silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:

  1. menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
  2. mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
  3. menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
  4. menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
  5. melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
  6. menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.

Toto Fathoni

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.

Herwati, M.Pd

Similar Posts

576 Comments

  1. Nama : Marlina Susanti
    Nim :856274755
    Prodi : PGSD UPBJJ Padang

    1. Kelemahan nya : Menurut saya guru dalam memulai pembelajaran guru tersebut tidak melakukan pendahuluan terlebih dahulu,contohnya membaca salam,mangabsen siswa dan saat pelajaran sedang berlangsung guru tidak menampilkan media pelajaran seperti contoh tumbuhan tersebut hanya langsung menjelaskan sehingga siswa bigung dalam memahami materi pelajaran.
    2.kelebihannya : guru menggunakan metode yg menarik yaitu metode karya wisata atau field trip sehingga membuat siswa tertarik dalam pembelajaran tersebut.

  2. Assalamualaikum
    Perkenalkan nama saya Ayu Lestari. Nim: 857527067. UPBJJ BANDUNG.

    Berdasarkan hasil menyimak video pembelajaran yang ditampilkan di portal ini, penggunaan metode field atau karya wisata dalam proses pembelajaran sangat bermanfaat dan mampu menggali pemahaman dan rasa antusias siswa pada materi yang akan diajarkan, contohnya pada materi tumbuhan, dengan memanfaatkan lingkungan yang ada di sekitar sekolah siswa mampu menganalisis objek secara langsung.

    Penggunaan metode pembelajaran saat ini sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran siswa, dikarenakan pada zaman ini siswa terkadang mudah merasa bosan dengan metode pembelajaran yang monoton. Sehingga menurut saya metode ini merupakan salah satu metode alternatif untuk mengajarkan materi kepada siswa dengan have fun dan tidak membosankan.

    Namun sebaiknya sebelum proses pembelajaran dengan menggunakan metode field ini, sebaiknya siswa diberikan briefing atau diberi pengarahan terlebih dahulu agar proses pembelajaran ini tetap efektif dan kondusif.

    Terimakasih

  3. Assalamualaikum
    Perkenalkan nama saya Ayu Lestari. Nim: 857527067. UPBJJ BANDUNG.

    Berdasarkan hasil menyimak video pembelajaran yang ditampilkan di portal ini, penggunaan metode field atau karya wisata dalam proses pembelajaran sangat bermanfaat dan mampu menggali pemahaman dan rasa antusias siswa pada materi yang akan diajarkan, contohnya pada materi tumbuhan, dengan memanfaatkan lingkungan yang ada di sekitar sekolah siswa mampu menganalisis objek secara langsung.

    Penggunaan metode pembelajaran saat ini sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran siswa, dikarenakan pada zaman ini siswa terkadang mudah merasa bosan dengan metode pembelajaran yang monoton. Sehingga menurut saya metode ini merupakan salah satu metode alternatif untuk mengajarkan materi kepada siswa dengan have fun dan tidak membosankan.

    Namun sebaiknya sebelum proses pembelajaran dengan menggunakan metode field ini, sebaiknya siswa diberikan briefing atau diberi pengarahan terlebih dahulu agar proses pembelajaran ini tetap efektif dan kondusif.

    Terimakasih

  4. Nama : Siti Anissa Ramadhani
    NIM : 858190853

    Reaksi anak-anak terhadap pembelajaran yang dilakukan guru dalam mata pelajaran IPA tentang tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan atau fotosintesis awalnya masih bingung dan kurang bersemangat untuk mendengarkan apa yang disampaikan oleh ibu guru yang ada di depan.
    – Kekurangan guru :
    Dari awal guru belum ada apersepsi dalam membuka suatu pelajaan dan guru tidak menyampaikan motivasi dalam pembelajaran jadi murid-murid kurang bersemangat.
    – Kelebihan guru :
    Guru sangat menguasai materi yang disampaikan hari ini dan dalam memilih metode field trip sangat pas untuk materi yang sedang diajarkan hari ini soalnya dengan metode field trip siswa/siswi akan senang dengan mempelajari materi tentang tumbuhan dengan secara nyata atau konkret. Dengan metode seperti itu akan membuat siswa/siswi cepat memahami materi tersebut.

    Setelah menonton video tersebut saya dapat memahami atau mengetahui kalau dengan metode field trip membuat anak lebih bersemangat untuk mengikuti pelajaran pada saat itu

    sekian dan terima kasih

  5. Nama : Intan Nadya Putri
    NIM : 857536073
    Prodi : PGSD

    – Reaksi peserta didik ketika guru menerangkan materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan terlihat sangat jelas bahwa anak anak tidak paham dengan apa yang guru jelaskan. Anak anak terlihat sangat bingung dan bahkan mereka ketika ditanya tidak mampu menjawabnya.

