silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video  ini berisi tentang pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran ini, pengarahan terhadap siswa harus dilakukan guru dengan sebaik mungkin agar pembelajaran berlangsung dengan lancar, siswa tidak ribut, tidak main-main, dan mampu memusatkan perhatian (konsentrasi) terhadap pelajaran. Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.

Similar Posts

125 Comments

  1. IMAS SUSANTI
    NIM 857449422

    Berdasarkan hasil analisis saya setelah menyimak video tersebut, menurut saya pengarahan kepada siswa dalam belajar itu sangat penting agar proses kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan berjalan baik dan efektif. Pengarahan yang sudah disampaikan sebelumnya kepada siswa diharapkan membuat siswa siap dan sudah tahu konsekuensi apa yang akan diterima.
    Dari video yang saya lihat pengarahan yang disampaikan oleh guru sudah cukup baik dan dapat dimengerti oleh siswa. Siswa terlihat bersemangat dalam belajar. Kekurangan guru menurut saya, saya melihat guru pada video itu seperti kurang bersemangat, kurang energi, kurang memberikan senyuman pada siswanya. Alangkah lebih baik jika guru memberikan energi yang semangat agar siswa juga lebih semangat. Kelebihan guru pada video tersebut, menurut saya sudah cukup baik dalam memberikan pengarahan kepada siswa. Dimana pengarahan yang disampaikan membuat siswa tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan sehingga anak sudah tahu konsekuensi apa jika mereka melanggarnya. Keunikan yang saya temui pada video tersebut, saya melihat beberapa siswa yang sudah berani menyampaikan pendapat mereka tentang hukuman apa yang harus dilakukan ketika ada temannya tidak yang tidak memperhatikan pembelajaran.

    Demikian hasil analisis yang dapat saya sampaikan,
    Terimakasih.

  2. Nama : Tri Widiyastuti
    NIM : 857794116
    Berdasarkan Vidio diatas menurut saya guru kurang memberikan semangat sehingga peserta didik ikut kurang semangat.
    Pengarahannya menurut saya sudah cukup baik dan memperhatikan siswa dengan memanggil siswa maju kedepan karena asik bermain yoyo lalu menyita permainan.

  3. Nama : Farida Khoirun Nisak
    NIM : 858856716
    Prodi : S1 PGSD LINIER
    Semester : 2
    Pokjar : Kabupaten Kediri
    UPBJJ : Malang

    Selamat Malam, rekan mahasiswa PGSD.
    Izin menjawab,
    Pada vidio pembelajaran tersebut, menurut saya sudah bagus. Pada awal pembelajaran guru sudah menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini, sudah melibatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran, guru dan siswa membuat kesepakatan kelas ketika ada siswa yang ribut, apa hukuman yang pantas bagi mereka. sehingga kegiatan pembelajaran berlangsung tertib.
    Adapun cara lain yang dapat guru gunakan saat siswa mulai ramai, dengan menggunakan tepuk diam. Dengan cara tersebut siswa yang awalnya ramai akan memperagakan tepuk diam dan tidak ramai lagi.

  4. Nama:Melati restria
    Nim: 856256431
    Berdasarkan hasil analis yang saya lihat,reaksi siswa sangat baik, tetapi cara mengajarkan siswa harusnya terlihat semangat mengajarnya. Pengarahan yang disampaikan oleh guru sudah cukup baik dan dimengerti oleh siswa. Kelemahannya, guru pada video tersebut sepertinya kurang bersemangat dan kurang memberikan senyuman.keunikannya,saya melihat beberapa siswa sudah berani menyampaikan pendapat mereka. Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya adalah menerangkan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari, mengajar dengan kalimat yang mudah dipahami, menanyakan kbar siswa.

  5. Nama : Radiya Tri Kummala
    Nim : 858053645

    Menurut yang saya lihat dari video tersebut, pembelajaran tersebut sudah termasuk bagus. Karena pada awal pembelajaran guru sudah menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan hari ini, serta melibatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran, guru dan siswa membuat kesepakatan kelas ketika ada siswa yang ribut dan hukuman yang akan diterima ketika mereka ribut. Hanya saja menurut saya guru tersebut sepertinya kurang bersemangat Namun, pengarahan yang disampaikan oleh guru sudah cukup baik dan dimengerti oleh siswa, sehingga saya melihat beberapa siswa-siswi sudah berani menyampaikan pendapat mereka.

