silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:
- menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
- mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
- menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
- menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
- melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
- menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.
Toto Fathoni
–
–
Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.
Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.
Herwati, M.Pd
Nama : Utami Dwiningrum
NIM : 857762704
Prodi : PGSD BI
UPBJJ : Semarang
Pokjar : Salatiga
Dari video pembelajaran IPA yang sudah saya lihat diatas disini nampak beberapa kelebihan dan kekurangan
1. Kekurangan
a. Pada saat proses pembelajaran, guru belum melaksanakan beberapa kegiatan pendahuluan yang penting. Diantaranya yaitu: belum mengabsensi siswa, tidak menanyakan kondisi siswa, tidak memberikan motivasi, tidak memberikan apersepsi dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Materi yang disampaikan belum terstruktur, hanya sekilas sajka yang disampaikan
c. Pada saat mengakhiri pembelajaran sebainya diberikan PR agar siswa bisa mengulas dan mneguklang materi dirumah
d. Guru belum menggunakan media pembelajaran yang memadai
2. Kelebihan
a. Guru melakukan pembelajarn dengan metode field trip dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar . Pembelajaran sudah cukup baik sehingga siswa tidak bosan dan mendapatkan pengalaman belajar langsung dan lebih menyenangkan dari video ini bisa menginspirasi saya untuk meningkatkan kualitas belajaer siswa dengan memanfaatkan media yang ada disekitar
Nama : Fitri Melati Sukma
Nim : 857112216
Program studi : S1- PGSD
Pelajaran : IPA
Dari video yang saya amati terdapat guru melangsungkan pembelajaran kepada tahap inti tidak ada apersepsi sebelum nya hal ini membuat siswa menjadi bingung dan menduga duga tentang materi yang akan di pelajari nya pada pertemuan tersebut. Apersepsi sebetulnya sangat penting di lakukan pada proses sebelum kegiatan inti pembelajaran karena untuk mengulang dan kembali mengingat kemampuan siswa akan materi yang pernah di pelajari pada pertemuan yang lalu. Dalam video tersebut seorang guru mampu mengembangkan kemampuan ny dalam mengajar dengan menerapkan metode field trip dimana guru mengajak siswa belajar dengan memanfaatkan lingkungan sekitar dan tentu hal ini menjadi hal baru dalam suasa belajar yang biasanya selalu di dalam kelas. Dengan menerapkan metode ini diharapkan siswa dapat dengan mudah memahami materi pelajaran yang sedang di bahas oleh guru tersebut.
menurut saya pada pembelajaran di atas tidak di awali dengan apersepsi yang menarik jadi anak-anak masih bingung dalam menerima tujuan pembelajaran.
Guru sudah menggunakan metode yang menarik dengan mengajak karya wisata di kebun sekolah, hal ini dapat mempermudah proses belajar anak-anak dalam memahami materi.
guru belaum menutup pembelajaran dengan memberikan tugas di rumah dan juga belum mereviuw kembali pada pembelajaran di awal.
Nama :Rini Kumala Sari
Nim :856984407
Prodi :PGSD
Pokjar :way tuba
Kelebihan : menurut saya,ketika guru menjelaskan sudah sangat baik karena dengan nada dan pemahaman yang bisa dipahami anak anak.
Kemudian guru langsung mengajak anak anak ke ladang belakang sekolah,jadi anak anak bisa langsung memahami metode field atau karya wisata dalam menumbuhkan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
Kekurangan: kekurangan yang terdapat pada video pembelajaran tersebut guru kurang kreatif untuk mengajak anak anak dalam mengapresiasi apa yang telah dilakukan.
Sepeti mengajak anak tepuk tangan dan lain sebagainya
Saran :saran saya sebaiknya guru juga bisa menggunakan media pembelajaran melalui video menggunakan proyektor.
NAMA : Rienly Agera Putri
NIM : 856984381
PRODI : S1 PGSD
POKJAR : WAYTUBA
Kelebihan : Ketika guru penyampaian materi pembelajaran sangat terlihat jelas , sebelum masuk ke dalam pembahasan materi , ibu guru terlebih dahulu memberi tahu apa itu fotosintesis ke siswa sehingga siswa tahu apa itu fotosintesis. Strategi yang di gunakan ibu guru sangat baik .
Kelemahan : ibu guru kurangnya menciptakan suasana saat belajar yang sehingga siswa kurang termotivasi dan tidak ada apersesinya .
