silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).
Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd
–
–
Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.
Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.
NAMA: ANIDAR WARUWU
NIM: 856061339
UPBJJ: UT-MEDAN
POKJAR: Idanogawo
JUDUL: Penerapan keterampilan Bertanya di Kelas
Setelah menonton video pembelajaran pada
https://drive.google.com/file/d/1AnayW8Io_z8aoJauPunMK2MGiKib-Be8/view?usp=drivesdk
1. reaksi siswa terhadap video kegiatan awal pembelajaran , pada proses pelajaran berlangsung dalam video menyampaikan materi tentang “Berat Benda”
dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.
Sehingga dengan metode pembelajaran yang guru lakukan membuat siswa antusias dan semangat mereka terbakar menjawab pertanyaan dari guru , bahkan lebih banyak yang ingin menerapkan untuk mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat
2. kelemahan dalam video pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah ketiadaan kegiatan pendahuluan pembelajaran. seharusnya, suatu pembelajaran sebaiknya diawali dengan kegiatan pendahuluan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara mental dan mengarahkan perhatian mereka kepada topik yang akan dibahas.
Kemudian tidak mengabsen , tidak melakukan ice briking, tidak berdoa bersama bahkan tidak mempertanyakan siswanya apa sudah mengerti dengan pelajaran tersebut atau sebaliknya, dan juga guru tidak membuat kesimpulan hasil pembelajaran yang guru sampaikan.
3. kelebihan guru dari video diatas yaitu guru menggunakan metode pembelajaran yang mudah di dapatkan karna semuanya alat belajar siswa , sehingga dapat dipraktekkan secara langsung tidak menggunakan biaya, dan tanpa membuat siswa sibuk mencari metode praktek mereka masing-masing
4. hal unik yang ditemukan dari video diatas yaitu guru tetap fokus pada pembelajaran, tetap tersenyum dan tetap memberikan kata-kata semangat kepada siswa yang memberikan pendapatnya walaupun ada sebagian siswa yang bilang capek dan bosan
5. Upaya yang dapat di dapat lakukan untuk meninggatkan kualitas kegiatan pembelajaran bisa dilakukan dengan memperbaiki dari segi model kegiatan pembelajaran dengan cara meningkatkan kreatifitas pembelajaran guru misalnya menambahkan ice braking yang lebih menarik pehatian siswa supaya dapat membangkitkan minat belajar siswa .
NAMA: ANIDAR WARUWU
NIM: 856061339
UPBJJ: UT-MEDAN
POKJAR: Idanogawo
JUDUL: Penerapan keterampilan Bertanya di Kelas
Setelah menonton video pembelajaran pada
https://drive.google.com/file/d/1AnayW8Io_z8aoJauPunMK2MGiKib-Be8/view?usp=drivesdk
1 . reaksi siswa terhadap video kegiatan awal pembelajaran , pada proses pelajaran berlangsung dalam video menyampaikan materi tentang “Berat Benda”
dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.
Sehingga dengan metode pembelajaran yang guru lakukan membuat siswa antusias dan semangat mereka terbakar menjawab pertanyaan dari guru , bahkan lebih banyak yang ingin menerapkan untuk mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat
2. kelemahan dalam video pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah ketiadaan kegiatan pendahuluan pembelajaran. seharusnya, suatu pembelajaran sebaiknya diawali dengan kegiatan pendahuluan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara mental dan mengarahkan perhatian mereka kepada topik yang akan dibahas.
Kemudian tidak mengabsen , tidak melakukan ice briking, tidak berdoa bersama bahkan tidak mempertanyakan siswanya apa sudah mengerti dengan pelajaran tersebut atau sebaliknya, dan juga guru tidak membuat kesimpulan hasil pembelajaran yang guru sampaikan.
3. kelebihan guru dari video diatas yaitu guru menggunakan metode pembelajaran yang mudah di dapatkan karna semuanya alat belajar siswa , sehingga dapat dipraktekkan secara langsung tidak menggunakan biaya, dan tanpa membuat siswa sibuk mencari metode praktek mereka masing-masing
4. hal unik yang ditemukan dari video diatas yaitu guru tetap fokus pada pembelajaran, tetap tersenyum dan tetap memberikan kata-kata semangat kepada siswa yang memberikan pendapatnya walaupun ada sebagian siswa yang bilang capek dan bosan
5 Upaya yang dapat di dapat lakukan untuk meninggatkan kualitas kegiatan pembelajaran bisa dilakukan dengan memperbaiki dari segi model kegiatan pembelajaran dengan cara meningkatkan kreatifitas pembelajaran guru misalnya menambahkan ice braking yang lebih menarik pehatian siswa supaya dapat membangkitkan minat belajar siswa .
