silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:
- menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
- mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
- menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
- menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
- melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
- menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.
Toto Fathoni
–
–
Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.
Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.
Herwati, M.Pd
Nama : Evita Sitinjak
Nim : 858403058
Jurusan : PGSD Semester 8
Diawal saat guru melakukan kegiatan pembelajaran, guru tersebut tidak melakukan apersepsi dan menggali pengetahuan awal siswa. Dan guru juga tidak menanyakan kesiapan belajar siswa. Guru juga tidak menjelaskan dengan detail apa itu fotosintesis. Guru tersebut langsung menjelaskan dengan menggunakan metode ceramah. Dan saat guru bertanya kepada siswa contoh “Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di akar dan dibatang” tidak ada siswa yang bisa menjawab, lalu guru memberi jawaban sendiri tentang pertanyaannya. Dan saat guru bertanya kepada siswa “apakah mengerti semuanya?” Tidak ada satupun siswa yang menjawab mengerti. Saat guru menggunakan Metode _Field Trip_ (Karya Wisata) sangat terlihat perbedaannya dengan saat guru menggunakan metode ceramah. Saat guru membawa siswa belajar diluar kelas siswa tidak cepat bosan, bersemangat belajar, dan antusias mengikuti pembelajaran, bahkan metode Karya Wisata dapat membuat siswa menemukan ide baru , dan metode itu juga sangat membantu pembelajaran karena siswa akan turut serta dan mengamati tumbuhan secara langsung.
Nama : Evita Sitinjak
Nim : 858403058
Jurusan : PGSD Semester 8
Diawal saat guru melakukan kegiatan pembelajaran, guru tersebut tidak melakukan apersepsi dan menggali pengetahuan awal siswa. Dan guru juga tidak menanyakan kesiapan belajar siswa. Guru juga tidak menjelaskan dengan detail apa itu fotosintesis. Guru tersebut langsung menjelaskan dengan menggunakan metode ceramah. Dan saat guru bertanya kepada siswa contoh “Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di akar dan dibatang” tidak ada siswa yang bisa menjawab, lalu guru memberi jawaban sendiri tentang pertanyaannya. Dan saat guru bertanya kepada siswa “apakah mengerti semuanya?” Tidak ada satupun siswa yang menjawab mengerti. Saat guru menggunakan Metode _Field Trip_ (Karya Wisata) sangat terlihat perbedaannya dengan saat guru menggunakan metode ceramah. Saat guru membawa siswa belajar diluar kelas siswa tidak cepat bosan, bersemangat belajar, dan antusias mengikuti pembelajaran, bahkan metode Karya Wisata dapat membuat siswa menemukan ide baru , dan metode itu juga sangat membantu pembelajaran karena siswa akan turut serta dan mengamati tumbuhan secara langsung.
Nama : Evita Sitinjak
Nim : 858403058
Jurusan : PGSD Semester 8
Diawal saat guru melakukan kegiatan pembelajaran, guru tidak melakukan apersepsi dan menggali pengetahuan awal siswa. Dan guru juga tidak menanyakan kesiapan belajar siswa. Guru juga tidak menjelaskan dengan detail apa itu fotosintesis. Guru tersebut langsung menjelaskan dengan menggunakan metode ceramah. Dan saat guru bertanya kepada siswa tidak ada siswa yang dapat menjawab, lalu guru memberi jawaban sendiri tentang pertanyaannya. Siswa bingung tidak dapat memahami pembelajaran. Saat guru menggunakan Metode _Field Trip_ (Karya Wisata) sangat terlihat perbedaannya dengan saat guru menggunakan metode ceramah. Saat guru membawa siswa belajar diluar kelas siswa tidak cepat bosan, bersemangat belajar, dan antusias mengikuti pembelajaran, bahkan metode Karya Wisata dapat membuat siswa menemukan ide baru , dan metode itu juga sangat membantu pembelajaran karena siswa akan turut serta dan mengamati tumbuhan secara langsung.
Nama : Evita Sitinjak
Nim : 858403058
Jurusan : PGSD Semester 8
Diawal guru tidak melakukan apersepsi, menggali pengetahuan awal siswa, dan juga tidak menanyakan kesiapan belajar siswa. Guru juga tidak menjelaskan dengan detail apa itu fotosintesis. Guru tersebut langsung menjelaskan dengan menggunakan metode ceramah. Dan saat guru bertanya kepada siswa tidak ada siswa yang dapat menjawab, lalu guru memberi jawaban sendiri tentang pertanyaannya. Siswa bingung tidak dapat memahami pembelajaran. Saat guru menggunakan Metode _Field Trip_ (Karya Wisata) sangat terlihat perbedaannya dengan saat guru menggunakan metode ceramah. Saat guru membawa siswa belajar diluar kelas siswa tidak cepat bosan, bersemangat belajar, dan antusias mengikuti pembelajaran, bahkan metode Karya Wisata dapat membuat siswa menemukan ide baru , dan metode itu juga sangat membantu pembelajaran karena siswa akan turut serta dan mengamati tumbuhan secara langsung.
