silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Perlu dipahami oleh para guru bahwa penanaman disiplin tidak dapat dicapai oleh anak secara cepat. Penanaman disiplin membutuhkan kesabaran, keteladanan dan konsistensi serta mekanisme “reward”. Dengan cara pengulangan, disiplin yang hendak diterapkan guru diantara para siswa TK perlu dilakukan. Dengan teladan dan cara pengulangan, siswa TK dapat mengingat aturan-aturan yang harus diikuti.

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan dapat mentaati aturan melalui cara pengulangan di kelas. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa. 

Sri Tatminingsih

Dari tayangan vidio yang berjudul Menanamkan disiplin pada anak usia dini melalui teknik pengulangan (repetition) menurut pendapat saya sudah dapat dipahami oleh anak, dari tayangan vidio saya sampaikan kekuatannya:

1. Guru telah dapat menarik perhatian anak untuk mendengarkan informasi dengan jelas;

2. Guru terlihat sudah menyiapkan contoh-contoh tentang disiplin anak dengan melalui

Cerita, permainan dan demontrasi;

3. Anak dengan antusias telah melakukan dengan seksama;

4. Dari kegiatan pengulangan anak tetap semangat melakukannya;

Adapun kelemahannya:

1. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru belum memberikan apersepsi sebelum pembelajaran dimulai,

2. Siswa langsung diajak oleh guru untuk mendemonstrasikan kegiatan sesuai tema yang harus diajarkan pada anak;

3. Perhatian guru belum terlihat merata untuk anak

4. Belum memberikan kesempatan anak untuk berani bertanya sebagai umpan balik.

Ada beberapa hal penting yang mesti diperhatikan jika hendak mengembangkan keterlibatan anak didik dalam kebersamaan. Piaget mengingatkan dalam proses melibatkan anak didik, orang dewasa harus menghormati anak-anak.Perlu memperhatikan dan mengedepankan, agar keterlibatan berjalan dengan baik dibutuhkan kemampuan sebagai pendengar yang baik bagi guru dan orang dewasa. Berikan kebebasan anak untuk melakukan pembelajaran disiplin diri dan anak dengan kesadaran diri bisa mengekpresikan tindakan yang diajarkan oleh guru, dan orang tua menindak lanjuti bila siswa sampai dirumah masing-masing.

Dra. Eem Kurniasi, M.Pd.

a. Cara guru membuka kegiatan agar anak antri tidak memberikan
pemahaman/konsep pada anak untuk antri, aturan-aturan yang akan anak dan
guru sepakati, mengisi pembelajaran, bahasa tubuh guru, bahasa guru
kurang mencerminkan sikap dan bahasa guru yang baik, sehingga anak-anak
kurang tenang dan relaks,

b. Strategi penanaman aturan dengan praktek langsung, bermain drama,
atau dengan memberikan symbol gambar yang bisa di pasang dan terlihat
oleh anak.

c. Pembelajaran ini sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini
usia 3-6 tahun dengan tingkat pencapaian perkembangan anak yang
berbeda-beda

d. Ada dalam K13 lingkup Sosial emosional, rasa tanggung jawab untuk
diri sendiri dan orang lain : mentaati aturan kelas ( kegiatan) ,
mengatur diri sendiri, bertanggung jawab atas prilakunya untuk kebaikan
diri sendiri 

Evanigustiningtyas

Similar Posts

182 Comments

  1. Nama : RICA ADNA SYAKIR
    NIM : 858306413
    Guru sudah memberikan contoh dalam aturan yang baik dan benar serta adanya pengulangan yang membuat kebiasaan anak disekolah anak2 bisa mengingat setiap harinya dan mengajarkan mereka arti disiplin serta disekolah pengulangan ini sangat amatlah penting bagi saat pembelajaran maupun berkegiatan.

  2. Nama: Ni Luh Desi Sarayanti
    Nim: 859029273

    Menurut saya yang dapat saya pelajari dari vidio tersebut adalah dengan cara pengulangan anak dapat disiplin dan konsisten dalam mengingat aturan-aturan yang harus diikuti.

  3. Nama umi maesaroh
    Nim 858530559

    Setrategi ini sangat tepat untuk mendisiplinkan anak ,anak anak akan lebih mudah mengingat aturan aturan tersebut .pada dasarnya pendidikan karakter lebih di tekankan dalam pembelajaran AUD .vidio ini sangat membantu saya dalam menerapkan di siplin dan taat aturan di kelas .

  4. Vallen Nur Rita/ 857864624/ UPBJJ Surakarta

    kebiasaan akan tercipta dari pembiasaan, salah satunya adalah pembiasaan untuk disiplin. apabila terjadi pengulangan setiap harinya, maka anak-anak akan menjadi terbiasa.

