silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:

  1. menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
  2. mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
  3. menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
  4. menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
  5. melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
  6. menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.

Toto Fathoni

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.

Herwati, M.Pd

Similar Posts

576 Comments

  1. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Nama : RIO DWI ANDIKA
    Nim : 856993176
    Prog.Studi : S1-PGSD

    Dalam awal proses pembelajaran dikelas tersebut pemberian apersepsi terhadap siswa/i belum terlihat, sehingga ketertarikan siswa terhadap kegiatan pembelajaran terlihat kurang. Seharusnya guru memberikan motivasi dan menarik perhatian siswa/i terlebih dahulu sebelumnya agar siswa bisa bersemangat dan fokus mengikuti pembelajaran.

    dalam kegiatan inti pembelajaran, guru menyampaikan materi sekilas lewat metode ceramah, namun siswa terlihat kebingungan karena belum tergambar terkait materi yang disampaikan oleh guru. Guru seharusnya membawa alat peraga pendamping untuk menunjukkan kepada siswa/i nya agar mudah memahami bentuk dari contoh-contohnya. Untuk bagian penutup masih belum maksimal refleksi dan evaluasi pembelajaran masih belum ada. guru perlu memberikan penugasan PR kepada siswa untuk mencari contohnya dirumah agar siswa lebih siap dalam belajar dan sebagai bahan diskusi belajar ketika sudah disekolah.

    dalam mengatasi kesulitan belajar siswa/i, guru sudah cukup baik memilih metode karena berhubungan langsung dengan alam dan melihat langsung kondisi dari bagian-bagian tumbuhan. namun perlunya dibentuk kelompok sebelumnya agar siswa bisa mengadakan diskusi setelah kegiatan field trip.

    saran dan masukkan, sebaiknya guru lebih mempersiapkan diri sebelum memulai pembelajaran dan memastikan kesiapan belajar siswa/i nya agar pembelajaran berjalan dengan baik. persiapakan rancangan belajar, pilih metode pembelajaran dan lakukan evaluasi pembelajaran untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa/i. terimakasih

  2. Pada tayangan video awal tersebut terlihat bahwasannya guru tersebut melakukan kegiatab pembelajaran yang tidak dapat menarik siswa, padahal materi tersebut merupakan materi yang sangat mudah dicermati oleh siswa.
    Seharusnya guru tersebut memberikan motivasi terlebih dahulu kemudian menanyakan kabar mereka dan mengaitkan kegiatan mereka dengan materi yang akan dikerjakan.Kemudian menggunakan metode yang menarik sehingga tidak terlihat monoton dan kaku saat pembelajaran berlangsung. Dan terlihat juga bahwa siswa tersebut hanya berpatokan pada guru saja memberikan informasi pembelajaran.
    dan kemudian video selanjutnya guru merubah cara atau metode pembelajaran,Murid sangat semangat untuk melaksanakn pembelajaran di luar kelas.

  3. Nama : Dewi Arini
    NIM : 859649619
    Program Studi : PGSD BI (Masukkan Sarjana)

    Berdasarkan video tersebut, terlihat jelas perbedaan bagian video ke-1 dan video ke-2.
    Pada video pertama, guru hanya fokus pada metode ceramah, sehingga kurangnya minat siswa dalam proses pembelajaran tersebut, bahkan ada beberapa siswa yang hanya asyik sendiri tanpa memperhatikan guru yang sedang mengajar. Sebaiknya di dalam proses pembelajaran, diselingi dengan ice breaking, agar siswa kembali fokus dan semangat dalam peroses pembelajaran.
    Pada video kedua, terlihat semangat siswa dalam proses pembelajaran IPA dengan menggunakan metode field trip dan pendekatan lingkungan. Jadi, dapat sy simpulkan bahwa berdasarkan video tersebut, pembelajaran IPA akan lebih menarik dan meningkatkan minat/semangat belajar siswa ketika menggunakan metode field trip.

