silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan.
Mery Novianti
Pakar Dosen
Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak sama.
Dalam mengajar konsep pecahan ini, guru menggunakan alat peraga berupa karton yang dimodifikasi.
Sebelum memanfaatkan alat peraga, guru lebih dulu menunjukkan rumus penjumlahan dua pecahan. Akan lebih elok kalau rumus penjumlahan pecahan itu tidak langsung diberikan tetapi ditemukan sendiri oleh murid (tentu saja dipandu oleh guru).
Sebelum masuk ke operasi penjumlahan pecahan, sebaiknya guru menekakan pada konsep dua pecahan yang penyebutnya tidak sama tetapi sama nilainya.
Materi yang disajikan sudah sesuai dengan perkembangan kognitif murid; namun demikian penyajiannya sebaiknya dibalik yaitu dimulai dengan penggunaan alat peraga kemudian baru rumus penjumlahan pecahan.
Prof. H. Yaya S. Kusumah (UPI Bandung)
Pakar Guru
Jelas cara guru membuka, mengisi, menutup pelajaran.
Alat peraga kurang besar, dan sebaiknya dilakukan secara perkelompok agar semua siswa dapat memahami dengan beberapa latihan.
Materi sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Adanya kesesuaian materi dengan kurikulum yang berlaku.
Sugeng Wibowo, S.Pd.Mat.
Assalamualaikum.wr.wb
Nama : Noviarni Verani
Nim : 857098731
Pokjar : Kalideres
Berdasarkan pengamatan saya dari vidio tersebut, tentang “Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama”
Adapun kelebihan dan kekuatan dari vidio adalah :
• Kelebihan :
1) Guru mengulas kembali dan mengingatkan kembali tentang pelajaran sebelumnya, sehingga nanti siswa dapat menghubungkan dengan materi pelajaran yang baru.
2) Guru memberi semangat dan pujian kepada siswa seperti tepuk tangan dan kata-kata yang baik
3) Guru sudah menggunakan benda konkrit atau alat peraga, yang penting dalam membantu pemahaman siswa
4) Guru sudah melibatkan siswa secara langsung dalam mempelajari materi dengan bertanya dan mengerjakan kedepan kelas. Lalu menerangkan kembali yang benar saat ada ketidaktepatan.
Kekurangan :
1) Saat pendahuluan, guru hanya mengucapkan salam. tidak berdoa bersama, memotivasi siswa dan menyampaikan tujuan
2) Pembelajaran hanya satu arah, guru tidak memberikan kesempatan siswa bertanya. Dengan begitu kemungkinan siswa mengerti hanya beberapa saja
3) Siswa kurang semangat bahkan cenderung bosan dalam pembelajaran. Sebaiknya guru harus lebih metode dan media yang lebih relevan dan membangun siswa aktif dalam kegiatan belajar, seperti membentuk kelompok belajar, mengubah suasana kelas agar lebih Fun and Qualiti. Bisa juga dengan melakukan ice breaking melalui menyanyi atau menari bersama.
4) Pada bagian penutup, guru tidak menyampaikan kesimpulan, tidak melakukan refleksi dan tidak mengucapkan salam penutup dengan baik
Nama : Armalia Putri Panjaitan
NIM : 856034331
Pokjar : Tanjungbalai
Setelah saya analisis Vidio di atas yang mengambil topik Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak sama terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dari metode ajar yang telah dilakukan guru tersebut. Adapun kelebihan dan kekurangan tersebut yaitu ;
Kelebihan
1. Melakukan refleksi dengan mengulang kembali materi yang telah dipelajari agar memperkuat pemahaman siswa dan agar siswa tidak lupa materi sebelumnya
2. Menggunakan media berupa alat peraga guna mendukung proses pembelajaran
3. Memberikan apresiasi kepada siswa yang telah menjawab pertanyaan atau mengerjakan soal berupa tepuk tangan serta pujian kepada siswa yang telah menjawab pertanyaan yang telah diberikan guru tersebut
