silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:
- menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
- mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
- menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
- menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
- melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
- menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.
Toto Fathoni
–
–
Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.
Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.
Herwati, M.Pd
Nama : sonia rizki
nim : 856734963
prodi : S1 – PGSD
menurut pendapat saya
1. kekurangan dari video di atas guru belum memberikan motivasi dan alat kesediaan siswa untuk mengikuti pelajaran yang akan di sampaikan. guru juga menyampaikan materi kepada siswa tidak menggunakan media ataupun contoh yang konkrit sehingga siswa tidak bisa memahi dengan cermat materi yang di sampaikan.
seharusnya guru menjelaskan apa itu fotosintesis dan memberikan contoh seperti gambar ataupun tumbuhan yang menyimpan makanan nya di akar, batang dan juga daun.
2. kelebihannya guru menggunakan metode flied trip.
Metode yang digunakan ini juga sangat menarik, dimana siswa langsung dikenalkan pada objeknya. Sehingga terbawa dalam suasana belajar yang aktif dan materi yang disampaikan akan lebih mudah dipahami oleh siswa dan dapat menumbuhkan kerja sama dengan teman, metode pembelajaran Field Trip juga bisa meningkatkan kualitas pembelajaran menulis siswa serta memudahkan siswa
untuk menuangkan ide-ide ke dalam tulisan karena siswa dapat menjawab masalahmasalah atau pernyataan-pernyataan dengan melihat, mendengar, mencoba, dan
membuktikan secara langsung
Nama : Niarotul Anjumi
Nim : 856956296
Pokjar : Rawa Pitu
UPBJJ : Bandar Lampung
Assalamualaikum..
Setelah melihat video pembelajaran tersebut tentang penggunaan metode field atau karya wisata dalam menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
Metode ini merupakan metode yang menyenangkan karena siswa dapat belajar diluar kelas. Tidak sekedar belajar diruangan,metode karya wisata dapat mengajak siswa untuk melihat dan mengamati objek langsung.
Kemudian kekurangan dalam video tersebut ialah guru tidak ada pembuka kelas seperti salam,membaca do’a, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa. Dan juga guru kurang jelas dalam menjelaskan materinya karena tidak disertai apat peraga.
Cara mengatasinya ialah dengan cara sebaiknya guru dapat memperbaiki metode field trip tersebut dengan fokus pada siswa saat melakukan observasi. Selain itu tugas yang diberikan dapat diubah menjadi pr pengamatan tanaman disekitar rumah,sehingga siswa dapat mengamati dan memahami tumbuhan secara mandiri dilingkungan rumah sekitar mereka.dengan demikian siswa akan lebih efektif memahami materi tersebut.
Sekian tanggapan dari saya 🙏
Wassalamualaikum..
Nama : Solikhatun Nasihah
Nim : 857699671
Pokjar : Kebangsaan Bangsri
Setelah menyaksikan video pembelajaran tersebut, dapat kita lihat bahwa :
1. Awal pembelajaran
Guru memulai pembelajaran dengan tidak didahului salam, absensi, apersepsi dan penyampaian tujuan pembelajaran. Sehingga tampak kebingungan dan ketidaksiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Sebaiknya pada awal pembelajaran, seorang guru perlu membuat siswa fokus dan siap menerima materi, serta tahu manfaat mereka belajar. Oleh karena itu, apersepsi dan penyampaian tujuan pembelajaran sangat penting sebelum memulai pembelajaran. Misalnya, sebelum memulai pembelajaran guru dapat mengaitkan pengetahuan siswa dengan materi yang akan disampaikan yaitu bisa dengan menanyakan tentang jenis-jenis tumbuhan yang mereka ketahui dan bagian-bagian tumbuhan (agar mengarah ke daun sebagai tempat fotosintesis). Setelah pengetahuan mereka terkait dengan materi yang akan disampaikan baru ke inti pembelajaran.
2. Inti pembelajaran
Guru menggunakan metode ceramah dalam menerangkan tentang proses fotosintesis dan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan.
Sebenarnya pemahaman guru sudah baik dalam menerangkan materi dan persiapan sebelum melakukan field trip juga cukup baik (membagi kelompok dan LKS), tetapi dalam menerangkan materi inti perlu didukung oleh penunjang pembelajaran yaitu alat peraga (misal : menyediakan gambar proses fotosintesis dan contoh-contoh tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di akar, batang, daun dan buah), sehingga ketika guru menggunakan metode pembelajaran field trip, maka siswa sudah punya gambaran dan pemahaman ketika mereka ditugaskan untuk mengklasifikasikan tumbuhan yang mereka temui ketika melakukan pembelajaran di luar kelas.