  4. Nama : M Arqom Rosyada
    NIM : 857935335
    Prodi : PGSD
    Dari apa yang telah ditayangkan. Pada video awal terlihat guru belum memberikan keseluruhan pembelajaran dengan baik. Terlihat guru belum mengawali pembelajaran dengan memberikan motivasi serta apresiasi terhadap siswa. Saat pembelajaran berlangsung guru hanya mengunakan metode ceramah, sehingga apa yang disampikan kurang menarik dan sulit dipahami oleh siswa. Padahal dalam tayangan sudah terdapat media sederhana seperti papan tulis. Namun ketika guru menejlaskan media tersebut tidak digunakan. Minimal guru dapat menejelaskan dengan mengambarkan bagaimana proses fotosisntesis dan bagaimana tumbuhan menyimopan cadangan makanan pada papan tulis. Selanjutnya pada vedio mengunakan metode Field atau karya wisata yang memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran sudah tepat, akan tetapi masih terdapat beberapa berbaikan, contohnya sebelum metode diterapkan siswa dijelaskan apa dan bagaimana pembelajaran akan berlangsung, serta apa yang harus dilakukan siswa ketika pembelajaran. setelah pembelajaran berlangsung siswa bersama guru mengevaluasi serta siswa diberikan tugas untuk penguatan materi.

  5. Nama : Amirawati Halawa
    Nim : 856037717
    Semester:6
    Pokjar :Lotu
    Dari video yang saya tonton, saya sedikit memahami kelebihan dan kekurangan guru dalam mengajar, kemampuan guru menjelaskan pelajaran terkait dengan fotosintesis sudah jelas dan mudah dimengerti, hanya saja divideo tadi saya perhatikan siswa tidak bisa langsung mengerti penjelasan guru tersebut padahal guru sudah menggunakan bahasa sederhana dan contoh yang mudah didapatkan di sekitar lingkungan,nahh dari situ saya mendapatkan kelemahan atau kekurangan guru dalam menyampaikan menjelaskan pelajaran kepada siswa yaitu,,yang pertamaguru masuk kelas dan langsung menjelaskan tentang pelajaran tanpa menggunakan alat peraga atau video tentang proses fotosintesis tumbuhan sehingga siswa bingung yang mana yang disebut akar barang dan daun
    Yang kedua, guru juga tidak menerapkan pendahulluan dulu sama siswanya seprti menyapa, menanya kesiapan mereka belajar,melakukan absensi dan memberitahu tujuan pelajaran hari tersebut,, oleh sebab itu guru harus perlu menguasai apa saja metode-metode yang dilakukan yang harus dikuasai supaya siswa tidak bingung saat menjelaskan. Demikian tanggapan saya terimakasih

  6. IKA RAHNA
    NIM 856444715
    PRODI: PGSD S1
    Menanggapi Video tersebut, menurut saya Guru tersebut sudah baik dalam metode ceramahnya dan guru sangat menguasai materi. tetapi sangat disayangkan disaat menjelaskan tidak disertai alat peraga misalnya gambar/video tentang materi yang diajarkan sehingga para siswa masih bingung sehingga cenderung tidak paham akan materi yang di ajarkan. Kelas juga tidak dibuka dengan kegiatan pendahuluan, guru juga lupa melaksanakan Apersepsi. dan pada akhir kegiatan belajar sebaiknya dilakukan penilaian terhadap hasil belajar siswa agar nantinya guru dapat mengetahui sampai dimana pemahaman siswa akan materi yang diajarkan. Guru kurang menguasai pelajaran sehingga siswa tidak paham atau tidak mengerti pembelajaran yang di sampaikan oleh guru tersebut Siswa terlihat sangat bosen dengan metode ceramah.saya setuju guru mengubah metode pembelajaran yang mengajak siswa belajar di luar kelas,memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar Belajar di luar kelas siswa mulai memahami pembelajaran yang di sampaikan oleh guru,mereka tertarik ingin mengetahui isi pembelajaran tersebut . Seorang guru harus kreatif bagaimana siswanya kondisi siswanya agar lebih memahami pelajaran Setelah menjelaskan pembelajaran sebaiknya guru memberikan tugas atau pr agar siswa lebih belajar dengan giat. Sekian pendapat dari saya terimakasih