Kelemahan
1. Tidak ada doa, tidak menyampaikan motivasi belajar, kurang semangat ketika memberi sapaan kepada peserta didik
2. Tidak menyebutkan tujuan pembelajaran
3. Menyampaikan materi pelajaran dengan cepat dan kurang menarik yang menyebabkan siswa sulit untuk memahami materi
4. Penggunaan media pembelajaran kurang optimal sehingga peserta didik terlihat bingung
5. Tidak memberikan kesimpulan pada akhir pembelajaran
6. Tidak menutup pembelajaran dengan baik.
Cara mengatasi kekurangan
Untuk mengatasi kekurangan-kekurangan tersebut maka guru harus benar-benar mempersiapkan strategi pembelajaran dengan baik menguasai alat atau media pembelajaran merubah metode pembelajaran, menciptakan suasana kelas yang aktif agar siswa tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran contohnya memperbanyak interaksi dengan peserta didik seperti tanya jawab,serta meningkatkan kreativitas agar ada perubahan dalam menyampaikan materi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Nama: Nur Fadilah Sitorus
Nim : 856023314
Prodi : S1-PGSD UT MEDAN
Pokjar : Serdang Bedagai
Berdasarkan video di atas, penyampaian materi dalam pembelajaran pecahan berpenyebut tidak sama ada beberapa hal yang menjadi perhatian saya :
-> Kelebihan:
1. Guru melakukan apersepsi (mengingatkan materi pertemuan sebelumnya).
2. Guru menggunakan media kertas karton saat menyampaikan materi penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama. (Pada video kedua)
3. Guru menyampaikan materi dengan suara yang lantang dan jelas.
-> Kekurangan :
1. Pada bagian pendahuluan, guru hanya mengucapkan salam, tidak berdoa bersama siswa, tidak melakukan presensi, tidak mengecek semangat dan memotivasi siswa melalui bernyanyi atau melakukan ice breaking dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Guru tidak melakukan variasi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa dengan membentuk kelompok untuk berdiskusi.
3. Guru tidak melakukan interaksi merata pada siswa, hanya terpaku pada beberapa siswa yang dianggap aktif atau pintar.
4. Menggunakan benda konkret yang memiliki ukuran terlalu kecil sehingga untuk siswa yang duduk di bangku belakang tidak terlihat jelas. (Pada video kedua)
Menurut saya yang mungkin harus di tambahkan agar membuat pelajaran semakin baik yaitu:
1. Guru menyiapkan awal pembelajaran dengan didahului oleh ice breaking, yang biasanya dengan ice breaking siswa akan merasa lebih rileks dan senang dalam memulai suatu pelajaran, dan dengan memberikan bahasa yang menimbulkan semangat, positif, dan meyakinkan. Pada akhirnya siswa akan termotivasi untuk belajar.
2. Menggunakan media yang lebih besar, misalnya karton yang lebih besar daripada yang di video.
3. Dalam sebuah kelas sudah biasa ada siswa yang mudah memahami dan ada pula yang tidak, alangkah baiknya guru memberikan penegasan/rangkuman, sehingga siswa bisa mendapatkan tujuan dari pelajaran itu.
4. Agar siswa lebih aktif dan belajar terasa bermakna alangkah baiknya semua siswa terlibat secara aktif dalam pelajaran tersebut, dengan cara membuat kelompok dan berdiskusi mungkin akan membuat siswa menjadi lebih aktif, dan mehami pelajaran tersebut dengan caranya yang di bantu guru sebagai fasilitator.
Terimakasih 🙏🏻
Nama : Najmatul Jannah
NIM : 857753927
Prodi : PGSD BI
POKJAR : DEMAK
Menurut saya, setelah menyaksikan vidio pembelajaran di portal GPO pada materi penjumlahan pecahan dengan penyebut tidak sama, terdapat kekurangan dan kelebihannya.
Kelebihannya :
1. Guru sudah bagus dalam memberikan apersepsi sebelum masuk pada tujuan pembelajaran dengan mengingatkan kembali materi yang sudah diajarkan pada pertemuan sebelumnya.
2. Guru sudah bagus dalam menyampaikan materi menggunakan alat peraga benda konkrit.
3. Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk berani menjawab pertanyaan dengan maju ke depan kelas.
Kekurangannya:
1. Dalam menyampaikan materi guru masih terburu-buru sehingga ada beberapa siswa yang masih kebingungan.
2. Alat peraga yang digunakan kurang besar, membuat siswa kesulitan untuk mengamati.
3. Konsep materi yang disampaikan guru masih kurang bermakna, dan membuat siswa kurang memahami apa yang disampaikan guru.