3. Penutup
Alangkah lebih baiknya jika disertai bagian penutup berupa simpulan dari materi yang diajarkan dan guru juga memberikan penguatan materi, seperti memberi tugas yang sekiranya tidak memberatkan siswa (misal : a. Memberikan pertanyaan secara lisan seputar materi yang telah dipelajari.
b. Memberikan tugas pada siswa untuk menulis klasifikasi tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di akar, batang, daun, dan buah di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka atau sepanjang perjalanan ketika pulang sekolah).
Terimakasih
Nama : Efson Junaedy Roger Rimnitahi Siregar
NIM : 856036249
Program Studi : S-1 PGSD
Pokjar : UPBJJ Medan
Tanggapan saya mengenai video Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar adalah
Kekurangan dari video adengan 1 adalah
1. Guru tidak melakukan apersepsi dan pendahuluan
2. Guru hanya melakukan ceramah dalam memberikan materi pelajaran berfokus pada guru saja
3. Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa, bahkan ada siswa yang mulai mengantuk.
4. Guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa yang menjawab pertanyaan
Kelebihan dari adengan 2 adalah
1. Siswa semangat dalam mendengarkan arahan dari gurunya
2. Siswa antusias mendengar tata cara melakukan metode field
Berdasarkan metode Field atau Karya Wisata yang digunakan dalam pembelajaran tersebut, dimana siswa diajak untuk belajar di kebun belakang sekolah, dapat dilat bahwa siswa sangat antusias mengikuti proses pembelajaran. Metode tersebut memudahkan siswa memahami pembelajaran secara langsung. Sebagian besar siswa dapat memahami instruksi atau arahan yang diberikan oleh guru.
Nama : Dian Yustika Rini Nasution
Nim : 859879984
Program studi : PGSD BI
Pokjar : Medan
Setelah menonton video yang berjudul: Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar, menurut saya pada video tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan , yaitu sebagai berikut:
A. Kelebihan dari video
Didalam video tersebut, Guru sudah menggunakan dan memilih metode pembelajaran dengan baik. yaitu strategi karya wisata. sehingga siswa dan siswi dapat melihat secara langsung,dimana hal tersebut akan menimbulkan rasa menyenangkan ketika proses pembelajaran berlangsung. Guru juga terlihat menguasai materi dengan baik.
B. Kekurangan dari video
Didalam video tersebut, Guru tidak melakukan pendahuluan, baik berupa menyiapkan siswa,mengabsen siswa dan tidak melakukan refleksi pada awal pembelajaran.
Pada kegiatan inti, Guru tidak memancing siswa untuk tanya jawab, siswa hanya berfokus kepada guru saja,dimana seharusnya pada metode field ini,siswa harus lebih aktif dalam proses pembelajaran.
Guru juga tidak menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa terlihat jenuh dan bosan pada pelajaran tersebut.
Saran saya: Sebaiknya video dibuat lebih menarik sehingga dapat dijadikan acuan / tolak ukur bagi pendidik selanjutnya dalam memberikan pengajaran di kelas.
Terimakasih
Nama : Dian Yustika Rini Nasution
Nim : 859879984
Program studi : PGSD BI
Pokjar : Medan
Setelah menonton video yang berjudul: Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar, menurut saya pada video tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan , yaitu sebagai berikut:
A. Kelebihan dari video
Didalam video tersebut, Guru sudah menggunakan dan memilih metode pembelajaran dengan baik. yaitu strategi karya wisata. sehingga siswa dan siswi dapat melihat secara langsung,dimana hal tersebut akan menimbulkan rasa menyenangkan ketika proses pembelajaran berlangsung. Guru juga terlihat menguasai materi dengan baik.
B. Kekurangan dari video
Didalam video tersebut, Guru tidak melakukan pendahuluan, baik berupa menyiapkan siswa,mengabsen siswa dan tidak melakukan refleksi pada awal pembelajaran. Pada kegiatan inti, Guru tidak memancing siswa untuk tanya jawab, siswa hanya berfokus kepada guru saja,dimana seharusnya pada metode field ini,siswa harus lebih aktif dalam proses pembelajaran. Guru juga tidak menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa terlihat jenuh dan bosan pada pelajaran tersebut. Saran saya: Sebaiknya video dibuat lebih menarik sehingga dapat dijadikan acuan / tolak ukur bagi pendidik selanjutnya dalam memberikan pengajaran di kelas. Terimakasih
Nama : Shobirin
Nim :857702153
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : Kedungwuni Pekalongan
UPBJJ : Semarang
Berdasarkan video yang terdapat pada GPO ini dengan judul “Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar”
Terlihat jelas antara kelebihan dan kelemahan dari video tersebut.
