silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video  ini berisi tentang pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran ini, pengarahan terhadap siswa harus dilakukan guru dengan sebaik mungkin agar pembelajaran berlangsung dengan lancar, siswa tidak ribut, tidak main-main, dan mampu memusatkan perhatian (konsentrasi) terhadap pelajaran. Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.

Similar Posts

144 Comments

  1. Nama Saya Kevin Simamora dalam vidio ini
    Seharus nya guru berkesempatan untuk memeriksa pengetahuan mereka sendiri tentang konsep yang diajarkan dan memastikan mereka telah mengumpulkan semua materi yang mereka butuhkan untuk mengajarkan konsep tersebut sebelumnya, sehingga mereka dapat menyampaikan pembelajaran itu kepada siswa secara lebih efektif.

  2. NAMA : SITI NURDIANA
    NIM : 858081716
    PROGRAM STUDI : PGSD
    Dari video tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa sebagai seorang guru sangatlah penting dalam memberikan instruksi dan pengarahan yang jelas kepada siswa.Pada usia ini, siswa masih dalam tahap perkembangan kognitif, sosial, dan emosional yang pesat, sehingga bimbingan yang tepat dari guru memiliki dampak yang signifikan terhadap pembentukan pondasi belajar mereka. Tidak hanya itu pengarahan guru di sekolah dasar bukan hanya sekadar menyampaikan materi pelajaran, tetapi juga membimbing siswa secara holistik (menyeluruh). Guru berperan sebagai fasilitator, motivator, pembimbing, dan teladan yang membantu siswa membangun pondasi yang kuat untuk keberhasilan mereka di masa depan, baik dalam pendidikan maupun kehidupan secara umum. Tanpa pengarahan yang tepat, potensi siswa mungkin tidak berkembang secara optimal, dan mereka bisa menghadapi berbagai kesulitan dalam proses belajar dan perkembangan diri.

  3. Nama : Marlinang Nurhayati Hutajulu
    NIM : 856110882

    Ijin menanggapi video yang berjudul Pentingnya Pengarahan Guru

    Kelebihan :
    1. Guru menjelaskan dengan intonasi suara yang jelas
    2. Guru menggunakan metode pendekatan kepada siswa saat mengajar
    3. Guru banyak memberikan nasehat
    4. Meskipun media pembelajaran kurang memadai ( menggambar di papan tulis ) namun peserta didik tetap bisa fokus mendengarkan guru

    Kekurangan :
    1. Kurangnya arahan guru saat pembelajaran awal
    2. Guru memang sudah menggunakan media visual berupa gambar di papan tulis tetapi kurang menarik
    3. Kurangnya penguatan yang diberikan saat menceritakan dan menjelaskan isi cerita

  4. Nama : Widia Shita
    NIM : 857136594
    Semester 6 – UPBJJ UT JAKARTA

    Tanggapan saya pada video diatas itu sangat bagus. Dalam hal ini, guru dapat menjelaskan dan menyampaikan pembelajaran dengan sangat baik. Dalam video tersebut juga pada siswa dapat focus mendengarkan guru dalam menerangkan namun ada beberapa anak yang sedikit berisik namun hal tersebut dapat dikendalikan oleh guru, guru juga harus bisa tegas dalam menegur siswa agar siswa bisa lebih tenang didalam kelas. Didalam video juga guru bisa menjalin komunikasi yang baik dengan siswa, serta membuat suasana kelas tidak bosan dan menyenangkan.

    Namun, ada beberapa hal yang harus di evaluasi dalam mengajar agar kondisi kelas lebih tenang dan menyenangkan.

  5. Nama : Flora Y. Sumbari
    Nim : 859919898
    UPBJJ : UT Daerah Jayapura

    Izin menanggapi video pembelajaran diatas.
    Video diatas memperlihatkan seorang guru yang sedang mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia dengan tema Cerita Rakyat, lengkap dengan gambar yang sudah tertera di papan tulis.
    Penjelasan yang diberikan oleh guru sangat bagus dan jelas serta inti pembelajaran dijelaskan dengan baik serta guru memberikan tugas kepada murid yaitu dengan membagi kelompok serta memberikan kesempatan kepada mereka untuk mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas.
    Namun ada beberapa kekurangan yang terdapat diawal pembelajaran yaitu guru tidak melakukan pendahuluan atau pembukaan seperti memberi salam, berdoa bersama, menanyakan kabar, absen, dan melakukan ice breaking sehingga selama proses pembelajaran anak-anak tidak fokus dan lebih banyak bermain dan terjadilah keributan didalam kelas. Pengelolaan kelas kurang baik serta pengelolaan waktu pun kurang efektif sehingga proses pembelajaran belum selesai sudah terdengar bunyi lonceng istirahat.
    Terimakasih.