Nama : Evita Sitinjak
Nim : 858403058
Jurusan : PGSD Semester 8
Diawal guru tidak melakukan apersepsi, menggali pengetahuan awal siswa, dan juga tidak menanyakan kesiapan belajar siswa. Guru juga tidak menjelaskan dengan detail apa itu fotosintesis. Guru tersebut langsung menjelaskan dengan menggunakan metode ceramah. Dan saat guru bertanya kepada siswa tidak ada siswa yang dapat menjawab, lalu guru memberi jawaban sendiri tentang pertanyaannya. Siswa bingung tidak dapat memahami pembelajaran dan merasa bosan. Saat guru menggunakan Metode Field Trip (Karya Wisata) sangat terlihat perbedaannya dengan saat guru menggunakan metode ceramah. Saat guru membawa siswa belajar diluar kelas siswa tidak bosan, dan antusias mengikuti pembelajaran. bahkan metode Karya Wisata dapat membuat siswa menemukan ide baru , dan metode itu juga sangat membantu pembelajaran karena siswa akan turut serta dan mengamati tumbuhan secara langsung.
Di awal guru tidak memberikan apresiasi dan motivasi kepada siswa agar siswa dapat tertarik mempelajari materi IPA. Penggunaan metode sudah cukup baik tapi alangkah lebih baik jika setelah melakukan pengamatan siswa di beri tugas untuk mempresentasikan hasil temuannya kepada siswa lain agar semua siswa menjadi lebih memahami dan mendapatkan pengetahuan lebih banyak lagi tentang cadangan makanan.
Tapi disini guru sudah memberikan penjelasan dengan suara yang jelas dan penjelasan yang cukup terperinci hanya saja kurang didukung dengan media pendukung jadi siswa kesulitan memahami materi tersebut.
Untuk kedepannya pada saat memulai memberikan materi guru sebaiknya menyiapkan segala sesuatunya lebih baik lagi, baik materi apa yang akan diberikan metode apa yang tepat untuk materi tersebut dan penguatan apa yang akan diberikan di akhir materi.
Di awal guru tidak memberikan apresiasi dan motivasi kepada siswa agar siswa dapat tertarik mempelajari materi IPA. Penggunaan metode sudah cukup baik tapi alangkah lebih baik jika setelah melakukan pengamatan siswa di beri tugas untuk mempresentasikan hasil temuannya kepada siswa lain agar semua siswa menjadi lebih memahami dan mendapatkan pengetahuan lebih banyak lagi tentang cadangan makanan. Tapi disini guru sudah memberikan penjelasan dengan suara yang jelas dan penjelasan yang cukup terperinci hanya saja kurang didukung dengan media pendukung jadi siswa kesulitan memahami materi tersebut. Untuk kedepannya pada saat memulai memberikan materi guru sebaiknya menyiapkan segala sesuatunya lebih baik lagi, baik materi apa yang akan diberikan metode apa yang tepat untuk materi tersebut dan penguatan apa yang akan diberikan di akhir materi.
Nur baeti/ 857553808/ S1-PGSD
Nama : Fitria Novita Sari
Nim : 858816697
Jurusan : PGSD semester 6
bismillahirahmanirahi,
dari video yang telah saya lihat disitu terlihat guru pada awal pembelajaran tidak melakukan stimulus/ ice breaking pada saat mengawali pembelaaran jadi anak-anak terlihat seperti kurang aktif pada saat ditanya oleh guru tersebut. di awal juga terlihat guru belum memahami apakah anak didiknya sudah siap untuk belajar, dan guru juga belum menggali seberapa banyak pengetahuan muridnya tentang materi yang akan diajarkan.
guru tersebut juga terlihat belum begitu menguasai materi yang akan disampaikan terlihat saat penyampaian materi yang masih begitu sedikit/ belum mendalam, selain itu guru menjelaskan materi tanpa menggunakan media apapun yang membuat anak menjadi kebingungan.
guru tersebut dalam penyampaian materi kepada siswa kurang menarik sehingga siswa tidak mengerti apa yang disampaiakan guru dalam materi yang disampaikan. Serta saat ditanya “apakah sudah mengerti” di video itu siswa terlihat masih bingung, dan gurupun juga merasa bingung dengan apa yang disampaikan.
kemudian pada saat guru menggunakan metode Field atau Karya Wisata terlihat perbedaan dari suasana, kesiapan anak, dan rasa ingin tahu anak menjadi lebih semangat dalam memahami materi yang akan diajarkan pada hari itu juga. dalam hal tersebut siswa diajak langsung belajar dengan mengenalkan langsung macam-macam tumbuhan yang ada pada lingkungan sekolah serta guru memberikan langsung contoh-contoh cadangan makanan pada tumbuhan, serta sambil mengenalkan alam sekitar lingkungan guru sambil menjelaskan kembali ulasan materi yang disampaiakan.
Nama : Ahyar Rosidi
Nim : 859164829
Jurusan : S1 PGSD
Runtun dalam kegiatan pembelajaran, guru belum memberikan kesiapan kepada peserta didik, sehingga peserta didik sudah siap dalam menerima pembelajaran, dalam penyampaiannya juga guru belum memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memahami pelajaran yang akan disampaikan.
kemudian methode yang dipakai sangat bagus, karena peserta didik bisa langsung berinteraksi dengan lingkungan terkait dengan pembelajaran yang akan disampaikan.
Nama : Ahyar Rosidi
Nim : 859164829
Jurusan : S1 PGSD
Runtun dalam kegiatan pembelajaran, guru belum memberikan kesiapan kepada peserta didik, sehingga peserta didik sudah siap dalam menerima pembelajaran, dalam penyampaiannya juga guru belum memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memahami pelajaran yang akan disampaikan. kemudian methode yang dipakai sangat bagus, karena peserta didik bisa langsung berinteraksi dengan lingkungan terkait dengan pembelajaran yang akan disampaikan.