    – Kelemahan yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran tersebut yaitu guru hanya memberikan materi dengan metode ceramah. Tentu anak anak yang baru belajar tidak akan mudah paham apalagi yang diajarkan merupakan peserta didik SD. Tidak ada metode lain yang medukung agar anak anak mudah memahami materi tersebut.

    -Kelebihan yang ada terlihat dari video solusi yaitu guru memberikan materi dikemas dengan adanya field trip atau tamasya dengan tujuan memberikan contoh nyata terkait dengan materi tersebut. Memperlihatkan contoh dari tumbuh tumbuhan, dengan memanfaatkan sumber belajar yang ada di sekitar sekolah.

    – Hal unik yang di dapat yaitu prose pembelajaran yang menggunakan field trip, bahwa anak anak akan mudah paham jika kita memberi contoh yang nyata. Maka anak anak akan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap suatu hal.

    – Upaya yang dapat dilakukan untuk lebih meningkatkan pembelajaran berikutnya yaitu mencari metode metode baru yang memang dapat menunjang proses pembelajaran di sekolah.

  6. Nama : FENNY RORING
    NIM : 859864146
    PRODI : PGSD
    Berdasarkan vidio yang sudah saya lihat,
    Dalam vidio terlihat guru tidak melakukan pendahuluan pada kegiatan pembelajaran, sehingga siswa tidak terlihat kesiapan dalam proses pembelajaran.
    Ada sebagian siswa yang belum siap untuk belajar, dalam pemblajaran guru sudah menyiapkan alat peraga yaitu media gambar, siswa diajak secara bersama sama menghitung jumlah buah yang ada pda gambar yang ditempelkan didepan, siswa tertarik dan mengikuti guru untuk menghitung jumlah buah bersama sama.
    Kesimpulan, guru kurang kreatif dalam pendahuluan pelajaran sehingga siswa kurang berkosentrasi, kelebihan guru yaitu dengan menggunakan alat peraga yang sesuai dan menarik membuat siswa, siswa lebih antusias untuk belajar, guru juga melibatkan siswa dalam pembelajaran.

  7. Nama : Khajah Zulehah
    NIM :859795263
    Prodi :PGSD Semester 6

    Dalam video pembelajarn ada kelebihan dan kekuranganya
    Kelebihan dalam pembelajaran tersebut adalah sudah jelas dalam memberikan materi dan langsung mengamati di lapangan.
    Kekurangan Pembelajarn tersebut adalah kurangnya daya tarik untuk mengajukan pertanyaan terhadap siswa, kurang nya menyapa siswa, dan belum menyimpulkan apa yang sudah di pelajari.

  8. ASSALAMU’ALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATU..

    NAMA : YUSMARNI
    NIM : 856273209
    PRODI : PGSD S1
    UPJJ : PADANG

    setelah saya menonton/melihat video tentang penggunaan metode field atau karya wisata dalam menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, yang dapat saya amati dari video tersebut adalah bahwa seorang guru yang tidak memulai pembelajaran tampa mengetahui dan menanyakan apakah siswa siswi sudah siap untuk mengikuti pembelajarn tersebut apa belum, kemudian guru juga tidak memberikan penjelasan tentang pembahasan yang dia sampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa dan siswinya sehingga mereka kebingungan tentang apa yang disampaikan oleh gurunya.
    kemudian dengan cara menggunakan metode karya wisata siswa siswi lebih mudah memahami pelajaran dan lebih menyenangkan, dan juga menimbulkan semangat belajar sehinggan pemikiran lebih terbuka.

  9. nama : warnida
    nim : 859399498
    prodi : PGSD-S1
    assalamualaikum wr wb
    setelah saya menonton video di atas
    Anak anak terlihat sangat bingung dan bahkan mereka ketika ditanya tidak mampu menjawabnya.
    – Kelemahan yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran tersebut yaitu guru hanya memberikan materi dengan metode ceramah. Guru sudah mulai mengaktifkan belajar siswa dengan mengajak siswa belajar langsung dengan memanfaatkan lingkungan alam sebagai media belajar dan sebagai guru profesional harus membuat siswa paham dengan materi yang di berikannya dan harus diberikan motivasi belajar.

  10. nama : warnida
    nim : 859399498
    prodi : PGSD-S1
    assalamualaikum wr wb
    setelah saya menonton video di atas
    Anak anak terlihat sangat bingung dan bahkan mereka ketika ditanya tidak mampu menjawabnya.
    – Kelemahan yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran tersebut yaitu guru hanya memberikan materi dengan metode ceramah. Guru sudah mulai mengaktifkan belajar siswa dengan mengajak siswa belajar langsung dengan memanfaatkan lingkungan alam sebagai media belajar dan sebagai guru profesional harus membuat siswa paham dengan materi yang di berikannya dan harus diberikan motivasi belajar.

Leave a Reply