silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:
- menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
- mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
- menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
- menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
- melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
- menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.
Toto Fathoni
–
–
Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.
Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.
Herwati, M.Pd
Nama : Ririn Anggri Yani
Nim : 856021446
Program Studi : S1- PGSD
Berdasarkan video pembelajaran yang sudah saya lihat, ada beberapa permasalahan yang dapat dianalisis.
1. pada awal pembelajaran, tidak ada apersepsi yang dilakukan guru seperti berdoa, menanyai kabar siswa ataupun bertanya kesiapan siswa untuk memulai pembelajaran.
2. di dalam video tersebut, guru tidak ada memberrikan kata-kata motivasi untuk membuat siswa semangat. oleh karena itu dalam video tersebut siswa nampak enggan menjawab pertanyaan guru ataupun hanya sekedar bertanya untuk mengetahui sesuatu.
3. dalam pembelajaran tersebut, guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa adanya bantuan ataupun media tambahan yang lain, sehingga siswa terlihat sangat bosan dan tidak semangat untuk mengikuti proses pembelajaran. seharusnya guru bisa menggunakan media yang sederhana seperti gambar singkong ataupun tebu tanpa harus membawa benda aslinya.
berdasarkan metode Field Trip yang digunakan guru dengan mengajak siswa berkarya wisata ke belakang taman, sudah sangat terlihat jelas bahwa siswa terlihat lebih antusias dan semangat daripada sebelumnya. terlihat pula beberapa siswa lebih cepat menangkap instruksi penjelasan dari guru.
sekian dan terima kasih
NAMA MAHASISWA : BAYU ENGGAL RIFKIAN
NIM : 858949035
PROGRAM STUDI : PGSD
POKJAR : WULUHAN
VIDEO : “Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar”
kelemahan video Pembelajaran IPA SD yang berjudul “Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar” yaitu :
1. Pada awal pembelajaran tidak ada kegiatan pendahuluan, dimana guru tidak mempersiapkan siswa terlebih dahulu sehingga siswa terlihat tidak siap dalam mengikuti pembelajaran
2. guru tidak melakukan motivasi belajar kepada siswa
3. guru tersebut juga menjelaskan hanya sedikit saja materi mengenai fotosintesis dan tanpa adanya media pembelajaran sehingga para peserta didik tidak mengerti materi yang sedang dipelajari, dan pada kegiatan akhir pembelajaran guru tersebut tidak memberikan tugas kepada peserta didik nya, sehingga beliau tidak akan tahu seberapa besar pemahaman peserta didik pada materi yang sudah diajarkan.
kelebihan video Pembelajaran IPA SD yang berjudul “Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar” yaitu :
1. pemilihan media pembelajaran sudah cukup baik dan melibatkan siswa secara langsung untuk menggali pengetahuan secara langsung.
2. Saat guru membawa siswa belajar diluar kelas siswa tidak cepat bosan, bersemangat belajar, dan antusias mengikuti pembelajaran, bahkan metode Karya Wisata dapat membuat siswa menemukan ide baru , dan metode itu juga sangat membantu pembelajaran karena siswa akan turut serta dan mengamati tumbuhan secara langsung.
3. Guru mampu mendorong siswa untuk menganalisis permasalahan yang ada. Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya meningkatkan penggunaan metode yang melibatkan siswa atau observasi langsung.
Nama : Dira Ayu
Nik : 855996219
Pokjar : Asahan
Makul : Pemantapan Keguruan Profesional
pada saat awal pembelajaran guru tidak menggunakan kegiatan pendahuluan kepada siswa, seperti membaca doa, mengabsen siswa, dan mengulas kembali pelajaran yg lalu,tetapi disini terlihat guru langsung menjelaskan materi yaitu tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan. Guru juga tidak memberi motivasi kepada siswa sehingga siswa tidak semangat untuk mengikuti pembelajaran, guru juga tidak menggunakan media pada saat pembelajaran sehingga siswa sulit untuk memahami materi yang diajarkan, sehingga terlihat banyak siswa yg tidak semangat, mengantuk dan tidak kondusif.