Nama : AL HILAL HAMDI T
Nim : 855841542
UPBJJ : UT Medan
Ijin menanggapi vidio
Setelah mengamati vidio diatas menurut pendapat saya sudah sangat baik karena pada vidio tersebut terlihat proses pembelajaran berjalan dengan baik dan semua media pembelajaran yang digunakan sudah sangat tepat sehingga tidak menimbulkan rasa bosan pada siswa/siswi tersebut meskipun ada beberapa siswa yang tidak serius atau bahkan main-main pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dan adapun Kekurangan yang saya lihat pada vidio tersebut adalah tidak adanya kegiatan pendahuluan, tapi lain dari itu menurut says semuanya sudah sangat angus. Sekian pandangan dari saya lebih kurang nya saya mohon maaf.
Kelemahan dalam pelajaran di Video
– sebelum pembelajaran di mulai, tidak ada doa dan pengecekan kehadiran siswa.
– tidak ada apersepsi padahal sangat penting dalam memulai pelajaran.
– sesudah belajar tidak di simpulkan kembali hasil belajar yang sudah di bahas tadi.
– tidak ada pembacaan doa sesudah pembelajaran.
Kelebihan dalam pelajaran di video
– guru menyampaikan materi dengan baik dan bagus.
– guru memberikan contoh alat peraga dengan baik dan melibatkan siswa sehingga siswa dapat mengerti dengan baik.
Nama: Yunita Indriyani
NIM : 860063659
Pokjar : Bandar Jaya
UPBJJ : Bandar Lampung
Izin menyampaikan pendapat saya terkait video tentang “penerapan keterampilan bertanya kelas 1”.
1. Terdapat kelebihan dalam video pembelajaran tersebut, yaitu siswa dapat mengikuti arahan dan dapat fokus terhadap apa yang disampaikan oleh gurunya. penggunaan media yang digunakan guru yang sederhana membuat siswa dapat memahami dengan cepat apa yang telah disampaikan. Guru juga telah menyampaikan penjelasan materi dan tujuan pembelajaran dari kegiatan yang dilakukan.
2. Terdapat pula kelemahan atau kekurangan dalam video tersebut, yakni guru tidak memberikan pendahuluan yang tepat seperti berdoa, absensi, dan apersepsi (seperti menyampaikan kegiatan yang telah dilakukan dihari sebelumnya), serta tidak adanya kesimpulan diakhir pembelajaran. Sehingga terkesan siswa hanya menerima semua yang disampaikan dan menjawab pertanyaan.
3. Hal unik dalam video pembelajaran adalah guru menggunakan media pembelajaran yang kreatif, dengan menggunakan bahan sederhana atau dapat dikatakan barang bekas namun tetap dapat digunakan sebagai media pembelajaran.
Demikian pendapat saya terimakasih.
NAMA : RATNA SARI
NIM : 857008149
POKJAR : SIDOMULYO
UPBJJ : 20/ BANDAR LAMPUNG
Setelah saya melihan video tersebut ada beberapa kelebihan dan kekurang saat guru menyampaikan materi tersebut :
Kelebihan
Guru memberikan contoh mengunakan alat peraga apa yang ada disekitar siswa, dan memberikan stimulus yang sangat aktif dari seorang guru terhadap murid sehingga anak aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dari seorang guru,akan tetapi dalam akhir pelajaran seharusnya seorang guru menyimpulkan dari pembahasan pelajaran yang diajarkan.
kelemahan
dalam video pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah ketiadaan kegiatan pendahuluan pembelajaran. Sebagaimana seharusnya, suatu pembelajaran sebaiknya diawali dengan kegiatan pendahuluan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara mental dan mengarahkan perhatian mereka kepada topik yang akan dibahas. Selain itu, dalam kegiatan pendahuluan, guru seharusnya menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa agar mereka memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang akan dipelajari dan apa yang diharapkan dari pembelajaran tersebut.
Assalamualaikum wr wb
Saya yang ber
Nama : Raudati jannah sihombing
Nim : 856068808
Pokjar : Asahan
Ijin memberi tanggapan dari vidio diatas,menurut saya penerapan pembelajaran diatas sudah benar karena sesuai dengan pengalaman saya jika peserta didik di ajak langsung untuk terlibat dalam pembelajaran maka persentase pemahaman yang akan diingat perserta didika dalah 70%.Lain halnya jika guru hanya menjelaskan dan ceramah maka persentase pemahaman dan daya ingat siswa hanyalah 30 % saja.