  7. Nama: Yeniman Telaumbanua
    Nim: 822877166
    Pokjar: Lotu

    Berdasarkan pengamatan saya terhadap video yang di sajikan, saya menemukan kelemahan Guru dalam mengajar yakni tidak ada kegiatan pendahuluan namun langsung pada kegiatan inti. Ketika Guru bertanya jawab dengan siswa tentang fotosintesis, seharusnya guru menjelaskan arti dari fotosintesis tersebut. Tetapi, Guru juga memiliki kelebihan dalam mengajar, yakni mengajak siswa secara langsung mengamati tumbuhan di lapangan, sehingga hal tersebut menambah semangat belajar siswa dan wawasan yang mendalam.

  8. Setelah saya selesai melihat dan mengamati vidio pembelajaran tersebut, menurut saya vidio pembelajaran tersebut sudah baik, Ibu Guru juga sudah menggunakan strategi pembelajaran yang cukupo menarik yaitu strategi karya wisata di ladang belakang sekolah, sehingga anak-anak bisa melihat langsung, berkesan dan menyenangkan. Hanya saja ada beberapa hal yang seharusnya dilakukan oleh guru tersebut. Dari awal penyampaian materi, disini anak-anak sudah kelihatan kurang bersemangat, jadi seharusnya untuk mengawali suatu meteri guru harus melakukan apersepsi, contohnya seperti mengabsen siswa, menanyakan kabar siswa, atau juga bisa dengan membuka obrolan ringan yang berkaitan dengan materi yang akan disajikan, sehingga ketika guru sudah masuk kedalam penjelasan materi tersebut anak-anak tidak merasa bingung. Kemudian media yang digunakan juga masih sangat minim, karena ini materi tentang tumbuhan seharusnya banyak contoh yang ada dikehidupan sehari -hari yang bisa guru lampirkan seperti gambar tumbuhan yang menarik sehingga anak-anak bisa lebih memahami secara konkrit tentang materi yang diajarkan.
    TerimaKasih.

  9. Nama : Risdayani Sitio
    Nim : 855982955
    Program studi : PGSD S-1
    Kelemahan/Kekurangan :
    Guru tidak memulai kegiatan pendahuluan dengan baik, tidak diawali dengan salam pembuka, doa, motivasi, cek kehadiran dan lain-lain. Guru langsung menyampaikan materi. Sehingga siswa pun kurang semangat untuk belajar dan kurang aktif dalam pembelajaran tersebut. Media yang digunakan kurang banyak. Alangkah baiknya ketika didalam kelas, guru juga memberi Media kepada siswa.
    Kelebihan :
    Guru berpenampilan rapi, media yang digunakan langsung ada dalam melakukan karya wisata.

  10. nama : PUTRI
    nim : 856024996
    Program studi : S1 PGSD
    Kelemahan dan kelebihan :
    Menurut saya dari vidio di atas kelemahan nya adalah tidak tercantum nya pembukaan dan penutupan sehingga membuat siswa tidak bisa memahami lebih dalam apa itu potosintesis ketika sebuah pembelajaran di awali dengan pembuka dan penutup maka siswa akan lebih banyak memahami dan mendapatkan pembelajaran yg lebih dari pemahaman nya, untuk kelebihan nya pada vidio yang ke 2 seorang guru menggunakan model pembelajaran yang sangat menarik sehingga membuat siswa tidak bosan dengan terjun langsung ke lapangan untuk mendalami pembelajaran yang di lakukan dengan pembelajaran filed trip

Leave a Reply