Kekurangan guru dalam menyampaikan materi fotosintesis guru kurang menjelaskan dan menyampaikan materi dengan menggunakan media ataupun contoh yang kongkrit. Guru tidak memberikan pertanyaan yang dapat memberikan umpan balik terhadap siswa dan memberikan pemahaman atau rasa ingin tahu siswa mengenai materi yang sedang diajarkan.
Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru adalah siswa cenderung bingung dengan materi yang disampaikan oleh guru karena monoton.
Kelebihan Guru, Ibu Guru sudah menggunakan strategi pembelajaran dengan sangat baik. yaitu strategi karya wisata di ladang belakang sekolah. sehingga anak-anak bisa melihat langsung, berkesan dan menyenangkan.
Nama : NURHAERI
NIM : 859649712
Prodi : S.1 PGSD
Yang telah saya amati, terdapat beberapa permasalahan yaitu, Pada tahap Awal Pembelajaran tidak ada kegiatan pendahuluan, dimana guru tidak mempersiapkan siswa terlebih dahulu sehingga siswa terlihat belum siap dalam mengikuti pembelajaran, kurangnya motivasi dari guru sehingga siswa tidak antusias dalam menjawab pertanyaan yang diajukan, metode yang digunakan metode ceramah sehingga siswa merasa bosan, penggunaan media pembelajaran tidak digunakan
Metode flied trip yang digunakan guru tersebut sangat cocok untuk materi pembelajaran tersebut. Metode cara mengajar dengan cara ini mengajak siswa ke suatu tempat/objek diluar kelas untuk mempelajari sesuatu, guru juga dapat menggunakan media atau alat peraga untuk menjelaskan materi tersebut agar anak lebih memahami materi dan mengenal bagian-bagian materi yang disampaikan sebelum menggunakan metode flied trip.
Metode yang digunakan ini juga sangat menarik, dimana siswa langsung dikenalkan pada objeknya. Sehingga terbawa dalam suasana belajar yang aktif dan materi yang disampaikan akan lebih mudah difahami oleh siswa.siswa memahami pembelajaran secara langsung. Sebagian besar siswa dapat memahami instruksi atau arahan yang diberikan oleh guru
Nama : RAVIQA JANNAH PELAWI
Nim : 859887602
program studi : PGSD BI
Menurut saya Terdapat kelemahan dan kelebihan Berdasarkan video pembelajaran yang saya amati diatas. yaitu :
Kelemahan :
– Guru tidak melakukan kegiatan Pendahuluan, seperti memperhatikan kesiapan siswa terlebih dahulu sehingga siswa siap dalam mengikuti pembelajaran
– Guru juga tidak memberikan motivasi/ icebreaking terlebih dahulu sehingga siswa tidak antusias dalam menjawab pertanyaan.
– di Awal Pembelajaran Guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak adanya media pendukung sehingga yang membuat siswa merasa bosan menerima pembelajaran.
kelebihannya:
-Guru menguasai Materi
-Metode fieldtrip yang digunakan guru dalam pembelajaran IPA tersebut sudah tepat dimana siswa diajak untuk belajar langsung di kebun sehingga siswa lebih aktif lagi, lebih antusias dan memberikan pengalaman langsung kepada siswa untuk paham materi pelajarannya
Nama : RAVIQA JANNAH PELAWI
Nim : 859887602
program studi : PGSD BI
Menurut saya Terdapat kelemahan dan kelebihan Berdasarkan video pembelajaran yang saya amati diatas. yaitu :
Kelemahan :
– Guru tidak melakukan kegiatan Pendahuluan, seperti memperhatikan kesiapan siswa terlebih dahulu sehingga siswa siap dalam mengikuti pembelajaran
– Guru juga tidak memberikan motivasi/ icebreaking terlebih dahulu sehingga siswa tidak antusias dalam menjawab pertanyaan.
– di Awal Pembelajaran Guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak adanya media pendukung sehingga yang membuat siswa merasa bosan menerima pembelajaran.
kelebihannya:
-Guru menguasai Materi
-Metode fieldtrip yang digunakan guru dalam pembelajaran IPA tersebut sudah tepat dimana siswa diajak untuk belajar langsung di kebun sehingga siswa lebih aktif lagi, lebih antusias dan memberikan pengalaman langsung kepada siswa untuk paham materi pelajarannya
terimakasih