silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video  ini berisi tentang pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran ini, pengarahan terhadap siswa harus dilakukan guru dengan sebaik mungkin agar pembelajaran berlangsung dengan lancar, siswa tidak ribut, tidak main-main, dan mampu memusatkan perhatian (konsentrasi) terhadap pelajaran. Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.

Similar Posts

125 Comments

  1. Nama : mifrokhatul lamela
    Nim : 857701943
    Pokjar : kedungwuni pekalongan
    UPBJJ : SEMARANG

    1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru adalah dalam vidio tersebut, siswa mengikuti pembelajaran dengan baik yakni dengan mendengarkan, mengamati, dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Belum bisa menarik perhatian murid, karena murid masih banyak yang bermain dan dan tidak mendengar kan saat guru menerangkan.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru saat melaksanakan pembelajaran??
    Menurut saya, meskipun awalnya anak tidak kondisif namun di akhirnya guru bisa mengontrol murid muridnya untuk diam, sehingga anak menjadi nurut atas perintah dari guru

    4. Hal-hal unik apa saja yang di temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Menurut saya tidak ada hal unik yang guru ajarkan pada pembelajaran di vidio tersebut

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang Anda amati dari tayangan vidio, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Menurut saya, sesuai tema membaca cerita secara bergilir oleh siswa, maka lebih baik guru menunjuk siswa dari depan untuk membaca dan bergantian secara acak, dan apa bila ada anak yang salah meneruskan membaca maka akan dikenakan hukuman dengan membaca didepan, sehingga anak mendengarkan dengan baik dan pembelajaran bisa kondisif.

    Komen vidio bahasa yuk menciptakan kelas mengarang kondusif bebas

  2. Nama : Lalu Suhadriawan

    NIM : 859151245

    UPBJJ : Mataram

    Berdasarkan analisis saya setelah melihat dan menyimak video tersebut, saya melihat ada sebagaian anak yang fokus terhadap apa yang di sampaikan guru,, sebagian siswa asik sendiri dan sebagian rame bermain sendiri. Sehingga apa yang di smpaikan guru dan temannya dalam proses pembelajaran tidak dapat di ketahui sehingga pesan dari pembelajran itu tidak tercapai. Untuk itu diperlukan metode dan pembahuruan atau inovasi bagi setiap kami pendidik dalam menciptkan kondisi yang kondusif dalam kelas,sehingga pembelajaran tersampaikan dengan baik Dan siswa mengerti.

    Kekurangan:
    Dari pembelajaran di video ini kekurangannya adalah pada bagian pendahuluan dan apersesi tidak dilaksanakan, media pembelajaran yang digunakan masih belum pas karena waktu menggambar mengurangi jam belajar, kelas tidak aktif,materi tidak tersampaikan dengan baik.

    Kelebihan:
    Dengan menggunakan media gambar ini, anak-anak yang belum bisa membaca cepat menerima pelajaran sedangkan anak sudah bisa membaca akan terlambat mendapatkan materi dengan memggunakàn media tersebut.

    Solusi/saran:
    Dalam proses belajar mengajar tetap melaksanakan tahap-tahap dari kegiatan pendahuluan sampai kegiatan akhir, gunakan media seefektif mungkin supaya KBM memcapai hasil yang memuaskan.

  3. Nama : Rosa Maulidia
    NIM : 856949459
    Prodi : S1 PGSD

    1. Reaks anak dalam video tersebut yaitu masih kurang memperhatikan atau tidak fokus terhadap guru, masih ada beberapa anak yang sibuk dengan aktivitasnya sendiri.
    2. Kelemahan guru di video itu adalah guru terlalu monoton karna tidak ada komunikasi antar siswa sehingga pembelajaran terasa membosankan bagi anak, tidak terjadi komunikasi dua arah, guru hanya fokus kepada anak yang sudah bisa membaca sedangkan anak yang belum lancar membaca tidak diberikan pendampingan khusus.
    3. Kelebihannya adalah guru memberi peringatan kepada anak-anak yang ribut atau sibuk dengan aktivitas lain, guru juga cukup tegas dengan cara mengambil mainan anak yang sudah membuat fokus mereka terbagi.
    4. Hal unik dalam video tersebut anak-anak tidak bisa dibuat fokus karena kurangnya komunikasi dua arah, guru hanya sebagai penyaji bukan fasilitator yang seharusnya membuat suasana belajar lebih hidup, banyak anak yang masih sibuk dengan aktivitas seperti bermain atau mengganggu teman yang lain.
    5. Upaya yang dapat ditingkatkan sebagai seorang guru adalah harus pandai mengambil fokus anak-anak agar lebih memperhatikan guru dan tidak sibuk sendiri-sendiri sehingga suasana kelas kurang kondusif, jangan hanya fokus kepada anak yang pandai dan meninggalkan anak yang belum atau kurang mengerti, justru kita harus lebih memberikan dampingan khusus kepada anak yang masih lambat dalam membaca atau memahami materi.

