silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Membentuk karakter paling tepat dilakukan sejak usia dini sebagai pondasi awal. Jika dapat terbentuk dengan baik maka pada generasi mendatang akan menjadi generasi yang berkarakter kuat. Untuk mewujudkan PAUD berkualitas maka dibutuhkan kerjasama yang kuat antara keluarga (orang tua), lingkungan sekolah dan masyarakat. Tantangan dunia pendidikan di era globalisasi saat ini demikian kompleks, telah memberikan banyak perubahan dan dampak terhadap masyarakat sekitar salah satunya adalah asimilasi dalam bentuk budaya. Pergeseran nilai , akulturasi dan asimilasi dari berbagai pilar budaya perlu disikapi dengan cermat dan komprehensif. Tutur kata/ucapan/kata/kalimat, sikap/perilaku/adab dan pola fikir turut serta mengiringi perubahan tersebut.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Apa pendapat Anda mengenai tayangan video tersebut?
  2. Hal apa saja yang dapat membantu mengenalkan cinta tanah air pada anak?
  3. Bagaimana sikap Anda jika menemukan keluarga yang menggunakan bahasa daerah?
  4. Bagaimana peran orang tua dalam memberikan teladan pada anak mengenai cinta tanah air? Berikan pendapat Anda!
  5. Bagaimana peran sekolah dalam mengenalkan cinta tanah air pada anak? Berikan contoh!

Similar Posts

613 Comments

  1. Nama : Trifena Ayu Permata Sari
    NIM : 858757547

    Mengenalkan rasa cinta tanah air pada anak sedini mungkin adalah tugas yang tidak dapat disepelekan/dilalaikan.
    hal-hal yang dapat membantu mengenalkan rasa cinta tanah air ialah dengan bercerita / dongeng tentang kisah-kisah patriot Para Pahlawan dan asal-usul suatu daerah. Bisa juga dengan menyajikan tontonan film yang berkenaan dengan cinta tanah air.
    Apabila menjumpai keluarga yang menggunakan bahasa daerah sudah sepatutnya kita menghargai dan mendukung karena dengan demikian kita turut melestarikan budaya dan bahasa daerah yang kemudian dapat kita sampaikan pada anak kita untuk belajar bahasa daerah.
    orang tua sangat berperan dalam memberikan teladan dalam menunjukkan rasa cinta tanah air. Bisa dimulai dengan berkomunikasi menggunakan bahasa daerah, masak masakan tradisional.
    Sedangkan peran sekolah, sekolah dapat memasukkan dalam kurikulum materi pembelajaran tentang sejarah, bahasa dan budaya tanah air. Dan dalam kegiatan ekstrakulikuler dapat diberikan kegiatan yang berkaitan dengan cinta tanah air seperti tari tradisional, karawitan, dll.

  2. Nama : Fitria Erika
    Nim: 858906075
    Menurut pendapat saya mengenai video tersebut. Video yang pertama adalah salah satu video yang menggambarkan sikap perundungan dan pemaksaan terhadap anak. Sehingga anak akan bingung dalam menentukan pilihan.
    Cara mengenalkan tanah air sangat penting. Untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air pada anak, tentunya akan melibatkan peran orang tua dan sekolah. Seperti menghargai Keberagaman kebudayaan indonesia, Alam indonesia dan melastarikan kebudayaan.
    Mengenalkan simbol-simbol negara (bendera merah putih, lambang negara, lagu kebangsaan) dengan bahasa yang sederhana.
    Mengaitkan rasa cinta tanah air dengan hal-hal yang dekat dengan kehidupan anak, seperti makanan tradisional, pakaian adat, tarian daerah, dan keindahan alam Indonesia.

  3. Henita Komala sari
    Nim : 857623033
    Menurut pendapat saya mengenai vidio tersebut vidio pertama peran orang tua tidak melakukan pondasi penanaman cinta tanah air terhadap anak karena anak setiap kali bercerita tentang wayang si Cepot , lagu rasa sayange tetapi orang tua tidak menumbuhkan bahwa belajar tentang negara asing boleh tetapi kita juga tidak boleh melupakan apa yg negara kita punya , karena peran orang tua juga sangat penting untuk generasi yang akan datang agar apa yang di miliki negara kita dapat dilestarikan sampai nanti . Sedangkan di vidio kedua orang tua berperan walaupun anak dapat belajar apapun tentang apa yg di punyai negara asing tetapi orang tua mempunyai peran untuk menjelaskan menanamkan tentang apa yg kita miliki di negara ini dan sikap cinta tanah air yang di tunjukan dengan arahan orang tua sehingga anak anak dapat menerapkannya .

  4. NAMA : ASMA ILLAH
    NIM : 859816786
    UPBJJ UT : KENDARI
    POKJAR : RATE-RATE

    Dari tayangan pertama tadi memberikan pengingat yang penting kepada orang tua tentang peran besar mereka dalam menanamkan nilai cinta tanah air kepada anak-anak. Terlihat bagaimana kebiasaan sederhana seperti memberikan mainan, pakaian dan lagu luar negeri tanpa mengenalkan budaya lokal yang secara tidak langsung membuat anak-anak lebih asing daripada budayanya sendiri. Tayangan tersebut menyadarkan kita bahwa menumbuhkan rasa cinta tanah air harus dimulai dari rumah, dimulai dari hal-hal sederhana seperti mengenalkan pahlawan, lagu-lagu nasional atau memberikan mainan yang mencerminkan kekayaan budaya Indonesia.

