yang ditemukan dari video diatas yaitu guru tetap fokus pada pembelajaran, tetap tersenyum dan tetap memberikan kata-kata semangat kepada siswa yang memberikan pendapatnya walaupun ada sebagian siswa yang bilang capek dan bosan
5. Upaya yang dapat di dapat lakukan untuk meninggatkan kualitas kegiatan pembelajaran bisa dilakukan dengan memperbaiki dari segi model kegiatan pembelajaran dengan cara meningkatkan kreatifitas pembelajaran guru misalnya menambahkan ice braking yang lebih menarik pehatian siswa supaya dapat membangkitkan minat belajar siswa .