  6. Nama: Dewi kristiani harefa
    Nim. : 856022154
    Upbjj : Ut Medan

    Berdasarkan analisis saya berdasarkan video yang sudah saya tonton,menurut saya pengarahan kepada siswa dalam belajar itu sangat penting agar proses kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan berjalan baik dan efektif. Pengarahan yang sudah disampaikan sebelumnya kepada siswa diharapkan membuat siswa siap dan sudah tahu konsekuensi apa yang akan diterima.
    Dari video yang saya lihat pengarahan yang disampaikan oleh guru sudah cukup baik dan dapat dimengerti oleh siswa. Siswa terlihat bersemangat dalam belajar.

    Adapun cara lain yang dapat guru gunakan saat siswa mulai ramai, dengan menggunakan tepuk diam. Dengan cara tersebut siswa yang awalnya ramai akan memperagakan tepuk diam dan tidak ramai lagi.

    demikian hasil analaisis saya pada video tersebut.

  7. Nama: Shafika
    Nim. : 856200325
    Pokjar : Sitiung
    UPBJJ : 14 Padang
    Setelah melihat dan mempelajari vidio di atas tersebut maka mahasiswa memastikan sangat pentingnya Pengarahan guru dalam melakukan proses pembelajaran. Dari analisis saya melihat ada sebagaian anak yang fokus terhadap apa yang di sampaikan guru,, sebagian siswa asik sendiri dan sebagian rame bermain sendiri. Sehingga apa yang di smpaikan guru dan temannya dalam proses pembelajaran tidak dapat di ketahui sehingga pesan dari pembelajran itu tidak tercapai. Untuk itu diperlukan metode dan pembahuruan atau inovasi bagi setiap kami pendidik dalam menciptkan kondisi yang kondusif dalam kelas,sehingga pembelajaran tersampaikan dengan baik Dan siswa mengerti.

  8. Nama: Shafika
    Nim. : 856200325
    Pokjar : Sitiung
    UPBJJ : 14 Padang
    Setelah melihat dan mempelajari vidio di atas tersebut maka mahasiswa memastikan sangat pentingnya Pengarahan guru dalam melakukan proses pembelajaran. Dari analisis saya melihat ada sebagaian anak yang fokus terhadap apa yang di sampaikan guru,, sebagian siswa asik sendiri dan sebagian rame bermain sendiri. Sehingga apa yang di smpaikan guru dan temannya dalam proses pembelajaran tidak dapat di ketahui sehingga pesan dari pembelajran itu tidak tercapai. Untuk itu diperlukan metode dan pembahuruan atau inovasi bagi setiap kami pendidik dalam menciptkan kondisi yang kondusif dalam kelas,sehingga pembelajaran tersampaikan dengan baik Dan siswa mengerti.

  9. Nama : Imam Nurprasetyo
    NIM : 857311254

    Setelah saya menyimak video pembelajaran Pentingnya Pengarahan Guru. Saya analisis permasalahannya yaitu guru terlihat kurang bersemangat walaupun hampir semua siswa terlihat memperhatikan akan tetapi penyampaian yang kurang menyenangkan akan membuat suasana bosan jika berlama-lama. Lalu guru pun kurang tegas dalam memperingati siswanya dimana jika ada salah satu siswa yang memang melakukan kesalahan perlu ada tindakan agar siswa lain yang melakukan kesalahan tidak akan menyepelekan gurunya jika melakukan kesalahan yang sama

  10. nama : Anisa Nur Azizah
    Nim : 856986772
    Pokjar : sidomulyo
    Kelas : semester 6 Kelas B

    kelebihan dalam video diatas adalah guru memberikan pengarahan kemurid.
    kekurangan dalam video diatas adalah pengarahan guru kemurid kurang semangat sehingga murid asik bermain sendiri.

    rekomendasi untuk guru bisa menggunakan cara tepuk tangan agar semangat belajar siswa dapat dipulihkan, menanyakan kabar kemurid, dan buatlah pengarahan kemurid dengan senyuman agar siswa tidak asik bermain sendiri dan tidak bosan dalam pembelajaran.

Leave a Reply