  6. Nama: M. Rusadi
    NIM: 858304885

    Izin memberi tanggapan
    Video tersebut menampilkan sebuah kelas Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (SD) kelas 1. Guru dalam video tersebut menekankan pentingnya pengarahan guru dalam pembelajaran, khususnya dalam konteks manajemen kelas dan interaksi guru-siswa.
    Pembelajaran Penting:
    Guru menunjukkan kemampuan yang baik dalam mengelola kelas yang ramai dan aktif. Ia menggunakan strategi untuk menjaga ketertiban, seperti:
    Instruksi yang jelas dan mudah dipahami oleh siswa.
    Memastikan siswa bergiliran maju ke depan untuk membacakan cerita, mencegah kekacauan.
    Guru menegur siswa yang ramai, tetapi dengan cara yang lembut dan tidak menghukum secara fisik atau verbal yang keras. Ia lebih fokus pada edukasi dan pemahaman.
    Guru memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dan saling mendukung satu sama lain.
    Guru membangun interaksi yang positif dan suportif dengan siswanya. Hal ini terlihat dari:
    Guru berkomunikasi dengan bahasa yang mudah dipahami siswa, menggunakan intonasi dan ekspresi wajah yang ramah.
    Guru menunjukkan kesabaran dalam menghadapi tingkah laku siswa yang masih belum tertib sepenuhnya.
    Guru menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan tidak menakutkan, sehingga siswa merasa nyaman untuk bertanya dan berpartisipasi.
    Memberikan kesempatan kepada masing-masing siswa untuk maju dan membacakan cerita.
    Guru mendorong pembelajaran kolaboratif dengan meminta siswa untuk saling memperhatikan dan mendukung satu sama lain saat membaca cerita. Ini mengajarkan pentingnya kerja sama dan saling menghargai di kelas.
    Guru secara tidak langsung mengajarkan siswa tentang pentingnya pengendalian diri dan kesabaran. Ia memberikan contoh bagaimana menghadapi situasi yang ramai dengan tenang dan bijak.
    Kesimpulan:
    Video ini menunjukkan contoh praktik pengajaran yang efektif di kelas rendah SD. Guru tidak hanya fokus pada penyampaian materi, tetapi juga pada manajemen kelas yang baik dan interaksi positif dengan siswa. Pentingnya pengarahan guru dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif dan memotivasi siswa untuk belajar secara aktif dan kolaboratif sangat ditekankan. Ini menunjukkan bahwa keberhasilan pembelajaran tidak hanya bergantung pada materi pelajaran, tetapi juga pada kemampuan guru dalam mengelola kelas dan berinteraksi dengan siswanya.

  7. Menyimak video pembelajaran di atas, dapat dilihat bahwa kondisi kelas tidak kondusif, siswa-siswa asyik dengan temannya, ada yang bermain yoyo, ribut, dan tidak memperhatikan apa yang disampaikan gurunya. Harus berulang kali diingatkan agar tidak ribut dan berisik. Guru tampak kurang memperhatikan kesiapan belajar siswa, pada saat pembelajaran sudah dimulai ternyata ada beberapa siswa yang belum siap belajar, ada yang mengobrol bersama teman, dan ada yang bermain mainan yang dibawa salah satu temannya sehingga siswa lain tertarik untuk memperhatikan dibandingkan dengan memperhatikan gurunya.
    Namun, akhirnya gurunya dapat mengkondisikan kelas dengan cara berbicara cukup lantang dan tegas, melibatkan siswa untuk memutuskan suatu aturan, yaitu apabila tidak tertib maka harus ke depan untuk menggantikan temannya yang sedang bercerita. Selain itu, guru memiliki keterampilan yang baik untuk menggambar dengan tujuan dapat menarik perhatian siswa. Ada beberapa saran yang ingin saya sampaikan:
    1. Membiasakan kebiasaan baik, seperti berdoa sebelum belajar.
    2. Bertanya kondisi siswa, ketidakhadiran siswa, atau bertanya hal-hal yang ringan seperti sudah sarapan, mandi jam berapa, dan lain-lain.
    3. Memberikan ice breaking atau brain storming agar siswa semangat untuk belajar.
    4. Sebelum menjelaskan materi baru ada baiknya mereview materi terakhir yang sudah dipelajari siswa.
    5. Pada saat pemberian tugas siswa untuk tampil di depan kelas, tehnik pengundian nama siswa akan membuat siswa semangatdan suasana kelas hidup. Semua nama siswa dimasukkan dalam sebuah tempat dan diambil satu persatu. Nama yang diambil harus tampil ke depan kelas untuk membaca buku cerita. Hal ini lebih menarik siswa dibandingkan dengan memberikan hukuman tampil di depan kelas karena ribut dan tidak patuh pada aturan bersama.

