silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:

  1. menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
  2. mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
  3. menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
  4. menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
  5. melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
  6. menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.

Toto Fathoni

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.

Herwati, M.Pd

Similar Posts

576 Comments

  1. Nama : Nur Arinda. M
    Nim : 859407137
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ : 80 UT MAKASAAR
    Assalamualaikum Wr.wb, setelah saya melihat video tersebut saya dapat menganalisis sebagai berikut. Pada video pembelajaran tersebut, pada awalnya siswa merasa bingung dengan penjelasan dari guru tentang fotosintesis. Selanjutnya guru tersebut tidak menjelaskan terlalu rinci mengenai fotosintesis. Sehingga siswa bingung. Metode yang digunakan sudah bagus. Guru tersebut tidak menggunakan media pembelajaran yang memadai sehingga siswa merasa sulit memahami penjelasan dari guru. Pada kegiatan pendahuluan, guru tersebut juga tidak melakukan apersepsi.

  2. Nama: Nanda Wulan Sari
    Nim: 855865193
    Pokjar: Tebing Tinggi
    Masalah yang ada dikelas
    1. Kurang minat siswa
    2. Metode yang di gunakan kurang efektif
    3. Siswa kurang memahami materi yang diberikan
    4. Siswa kurang antusias/bersemangat dalam mengikuti pembelajaran
    5. Siswa sulit mengingat materi pembelajaran

  3. Nama Serini Dawolo
    Nim 855855794
    Pokjar Nias Barat
    Semester 6.

    Pada video ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada saat mengajar guru hanya menyampaikan materi sekilas saja sehingga siswa hanya mendengar dan menyimak saja.
    Metode field atau karya wisata adalah salah satu model pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar.memberikan pemahaman dan pengamalan langsung kepada siswa meningkatkan motivasi belajar siswa menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan dan dapat mendorong siswa aktifitas

  4. NAMA : PENIELI LAHAGU
    NIM : 855854603
    POKJAR : MANDREHE
    KENDALA YANG DITEMUI:
    1.Media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.
    2.Pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur

  5. Nama : elisabet ernawati Gulo
    Nim : 855852735
    Pokjar: mandrehe
    terdapat beberapa penyebab masalah, kelemahan, dan kelebihan guru dalam mengajar menggunakan metode field trip atau karya wisata untuk menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar:

    Penyebab masalah:
    1. Kurangnya pemahaman guru tentang cara mengimplementasikan metode field trip atau karya wisata secara efektif.
    2. Keterbatasan waktu dan anggaran sekolah untuk melaksanakan kegiatan field trip.
    3. Kesulitan guru dalam mengkoordinasikan dan mengawasi siswa selama kegiatan field trip.
    Kelemahan guru:
    1. Kurangnya keterampilan guru dalam merancang dan mengelola kegiatan field trip yang menarik dan bermakna bagi siswa.
    2. Keterbatasan pengetahuan guru tentang tumbuhan dan lingkungan sekitar yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar.
    3. Kesulitan guru dalam menghubungkan materi pembelajaran dengan pengalaman langsung siswa di lapangan.
    Kelebihan guru:
    1. Guru memiliki pemahaman yang baik tentang manfaat metode field trip dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap tumbuhan.
    2. Guru mampu memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar yang kaya dan relevan dengan materi pembelajaran.
    3. Guru memiliki kreativitas dalam merancang kegiatan field trip yang menarik dan melibatkan siswa secara aktif.

    Dengan memahami penyebab masalah, kelemahan, dan kelebihan guru, diharapkan guru dapat mengembangkan strategi yang lebih efektif dalam mengimplementasikan metode field trip atau karya wisata untuk menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.

  6. Nama : AGUSTINI ZEBUA
    Nim : 835331708
    UPBJJ : Medan
    pokjar : idanogawo

    masalah terjadi dalam kelas
    kurang pahamnya siswa dengan penggunaan linkungan sekitar sebagai media pembelajaran,dengan adanya Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata ,siswa bisa mengetahui bahwa lingkungan bisa menjadi sumber belajar,
    kurangnya bahan yang membantu siswa untuk membedakan apa saja tumbuhan yang menyimpan makanan di akar,di batang dan di buah,
    Guru tidak memiliki persiapan dalam pembelajaran dalam menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar.

  7. Nama : Siti zulaiha
    Nim : 857007455
    Upbjj. : bandar Lampung
    Pokjar. : Sidomulyo
    Menurut Saya guru tersebut menjelaskan tentang tumbuhan guru tersebut menjelaskan cukup jelas hanya saja siswa nya kurang antusias dalam menangkap materi yang di berikan guru tersebut.

  8. Nama : FITRIANA
    NIM. : 859071722

    Setelah saya menonton video tersebut terdapat masalah yang dihadapi yakni kurangnya pemahaman guru dalam menguasai kelas yang mengakibatkan kelas menjadi tidak efektif. Dan
    Penyebab guru kurang menguasai kelas terjadi karena pemahaman yang kurang matang tentang materi yang akan diberikan serta pembelajaran yang diberikan guru kurang menarik sehingga suasana pembelajaran kelas menjadi monoton. Dan Siswa juga menjadi gampang bosan.
    -Solusi yang bisa dilakukan yaitu guru bisa melakukan pembelajaran yang lebih sederhana seperti menunjukkan video pembelajaran yang bisa dilakukan di dalam kelas, pembelajaran juga bisa lebih kondusif, lebih menghemat waktu dan suasana kelas akan lebih efektif.

  9. Nama : Jarwoko
    NIM : 857378481
    UPBJJ : Bogor
    Pokjar : Bogor Selatan

    Pada awal pembelajaran, guru hanya menjelaskan materi dengan metode ceramah saja, sehingga siswa kurang memahami materi yanng disampaikan. Sangat penting dalam materi seperti ini diperlukannya metode yang dapat membuat siswa lebih nyata dalam mempelajari materi, salah satunya dengan Metode Field atau Karya Wisata. Siswa lebih antusias dan senang dengan adanya metode ini.

  10. Nama : Jarwoko
    NIM : 857378481
    UPBJJ : Bogor
    Pokjar : Bogor Selatan

    Pada awal pembelajaran guru hanya menjelaskan materi dengan metode ceramah saja, sehingga siswa kurang mengerti dan memahami materi yang disampaikan, kurang ada gambaran mengenai materi. Untuk materi seperti ini memang diperlukan metode untuk lebih membuat siswa mengerti dan paham tentang materi yang disampaikan, seperti Metode Field atau Karya Wisata ini. Siswa lebih antusias dan senang dalam menjalani proses pembelajaran.

Leave a Reply