  5. Menurut pendapat saya mengenai video tersebut. Video yang pertama adalah salah satu video yang menggambarkan sikap perundungan dan pemaksaan terhadap anak. Sehingga anak akan bingung dalam menentukan pilihan.Sedangkan di vidio kedua orang tua berperan walaupun anak dapat belajar apapun tentang apa yg di punyai negara asing tetapi orang tua mempunyai peran untuk menjelaskan menanamkan tentang apa yg kita miliki di negara ini dan sikap cinta tanah air yang di tunjukan dengan arahan orang tua sehingga anak anak dapat menerapkannya .
    Seperti menghargai Keberagaman kebudayaan indonesia, Alam indonesia dan melastarikan kebudayaan.
    Mengenalkan simbol-simbol negara (bendera merah putih, lambang negara, lagu kebangsaan) dengan bahasa yang sederhana.
    Mengaitkan rasa cinta tanah air dengan hal-hal yang dekat dengan kehidupan anak, seperti makanan tradisional, pakaian adat, tarian daerah, dan keindahan alam Indonesia.

  6. Nama: Fitri Dwi Jayanti
    Nim:878164505

    Setelah menonton salah satu video pembelajaran PAUD di menu Micro Teaching Online, saya sangat mengapresiasi cara guru dalam mengenalkan nilai cinta tanah air kepada anak-anak usia dini. Melalui lagu, cerita rakyat, dan simbol-simbol kebangsaan seperti bendera Merah Putih dan lambang Garuda, anak-anak diajak mengenal identitas bangsa dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan mereka.

    Saya melihat bahwa pendekatan yang digunakan sangat efektif karena melibatkan kegiatan konkret dan visual, yang sesuai dengan karakteristik belajar anak usia dini. Misalnya, saat anak diajak menyanyikan lagu nasional sambil melambaikan bendera kecil, mereka tidak hanya belajar tentang simbol negara, tapi juga menumbuhkan rasa bangga dan cinta pada tanah air secara emosional.

  7. Setelah saya melihat dari seri video pembelajaran Micro Teaching dengan menciptakan anak dalam cinta tanah air menjadi sebuah inspirasi kita ,dari video tersebut sebgai guru sudah semaksimal mungkin untuk menimbulkan dan menananmkan rasa cinta tanah air kepada anak namun orang tua juga perlu adanya kesadaran untuk memberikan sebuah pondasi dalam aspek itu,kita sebgai guru akan memeberikan sebuah model permaianan atau dengan mengenalkan beragam macam pahlawan,kesenian tradisonal,lagu lagu kemerdekaan dan lain lain sebagainya, maka dari itu maka perlunya saling koordinasi untuk memberikan sebuah pemberian jiwa cinta tanah air

  8. menurut saya video tersebut pengenalan cinta tanah air pada anak usia dini dapat dilakukan melaui berbagai cara seperti memperkenalkan pada anak tentang simbol – simbol negara lagu- lagu daerah cerita rakyat dan makanan khas indonesia selain itu . juga penting memperkenalkan toko pahlawan dan budaya lokal kepada anak usia dini dengan pendekatan yang menyenangkan dan interatif , anak- anak dapat melalui memahami dan mencintai tanah air mereka dan inpirasi kita dalam video tersebut pengenalan simbol negara perkenalkan bendera merah putih lambang garuda pancasila dan lagu indonesia raya pada anak usia dini dengan cara menyenangkan dan interaktif .

  9. Menurut saya video tersebut pengenalan cinta tanah air pada ank anak usia dini dapat dilakukan melalui berbagai cara seperti memperkenalkan pada anak tentang simbol simbol negara lagu -lagu daerah cerita rakyat dan makanan khas Indonesia selain itu juga penting memperkenalkan toko pahlawan dan budaya lokal kepada anak usia dini dengan pendekatan yang menyenangkan dan interaktif anak – anak dapat melalui memahami dan mencintai tanah air mereka. Dan inspirasi untuk kita dalam video tersebut pengenalan simbol negara perkenalkan bendera merah putih lambang garuda Pancasila dan lagi Indonesia raya pada anak usia dini dengan cara menyenangkan dan interaktif.

  10. Nama : Fitria Ulfa

    Setelah menonton salah satu video pembelajaran PAUD di menu Micro Teaching Online di atas, mengenai vidio 1 seharusnya orang tuanya sudah menanamkan pondasi cinta tanah air sejak kecil contohnya dengan bernyanyi lagu daerah tetapi pada vidio memperlihatnya sang ibu lebih ingin anaknya belajar bernyanyi dalam bahasa asing yaitu bahasa inggris
    Untuk vidio ke 2 salah satu contoh sang ibu lebih senang mengenalkan makanan yang popular di negara asing kepada anaknya

    Dari kedua vidio tersebut dapat disimpulkan sebagai orang tua yang lebih utama harusnya berperan untuk membentuk karakter anaknya yang paling tepat yaitu sejak dini .Boleh saja mengenalkan budaya asing pada anak tetapi sebagai orang tua sebaiknya lebih mengutamakan untuk memperkenalkan budaya yang ada di negara sendiri terlebih dahulu.

Leave a Reply