  4. NIM : 856040897
    Pokjar : Toba Samosir
    UPBJJ : Medan
    Setelah saya melihat cuplikan video tersebut ada beberapa hal yang menjadi perhatian saya, yaitu sebagai berikut:
    Menurut saya video pembelajaran tersebut masih memiliki kekurangan, yakni cara mengajar guru tersebut kurang menarik, sehingga banyak siswa tidak memperhatikan saat guru tersebut menjelaskan karena pembelajaran yang dilakukan hanya pembelajaran satu arah, dimana hanya guru yang menjelaskan dan anak tidak diikutsertakan berinteraksi dalam pembelajaran sehingga peserta didik terkesan bosan dan jenuh dalam melaksanakan pembelajarannya sehingga pembelajaran tidak dapat berlangsung dengan kondusif.
    Hal positifnya, saya melihat guru tersebut menjelaskan dengan baik dimulai dari menyampaikan terlebih dahulu tujuan pembelajaran, lalu menyampaikan materi pembelajaran, namun pada akhir pembelajaran tidak menyampaikan kesimpulan dari pembelajaran tersebut.
    Namun dari video tersebut, walaupun para peserta didik masih ada saja yang ribut dan sibuk sendiri guru tersebut tetap bersabar memberikan arahan pada peserta didik agar bisa tetap kondusif selama pembelajaran berlangsung.
    Terimakasih.

  5. Nama : Cory T. Iqnasia Tambunan
    NIM : 856040897
    Pokjar : Toba Samosir
    UPBJJ : Medan
    Setelah saya melihat cuplikan video tersebut ada beberapa hal yang menjadi perhatian saya, yaitu sebagai berikut:
    Menurut saya video pembelajaran tersebut masih memiliki kekurangan, yakni cara mengajar guru tersebut kurang menarik, sehingga banyak siswa tidak memperhatikan saat guru tersebut menjelaskan karena pembelajaran yang dilakukan hanya pembelajaran satu arah, dimana hanya guru yang menjelaskan dan anak tidak diikutsertakan berinteraksi dalam pembelajaran sehingga peserta didik terkesan bosan dan jenuh dalam melaksanakan pembelajarannya sehingga pembelajaran tidak dapat berlangsung dengan kondusif.
    Hal positifnya, saya melihat guru tersebut menjelaskan dengan baik dimulai dari menyampaikan terlebih dahulu tujuan pembelajaran, lalu menyampaikan materi pembelajaran, namun pada akhir pembelajaran tidak menyampaikan kesimpulan dari pembelajaran tersebut.
    Namun dari video tersebut, walaupun para peserta didik masih ada saja yang ribut dan sibuk sendiri guru tersebut tetap bersabar memberikan arahan pada peserta didik agar bisa tetap kondusif selama pembelajaran berlangsung.
    Terimakasih.

  6. nama : fitria yola
    nim : 856245833
    prodi : s1 PGSD
    UPBJJ : Padang
    Semester : 6

    1. reaksi siswa terhadap pembelajaran ?
    ada beberapa siswa yang terlihat kurang fokus dan kurang semangat dalam pembelajaran.

    2. kelemahan?
    tidak ada kegiatan pembuka sehingga banyak dari siswa yang tida fokus dan ribut juga terlihat tidak semangat. media yang digunakan kurang menarik, kegiatan pembuka yang tidak ada, kurangnya ketegasan guru.

    3. kelebihan ?
    intonasi guru cukup jelas, sehingga dapat terdengar dengan jelas oleh siswa.

