silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:

  1. menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
  2. mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
  3. menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
  4. menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
  5. melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
  6. menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.

Toto Fathoni

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.

Herwati, M.Pd

Similar Posts

576 Comments

  1. Vidio diatas sangat bagus dan menginspirasi.namun agar lebih baik lagi jika guru menyusun rancangan metode pembelajaran field trip tersebut supaya siswa lebih memahami apa dan bagaimana tujuan pembelajarn yang akan mereka capai.
    penentuan tempat yang akan di jadikan tempat observasi harus sesuai dengan topik pembelajaran jangan asal memilih dan asal ada tempat saja.penyesuaian tempat dan topik sangat berperan sebagai penentu keberhasilan pembelajaran.pemberian motivasi pada awal pembelajaran sangat penting karena untuk memompa semangat belajar mereka.sehingga mereka akan merasa bermakna dengan metode pembelajaran yang sedang dijalaninya.
    Kelebihan pada metode field trip ini adalah siswa bisa lebih semangat mengikuti pembelajaran karena berada didunia luar,dan lingkungan sekitar bisa memberikan mereka sumber belajar yang sangat baik.
    Kekurangan pada metode ini adalah guru harus menganalisis tempat yang akan dikunjungi oleh siswa dari segi kesesuaian dengan tema/topik,keamanan siswa,susunan pembelajaran,dll

  2. Assalamualaikum,
    Nama : Kurniati
    NIM : 856481174
    Program studi : PGSD
    Dari video pembelajaran yang ditampilkan diatas setelah saya lihat bahwa guru pada awal pembelajaran tidak melakukan apersepsi dan tidak menanyakan kesiapan siswa untuk memulai pembelajaran. Selain itu guru menyampaikan materi dengan metode ceramah sehingga siswa tidak memahami apa yang saat itu mereka pelajari, saat guru memberi pertanyaan siswa pun tidak menjawab akhirnya guru menjawab sendiri. Saat guru menggunakan metode field trip _karya wisata sangat terlihat perbedaannya, siswa dibawa keluar sekolah sehingga siswa dalam belajar tidak cepat bosan, siswa sangat tertarik dalam belajar karena itu siswa akan menemukan pengalaman baru dan turut serta mengamati tumbuhan secara lansung.

  3. Nama: Desy Ferzianti
    NIM: 858053835
    PGSD SEMESTER 6 (B)

    Dari vidio yang sata lihat diawal guru tidak melakukan pembukaan seperti salam,berdoa, dan motivasi untuk siswa agar lebih semangat dalam proses pembelajaran. Guru juga kurang melakukan interaksi antar siswa seperti tanya jawab. Tetapi metode seperti karya wisata yang dilakukan oleh guru tersebut sangat efektif karena pembelajaran diluar akan membuat anak anak lebih paham karna berhadapan langsung dengan pembelajaran yang disampaikan.

  4. Assalamualaikum wr.wb
    Nama: Aris Fadillah
    Nim : 856441124
    PGSD Semester 8A
    1. kekurangan vidio pembelajaran
    pada vidio diatas be;lum terlihat adanya kegiatan apersepsi serta memberikan motivasi kepada siswa yang berkaitan dengan materi ipa yang akan di ajarkan
    pada akhir kegiatan seharusnya guru memberikan tugas kepada siswa untuk me,peresentasikan kegiatan yang sudah dilakukan di depan kelas agar seluruh siswa lebih memahami makna kegiatan yang telah dilakukan
    2. kelebihan vidio pembelajaran
    saat menjelaskan guru terlihat sangat bersemangat sehingga semangat yang diberikan membuat seluruh siswa bersemangat dalam proses pembelajaran
    metode field trip ini terlihat mampu membuat seluruh siswa lebih mudah memahami tentang cadanagn makanan pada tumbuhan. selain itu metode ini juga akan menghilangkan kebosanan anak yang biasanya hanya belajar di dalam kelas

  5. Nama : Ni Wayan Sukerti
    Nim : 859030751
    program studi : PGSD BI

    ijin memberi masukan berdasarkan vidio diatas.
    dari tayangan vidio tersebut secara tampilan sudah bagus dan jelas akan tetapi dari segi pelaksanaan pembelajaran ada beberapa hal yang perlu ditingkatan lagi diantaranya:
    1. pada bagian awal pembelajaran guru belum menunjukan kegiatan pendahuluan yang meliputi, apersepsi , dan mengecek kesiapan belajar siswa namun guru langsung materi bahasan tanpa menyampaikan tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut. pada kegiatan awal guru kurang memberi ruang yang dapat menggali kemampuan awal siswa, atau mengemukan maslah yang dapat memancing berpikir kritis siswa sehingga pada kegiatan awal tersebut terkesan guru yang ceramah sendiri kurang mengaktifkan siswa.
    2. guru belum menyampikan secara runtun keterkaitan materi yang akan sudah dipelajari dengan materi yang akan dibahas seperti mereview sekilas materi fotosintesis pada tumbuhan.
    3. pada kegiatan inti pembelajaran saat guru mengajak siswa kelapangan dengan metode karya wisata, guru kurang menyiapkan LKPD untuk aktivitas yang dapat menuntun siswa dalam melakukan pengamatan dilapangan atau linkungan sekolah.
    4.dalam penggunaan media pembelajaran guru hanya terfokus pada satu media yaitu lingkungan sekolah yang semestinya dipastikan terlebih dahulu apakah semua jenis tumbuhan yang sebagai tempat menyimpan cadangan makanan itu sudah tersedia dilingkungan sekolah. semesti guru mengkombinasikan dengan media audio visual melalui tayangan vidio pengelompokan tumbuhan berdasarkan tempat menyimpan hasil fotosintesisnya.
    5. dalam vidio belum terlihat kegiatan akhir pembelajaran.

