silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).
Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd
–
–
Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.
Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.
Nama : Lisa Ariani Sarumpaet
NIM : 856031612
UPBJJ : MEDAN
Pokjar : Labura (Labuhanbatu Utara)
Tanggapan saya setelah melihat video “Penerapan Keterampilan Bertanya di Kelas” dari video tersebut, saya dapat melihat bahwa pembelajaran tersebut sangat menarik bagi anak anak hal itu bisa saya katakan karena melihat anak anak yang sangat antusias untuk menjawab pertanyaan dari guru tersebut. Keberanian anak anak dalam menyampaikan pendapat dan bertanya membuktikan bahwa guru tersebut mampu menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan bagi anak anak.
Namun dalam video tersebut juga terdapat kekurangan yaitu :
1. Guru tidak melakukan pendahuluan dalam kegiatan pembelajaran seperti berdo’a ataupun bernyanyi untuk menghibur para anak anak.
2. Guruh langsung ke dalam kegiatan inti pembelajaran tanpa melakukan pendekatan pendahuluan terlebih dahulu.
3. Guru tidak menyimpulkan apa inti dari pembelajaran yang telah dilakukan, guru juga tidak melakukan kegiatan penutup.
Nama : DAPOT SIBURIAN
NIM : 859880513
Prodi : S1- PGSD
Menurut saya mengenai vidio ini pembelarannya sangat menarik , guru dapat membuat suasana jadi riang dan dan antusias. guru semangat dalam mengajukan pertanyaan dan guru juga mejelaskan dengan baik. siswa berlomba-lomba menjawab apa yang ditanyakan ibu guru, ibu guru dengan adil memberikan kesempatan kepada semua siswa.
Nama : RAHAYU
NIM : 856026491
PRODI : S1-PGSD
POKJAR : SEI BALAI BATU BARA
Menurut saya tugas menganalisis video pembelajaran di forum GPO tentang penerapan keterampilan bertanya dikelas, video pembelajaran tersebut sudah bagus dan cukup baik. Guru menyampaikan penjelasan materi dengan jelas dan bersemangat. Guru mengajak siswa aktif berperan dalam proses pembelajaran, dan guru juga menggunakan media belajar yang menarik perhatian para siswa, metode yang digunakan guru juga sesuai dengan perkembangan peserta didik. Tetapi sebaiknya sebelum melakukan pembelajaran kita harus berdoa terlebih dahulu, dan mengecek kehadiran siswa dan memberikan motivasi kepada anak-anak didik.
Nama : martin sahala manalu
NIM :856047162
Setelah melihat cuplikan video pembelajaran ini secara keseluruhan semua berjalan dengan sangat baik. Mulai dari awal hingga kegiatan akhir.. Namun karena kelas ini terisi banyak siswa jadi diharapkan guru lebih teliti agar pembelajaran tetap terarah dan kondusif.
Nama : LISA YULIANA
Nim : 856982893
Prodi : S1- PGSD
Menurut analisis dari metode pembelajaran tersebut sangat baik penyampaian materi nya cukup menarik dan banyak melibatkan siswa dalam proses pembelajaran tersebut agar tidak ada miskom dan saling timbal balik guru dengan siswa nya
Nama : Rotua Tria Lumbantobing
Nim : 855985302
Prodi : S1-PGSD
Menurut saya,Proses pembelajaran sudah efektif.
Karna Penyampaian materi dari guru tidak selalu dalam bentuk ceramah akan tetapi sesekali menggunakan media pembelajaran yang bermacam macam sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan siswa tidak mudah bosan.melainkan merasa semangat dan ingin tahu sehingga banyak yang bertanya.
Akan tetapi dibagian pembuka sebaiknya melakukan presensi dan apersepsi sehingga guru bisa tahu kondisi siswa dikelas dan siswa bisa lebih siap dalam memulai pembelajaran.
Nama : Sekar Ajeng Melenia Yustica
NIM : 857841634
Prodi : S1-PGSD BI
Pokjar : Purwantoro
Setelah mengamati video diatas pembelajaran yang dilakukan guru cukup menarik, dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang mudah ditemui di linkungan sekitar sebagai media pembelajaran.
Cara mengajar guru juga sudah sangat baik dengan mengajak siswa untuk aktif menjawab dan menanggapi apa yang disampaikan oleh guru.
Keterampilan bertanya yang dilakukan bertujuan untuk mencari tahu apakah siswa paham dan mengerti dengan materi tersebut, serta bisa membuat siswa tertarik karena guru memberi contoh menggunakan benda-benda sekitar yang ada di kehidupan siswa sehari-hari.
Namun, Pada kegiatan awal / pendahuluan, guru tidak mengajak siswa untuk berdoa, tidak mengecek kehadiran siswa, guru tidak memberikan apersepsi dan tidak menyampaikan tuiuan pembelajaran. dan pada akhir pembelajaran Guru tidak memberikan kesimpulan setelah proses pembelajaran dan tidak memberikan umpan balik.
Nama : vivi febrianti
Nim : 856572149
Dalam video tersebut Terampil An bertanya guru tersebut sudah cukup baik guru juga menguasai pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dan hampir dalam setiap tahap pembelajaran tersebut guru dituntut mengajukan pertanyaan. Dengan memusatkan perhatian dengan menggunakan media sehingga anda sangat antusias menjawab pertanyaan siswa pun bergiliran mempraktikkan atau memperagakan materi tentang berat benda dan siswa dalam motivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai.
Nama :intan Rahayu
Nim :856046906
UPBJJ: Medan
Pokja: Langkat
Menurut pendapat saya dari video yang ada di gpo proses mengajar guru tersebut sudah cukup baik. Keterampilan bertanya juga baik mampu mengajak anak-anak untuk mampu berani bertanya.
Menurut saya bisa ditambahkan ice breaking biar anak anak tidak cepat bosan dalam melakukan pembelajaran.
Nama : Maryam Selan
Nim : 859762376
PRODI : S1-PGSD
POKJAR : KONAWE/KENDARI
Setelah menonton video ini, menurut sy guru sudah menguasai materi yang akan diajarkan, kreatif dalam menyediakan alat/ sarana pembelajaran, memberikan kesempatan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran,memberikan motivasi kepada siswa, semoga semangat dan motivasi ini bisa dipertahankan dan di kembangkan lagi