silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:

  1. menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
  2. mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
  3. menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
  4. menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
  5. melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
  6. menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.

Toto Fathoni

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.

Herwati, M.Pd

Similar Posts

576 Comments

  1. Nama : EDENSTYN DWITA KARTIKA LAROSA
    NIM : 855853579
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ : MEDAN
    Pokjar : IDANOGAWO

    terdapat beberapa penyebab masalah, kelemahan, dan kelebihan guru dalam mengajar menggunakan metode field trip atau karya wisata untuk menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar:

    Penyebab masalah:
    1. Kurangnya pemahaman guru tentang cara mengimplementasikan metode field trip atau karya wisata secara efektif.
    2. Keterbatasan waktu dan anggaran sekolah untuk melaksanakan kegiatan field trip.
    3. Kesulitan guru dalam mengkoordinasikan dan mengawasi siswa selama kegiatan field trip.
    Kelemahan guru:
    1. Kurangnya keterampilan guru dalam merancang dan mengelola kegiatan field trip yang menarik dan bermakna bagi siswa.
    2. Keterbatasan pengetahuan guru tentang tumbuhan dan lingkungan sekitar yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar.
    3. Kesulitan guru dalam menghubungkan materi pembelajaran dengan pengalaman langsung siswa di lapangan.
    Kelebihan guru:
    1. Guru memiliki pemahaman yang baik tentang manfaat metode field trip dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap tumbuhan.
    2. Guru mampu memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar yang kaya dan relevan dengan materi pembelajaran.
    3. Guru memiliki kreativitas dalam merancang kegiatan field trip yang menarik dan melibatkan siswa secara aktif.

    Dengan memahami penyebab masalah, kelemahan, dan kelebihan guru, diharapkan guru dapat mengembangkan strategi yang lebih efektif dalam mengimplementasikan metode field trip atau karya wisata untuk menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.

  2. Nama: Felda Agustin
    Nim :856758511
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ : Palembang
    Pokjar : Gelumbang

    Pengamatan pada guru:
    1. Guru belum membuka pembelajaran dengan salam, presensi, dan berdoa berdasarkan kepercayaan masing- masing siswa.
    2. Guru belum mengajak siswa untuk mereview materi sebelumnya sebagai pemantik pembelajaran.
    3. Guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
    4. Pemberian motivasi belajar masih kurang sehingga antusiasme siswa masih rendah, bahkan dapat ditemukan salah satu siswa yang mengantuk/melamun.
    5. Penjelasan materi masih kurang. Materi dijelaskan melalui metode ceramah dengan tanpa menggunakanmedia, anak-anak terkesan mengangan-angan fotosintesis sehingga esensinya kurang tercapai.
    6. Meskipun sudah menggunakan metode pembelajaran yang lebih baik untuk melatih keaktifan siswa, alangkah baiknya jika di akhir pembelajaran diberikan evaluasi guna mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.

    Pengamatan pada Siswa:
    1. Sebelum penerapan metode baru, keaktifan siswa sangat kurang sekali. Setelah digunakannya metode baru, keaktifan siswa mulai muncul.
    2. Siswa mulai dapat menerapkan kerja kelompok setelah dibentuk kelompok oleh guru untuk mengerjakan tugas.
    3. Semangat belajar siswa meningkat setelah diterapkannya metode pembelajaran field trip.

  3. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
    Nama : Syifa Nabila Suhadi
    Nim. : 856057543
    Prodi. : S1-PGSD
    UPBJJ : UT MEDAN
    Pokjar : Simalungun
    Menurut pendapat saya setelah saya menyimak video tersebut, maka di situ saya lihat ada penyebab masalah .

    -Masalahnya guru kurang jelas untuk memberikan penjelasan kepada siswa.
    -kurangnya guru untuk menguasai peserta didik.
    -siswa tidak mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru.
    Akan tetapi di situ guru punya kelebihan yaitu dengan menggunakan metode field trip atau sebuah karya wisata di belakang sekolah, dengan adanya guru mengadakan karya wisata maka pasti siswa akan lebih paham untuk memanfaatkan tumbuhan lingkungan di sekitar dan ibu membagi kelompok untuk praktek di belakang sekolah.
    Dengan memahami cerita video di atas, maka di situ terdapat masalah, kelemahan,dan ada juga kelebihan nya, Saya harap guru tersebut dapat mengembangkan cara strategi yang lagi efektif lagi dalam proses mengajar dan mengajar.