4. Guru belum memberikan refleksi atau umpan balik apakah siswa sudah memahami tentang pembelajaran yang baru saja disampaikan.
Nama : Monica Aprilinda Simanjuntak
NIM : 859877934
Setelah saya menonton video diatas, materi tentang “Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama”
Saya melihat adanya kelebihan, kekuatan dan kelemahan dari video, tersebut :
Kelebihan :
1. Guru mampu mengkondisikan suasana kelas menjadi kondusif dan tenang.
2. Guru mengulang dan mengingatkan kembali kepada siswa mengenai pelajaran sebelumnya, sehingga siswa dapat mengingat dan menghubungkannya dengan materi pelajaran yang baru.
3. Guru memberi pujian kepada siswa dengan kata-kata yang baik.
4. Guru juga menggunakan alat peraga yang dapat membantu pemahaman siswa.
5. Guru juga melibatkan siswa secara langsung dalam mempelajari materi dengan menggunakan metode tanya jawab dan memberi kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan soal yang ada di papan tulis kedepan kelas.
6. Kemudian Guru menerangkan kembali atau memberikan penjelasan yang lebih tepat dan benar pada soal yang sudah dikerjakan siswa.
Kekurangan :
1. Guru hanya mengucapkan salam, tidak melakukan doa bersama.
2. Guru memberikan motivasi kepada siswa dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
3. Guru hanya melakukan pembelajaran satu arah dan tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya. Sehingga hanya ada beberapa dari siswa tersebut yang mengerti.
4. Guru kurang memperhatikan adanya siswa yang kurang bersemangat dalam pembelajaran dan cenderung bosan dalam pembelajaran yang diberikan oleh guru tersebut.
5. Guru seharusnya lebih memiliki metode dan media yang lebih relevan untuk membangun semangat dan aktif siswa dalam kegiatan belajar, dalam contoh : membentuk kelompok belajar, mengubah suasana kelas, melakukan ice breaking bersama.
6) Pada bagian akhir (penutup), Guru tidak menyampaikan kesimpulan pembelajaran kepada siswa, tidak melakukan refleksi dan tidak mengucapkan salam penutup dengan baik.
Terimakasih
Nama: serniwati Lafau
Nim. : 856022724
Menurut pendapat saya tentang vidio yang pertama saat memulai pembelajaran yaitu kelebihannya:
1 . Guru memberi salam kepada siswa
2. Guru memngigatkan kembali pembelajaran yang lalu untuk memngingatkan kembali siswa dengan pembelajaran tersebut.
3. Siswa dapat memberi respon yang baik tentang pembelajaran
Untuk vidio yang kedua
Kelebihannya yaitu:
1. Guru menggunakan media yang bagus, hanya saja ukuran media kekecilan sehingga siswa yang duduk di belakang kurang kelihatan dengan jelas.
2. Guru melibatkan siswa secara langsung untuk aktif dalam mengisi tabel atau kolom media pembelajaran.
3. Guru menyampaikan pembelajaran dengan sangat dan menggunakan notasi suara yang bagus ssehingga siswa memperhatikan penjelasan yang di sampaikan.
4. Guru memberikan motivasi dengan cara yang baik dengan memberikan pujian.
Kelemahan:
1. Guru tidak melakukan kegiatan berdoa saat memulai kegiatan pembelajaran.
2. Guru menyampaikan materi secara monoton sehingga siswa kebanyakkan pasif.
3. Guru tidak memperhatikan kondisi siswa, sehingga banyak yang mengantuk dan tidak kosentrasi.
5. Guru tidak memberikan kesimpatan kepada siswa untuk bertanya tentang pembelajaran.
6. Guru tidak memberikan mengajak siswa lain untuk memberikan atau mengisi kotak tapi hanya mengunjuk siswa yang aktif dan pintar saja.
Nama : Farhah
NIM : 857167836
Nama : Farhah
NIM : 857167836
Prodi : PGSD BI
Pokjar : SDN Rawamangun 01 Jelita
Setelah mengamati vido pembelajaran pada GPO tentang materi penjumlahan pecahan dengan penyebut yang berbeda, menurut saya terdapat kelebihan dan kekurangan pada proses pembelajaran tersebut.
