silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menenyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas.
Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan dapat mentaati aturan di kelas. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.
Sri Tatminingsih
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, sebelum perlombaan
dimulai guru memberikan peraturan yang disepakati antara guru dan anak
didik sebaliknya anak-anak yang mengikuti pelombaan. Ada beberapa
langkah yang harus di ikuti: anak mengikuti peraturan yang ada dalam
perlombaan, menyusun aturan dalam perlombaan, membuat kesepakatan
bersama, memberi contoh terlebih dahulu sebelum memulai perlombaan,
pemberian hadiah untuk yang menang, konsekuensi untuk anak yang
melanggar aturan tidak mendapatkan sesuai kesepakatan bersama. Kegiatan
tersebut disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik dan
disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.
–
Video yang disajikan sangat menarik. Video tersebut mengajarkan kepada kita bagaimana mengenalkan aturan pada anak usia dini. Dalam mengenalkan aturan pada anak haruslah bertahap. Pada tahap awal anak jelaskan tentang pengertian aturan, anak bisa kita ajak untuk membuat aturan, jelaskan tentang manfaat aturan dan konsekuensi yang ada. Dalam penerapan aturan guru harus konsisten dalam melaksanakannya agar juga bisa teratur dan memahami aturan
Memang sulit untuk membuat anak bersikap disiplin dan menaati aturan. Itulah tugas kita sebagai guru harus bisa membuat anak bersikap disiplin dan menaati aturan tanpa anak merasa terancam. Kita bisa membuat kesepakatan dengan anak tentang aturan yang harus ditaati. Baik itu guru dan anak ataupun anak dan anak.
dalam video di atas menjelaskan bagaimana sih agar anak itu dapat bersikap disiplin dan menaati aturan. menurut saya materinya sangat bagus yaa, bisa menjadi acuan bagi kita sebagai guru untuk bisa membuat anak menaati aturan dan bersikap disiplin. Dalam bersikap disiplin dan menaati aturan kita bisa memberikan anak berupa praise jika anak bisa menerapkannya dan konsekuensi apa yang di dapat jika tidak bersikap disiplin dan menaati aturan. Semoga dengan adanya video ini bisa memberikan kita pengalaman lebih baik lagi untuk menerapkannya di lembaga sekolah masing-masing. Terimakasih atas video pembelajaran yang telah disediakan bagi para guru.
Dalam video ini menggambarkan bahwa membuat kesepakatan aturan main atau aturan dalam kelas ataupun aturan dalam perlombaan sangatlah penting agar anak dapat displin dan membentuk ketaatan anak.
hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat aturan :
1. Jelaskan aturan perlombaan kepada anak dan tanyakan apakah ada aturan yang belum jelas.
2. Mengajak anak menyusun aturan yang ada dalam perlombaan tadi
3. Buat kesepakatan aturan tersebut antara guru dan anak, anak dan anak
4. Contohkan terlebih dahulu
5. Jelaskan hadiah yang akan didapat anak jika anak dapat melakukan aturan tersebut
6. jelaskan konsekuensi jika anak melanggar aturan yang telah di tetapkan
Setelah menyaksikan program video ini, saya merasa sangat terinspirasi oleh pendekatan yang digunakan untuk mengajarkan aturan di kelas kepada siswa TK. Program ini menunjukkan bahwa melatih aturan tidak hanya tentang menegakkan disiplin, tetapi juga tentang menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan kondusif. Saya juga merasakan manfaat besar dari penggunaan pendekatan visual dan interaktif yang disajikan dalam video tersebut.
Saya sendiri pernah mengalami masalah serupa dalam mengajar di kelas TK, di mana sebagian siswa kesulitan untuk memahami dan mentaati aturan.
Dalam video ini dapat memberikan kita inspirasi untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas kita. Dimana disini kita dapat mempelajari bahwa untuk membiasakan hal positif pada anak-anak, kita perlu melakukan kesepakatan dengan anak sebelum melakukan kegiatan, menjelaskan aturan main dan bila perlu memberikan contoh agar anak dapat memahami secara lebih mendalam dan tidak salah persepsi atas apa yang disampaikan. Dengan membuat suasana kelas (pembelajaran) yang menyenangkan dan tersusun dengan kondusif akan menciptakan pengalaman belajar yang baik dan lebih efektif pada anak.