Solusinya
Sebelum guru menjelaskan materi hendaknya guru terlebih dahulu menggunakan kegiatan pedahuluan membuka pelajaran dengan baik harusnya dibuka dengan berdoa, absensi sambil menyapa siswa, motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran. Sehingga siswa termotivasi untuk semangat belajar dan tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran. Dan menggunakan metode yang mengasyikkan bagi siswa seperti metode field trip atau karya wisata. Sehingga siswa langsung memahami materi yang disampaikan oleh guru dan mereka langsung mempraktikkan sehingga mudah mereka pahami.
NAMA: Rahmadiyanti
NIM: 858431129
Pokjar : Bontang
PROGRAM STUDI: PGSD
UPBJJ : Samarinda
a. Kelebihannya
Metode ini dipandang sebagai metode yang sesuai untuk pembelajaran IPA karena dengan eksperimen
mampu menyediakan kondisi belajar yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir dan kreativitas
secara optimal. Dalam proses belajar mengajar siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau
melakukan sendiri. Pengajaran serupa ini dapat lebih merangsang kreatyivitas siswa
b. Kelemahannya
1. Memerlukan peralatan percobaan yang komplit
2. Menimbulkan kesulitan bagi guru dan peserta didik apabila kurang berpengalaman dalam penelitian
3. Sulit mengatur siswa yang banyak dalam perjalan dan mengarahkan mereka kepada kegiatan studi yang
menjadi permasalahan.
Nama : Siti Rahma
Nim : 855996265
Prodi : S1- PGSD
permasalahan dalam kegiatan pembelajaran yang dapat saya analisis adalah :
–pada tahap Pembelajaran Awal tidak ada kegiatan pendahuluan yang disampaikan oleh guru sehingga siswa terlihat kurang siap dalam mengikuti pembelajaran. Situasi di dalam kelas kurang kondusif, sehingga membuat pembelajaran menjadi kurang optimal.
– Guru tidak menyampaikan motivasi dalam pembelajaran sehingga siswa terlihat kurang bersemangat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
– Pembelajaran yang disampaikan hanya fokus pada metode ceramah sehingga pembelajaran terkesan membosankan
Sedangkan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah :
– Guru terlihat sangat menguasai materi yang sedang disampaikan. Guru mampu mendorong siswa untuk menganalisis permasalahan yang ada. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya meningkatkan penggunaan metode yang melibatkan siswa atau observasi secara langsung.
Berdasarkan pengamatan saya dari Video tersebut, tentang“Penggunaan Metode Lapangan atau Karya Wisata Dalam Menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan Dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar”
Kelebihan:
Metode ini merupakan metode yang menyenangkan karena siswa dapat belajar di luar kelas, tidak sekedar belajar di luar ruangan, metode karya wisata dapat mengajak siswa untuk melihat dan mengamati objek secara langsung. Dalam Metode field trip ke kebun belakang sekolah dalam pengajaran tentang Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan sebenarnya merupakan metode yang baik sehingga dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dan keaktifan siswa dalam belajar.
Kekurangan:
Guru tidak ada pembuka kelas seperti salam,membaca doa, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa. dan juga guru kurang jelas dalam menjelaskan bahannya karena tidak disertai alat peraga. kemudian, Guru dapat memulai masuk ke materi pembelajaran dengan bertanya kepada siswa tentang jenis-jenis buah atau sayur yang biasa mereka konsumsi sehari-hari, lalu bertanya di mana makanan cadangan pada buah atau sayur yang disimpan oleh tumbuhan. Setelah itu, Guru dapat menjelaskan tentang berbagai jenis tempat penyimpanan cadangan makanan pada tumbuhan, seperti akar, batang, daun, atau buah.
Cara Mengatasi Kekurangan
Oleh karena itu, sebaiknya guru dapat memperbaiki metode field trip tersebut dengan fokus pada pengajaran cara melakukan observasi tanaman dan memberikan panduan serta pengawasan pada siswa saat melakukan observasi. Selain itu, tugas yang diberikan dapat diubah menjadi pengamatan PR tanaman di sekitar rumah, sehingga siswa dapat mengamati dan memahami tumbuhan secara mandiri di lingkungan rumah sekitar mereka. Dengan demikian, siswa akan lebih memahami materi yang diajarkan dan proses pembelajaran menjadi lebih efektif.
