silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:
- menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
- mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
- menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
- menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
- melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
- menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.
Toto Fathoni
–
–
Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.
Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.
Herwati, M.Pd
Nama : Merlinda Mamoto
Nim : 859863255
Program studi : PGSD S1
Berdasarkan Pengamatan Saya dari Video di atas, di awal pembelajaran tidak menunjukan Kegiatan Apresiasi Seperti Menanyakan Kabar Siswa, Berdoa, Pemberian salam, dan mengambil daftar Kehadiran siswa, dan dalam Pembelajaran ini Guru langsung masuk pada Kegiatan Inti, Kemudian dalam Pembelajaran guru hanya menyampaikan materi sekilas melalui metode ceramah dan pada saat guru meyampaikan materi guru tidak menjelaskan kembali apa arti fotosintesis, karena menurut saya tidak semua siswa mengetahui apa itu fotosintesis.
Untuk video diatas menurut saya Sudah Cukup Baik dalam memanfaatkan Lingkungan sekolah sekitar sebagai media pembelajaran , ini merupakan metode belajar yang menyenangkan bagi siswa dan semangat belajar ketika guru tersebut mengajak langsung siswa mengamati tumbuh-tumbuhan yang ada di luar kelas sehingga menambah wawasan yang mendalam bagi siswa.
Jadi dalam Hal ini Penggunaan Strategi Guru sudah baik ✔
Terimakasih 🙏
Nama : Perhatian zendrato
NIM : 856100344
Jurusan : PGSD
Setelah saya melihat video yang disajikan, saya menemukan kelemahan guru dalam mengajar. dimana pada video tersebut tidak ada kegiatan pendahuluan melainkan langsung pada kegiatan inti pembelajaran. selain itu guru juga tidak menjelaskan arti dari fotosintensis.
adapun kelebihan yang saya temukan yang dilakukan oleh guru pada video pembelajaran tersebut adalah siswa langsung dibawah oleh guru meneliti tumbuhan yang ada dilingkungan.
Berdasarkan video pembelajaran yang disajikan terdapat masalah dalam pembelajaran yang dapat saya analisis sebagai berikut:
– Kelemahan guru dalam menyampaikan materi fotosintesis guru kurang menjelaskan dan menyampaikan materi dengan menggunakan media ataupun contoh yang kongkrit.
– Guru tidak memberikan pertanyaan yang dapat memberikan pemahaman atau rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang sedang diajarkan.
– Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru adalah siswa cenderung bingung.
Metode yang digunakan guru tersebut sudah benar, tapi alangkah baiknya guru membawah gambar/ media tanaman yang akan digunakan sebagai contoh tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya diakar,dibatang,dan didaun.Seperti ubi yang menyimpan cadangan makanannya diakar dan tebu menyimpan cadangan makanannya di batang.Kemudian barulah guru tersebut menjelaskan materi yang akan diajarkan.Agar siswa tahu tumbuhan tersebut menyimpan cadangan makanan atau tidak menyimpan cadangan makanan.
Ketika guru mengajar dengan menggunakan metode field trip pembelajaran siswa aktif,kratif dan menyenangkan.Siswa dapat menggali materi dan menemukan secara langsung.
Kelemahan guru diawal guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru hanya mengandalkan metode ceramah sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru.
Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru sangat menguasai materi pembelajaran.Guru dapat mengajak siswa menemukan masalah langsung dengan sendirinya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya dapat meningkatkan penggunaan metode yang melibatkan siswa atau observasi langsung.
Terima kasih.
nama: eri susanto
Nim : 825992639
Metode yang digunakan guru tersebut sudah benar, tapi alangkah baiknya guru membawah gambar/ media tanaman yang akan digunakan sebagai contoh tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya diakar,dibatang,dan didaun.Seperti ubi yang menyimpan cadangan makanannya diakar dan tebu menyimpan cadangan makanannya di batang.Kemudian barulah guru tersebut menjelaskan materi yang akan diajarkan.Agar siswa tahu tumbuhan tersebut menyimpan cadangan makanan atau tidak menyimpan cadangan makanan.
Ketika guru mengajar dengan menggunakan metode field trip pembelajaran siswa aktif,kratif dan menyenangkan.Siswa dapat menggali materi dan menemukan secara langsung.
Kelemahan guru diawal guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru hanya mengandalkan metode ceramah sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru.
Berdasarkan video pembelajaran yang disajikan terdapat masalah dalam pembelajaran yang dapat saya analisis sebagai berikut:
– Kekurangan guru dalam menyampaikan materi fotosintesis guru kurang menjelaskan dan menyampaikan materi dengan menggunakan media ataupun contoh yang kongkrit.
– Guru tidak memberikan pertanyaan yang dapat memberikan umpan balik terhadap siswa dan memberikan pemahaman atau rasa ingin tahu siswa mengenai materi yang sedang diajarkan.
Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru adalah siswa cenderung bingung dengan materi yang disampaikan oleh guru.
Metode yang digunakan guru sudah benar, tapi alangkah baiknya guru membawa gambar/media tanaman yang akan diajarkan sebagai contoh tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di akar,batang, dan daun.Seperti ubi menyimpan cadangan makanan di akar dan tebu menyimpan cadangan makanan di batang. Kemudian barulah guru tersebut menjelaskan materi yang akan diajarkan. Agar siswa tahu tumbuhan tersebut menyimpan cadangan makanan atau tidaknya cadangan makanan.
Ketika guru mengajar dengan menggunakan metode field trip pembelajaran siswa aktif. Siswa dapat menggali materi dan menemukan secara langsung.
Kelemahan guru diawal dalam melakukan pembelajaran adalah guru hanya mengandalkan metode ceramah sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru.
Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru sangat menguasai materi pelajaran. Guru dapat mengajak siswa menemukan masalah langsung dengan sendirinya. Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya meningkatkan penggunaan metode yang melibatkan siswa atau observasi langsung.
Terima kasih.
Nama : Juni Rosita
Nim : 825847409
Program studi : PGSD S-1
Berdasarkan video pembelajaran diatas saya melihat diawal anak anak terlihat tidak tertarik dengan apa yang akan disampaikan karena tidak adanya salam pembukaan dari ibu guru diawal kelas berlangsung. Penyampaian kurang menggugah rasa penasaran anak-anak. Sebaiknya menunjukkan gambar diawal kelas agar anak-anak mendapat gambaran perbedaan dimana tumbuhan menyimpan makanannya. Namun menurut saya ibu guru menguasai materi yang diajarkan,
cara penyampaian tidak kaku dan sudah melakukan metode pembelajaran yang baik dengan mengajak anak-anak untuk melihat langsung atas materi yang diajarkan. Sehingga anak-anak dapat mengetahui secara langsung fotosintesis pada tumbuhan.
Nama : Firman Hayatul Iman
NIM : 857479038
Prodi : PGSD S1
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawaban 1 :
reaksi anak/siswa terhadap kegiatan video pembelajaran pertama siswa terlihat sangat tidak menikmati materi yang disampaikan oleh guru dan dan siswa merasa bosan dan tidak tertarik pada pembelajaran karena materi yang monoton dan kurang menarik perhatian mereka. Kemudian siswa mengalami kesulitan memahami materi yang disampaikan karena penyampaian yang tida jelas dan sulit difahami.
Jawaban ke 2 : reaksi anak/siswa terhadap kegiatan video pembelajaran kedua siswa terlihat merasa antusias dan tertarik untuk mempelajari karena mereka dapat langsung melihat, merasakan, dan mengalami apa yang sedang dipelajari. Selain dari pada itu, Siswa mengalami keterlibatan aktif dalam pembelajaran karena mereka berpartisipasi langsung dalam kegiatan lapangan. Hal ini dapat memperkuat pengalaman dan pemahaman mereka.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawaban 1 :
pada pembelajaran video pertama terlihat guru hanya memberikan materi yang monoton dan sepihak tanpa menggunakan alat/media untuk membantu proses belajar mengajar
Jawaban 2 :
pada pembelajran video kedua guru tidak memberikan materi berupa gambar atau contoh langsung untuk menjelaskan materi tentang penyimpanan cadangan makanan pada tumbuhan.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab :
kelebihan guru dalam melaukan pembelajran pada video diatas adalah penyampaian kosa kata materi bahan ajar yang jelas sehingga siswa mengerti apa yang dibicarakan
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Jawab :
– cara penyampaian yang unik
– metode pengajaran video kedua : ,etode praktek langsung
– penggunaan bahasa yang mudah difahami oleh siswa
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab :
– Menggunakan multimedia dalam pembelajaran
– Meningkatkan interaksi
– Meningkatkan persiapan sebelum pembelajran
– Memberikan umpan balik setelah kegiatan pembelajaran selesai
Nama : ketut eli yuliana
Nim : 856993151
Metode yang digunakan guru tersebut sudah benar, tapi alangkah baiknya guru membawah gambar/ media tanaman yang akan digunakan sebagai contoh tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya diakar,dibatang,dan didaun.Seperti ubi yang menyimpan cadangan makanannya diakar dan tebu menyimpan cadangan makanannya di batang.Kemudian barulah guru tersebut menjelaskan materi yang akan diajarkan.Agar siswa tahu tumbuhan tersebut menyimpan cadangan makanan atau tidak menyimpan cadangan makanan.
Ketika guru mengajar dengan menggunakan metode field trip pembelajaran siswa aktif,kratif dan menyenangkan.Siswa dapat menggali materi dan menemukan secara langsung.
Nama: Arrahmania Agustin
Nim: 856337025
Kelas: PGSD-BI Semester 2
menurut saya berdasarkan video di atas, alangkah baiknya kita memulai dengan doa, kemudian absensi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran, dilanjutkan menyampaikan materi dan menstimulus siswa dengan mengaitkan pembelajaran yang sebelumnya. menyediakan media, membuat dan menciptakan forum diskusi secara dua arah, memberikan post tes dan menyimpulkan materi bersama.
Nama : Merlinda Mamoto
Nim : 859863255
Program studi : PGSD S1
UPBJJ : Manado
Berdasarkan Pengamatan Saya dari Video di atas, di awal pembelajaran tidak menunjukan Kegiatan Apresiasi Seperti Menanyakan Kabar Siswa, Berdoa, Pemberian salam, dan mengambil daftar Kehadiran siswa, dan dalam Pembelajaran ini Guru langsung masuk pada Kegiatan Inti, Kemudian dalam Pembelajaran guru hanya menyampaikan materi sekilas melalui metode ceramah dan pada saat guru meyampaikan materi guru tidak menjelaskan kembali apa arti fotosintesis, karena menurut saya tidak semua siswa mengetahui apa itu fotosintesis.
Untuk video diatas menurut saya Sudah Cukup Baik dalam memanfaatkan Lingkungan sekolah sekitar sebagai media pembelajaran , ini merupakan metode belajar yang menyenangkan bagi siswa dan semangat belajar ketika guru tersebut mengajak langsung siswa mengamati tumbuh-tumbuhan yang ada di luar kelas sehingga menambah wawasan yang mendalam bagi siswa.
Jadi dalam Hal ini Penggunaan Strategi Guru sudah baik ✔
Terimakasih 🙏