    4. upaya yang diusulkan
    diharapkan guru menggunakan media yang menarik, menggunakan kegiatan pembuka, dan sikap tegas guru.

    terimakasih

  7. Nama : Rahmatia Hijun
    NIM : 856317159
    Prodi : S1 PGSD

    Setelah memperhatiakn video pbelajaran diatas beberapa hao yang ingin saya kemukakan mengenai pentingnya pengarahan guru

    Menurut saya dalam video ini masih memiliki banyak kekurangan, pada awal video diperlihatkan seorang guru meminta siswa secara berkelompok maju kedepan kelas sementara guru belum membagi siswa secara kelompok, sehingga kelas menjadi ribut siswa saling mendorong temannya yang lain untuk maju kedepan. Hal ini seharusnya tidak boleh terjadi seharusnya guru mengarahkan siswa mulai dari pemberian apersepsi sehingga siswa terarah dengan baik, serta apabila guru ingin siswa mengerjakan tugas secara berkelompok guru harus terlebih dahulu mengarahkan siswa untuk duduk secara berkelompok.
    Kemudian disaat guru menjelaskan materi siswa lebih banyak tidak memperhatikan penjelasan guru, seharusnya guru memiliki cara atau strategi untuk dapat mengalihkan perhatian siswa sesuai dengan arahan guru, sehingga suasana kelas lebih kondusif dan terarah

  8. Nama : Dwi Rahayu Sugiarti
    Nim : 856986869
    Pokjar : Sidomulyo
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Prodi : S1 PGSD

    Setelah saya mengamati video yang berjudul “Pentingnya pengarahan Guru”,saya simpulkan kelemahan dari video tersebut yaitu:
    – Tidak kondusif nya kelas jadi banyak siswa yang ribut dan tidak fokus saat proses pembelajaran
    – Tidak ada penenangan guru untuk siswa menjadikan suasana belajar tidak nyaman
    – Kurangnya komunikasi guru dengan siswa
    – Guru tidak memberikan perhatian menjadikan siswa tidak bersemangat belajar

    Kelebihan dan saran dalam video tersebut yaitu :
    Guru sudah menjelaskan materi pembelajaran dengan sangat baik dan jelas. Guru diharapkan menggunakan metode pembelajaran yang baik serta selipkan candaan saat mengajar agar siswa tidak jenuh mendengarkan materi yang berpotensi ribut dikelas.

  9. Nama : Novita Restu Iriyanti
    Nim : 859616373
    Pokjar : Nabire
    UPBJJ : Jayapura

    Setelah melihat cuplikan Vidio pembelajaran tersebut, saya menarik kesimpulan bahwa pembelajarannya kurang menarik.
    Karena, tidak ada kegiatan pembuka. Ada siswa yang memperhatikan guru dan ada siswa yang asik bermain sendiri. Media pembelajaran nya kurang menarik karna hanya menggambarkan di papan tulis, akan lebih menarik perhatian siswa jika menggunakan media gambar yang berwarna. Kemudian tidak ada kegiatan penutup. Dan Kelebihannya, sudah menyampaikan konsekuensi jika ada yang ribut atau bermain sendiri dan memberikan hukuman dengan mengambil mainan siswa kemudian memberikan arahan.

  10. Assalamualaikum wr wb,

    Nama: Resma Anjani,
    Nim. : 856978395,
    Prodi : PGSD S1,
    Fakultas: FKIP,
    UPBJJ : Bandar Lampung,
    Pokjar: Kalirejo,

    PENTINGNYA PENGARAHAN GURU.

    Guru merupakan seorang yang bertugas menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, bimbingan, melatih, mengelola, meneliti dan mengembangkan serta memberikan pelayanan teknik.
    Guru memiliki tugas pokok melaksanakan proses belajar mengajar

    Pada vedeo di atas menurut saya guru telah melakukan berbagai upaya yang dapat memusatkan perhatian siswa, di antaranya adalah dengan menggambar tokoh yang berhubungan dengan pelajaran di hari itu, guru juga memiliki intonasi suara yang jelas, sehingga instruksi yang di berikan dapat di terima dengan baik oleh peserta didik.

    Namun menurut saya alangkah lebih baik jika rangkaian pembelajaran di awali dengan pendahuluan untuk mendorong motivasi yang lebih kepada siswa, dan di akhir pembelajaran guru melakukan penutupan untuk menciptakan rasa syukur karena pembelajaran telah di lakukan dengan baik.

    Wassalamualaikum wr wb.

Leave a Reply