silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:
- menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
- mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
- menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
- menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
- melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
- menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.
Toto Fathoni
–
–
Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.
Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.
Herwati, M.Pd
Nama : Wenia Elfinta
NIM : 855743866
Semester : VI (Enam)
UPBJJ : UT Bandar Lampung
Ringkasan isi Video Pembelajaran 3
Ringkasan video tersebut yaitu : Guru menjelaskan materi pada mata pelajaran IPA mengenai fotosintesis pada tumbuhan namun apa yang disampaikan Guru tersebut kurang mendapat respon dari para siswanya sehingga Guru menggunaan metode field atau karya wisata dalam menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
Kelemahan dalam Video Pembelajaran
Kelemahan yang saya dapat dari video tersebut antara lain sebagai berikut:
a. Tidak ada kegiatan doa sebelum pembelajaran
b. Guru tidak menanyakan kabar siswa
c. Guru tidak mengecek kehadiran siswa.
d. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
e. Guru tidak mengulang materi pembelajaran sebelumnya yang berkaitan dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
Kelebihan dalam Video Pembelajaran
Kelebihan pembelajaran yang saya dapatkan dalam video tersebut antara lain sebagai berikut:
Metode pembelajaran sudah baik, dengan menggunakan metode ini, dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam berpikir tentang materi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dan juga dapat menambah pengalaman siswa serta guru dalam pembelajaran tersebut sehingga siswa menjadi semangat dalam belajar dan mencari tahu hal-hal yang belum dipahami.
Rencana Pembelajaran yang Akan Dilakukan
Rencana pembelajaran yang akan saya lakukan adalah sebagai berikut:
– Sebelum pembelajaran dimulai, guru sebaiknya mengajak siswa untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
– Guru sebaiknya mengecek kehadiran siswa dan mengajak siswa untuk bernyanyi.
– Sebelum masuk pada materi inti, guru sebaiknya menjelaskan tujuan pembelajaran.
– Memberikan tugas laporan dari hasil pengamatan yang telah dilakukan.
Nama : IRMA SAFITRI
Nim : 857002954
SALUT : WAY TUBA
1. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
Dalam video mata pelajaran IPA dengan judul Penggunaan Metode Field Trip atau Karya Wisata dalam Menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Lingkungan Sekitar, terdapat beberapa kelemahan :
a. Kelemahannya adalah tidak ada salam pembuka dan persepsi
b. Kurang aktifnya siswa menerima pelajaran yang diberikan guru
c. Siswa kurang mampu melaksanakan tugas secara optimal.
2. Kelebihan Pembelajaran dalam Video
Dalam video mata pelajaran IPA dengan judul Penggunaan Metode Field Trip atau Karya Wisata dalam Menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Lingkungan Sekitar, terdapat beberapa kelebihan :
a. Guru menggunakan metode field trip sehingga siswa dapat belajar langsung dilapangan (kekebun wisata).
b. Dengan metode field trip siswa dengan mudah menangkap materi pembelajaran yang diberikan oleh guru.
3. Hal Unik yang Terdapat dalam Pembalajaran Video
Hal uniknya adalah disaat siswa diminta guru untuk mencari jenis tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan diakar.
Nama : Maya Safitri
Nim : 856466616
Menurut saya video pembelajaran diatas sangat menarik dan memberikan manfaat untuk guru dan peserta didik
Nama : INDRA ZURIKA
Nim : 856501735
SALUT : WAY TUBA
1. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
Dalam video mata pelajaran IPA dengan judul Penggunaan Metode Field Trip atau Karya Wisata dalam Menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Lingkungan Sekitar, terdapat beberapa kelemahan :
a. Kelemahannya adalah tidak ada salam pembuka dan persepsi
b. Kurang aktifnya siswa menerima pelajaran yang diberikan guru
c. Siswa kurang mampu melaksanakan tugas secara optimal.
2. Kelebihan Pembelajaran dalam Video
Dalam video mata pelajaran IPA dengan judul Penggunaan Metode Field Trip atau Karya Wisata dalam Menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Lingkungan Sekitar, terdapat beberapa kelebihan :
a. Guru menggunakan metode field trip sehingga siswa dapat belajar langsung dilapangan (kekebun wisata).
b. Dengan metode field trip siswa dengan mudah menangkap materi pembelajaran yang diberikan oleh guru.
3. Hal Unik yang Terdapat dalam Pembalajaran Video
Hal uniknya adalah disaat siswa diminta guru untuk mencari jenis tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan diakar.
Nama : Silvia Dewi Ningsih
Nim : 856467886
Kesimpulan saya dari menonton vidio diatas tentang pembelajaran ipa penggunaan filed atau karya wisata dapat di simpulkan kelemahan dan kelebihan yaitu :
1. Kelemahan dari pembelajaran diatas yakni siswa tidak fokus dengan materi yg di jelaskan namun lebih tertuju pada objek yg akan dituju .
2.siswa tidak terlalu aktif dalam melaksanakan tugas dari guru melainkan terlalu asik bermain main.