  5. nama : anik tris wahyuni
    nim: 857757164
    judul video : pengulangan ” repitition ”
    dalam melakukan dan mengajarkan kedisiplinan kepada anak harus dengan konsiten dan selalu diajarkan berulang -ulang , berkesinambungan, agar anak bisa melaksanakan kedisiplianan dengan baik.
    pengulangan dalam melakukan kegiatan kedisiplian membuat anak agar selalu ingat apa yang harus dilakukan agar tidak melakukan kesalahan.

  6. Nama : Bunga Sari
    Nim : 858758287

    Pengulangan dalam pembelajaran memiliki beberapa manfaat yang signifikan. Pertama, pengulangan membantu memperkuat pemahaman siswa terhadap materi karena mereka memiliki lebih banyak kesempatan untuk memproses informasi dan menginternalisasi konsep-konsep yang diajarkan. Kedua, pengulangan membantu meningkatkan retensi dan ingatan jangka panjang siswa terhadap materi pelajaran. Ketiga, pengulangan juga memungkinkan guru untuk menyesuaikan pendekatan pembelajaran mereka, menangani kesulitan pemahaman siswa, dan memberikan klarifikasi lebih lanjut jika diperlukan. Video tersebut juga sangat bermanfaat

  7. Nama : Jumiati
    Nim : 856104438
    Pendapat saya mengenai video ketiga yang berjudulkan “Pengulangan (Penerapan Ketaatan Aturan Melalui Pengulangan, Repitition)” adalah dimana guru pernah mengalami kesulitan saat melatih anak usia dini untuk menahan diri (tidak sabar) contohnya itu seperti mengantri, anak saling mendorong saat sedang mengantri atau memotong antrian anak lainnya. Pada masa anak usia dini disiplin harus ditanamkan kepada anak secara perlahan dan disesuaikan dengan moodnya. Cara yang bisa dilakukan oleh guru ialah pertama guru dapat mempelajari aturan nama yang belum bisa dipahami oleh anak tersebut, kedua ulangi kembali peraturan tersebut, ketiga guru mampu memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya dan tanyakan mengapa ia belum bisa mentaati aturan, keempat guru dapat memberikan penguatan kepada anak yang mampu disiplin. Adapun Teknik lain yang bisa diterapkan oleh guru untuk menanamkan kedisiplinan pada anak, pertama guru dapat memberikan informasi kepada orang tua untuk mensosialisasikan disiplin dirumah, kedua guru bisa meminta orang tua untuk membantu anak agar disiplin, ketiga guru dapat meminta anak lainnya untuk mencontohkan perbuatan disiplin. Teknik pengulangan dapat dilakukan oleh guru untuk menanamkan kedisiplinan pada anak. Namun guru juga perlu memperhatikan beberapa syarat dalam pengulangan, pertama guru dapat mengikuti dengan contoh dan praktek agar anak tidak merasa bosan, kedua jika anak belum mampu maka guru dapat melakukan bersama-sama ataupun secara kelompok, ketiga guru bisa memberikan dorongan atau semangat kepada anak yang belum berhasil.

  8. nama : noviyatul islamiyah
    nim : 858190133

    Saya terkesan dengan bagaimana video ini menjelaskan pentingnya antri bagi anak-anak. Antri bukan hanya tentang menunggu giliran, tetapi juga tentang belajar bersabar, berbagi, dan menghormati orang lain.
    Saya juga terkesan dengan bagaimana video ini memberikan tips yang mudah diterapkan oleh orang tua dan guru. Tips-tips ini dapat membantu anak belajar antri dengan cara yang menyenangkan dan efektif.
    Menurut saya, video ini dapat menjadi sumber belajar yang berharga bagi orang tua dan guru yang ingin membantu anak belajar antri.

  9. Assalamu’alaikum Wr,Wb…

    Nama : Yuliyanti
    Nim : 858288798
    Upbjj : Banjarmasin

    Dari video di atas dapat di lihat bagaiman upaya seorang guru dalam mengatasi masalah pada anak yaitu tentang menaati sebuah peraturan.Penerapan ketaatan pada sebuah peraturan melalu pengulangan tentunya memerlukan banyak kesabaran.Anak dapat melakukannya secara konsisten dan terstruktur sehingga hal ini akan menjadi kebiasaan bagi anak dalam menaati peraturan.Berikan contoh positif pada anak tentang ketaatan peraturan,guru juga dapat memberikan dorongan dan semangat kepada anak dalam mentaati sebuah peraturan.

    Terima Kasih..Wassalam..

  10. Program video ini memberikan pandangan yang berharga tentang pentingnya kesabaran, keteladanan, dan pengulangan dalam menanamkan disiplin pada anak-anak usia dini. Dengan berbagi pengalaman dan strategi yang efektif, kita dapat saling membantu dan memberikan inspirasi kepada sesama guru dalam menghadapi tantangan yang serupa di kelas mereka.

Leave a Reply