silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:

  1. menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
  2. mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
  3. menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
  4. menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
  5. melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
  6. menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.

Toto Fathoni

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.

Herwati, M.Pd

Similar Posts

576 Comments

  1. NAMA : FATKHUR ROZI NURFATONI
    NIM :877301613
    UPBJJ : UT SURABAYA
    SEMESTER : 6
    Assalaamu’alaikum.Wr. Wb.
    Setelah saya melihat video di atas, ada kelemahan kelemahan dalam video tersebut, contohnya saja ketika pelajaran berlangsung, guru belum memimpin do’a sebelum pelajaran dimulai, dan juga guru belum sempat mengecek absen kehadiran siswa, guru juga belum memotivasi agar siswa siswanya semangat dalam pembelajaran, penggunaan media karya wisata yang digunakan oleh guru tersebut sudah tepat dan itu membuat siswa mudah memahami tentang materi yang disampaikan oleh guru, dengan karya wisata para siswa dapat langsung mengetahui dimana tumbuhan tersebut menyimpan cadangan makanannya.
    sekian dulu dari saya semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat buat semuanya.
    Wassalaamu’alaikum.Wr. Wb.

  2. NAMA : FATKHUR ROZI NURFATONI
    NIM :877301613
    UPBJJ : UT SURABAYA
    SEMESTER : 6
    Assalaamu’alaikum.Wr. Wb.
    Ketika saya melihat video tersebut, ada kelemahan kelemahan dalam video tersebut, contohnya saja ketika pelajaran berlangsung, guru belum memimpin do’a sebelum pelajaran dimulai, dan juga guru belum sempat mengecek kehadiran siswa, guru juga belum memotivasi agar siswa siswanya semangat dalam pembelajaran, penggunaan media karya wisata yang digunakan oleh guru tersebut sudah tepat dan itu membuat siswa mudah memahami tentang materi yang disampaikan oleh guru, dengan karya wisata para siswa dapat langsung mengetahui dimana tumbuhan tersebut menyimpan cadangan makanannya.
    sekian dulu dari saya semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat buat semuanya.
    Wassalaamu’alaikum.Wr. Wb.

  3. NAMA : SANTINURANI GULO
    NIM : 856034252
    UPBJJ : MEDAN
    SEMESTER : 8
    Dari video diatas guru menyajikan kegiatan pembelajaran dengan judul “Penggunaan Metode Field Trip atau Karya Wisata Dalam Menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar” di SDN21.
    Kekurangan pada video yang ditampilkan:
    1. Pada kegiatan pembelajaran belum di laksanakan kegiatan pembukaan atau pendahuluan seperti menyapa siswa, mengabsen siswa, apersepsi, mengajak untuk berdoa dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
    2. Guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran, Sehingga siswa tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran. Siswa menjadi kurang tertip, ngantuk dan pembelajaran membosankan.
    Sehingga Siswa mengalami kesulitan dalam memahami penjelasan materi yang disampikan oleh guru.
    3. pada video pembelajaran, tidak ditampilkan kegiatan penutup.

    Kelebihan :
    1. Guru membentuk siswa dalam beberapa kelompok dan menerapkan metode field trip sehingga siswa memperoleh pengalaman langsung dari materi yang diberikan oleh guru, sehingga siswa tidak mudah bosan, dan juga memiliki pengalaman baru.

  4. NAMA : SANTINURANI GULO
    NIM : 856034252
    UPBJJ : MEDAN
    SEMESTER : 8
    Dari video diatas guru menyajikan kegiatan pembelajaran dengan judul “Penggunaan Metode Field Trip atau Karya Wisata Dalam Menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar” di SDN21.
    Kekurangan pada video yang ditampilkan:
    1. Pada kegiatan pembelajaran belum di laksanakan kegiatan pembukaan atau pendahuluan seperti menyapa siswa, mengabsen siswa, apersepsi, mengajak untuk berdoa dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
    2. Guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran, Sehingga siswa tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran. Siswa menjadi kurang tertip, ngantuk dan pembelajaran membosankan.
    Sehingga Siswa mengalami kesulitan dalam memahami penjelasan materi yang disampikan oleh guru.
    3. pada video pembelajaran, tidak ditampilkan kegiatan penutup.
    Kelebihan :
    1. Guru membentuk siswa dalam beberapa kelompok dan menerapkan metode field trip sehingga siswa memperoleh pengalaman langsung dari materi yang diberikan oleh guru, sehingga siswa tidak mudah bosan, dan juga memiliki pengalaman baru.

  5. Di video tersebut guru menyajikan kegiatan pembelajaran. Pada kegiatan pembelajaran tersebut belum di laksanakan kegiatan pembukaan baik itu, doa pembuka sapaan kepada siswa, absen dan tidak menyampaikan apa itu tujuan pembelajaran tersebut. Seterusnya guru tersebut tidak menggunakan media pembelajaran kepada siswa sehingga tidak sangat mengerti dan kebingungan.

    Kelebihan: Guru membuat atau membentuk beberapa kelompok dan menerapkan metode fied trip sehingga siswa tersebut dapat memperoleh pengalaman langsung dan mengerti sehingga siswa tersebut tidak bosan dan juga memiliki pengalaman dan pengetahuan baru.

  6. NAMA ; EDY MASKHURI
    NIM ; 858975009
    UPBJJ ; JEMBER

    berdasarkan vidio di atas mengenai “Penggunaaan Media Field atau Karya Wisata dalam Menumbuhkan Pemahaman Siswa pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan sekitar sebagai Sumber Belajar”
    Ada beberapa hal yang akan saya tanggapi :
    1. kekurangan
    a. Pada kegiatan pembelajaran belum di laksanakan kegiatan pembukaan atau pendahuluan seperti menyapa siswa, mengabsen siswa, apersepsi, mengajak untuk berdoa dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
    b. Guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran, Sehingga siswa tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran. Siswa menjadi kurang tertip, ngantuk dan pembelajaran membosankan.
    Sehingga Siswa mengalami kesulitan dalam memahami penjelasan materi yang disampikan oleh guru.
    c. pada video pembelajaran, tidak ditampilkan kegiatan penutup.