Saya Nadillah Dwi Putri
Nim 859889756
Menurut sayaa
Pada video pembelajaran tsb, guru belum melakukan kegiatan awal seperti pendahuluan sebelum belajar yaitu, berdoa, melakukan absensi kelas, bahkan menyapa siswa menanyakan sudah makan atau sudah kah sarapan pagi ini?
Dan bahkan guru tersebut kurang ceria kurang senyum dan kurang ramah terhadap siswa
Dari video pembelajaran yang telah saya amati terdapat permasalahan dan juga kelebihan pada video pembelajaran tersebut.
1.pada pembelajaran diawal guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan terlebih dahulu sehingga terlihat guru tidak mempersiapkan siswanya.
2.pada saat penyampain isi materi pembelajaran guru tersebut tidak menjelaskan materi pembelajaran mengenai fotosintesis dengan lengkap.
3.kelebihan yang terdapat pada video pembelajaran pada saat guru menggunakan metode pembelajaran karya wisata sehingga siswa terlihat kembali bersemangat dalam mengikuti materi pembelajaran.
Menurut saya,Setelah Mengamati contoh video Pembelajaran masih Banyak yang perlu Dibenahi yaitu,Tidak adanya pemberian Motivasi kepada siswa,tidak adanya. Presensi,tidak adanya Apersepsi karna apersepsi perlu dalam mempersiapkan siswa memulai pembelajaran,Tidak adanya Media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran menjadi menarik.dan Cenderung membosankan,karna proses pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah.
Nama : Rotua Tria Lumbantobing
Nim : 855985302
Prodi :S1-PGSD
Menurut saya,Setelah Mengamati contoh video Pembelajaran masih Banyak yang perlu Dibenahi yaitu,Tidak adanya pemberian Motivasi kepada siswa,tidak adanya. Presensi,tidak adanya Apersepsi karna apersepsi perlu dalam mempersiapkan siswa memulai pembelajaran,Tidak adanya Media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran menjadi menarik.dan Cenderung membosankan,karna proses pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah.
Nama : Luqman Aldy Hidayat
NIM : 857692575
PRODI : S1-PGSD
POKJAR : Banyuputih Kab. Batang
Refleksi dari video diatas diantaranya :
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
Reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru adalah bosan karena
pembelajaran yang monoton, mereka tidak bisa melihat wujud tanaman yang dijelaskan.
Ada yang mendengarkan dengan tidak paham karena tidak melihat wujudnya dan ada
juga yang bermian sendiri.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
Kelemahan guru yaitu guru tidak bisa membaca suasana kelas dan emosi anak. Guru
hanya menjelaskan dengan metode ceramah bahwa tanaman berfotosintesis dan
menyimpan makanan pada akar batang dan buah. Dengan kata lain guru belum
memahami bahwa dalam memberikan penjelasan imajinasi anak juga harus dibangkitkan
dengan media seperti gambar atau dengan benda aslinya.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah tidak pantang menyerah mencoba
menarik perhatian anak agar mendengarkan dan memperhatikan apa yang dijelaskan oleh
guru. Dengan mencoba metode pembelajaran yang mengasyikan menjafikan anak
bersemangat dalam belajar dan paham tentang materi yang diberikan.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam vidio tersebut dari guru saat melakukan
pembelajaran ?
Hal-hal unik yang ditemukan didalam video dari guru saat melakukan pembelajaran
adalah walaupun murid tidak mendengarkan ada yang bermain sendiri bicara sendiri
guru tetap saja menjelaskan pembelajaran.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan upaya apa yang dsapat diusulkan untuk
meninggkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya
adalah guru harus menemukan dan menerapkan metode atau cara dalam menghidupkan
suasana kelas, meningkatkan semangat siswa dalam belajar.