  4. Nama : Yulia Citra
    Nim. : 856023228

    Menurut saya, model pembelajaran dalam vidio pembelajaran yang di lakukan guru tersebut sudah lebih baik,karena dalam proses pembelajaran tersebut siswa menjadi lebih aktif untuk mencari tahu tentang tumbuh tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan mereka.dan selama proses pembelajaran pun berlangsung dengan baik.

    Sekian dari saya
    Terima kasih

  5. Nama : Yulia Citra
    Nim. : 856023228

    Dalam vidio tersebut, pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah sangat unik,karna terlihat dari respon siswa yang begitu semangat untuk mengikuti pembelajaran yang akan mereka lakukan di luar kelas,sehingga dapat di katakan penggunakan metode field trip ini dapat menumbuhkan semangat siswa untuk belajar.

    Sekian dari saya
    Terima kasih

  6. Setelah mengamati video tersebut diperoleh beberapa permasalah yaitu :
    1. Kelas terlihat pasif, karena kurangnya interaksi antara guru dan peserta didik
    2. guru lebih mendominasi proses pembelajaran
    3. kegiatan pengamatan (field) karya wisata yang dilakukan cukup menjadi solusi proses pembelajaran.
    4. Jumlah kelompok diperbanyak sehingga pengawasan kegiatan field atau karya wisata lebih efektif.

  7. Nama : Safira Yunia Sari
    NIM : 858928128
    Pokjar : Bondowoso

    Terdapat beberapa penyebab masalah, kelemahan, dan kelebihan guru dalam mengajar menggunakan metode field trip atau karya wisata untuk menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar:
    Penyebab masalah:
    1. Kurangnya pemahaman guru tentang cara mengimplementasikan metode field trip atau karya wisata secara efektif.
    2. Keterbatasan waktu dan anggaran sekolah untuk melaksanakan kegiatan field trip.
    3. Kesulitan guru dalam mengkoordinasikan dan mengawasi siswa selama kegiatan field trip.
    Kelemahan guru:
    1. Kurangnya keterampilan guru dalam merancang dan mengelola kegiatan field trip yang menarik dan bermakna bagi siswa.
    2. Keterbatasan pengetahuan guru tentang tumbuhan dan lingkungan sekitar yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar.
    3. Kesulitan guru dalam menghubungkan materi pembelajaran dengan pengalaman langsung siswa di lapangan.
    Kelebihan guru:
    1. Guru memiliki pemahaman yang baik tentang manfaat metode field trip dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap tumbuhan.
    2. Guru mampu memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar yang kaya dan relevan dengan materi pembelajaran.
    3. Guru memiliki kreativitas dalam merancang kegiatan field trip yang menarik dan melibatkan siswa secara aktif.

    Dengan memahami penyebab masalah, kelemahan, dan kelebihan guru, diharapkan guru dapat mengembangkan strategi yang lebih efektif dalam mengimplementasikan metode field trip atau karya wisata untuk menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.

  8. Nama : Windhi Agustin
    NIM : 856972093
    UPBJJ UT : Bandar Lampung

    Menurut saya pada awal pembelajaran diatas kurang ucapan salam, absensi dan refleksi
    Namun untuk pembelajaran model field trip cukup bagus sehingga siswa tidak jenuh didalam kelas dan membuat siswa jadi lebih aktif
    Tetapi untuk model pembelajaran ini menurut saya agak kurang maksimal karena harus menggunakan waktu yang panjang
    Terimakasih

  9. Dalam vidio tersebut, pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah sangat menarik ,karna terlihat dari respon siswa yang begitu semangat untuk mengikuti pembelajaran yang akan mereka lakukan di luar kelas,sehingga dapat di katakan penggunakan metode field trip ini dapat menumbuhkan semangat siswa untuk belajar, juga siswa akan menganalisis lebih banyak lagi hal yang mungkin belum pernah mereka ketahui.

  10. Dari video yang saya lihat mata pelajaran IPA sebagai berikut.
    1. Guru tidak menyampaikan salam pembuka dengan berdoa atau menanyakan kabar kepada siswa.
    2. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai Namun hanya menyampaikan judul yang akan di pelajari.
    3. Guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab membuat siswa bosan dan tidak bersemangat.

    Guru sudah baik menyampaikan tapi lebih baik baik lagi jika di awal pembelajaran diawali dengan salam terlebih dahulu supaya mempererat kedekatan dengan siswa dan dalam pembelajaran supaya di isi dengan sesuatu yang menarik siswa supaya minat siswa bisa makin bertambah dan dapat menghilangkan kejenuhan siswa.

Leave a Reply