    2. Kelebihan
    a. Dengan adanya metode field trip atau karya wisata ini sendiri dapat meningkatkan semangat dan rasa ingin tahu siswa.
    b. metode ini sangat bagus untuk mempermudah mencapai pemahaman siswa,
    c. Dengan metode ini siswa dapat belajar sambil bermain yang membuat siswa menjadi enjoy selama pembelajaran berlangsung.
    d. Siswa akan lebih aktif dalam proses pembelajaran atau observasi.
    e. siswa tidak mudah bosan, dan memiliki pengalaman baru.
    f. siswa dapat mengekplor apa yang ada di lingkungan alam.

  7. NAMA : AYUNI PRAMITA
    NIM : 836995698
    UPBJJ : MEMPAWAH
    SEMESTER : NGULANG SEMESTER 6
    Dari video diatas guru menyajikan kegiatan pembelajaran dengan judul “Penggunaan Metode Field Trip atau Karya Wisata Dalam Menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar” di SDN21.
    Kekurangan pada video yang ditampilkan:
    1. Pada kegiatan pembelajaran belum di laksanakan kegiatan pembukaan atau pendahuluan seperti menyapa siswa, mengabsen siswa, apersepsi, mengajak untuk berdoa dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
    2. Guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran, sehingga siswa tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran. Siswa menjadi kurang tertip, ngantuk dan pembelajaran membosankan.
    Sehingga Siswa mengalami kesulitan dalam memahami penjelasan materi yang disampikan oleh guru.
    3. pada video pembelajaran, tidak ditampilkan acara penutup.
    Kelebihan :
    1. Guru membentuk siswa dalam beberapa kelompok dan menerapkan metode field trip sehingga siswa memperoleh pengalaman langsung dari materi yang diberikan oleh guru, sehingga siswa tidak mudah bosan, dan juga memiliki pengalaman baru.

  8. NAMA : AYUNI PRAMITA
    NIM : 836995698
    UPBJJ : MEMPAWAH
    SEMESTER : NGULANG SEMESTER 6
    Dari video diatas guru menyajikan kegiatan pembelajaran dengan judul “Penggunaan Metode Field Trip atau Karya Wisata Dalam Menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar” di SDN 03 SEGEDONG
    Kekurangan pada video yang ditampilkan:
    1. Pada kegiatan pembelajaran belum di laksanakan kegiatan pembukaan atau pendahuluan seperti menyapa siswa, mengabsen siswa, apersepsi, mengajak untuk berdoa dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
    2. Guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran, sehingga siswa tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran. Siswa menjadi kurang tertip, ngantuk dan pembelajaran membosankan.
    Sehingga Siswa mengalami kesulitan dalam memahami penjelasan materi yang disampikan oleh guru.
    3. pada video pembelajaran, tidak ditampilkan acara penutup.
    Kelebihan :
    1. Guru membentuk siswa dalam beberapa kelompok dan menerapkan metode field trip sehingga siswa memperoleh pengalaman langsung dari materi yang diberikan oleh guru, sehingga siswa tidak mudah bosan, dan juga memiliki pengalaman baru.

  9. NAMA : AYUNI PRAMITA
    NIM : 836995698
    UPBJJ : MEMPAWAH
    SEMESTER : NGULANG SEMESTER 6
    Dari video diatas guru menyajikan kegiatan pembelajaran dengan judul “Penggunaan Metode Field Trip atau Karya Wisata Dalam Menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar” di SDN 03 SEGEDONG.
    Kekurangan pada video yang ditampilkan:
    1. Pada kegiatan pembelajaran belum di laksanakan kegiatan pembukaan atau pendahuluan seperti menyapa siswa, mengabsen siswa, apersepsi, mengajak untuk berdoa dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
    2. Guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran, sehingga siswa tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran. Siswa menjadi kurang tertip, ngantuk dan pembelajaran membosankan.
    Sehingga Siswa mengalami kesulitan dalam memahami penjelasan materi yang disampikan oleh guru.
    3. pada video pembelajaran, tidak ditampilkan acara penutup.
    Kelebihan :
    1. Guru membentuk siswa dalam beberapa kelompok dan menerapkan metode field trip sehingga siswa memperoleh pengalaman langsung dari materi yang diberikan oleh guru, sehingga siswa tidak mudah bosan, dan juga memiliki pengalaman baru.

  10. Selamat siang untuk kita semua
    NAMA : DAMIANUS ABEL
    NIM : 858066111
    SEMESTER: 6
    KELAS : A
    MK : PKM
    POKJAR : SINTANG
    UPBJJ : 47/ PONTIANAK
    JUDUL VIDEO: menggunakan metode field atau karya wisata dalam menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar
    MATA PELAJARAN: IPA

    MENURUT SAYA : dari video diatas guru nya kurang mempersiapkan bahan ajarnya maka dari itu siswa kurang paham apa yang guru jelaskan tersebut . Maka dari itu seharunya guru mempersiapkan semua bahan apa yang ingin ajarkan.kekurang video tersebut : tidak ada pembukaan pembelajaran , cuek dgn keadaan diswa ,tidak lengkap administrasi,dan bahan ajar lainnya.Siswa kurang tertib dan aktif saat pembelajaran dan proses ditanya.

    Itulah kelemahan pada video tersebut.

Leave a Reply