Saran kebaikan: video yang di buat ibu guru lebih menarik.
Nama : Retno Wulan Nur
NIM : 857168051
Prodi : PGSD S1
Pada video yang saya tonton, terdapat guru yang belum maksimal memberikan materi pelajaran karena video tersebut hanya berisi penjelasan saja itupun masih belum jelas menurut saya,tanpa disertai contoh seperti gambar/video yang menampilkan tentang fotosintesis. Jika ada gambar dapat membuat para siswa akan lebih paham dan mengerti lebih jauh sehingga guru dapat membawa lagsung siswa melihat gambar fotosisntesisyang dapat di pahami
NAMA : SAMSUL ARIFIN
NIM : 858722799
POKJAR : UP BJJ SURABAYA
Saya mencoba menyampaikan apa yang saya lihat di video pembelajaran tentang tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan.
1. Kelebihan
Ibu guru menyampaikan materinya dengan jelas. Dan menggunakan metode karyawisata atau field trip
2. Kekurangan
Ketika memulai pembelajaran ibu guru langsung masuk kemateri pembelajaran sebaiknya sebelum masuk kemateri pembelajaran guru memberikan apersepsi terlebih dahulu.
Pada saat pembelajaran siswa pasif dan hanya mendengar penjelasan dari guru.
Agar pembelajaran lebih aktif ibu guru pada saat memberikan contoh kepada siswa dapat menggunakan media gambar sehingga siswa mampu untuk mengelompokkan mana tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya dengan akar,batang,daun dan buah sehingga siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
Dari video tersebut saya mendapatkan pengalaman agar bisa memperbaiki cara pembelajaran yang saya terapkan disekolah.
Saran sebaiknya video dibuat lebih menarik dan dapat dijadikan rekomendasi dalam pembelajaran
Nama: Endah Kurniyasri
NIM: 858163032
Prodi: PGSD
Pokjar : Tulangan
Menurut saya pembelajaran yang disampaikan oleh guru tersebut masih kurang, sebab diawal pembelajaran tidak ada apersepsi untuk menyapa atau menanyakan beberapa hal sebagai pembuka kelas sebelum dimulainya pembelajaran.
Untuk Tahap inti,teknik pembelajaran yang dipilih guru tersebut sudah bagus,karena menggunakan metode field trip yg tujuannya untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa. Hal ini bisa berdampak pada daya ingat pembelajaran dalam waktu panjang,karena para siswa diberikan kesempatan untuk praktik secara langsung.
Pada penggunaan metode field trip ini,anak-anak lebih terlihat bersemangat dan antusias dibandingkan saat mendengarkan materi di kelas saja.
Ayu Silfia Setiawati
857165699
Pokjar Tambun Selatan
Pgsd_BI
Salam,
Izin mejawab
Menurit saya kekurangan kegiatan belajar yang ditunjukkan dalam video adalah terkait kegiatan pendahuluan. Dimana guru kurang antusias dalam apersepsi sehingga siswapun kurang semangat dalam belajar.
Kelebihannya adalah metode karya wisata yang bagus yang memanfaatkan lingkungan sekitar.
PDGK4501 – NIM 857079606
Setelah menonton video, maka dari itu saya akan menyampaikan beberapa hal terkait dengan video perjalanan materi IPA tentang menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan, yaitu sebagai berikut :
1. Guru sudah menggunakan strategi pembelajaran dengan baik. Yaitu strategi Metode Field atau Karya Wisata yang ada di kebun sekolah. Sehingga anak2 bisa langsung mengamati, hal ini dapat membuat siswa pembelajaran yang menyenangkan.
2. Ketika Guru memulai pelajaran langsung kepada materi belum terlihat apersepsi, belum ada memeriksa kesiapan belajar siswa, belum terlihat pengingatan tentang pelajaran sebelumnya. Selain guru juga belum menjelaskan terkait materi fotosintesis dengan lebih jelas, dan siswa nya mengalami kesulitan dalam mempelajari penjelasan dari guru.
3. Guru belum memberikan tugas yang jelas kepada siswa baik secara individu maupun kelompok. Sebaiknya, guru memberikan lembar kerja siswa (LKS), sehingga siswa dapat mengisi kesibukan terhadap tugas yang diberikan sehingga siswa dapat melakukan observasi dengan baik pada proses pembelajaran karya wisata.
Sekian & Terimakasih.