    hal baik yang sudah termuat dari tayangan vidio tersebut:
    1. guru sudah menggunakan metode dalam pembelajaran.
    2. guru sudah menerapkan pembelajaran secara kontekstual dengan membawa siswa keluar kelas.
    3. guru sudah memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai media dalam pembelajaran

    Dari tayangan Vidio tersebut menjadi invirasi untuk sebagai guru agar lebih banyak lagi mencoba dalam menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi yang kita sajikan.
    terimaksih

  6. Nama : Mifta Ustadhatul Muharomin
    PGSD Semester 8

    1. Kekurangan
    vidio pembelajaran di atas sudah cukup baik hanya saja pada saat pembukaan belum terlihat jelas pemberian motivasi kepada siswa mengenai apa itu fotosintesis. Pada saat menyampaikan materi hanya sekilas dalam menjelaskan apa itu fotosintesis dan contoh tempat tumbuhan dalam menyimpan cadangan makanannya tanpa menggunakan media belajar berupa gambar tumbuhan, serta dalam menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas guna mengulas kembali pembelajaran di rumah.

    2. Kelebihan
    Guru sudah menggunakan strategi pembelajaran dengan sangat baik berupa karya wisata di lingkungan sekolah, sehingga anak-anak bisa belajar secara langsung.

  7. Komentar / Tanggalam saya dari video yang saya tonton adalah:
    * Kelebihan video:
    – Dari video yang saya lihat dari awal yaitu guru tidak melakukan motivasi kepada siswa , seperti kalimat “Selamat Pagi Anak-anak”, kalau iti dilakukan pada pagi hari, Dan itu berarti guru tidak melakukan kegiatan awal dalam pembelajaran seperti : Berdoa
    – Guru kurang memberikan tanya jawab kepada siswa, lebih banyak guru yang menjelaskan , Jadi pembelajaran jadi membosankan dan monoton, siswa jadi kurang tertarik.
    – Alangkah baiknya juga guru menggunakan Media Pembelajaran juga.

    Kelebihan video tersebut:
    – Metode Field Trip yang digunakan guru dapat meningkatkan proses pembelajaran, sehingga siswa lebih memahami tentang berbagai jenis tanaman yang menyimpan cadangan makanan.
    – Guru terlihat lebih aktif dan semngat dalam melakukn pembelajaran.

  8. Nama : Silvia
    Nim: 856199768
    Jurusan : PGSD

    Komentar / Tanggalam saya dari video yang saya tonton adalah:
    * Kelebihan video:
    – Dari video yang saya lihat dari awal yaitu guru tidak melakukan motivasi kepada siswa , seperti kalimat “Selamat Pagi Anak-anak”, kalau iti dilakukan pada pagi hari, Dan itu berarti guru tidak melakukan kegiatan awal dalam pembelajaran seperti : Berdoa
    – Guru kurang memberikan tanya jawab kepada siswa, lebih banyak guru yang menjelaskan , Jadi pembelajaran jadi membosankan dan monoton, siswa jadi kurang tertarik.
    – Alangkah baiknya juga guru menggunakan Media Pembelajaran juga.

    Kelebihan video tersebut:
    – Metode Field Trip yang digunakan guru dapat meningkatkan proses pembelajaran, sehingga siswa lebih memahami tentang berbagai jenis tanaman yang menyimpan cadangan makanan.
    – Guru terlihat lebih aktif dan semngat dalam melakukn pembelajaran.

  9. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Siti Sulthaniati
    NIM : 858050331
    Kelas : B
    Semester : 6
    Jurusan : PGSD

    Menurut saya, terdapat banyak kekurangan dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan di video tersebut. Pada proses pembelajaran terdapat tiga kegiatan pokok yang harus dilaksanakan yaitu kegiatan awal/pembuka, kegiatan inti dan kegiatan akhir atau penutup. Pada tayangan video di atas, proses pembelajaran tidak didahului dengan kegiatan pembuka, guru tidak mengucapkan salam, tidak berdoa, absen, apersepsi dan motivasi sehingga anak kelihatan tidak tertarik untuk mengetahui lebih dalam (tidak ada rasa ingin tahu) terhadap materi yang akan disampaikan guru. Kegiatan inti yang dilaksanakan pun kurang menarik perhatian anak, karena guru hanya fokus dengan metode ceramah tanpa ada media dan sumber lain yang mendukung. Dan kegiatan penutup juga dilewatkan, sehingga guru tidak dapat mengetahui perkembangan kemajuan dalam proses pembelajaran siswanya yang biasanya diketahui melalui penilaian akhir serta evaluasi.
    Tapi, pada tayangan video di atas, guru merefleksi diri dengan mengubah metode belajar dari metode ceramah menjadi metode field trip (karya wisata) agar anak didiknya lebih memahami materi pelajaran dengan baik harus diapresiasi dengan baik dan bisa menjadi contoh untuk calon guru seperti saya agar tidak berdiam diri dan terus berusaha mengembangkan metode atau pun media pembelajaran sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.
    Sekian pendapat dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf.
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  10. Nama : Ari
    Nim : 856441772
    Assalamu’alaikum
    Dari video tersebut dapat saya amati
    Ada beberapa yang perlu di lakukan dalam pembelajaran agar proses pembelajaran berjalan dengan baik.
    Guru perlu memberikan motivasi pada siswa sebelum menyampaikan materi,supaya siswa menjadi lebih semangat,dari video tersebut siswa nampak binggung dengan apa yang di sampaikan guru,menurut saya guru menyampaikan materi dengan menyertai media pembelajaran.contoh nya sebuah gambar.
    Dalam video tersebut juga kurang tanya jawab antar siswa dan guru sehingga siswa kurang aktif .terimakasih

Leave a Reply