Kelebihan
1. Siswa mempu mengekspor lingkungan mereka (sekolah ) untuk belajar dengan lingkungan .
2. Guru mempu memberikan objek yg tepat pada pembelajaran ipa .
Nama : bintang pertama jenisa
NIM : 856458816
Mohon izin,
untuk menanggapi video diatas mengenai Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD.
Seperti yang kita lihat ditayangannya, guru memberi tugas kepada siswa untuk melakukan observasi diluar ruangan kelas, namun siswanya terlihat tergesa-gesa, gaduh dan hanya bermain dan bercerita bersama kawan nya.
Menurut pengamatan saya dari video di atas, Hal tersebut terjadi karena gurunya tidak mengarahkan siswanya dengan baik dan juga gurunya belum membuat perencanaan untuk melakukan observasi, menyebabkan terjadi nya kegaduhan tersebut..
Dan pada tayangan video ke 2 di atas, terlihat siswa nya menjadi antusias, rapi dan fokus dalam melakukan observasi karena sudah diberikan kertas LKS untuk mencatat hasil observasi nya.
Saran: menurut saya perlu nya seorang guru membuat perencanaan terlebih dahulu sebelum melakukan atau memberi tugas seperti observasi kepada siswa atau tugas- tugas lainnya, agar pelaksanaan nya berjalan dengan lancar
Nama: Galih Angga Permana
NIM: 858935298
Izinkan saya menanggapi pada video pembelajaran tersebut.
Jadi pada awal pembelajaran, saat guru menjelaskan materi pelajaran hari itu, anak-anak terlihat bosan dan jenuh sehingga pada saat guru menanyakan apakah pelajaran hari ini sudah bisa dipahami? Anak-anak dengan serentak menjawab tidak bu.
Kemudian ibu guru membuat sebuah metode karya wisata supaya anak-anak bisa memahami pelajaran yang diberikan. Alhasil anak-anak senang dan sangat antusias.
Nama : Marsela Lamberti
NIM : 501312005
Saya izin menanggapi vidio pembelajaran di atas,
Setelah saya menyimak video diatas, pada awal video guru menjelaskan mata pelajaran IPA dengan materi tentang tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan. Guru hanya menyampaikan materi dengan cara ceramah atau konvensional, sehingga murid dikelas hanya mendengarkan dan menjadi pasif, sehingga pembelajaran berjalan satu arah dan tidak efektif. Kemudian pada video bagian selanjutnya, setelah menerapkan metode Field Trip yaitu cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu tempat atau obyek tertentu di luar kelas atau sekolah untuk mempelajari atau menyelidiki sesuatu seperti contohnya seperti tumbuhan, bisa kita lihat bahwa anak-anak sangat antusias dalam proses pembelajaran. Anak-anak mendapatkan pengalaman secara langsung dan menjadi lebih aktif dalam pembelajaran sehingga pembelajaran berjalan secara dua arah sehingga menjadi lebih efektif.
Nama : Mila Asmayani Gulo
NIM : 856058513
Semester : 6
Pokjar : Idanogawo
Menurut saya dalam vidio yang saya tonton dari atas tentang pembelajaran IPA penggunaan filed atau karya wisata dalam menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan adalah : Terkait dari apa yg dijelaskan oleh guru terhadap murid sepertinya kurang mendapat respon dari para murid-murid sehingga guru menggunakan metode filed atau karya wisata dalam menumbuhkan pemahaman siswa padatumbuhan dilingkungan sekitar.
Namun dibalik itu metode pembelajaran yg dilakukan oleh guru tersebut sudah baik, sehingga dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam berpikir tentang materi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dan juga dapat menambah wawasan siswa serta guru dalam pembelajaran tersebut sehingga siswa semangat dalam belajar dan ingin mencari tahu hal-hal yang belum dipahami.
Namun dalam vidio ini, alangkah baiknya ketika kita seorang guru mengajar di dalam kelas terlebih dahulu kita melakukan yang namanya salam pembuka/ Ice Breaking agar anak-anak lebih aktif dalam mengikuti proses KBM.
Nama : Mila Asmayani Gulo
Nim : 856058513
Ringkasan vidio tersebut yaitu: Guru menjelaskan materi pada Mata Pembelajaran IPA mengenai fotosintesis pada tumbuhan namun apa yang disampaikan guru tersebut kurang mendapat respon dari pada siswanya, sehingga guru menggunakan metode field atau karya wisata dalam menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekita sebagai sumber belajar.
Kelemahan dalam vidio pembelajaran
1. Tidak ada kegiatan Doa sebelum pembelajaran
2. Guru tidak menanyakan kabar siswa
3. Guru tidak mengecek kehadiran
4. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
5. Guru tidak mengulang materi pembelajaran sebelumnya yang berkaitan dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
kelebihan dalam vidio pembelajaran antara lain sebagai berikut :
metode pembelajaran sudah baik, dengan menggunakan metode ini dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam berpikir tentang materi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dan juga dapat menambahkan pengalaman siswa serta guru dalam pembelajaran tersebut sehingga siswa menjadi semangat dalam belajar dan mencari tahu hal-hal yang belum dipahami.