Untuk itu sangat perlu belajar dengan metode dan media seperti alam,pengalaman dan praktik lapangan.Contohnya dlam vidio ini siswa diminta untuk menngukur berat suatu benda dengan perkiraan.Namun untuk mengukur berat suatu benda yang valid harus menggunakan alat ukur berat seperti timbangan.
Oleh karena itu guru hendaknya membawa timbangan sebagai media belajar menghitung massa benda.Dan juga sambil mengenalkan siswa bagaimana cara menghitung massa benda yang tepat.
Baik itu saja yang dapat saya sampaikan,terimakasih wassalamualaikum wr wb
Nama : Septiana W
Nim : 857816092
UPBJJ : Universitas Terbuka surakarta
Pelaksanaan pembelajaran sangat relevan dengan keadaan siswa Dimana dalam video ini siswa diajarkan dengan pengalaman yang sering mereka temui dalam video ini siswa diajarkan mengukur benda dari alat-alat yang sederhana hal ini membantu siswa berfikir lebih kritis. Dan mengyebabkan rasa ingin tahu meningkat.Penyebab tidak lain dari guru dalam membawa suasana kelas yang aktif dengan menggunakan metode bertanya hal ini memicu rasa ingin tahu siswa apalagi dalam video tersebut guru menjelaskan atau memberikan contoh atas dasar pengalaman yang ada atau bahkan kegitan yang sering mereka jumpai. Teknik pembelajaran kelas sangat dipengaruhi oleh penyampaian guru
Ada beberapa hal unik yang terjadi dalam pembelajaran di video tersebut yaitu guru menjelaskan sesuai dengan realita di lingkungan siswa. Media yang digunakan sangat unik yaitu memanfaatkan benda sekitar . siswa juga berani maju kedepan Ketika dipanggil oleh guru. Dalam pembelajaran guru memperintahkan siswa agar membawa benda dari rumah dan ditukar dengan teman lainnya agar bisa merasakan perbedaan berat benda tersebut.
izin menanggapi dari video diatas
perkenalkan
Nama: ELISA UTAMI
NIM: 856305179
UPBJJ: PADANG
Berdasarkan video yang sudah ditampilkan tersebut sudah sangat bagus mengenai materi perbedaan berat benda, menurut saya materi sudah terealisasikan dengan baik dengan menggunakan praktek langsung dengan bendanya, dan menjelaskan contohnya secara rinci serta melakukan tanya jawab dengan siswa sehingga siswa terlibat aktif dalam pembelajaran akan tetapi dalam video tersebut kegiatan pendahuluan dalam proses pembelajaran belum terlihat, pendahuluan dalam pembelajaran sangat penting disamping mempersiapkan peserta didik sebelum memulai pelajara juga terdapat penyampaian tujuan pembelajaran
sekian, saya ucapkan terima kasih
Nama : Wan Safitri
NIM : 856084415
Penerpan keterampilan bertanya dalam video ini sesuai dengan pembelajaran kurikulum 2013 dimana siswa harus lebih aktif dikelas dalam pelajaran, menanamkan rasa percaya diri dan keberanian dalam bertanya yang juga salah satu karakternya yaitu integritas dalam penguatan pendidikan karakter dalam kurikulum 2013.Penerapan keterampilan bertanya tepat digunakan dalam pembelajaran karena mendorong siswa untuk lebih aktif l, berpikir kritis, interaksi timbal balik antara guru dengan siswa, siswa dengan guru, atau siswa dengan siswa untuk memecahkan suatu masalah dalam pembelajaran dengan suasana yang kondusif dan menyenangkan.
Penerapan bertanya dapat diterapkan pada saat apersepsi, kegiatan inti atau kegiatan penutup.Pada bagian apersepsi, siswa yang masih mengingat dan mengulang pelajaran sebelumnya akan merasa terpancing dengan pertanyaan guru.Pada kegiatan inti, siswa yang belum memahami pelajaran dapat mengajukan pertanyaan, hal-hal yang berkaitan dengan materi yang dijelaskan oleh guru.Pada kegiatan penutup Penerapan bertanya dapat memberikan penguatan dan pemahaman terhadap pelajaran yang baru saja dipelajari.