Kelebihan:
1. Pada video pertama di awal pembelajaran guru sudah sangat bagus kerena mengawalinya dengan pembukaan, sapa, dan melakukan apersepsi dengan mengulang kembali materi pembelajaran yang lalu.
2. Guru memberikan apresiasi berupa kata-kata pujian bagi siswa yang berani menjawab pertanyaan guru.
3. Pada video kedua terlihat bahwa adanya perbaikan dari guru dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik berupa potongan-potongan karton sehingga pembelajaran menjadi lebih real dan menarik perhatian serta menumbuhkan semangat siswa dalam mempelajari materi tersebut.
4. Guru memberikan kesempatan siswa untuk berani dalam mengerjakan soal yang diberikan guru di papan tulis.
5. Guru menjelaskan materi pembelajaran dengan suara lantang dan jelas sehingga anak-anak bisa mendengar penjelasan guru dengan baik.
6. Guru sangat baik dalam mengoreksi kekeliruan jawaban siswa dengan tidak menggunakan kata-kata yang menghakimi, tetapi menjelaskan dengan detail kekeliruan tersebut sehingga anak-anak bisa belajar dari kesalahan.
Kekurangan:
1. Kegiatan pendahuluan terkesan terburu-buru, seharusnya bisa mengajak siswa untuk sama-sama berdoa, dan melakukan ice breaking untuk menarik perhatian siswa dan mengecek kesiapan siswa sebelum belajar.
2. Pembelajaran masih terkesan teacher center. Guru tidak melibatkan siswa seluruhnya untuk mencari sendiri materi yang dipelajari. Guru seharusnya bisa mengelompokkan siswa menjad kelompok-kelompok kecil agar muncul keaktifan dan keratifitas siswa seluruhnya.
3. Pembelajaran masih terlihat membosankan walaupun sudah menggunakan media. karena guru masih banyak menggunakan metode ceramah sehingga tidak semua siswa dilibatkan dalam proses pembelajaran.
4. Pada kegiatan penutup, guru tidak menyampaikan kesimpulan dan tidak melakukan refleksi serta tidak mengucapkan salam penutup dengan baik.
Terima kasih
Nama : NOVI AYU LESTARI
NIM : 856982428
Prodi : 118/S1-PGSD
UPBJJ : Bandar Lampung
Tugas : PDGK4209/Pemantapan Kemampuan Mengajar
Semester : 6
Berdasarkan analisis saya setelah mengamati seri Pengembangan Matematika SD yang berjudul “Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama”
Proses pembelajaran tersebut sudah cukup baik, dengan mengulas kembali materi-materi yang disampaikan pada pertemuan yang lalu. Siswa pun sangat antusias dengan pembelajaran tersebut, namun masih ada beberapa siswa yang mungkin masih kurang memahami akan materi yang di sampaikan.
Pada pembelajaran tersebut ada beberapa kekurangan guru yaitu kurangnya apersepsi pada kegiatan awal yang seharusnya di isi dengan kalimat semangat untuk siswa, seperti menanyakan kabar, mengajaknya bernyanyi, memberikan motivasi dll. Penggunaan media nya pun sudah sangat menarik, sehingga menimbulkan minat siswa dalam mengikuti kegiatan belajar matematika.
Nama : Niat Tanti Zebua
Nim : 856021177
Pokjar : Idanogawo
Upbjj : Medan
Setelah saya menonton dan mengamati video pembelajaran matematika dengan materi penjumlahan pecahan ber penyebutan tidak sama, saya menemukan kelebihan dan kekurangan selama proses pembelajaran tersebut;
Kelebihannya
1. Guru melakukan apersepsi diawal pembelajaran/mengingat kembali materi pertemuan dari sebelumnya.
2. Guru menyampaikan materi dengan suara yang lantang dan jelas.
3. Guru menggunakan media pembelajaran berupa kertas karton untuk memudahkan siswa memahami pelajaran tersebut.
Kekurangannya;
1. Guru lebih dominan berinteraksi terhadap siswa yang aktif saja.
2. Guru tidak memberikan kesempatan untuk bertanya kepada siswa tentang materi pelajaran tersebut.
3. Guru tidak melakukan pembelajaran yang lebih meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa, contohnya membentuk kelompok dan berdiskusi.