silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).

Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd

Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.

Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.

Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.

Similar Posts

201 Comments

  1. Nama : Astri Novita Simalango
    Nim : 859877278
    Pokjar : Medan
    pendapat saya tentang video pembelajaran tersebut sangat bagus. dimana guru dan siswa aktif dalam pembelajaran. kemampuan guru dalam menggali kemampuan siswa untuk bertanya sudah bagus. dan siswa sangat aktif dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru tersebut. dengan pembelajaran yang aktif dimana antara guru dan siswa ada interaksi yang baik, diharapkan materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru dapat tersampaikan kepada siswa dengan baik. untuk bahan praktik disesuaikan dengan materi pembelajaran, dimana bahan tersebut dapat menarik perhatian siswa untuk belajar dengan giat.

  2. Selamat siang,saya akan menanggapi tentang video diatas
    Menurut saya ketika melihat video ketempilan bertanya di kelas,guru menyampaikan materi sudah baik dan bisa menguasai kelas sehingga siswa aktif dalam belajar dengan pertanyaan yang di ajukan kesiswa menyenangkan sehingga siswa bersemangat untuk menjawab pertanyaan yang di berikan oleh guru,dan guru menjelaskan materi menggunakan alat peraga yang mudah di mengerti oleh siswa. Tetapi dalam setiap kegiatan pembelajaran harusnya dilakukan dengan memberikan salam pembuka,berdoa,menanyakan kabar,melakukan absensi terhadap siswa,dan di akhir pembelajaran guru harus menyimpulkan hasil pembelajaran serta kegiatan penutup dan di akhiri dengaan berdoa

  3. NIM : 859814972

    Bismillah.
    Setelah menyimak video ini. MasyaaAllah cukup baik dan menarik. Karena pembelajaran sangat aktif antar guru dan peserta didik.
    Mulai dari kegiatan awal sampai kegiatan akhir memberikan kesimpulan pada materi tersebut.
    Dalam video tersebut terlihat bahwa guru sangat siap dalam membawakan materi baik dilihat dari penguasaan materi maupun media pembelajaran yang disiapkan secara kreatif begitupula dengan penggunaan strategi pembelajaraan.
    Anak2 sangat antusias mengikuti pembelajaran karena guru melakukan konkret atau dapat dilihat dilakukan peserta didik.
    Maaf, untuk sedikit masukan jika media pembelajaran tidak bisa disiapkan dengan bukti fisik bisa juga diperlihatkan dengan media gambar. Karena sempat disinggung alat berat daging dan beras tapi tidak diperlihat contohnya.
    Itu saja dari saya
    Terimakasih

  4. Nama: Rizki Mahrani
    NIM: 857168204
    Prodi: S1 PGSD

    Pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah menarik dan menyenangkan. Cara guru menjelaskan materi pada siswanya sudah cukup interaktif, karena selalu terjadi komunikasi dua arah antara murid dan guru. Guru juga sangat kreatif dengan menjadikan benda-benda di sekitar siswa sebagai media pembelajaran.
    Pada saat pembelajaran berlangsung, guru banyak mengapresiasi siswa dengan cara membiarkan siswa menjawab pertanyaan, maju ke depan kelas untuk mencoba, dan memberikan pujian terhadap apapun yang dilakukan siswa. Hal ini menyebabkan siswa menjadi nyaman ketika belajar. Di akhir pembelajaran juga guru memberikan kesimpulan, sehingga siswa dapat mengingat kembali pelajaran yang telah dilakukan.

  5. Nama : Nuryani Pasaribu
    Nim : 856020301
    Mata Kuliah : Panduan Pemantapan Kemampuan Mengajar
    Prodi : S1 FKIP (PGSD)
    Pokjar : Labura

    Menurut hasil analisis saya dari video tersebut sudah cukup baik dimana guru tersebut menjelaskan dengan sangat mudah dipahami oleh siswa yang juga guru tersebut sudah mengajak siswa berperan aktif dalam pembelajaran berlangsung.
    Dari segi mengajar guru tersebut sangat membantu siswa dalam banyak hal yang membuat siswa lebih berfokus selama dalam pembelajaran karena menurut saya guru adalah salah satu dampak bagi siswa bagaimana cara guru dalam menyampaikan suatu pembelajaran yang akan di pelajari.

  6. NAMA : MITA ADELINA

    NIM : 856020247

    SEMESTER : 6A AKPMM

    POKJAR : LABURA (labuhanbatu utara)

    Hasil Refleksi:
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?

    Pada video tersebut, siswa/siswi terlihat sangat antusias dengan pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut. Siswa/siswi juga sangat aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran serta mampu mendengarkan instruksi yang diberikan oleh guru dengan baik.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?

    Kelemahan guru pada kegiatan pembelajaran tersebut yaitu guru masih menerapkan sistem pertanyaan yang dijawab serentak oleh seluruh murid. Menurut saya jawaban serentak sebaiknya dihindari dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan dapat menurunkan keterampilan bertanya anak didalam kelas. Apabila pertanyaan yang diberikan oleh guru selalu dijawab secara serentak oleh siswa/siswi, bisa saja yang menjawab pertanyaan itu-itu saya orangnya (yang lainnya hanya sebatas ikut-ikutan menjawab saja). Atau bahkan apabila guru memilih salah satu anak dari sekian banyak yang tunjuk tangan, bisa saja guru dianggap tidak adil oleh siswa/siswi karena mungkin mereka beranggapan yang dipilih guru untuk menjawab pertanyaan juga itu-itu saja orangnya. Dengan begitu guru tidak mengetahui apakah seluruh siswa didalam kelas sudah mengerti mengenai penjelasan yang disampaikan oleh guru atau belum mengerti.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?