  8. Assalamualaikum wr wb
    Perkenalan
    Nama:TRIANA WULAN SARI
    Nim:858070437
    Ingin menganalisis video mengajar diatas
    Setelah saya mengamati video tersebut pada awalnya ibu guru tidak ada pembukaan seperti mengucapkan salam, berdoa, absen titik guru tidak memperhatikan anak-anak sehingga anak-anak ribut dan tidak memperhatikan guru menjelaskan materi dan menyimaknya ada juga yang membawa mainan pengarahan ibu guru kurang menarik bagi siswa, anak-anak tidak duduk berkelompok padahal ceritanya disuruh berkelompok guru terlalu banyak pengarahan sehingga tidak sempat masuk ke materinya.
    Kelebihan video. Ibu guru memakai papan tulis dan media gambar di papan tulis untuk menggambar raksasa dan timun mas untuk menarik perhatian anak-anak. Ibu guru sangat sabar dalam menghadapi tingkah laku anak-anak dan guru mendiskusikan tentang apa hukuman apabila tidak memperhatikan teman saat menceritakan timun emas di depan kelas.
    Saran saya seharusnya ada pembukaan salam dan doanya kepada anak-anak memberi arahan yang baik dan mengatur anak-anak untuk membantu kelompok menggunakan media buku bukan gambar di papan tulis saja titik berkelompok saja yang akan membaca cerita tersebut karena bisa bergiliran waktunya terbatas sehingga anak-anak tidak mendapatkan giliran dan seharusnya guru dapat membagi waktu jangan banyak pengarahan karena belum sempat memasuki ke materi karena waktu keburu habis.
    Sekian dan terima kasih untuk analisis video dari saya.

  9. Nama : Puspa Puspita
    Nim : 855868973
    UPBJJ : MEDAN

    Setelah nonton vidio “pentingnya pengarahan guru”, saya jadi berpikir kalau ternyaata arahan dari guru itu punya pengaruh besar banget dalam proses belajar.
    Kadang kita ngerasa bisa belajar sendiri, apalagi sekarang banyak materi online, tapi kenyataannya tanpa bimbingan guru, arah belajarnya bisa jadi tidak jelas.

    Guru itu kayak kompas buat kita ngarahin ke mana tujuan belajar yang sebenarnya.Tidak cuma ngajarin materi, tapi juga kasih semangat, kasih pencerahan waktu kita bingung, dan yang paling penting, mereka bantu kita tetap fokus. Jadi, menurut saya, pengarahan dari guru bukan cuma penting, tapi memang bagian utama dari proses belajar yang baik.

  10. Nama : Anisa Wulandari
    NIM : 857132669
    Prodi : PGSD
    UPBJJ : Jakarta
    Semester : 8
    Berikut tanggapan saya mengenai video pembelajaran tersebut :
    1. Judul Video
    “Pentingnya Pengarahan Guru dalam Pembelajaran”
    Sumber Video : Guru Pintar Online
    Link Video : Pentingnya Pengarahan Guru – Guru Pintar Online
    2. Ringkasan Isi Video
    • Penulis : Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.
    • Video ini berisi tentang pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran ini, pengarahan terhadap siswa harus dilakukan guru dengan sebaik mungkin agar pembelajaran berlangsung dengan lancar, siswa tidak ribut, tidak main-main, dan mampu memusatkan perhatian (konsentrasi) terhadap pelajaran. Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
    3. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
    • Guru tidak memulai pembelajaran dengan doa dan tidak mengecek kehadiran siswa.
    • Kurangnya media pembelajaran, karena di dalam video tersebut guru hanya menggambar di papan tulis.
    • Guru tersebut menggunakan metode ceramah atau komunikasi satu arah tanpa memberikan siswa kesempatan untuk bertanya, dan tidak memastikan siswa paham atau tidak pelajaran yang guru sampaikan.
    • Guru kurang memperhatikan kemampuan awal siswa. Pengetahuan tentang kemampuan awal siswa diperlukan oleh guru untuk menetapkan strategi mengajar.
    • Kondisi kelas yang kurang kondusif.
    4. Kelebihan Pembelajaran dalam Video
    • Awal pembelajaran guru sudah menjelaskan tujuan pembelajaran.
    • Guru melibatkan siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran.
    • Guru membuat kesepakatan kepada siswa saat pembelajaran berlangsung.
    • Guru sangat sabar dalam menghadapi siswa.
    • Media pembelajaran dengan menggambar manual di papan tulis.
    5. Rencana Pembelajaran yang akan dilakukan
    • Sebaiknya guru memulai dengan kegiatan pendahuluan seperti (memberi salam, menyapa peserta didik, mengecek kehadiran peserta didik) agar membangkitkan motivasi dan perhatian peserta didik dan mengakhiri pembelajaran dengan doa.
    • Guru dapat memberikan ice breaking agar siswa lebih semangat dan antusias dalam pembelajaran.
    • Guru dapat menggunakan media pembelajaran interaktif yang memungkinkan siswa berinteraksi secara aktif dengan materi pembelajaran seperti video atau animasi.
    • Sebaiknya sebelum masuk ke materi pembelajaran, guru dapat memberikan apersepsi dengan mengaitkan apa yang telah diketahui peserta didik mengenai cerita yang ingin diajarkan.

Leave a Reply