Vidio yg disajikan sangat menarik. Vidio tersebut mengajarkan kita bagaimana mengenalkan aturan pada anak usia dini, dalam mengenalkan aturan pada anak harus bertahap. Pada tahap awal anak jelaskan tentang pengertian aturan anak bisa kita ajak untuk membuat aturan, jelaskan tentang manfaat aturan dan konsekuensi yang ada. Dalam penerapan aturan guru harus konsisten dalam melaksanakannya agar juga teratur dan memahami aturan.
Vidio yang disajikan sangat menarik. Video tersebut mengajarkan kita bagaimana mengenalkan aturan pada anak usia dini. Dalam mengenalkan aturan pada anak harus bertahap, pada tahap awal anak jelaskan tentang pengertian aturan anak bisa kita ajak untuk membuat aturan. Jelaskan tentang manfaat aturan dan konsekuensi yang ada, dalam penerapan aturan guru harus konsisten dalam melaksanakannya agar juga bisa teratur dan memahami aturan.
ya betul aturan diawal melalui kegiatan untuk menanamkan disiplin dalam aturan bermain kepada anak usia dini sangatlah penting karna pijakan atau aturan akan tertanam oleh anak dari kecil sampai dewasa, guru berperan aktif dalam mengarahkan aturan dan berdiskusi kepada anak karna perlu waktu lama menamkan kedisiplinan, berikan aturan diawal kepada anak yaitu:
1. jelaskan terlebih dulu aturan perlombaan kepda anak
2.mengajak anak menyusun aturan
3.buat kesepatakan aturan tersebut guru dan anak dalam melibatkan aturan permain
4.beri contohkan terkelebih dahulu
5. jelaskan hadiah jika taat peraturan
6. jelaskan jika tidak menaati peraturan
Izin menanggapi video diatas🙏
Setelah menyaksikan program video tersebut, saya sangat setuju bahwa latar belakang kepribadian anak dan hubungan mereka dengan keluarga serta orang lain di rumah memiliki dampak signifikan terhadap kemampuan mereka dalam menyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Dalam pengalaman saya, saya juga menghadapi tantangan serupa dalam melatih siswa TK agar memahami dan mentaati aturan di kelas. Salah satu strategi yang berhasil saya terapkan adalah menggunakan pendekatan permainan yang interaktif. Misalnya, saya mengadakan permainan peran di mana anak-anak dapat berlatih mengikuti aturan dalam situasi yang menyenangkan. Dalam permainan ini, mereka diberi peran tertentu dan harus berinteraksi satu sama lain sambil mematuhi aturan yang telah ditetapkan. Hal ini tidak hanya membuat mereka lebih memahami aturan, tetapi juga meningkatkan keterampilan sosial mereka. Selain itu, saya juga melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran. Saya mengadakan pertemuan dengan orang tua untuk menjelaskan pentingnya konsistensi antara aturan di rumah dan di sekolah. Dengan melibatkan orang tua, anak-anak merasa lebih didukung dan memahami bahwa aturan yang ada bukan hanya berlaku di sekolah, tetapi juga di rumah. Saya percaya bahwa dengan pendekatan yang kreatif dan kolaboratif, kita dapat membantu anak-anak TK untuk secara perlahan memahami dan mentaati aturan di kelas. Saya berharap pengalaman ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan guru yang menghadapi tantangan serupa.
Terimakasih 🙏
Tidaklah mudah untuk menanamkan rasa ketaatan diri anak usia dini. Sebagai guru, kita harus mempunyai cara agar anak mentaati aturan tanpa merasa takut dan terancam. Sebagai contoh guru memberikan aturan main kepada anak. Jika anak belum dapat mentaati aturan yang telah ditetapkan guru dapat memberikan kosekuensi sebaliknya jika anak mampu mentaati aturan, guru dapat memberikan reward sebagai bentuk apresiasi atas ketaatan anak.