    Pada kegiatan pembelajaran tersebut, guru sudah mampu mengajak siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Guru juga menggunakan media pembelajaran berupa benda konkret (nyata) seperti benda-benda yang dibawa siswa/siswi kesekolah (buku, kotak pinsil. Botol minum, penghapus, kertas, dll), Balon, dan juga alat timbangan sederhana yang digunakan untuk mengukur berat benda.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?

    Hal-hal unik yang saya temukan dari guru saat melaksanakan pembelajaran pada video tersebut yaitu guru mengajak siswa untuk menimbang berat benda dengan menggunakan benda konkret (nyata) dengan cara membuat alat timbangan sederhana dengan tali yang di ikat di ujung kanan dan kiri bambu, kemudian masing-masing tali diikatkan pada penghapus dan juga kertas. Dengan begitu siswa/siswi dapat mengetahui benda mana yang lebih berat antara penghapus dengan kertas (benda yang lebih berat talinya akan lebih menurun). Guru tersebut juga mengajak siswa untuk melakukan percobaan dirumah dengan memberikan kertas berisi petunjuk pelaksanaan kegiatan.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?

    Upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya yaitu sebaiknya guru dapat mengawali kegiatan pendahuluan pembelajaran dengan salam, mengecek kehadiran siswa, menyampaikan apersepsi, melakukan ice breaking, menyampaikan informasi serta tujuan pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran dapat berlangsung lebih menyenangkan lagi.

  7. NAMA : MITA ADELINA

    NIM : 856020247

    SEMESTER : 6A AKPMM

    POKJAR : LABURA (labuhanbatu utara)

    Hasil Refleksi:
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?

    Pada video tersebut, siswa/siswi terlihat sangat antusias dengan pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut. Siswa/siswi juga sangat aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran serta mampu mendengarkan instruksi yang diberikan oleh guru dengan baik.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?

    Kelemahan guru pada kegiatan pembelajaran tersebut yaitu guru masih menerapkan sistem pertanyaan yang dijawab serentak oleh seluruh murid. Menurut saya jawaban serentak sebaiknya dihindari dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan dapat menurunkan keterampilan bertanya anak didalam kelas. Apabila pertanyaan yang diberikan oleh guru selalu dijawab secara serentak oleh siswa/siswi, bisa saja yang menjawab pertanyaan itu-itu saya orangnya (yang lainnya hanya sebatas ikut-ikutan menjawab saja). Atau bahkan apabila guru memilih salah satu anak dari sekian banyak yang tunjuk tangan, bisa saja guru dianggap tidak adil oleh siswa/siswi karena mungkin mereka beranggapan yang dipilih guru untuk menjawab pertanyaan juga itu-itu saja orangnya. Dengan begitu guru tidak mengetahui apakah seluruh siswa didalam kelas sudah mengerti mengenai penjelasan yang disampaikan oleh guru atau belum mengerti.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?

    Pada kegiatan pembelajaran tersebut, guru sudah mampu mengajak siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Guru juga menggunakan media pembelajaran berupa benda konkret (nyata) seperti benda-benda yang dibawa siswa/siswi kesekolah (buku, kotak pinsil. Botol minum, penghapus, kertas, dll), Balon, dan juga alat timbangan sederhana yang digunakan untuk mengukur berat benda.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?

    Hal-hal unik yang saya temukan dari guru saat melaksanakan pembelajaran pada video tersebut yaitu guru mengajak siswa untuk menimbang berat benda dengan menggunakan benda konkret (nyata) dengan cara membuat alat timbangan sederhana dengan tali yang di ikat di ujung kanan dan kiri bambu, kemudian masing-masing tali diikatkan pada penghapus dan juga kertas. Dengan begitu siswa/siswi dapat mengetahui benda mana yang lebih berat antara penghapus dengan kertas (benda yang lebih berat talinya akan lebih menurun). Guru tersebut juga mengajak siswa untuk melakukan percobaan dirumah dengan memberikan kertas berisi petunjuk pelaksanaan kegiatan.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?

    Upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya yaitu sebaiknya guru dapat mengawali kegiatan pendahuluan pembelajaran dengan salam, mengecek kehadiran siswa, menyampaikan apersepsi, melakukan ice breaking, menyampaikan informasi serta tujuan pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran dapat berlangsung lebih menyenangkan lagi.

  8. Nama: yuyun zakiyah nurda
    Nim: 858743556
    Pokjar: putra bangsa jombang

    Menurut saya, ini adlh video yg sangat bermanfaat. Krn di video ini kita bs mengembangkan kemampuan guna menarik keaktifan siswa dlm bertanya.

    Selain keterampilan, ternyata penampilan seorang jg bs menarik minat dan perhatian siswa.

  9. Nama: yuyun Zakiyah nurda
    Nim: 858743556
    Pokjar: putra bangsa jombang

    Menurut sy setelah mengamati video yg disajikan, guru hrs menjadi aktor yg baik di depan siswa2 nya.
    Cara guru menarik keaktifan siswa sdh nampak. Siswa digali informasinya sehingga mereka merasa diperhatikan dan mjd lbh aktif. Disamping itu, penampilan seorang guru di depan siswanya jg sangat penting. Hal ini bs menarik minat siswa dan membuat proses pembelajaran mjd lbh hidup dan bersemangat.

  10. Nama : Putri Purnamawati
    NIM :857155032

    Dalam cuplikan Vidio tersebut menurut pendapat saya sudah baik dalam merangsang keterampilan bertanya pada anak dengan menggunakan alat peraga sederhana dan mudah di dapatkan merangsang siswa ikut aktif dalam menjawab dan menanggapi pertanyaan yang di sampaikan pada guru tersebut.
    Terima kasih.

Leave a Reply