silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menenyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas.

 

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan dapat mentaati aturan di kelas. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.

Sri Tatminingsih

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, sebelum perlombaan
dimulai guru memberikan peraturan yang disepakati antara guru dan anak
didik sebaliknya anak-anak yang mengikuti pelombaan. Ada beberapa
langkah yang harus di ikuti: anak mengikuti peraturan yang ada dalam
perlombaan, menyusun aturan dalam perlombaan, membuat kesepakatan
bersama, memberi contoh terlebih dahulu sebelum memulai perlombaan,
pemberian hadiah untuk yang menang, konsekuensi untuk anak yang
melanggar aturan tidak mendapatkan sesuai kesepakatan bersama. Kegiatan
tersebut disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik dan
disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

250 Comments

  1. Nama: Elfa Shabri Galbina
    NIM: 857469908

    Ijin memberikan tanggapan.
    Video di atas sangat bermanfaat. Dalam video pembelajaran di atas, kita dapat belajar untuk mengajarkan anak-anak berdisiplin dan tau tata tertib atau aturan yang berlaku dari setiap permainan dan pembelajaran. Jika anak ingin memiliki disiplin yang baik, maka kita ajarkan sejak dini. Salah satu caranya seperti yang ada dalam video pembelajaran, yaitu memberitahukan peraturan sebelum permainan atau perlombaan dan memastikan anak didik faham dengan aturan yang diberikan dengan menanyakan kembali aturan yang telah disampaikan oleh pendidik (guru).
    Terima kasih.

  2. NAMA;KAMILAH FAOZIYYAH
    NIM : 857457659
    PGPAUD AKPMM
    Aturan bermain sangat penting untuk disepakati antara anak dan guru kelas. Hal ini selain untuk melatih anak disiplin dan tertib juga dapat membantu kelancaran kegiatan sehingga meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. Hal yang sudah dilakukan oleh guru pada video diatas sudah baik. Guru menyebutkan secara rinci satu persatu tahapan bermain anak serta aturannya, dan yang paling penting disampaikan ialah alasan dan resiko jika anak tidak ikut aturan. Hal ini penting agar anak sadar bahwa akan ada akibatnya jika ia tidak ikut aturan seperti jika anak melemparkan pasir keluar area maka akan mengotori bagian luar bak pasir dan akan berbahaya bagi meraka yang terkena pasir.
    Hal yang sama saya lakukan kepada anak ketika menerapkan aturan di kelas maupun di luar kela, yaitu membuat kesepakatan bersama, hal ini harus dilakukan dan dipahami anak. Dan berikan alasan yang jelas kepada anak kenapa ia harus mentaati peraturan dan resiko apa yang akan terjadi jika anak tidak mengikuti aturan. Cara agar kita tau jika anak paham adalah anak melakukan repetation aturan yang sudah disepakati. dan aturan ini berlaku kepada seluruh anak tanpa kecuali. Berikan reward jika anak dapat melakuakn kegiatan dengan mematuhi aturan yang disepakati
    Terima kasih

  3. Penerapan ketaatan aturan melalui perlombaan yang disajikan di video tersebut sangat menginspirasi para guru untuk memupuk kedisiplinan anak. dalam video tersebut guru menjelaskan aturan perlombaan dengan sangat mudah difahami oleh anak sehingga anak faham apa saja rambu-rambu yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. terimakasih…

  4. Izin menanggapi
    Nama : Farida Nur Putri
    NIM : 857521682
    Dalam video kegiatan tentang pelombaan atau competition pada kegaiatan pembelajaran anak usia dini sering di lakukan penerapan peraturan dan disiplin positif kepada anak tentang aturan perlombaan yang akan di lakukan sangatlah penting.menerapkan disiplin positip tentang aturan dalam perlombaan hmembutuhkan waktu,kesabaran,lebih kreatif dalam menerapkan peraturanjuga memberikan pengertian dari peraturan tersebut sehingga di mengerti dan di sepakati oleh semua anak,namun dalam penerapan aturan tersebut memiliki tentangan terutama dari latar belakang kepibadian anak,keluarga,serta cara bersoaial anak,pada kegiatan pelombaan atau kompetisi menumbuhkan sikap tanggung jawab atas tindakan yand di lakukan sesuai dengan peraturan dan kesepakatan sebelumnya serta kemandirian,meningkatkan kemampuan sosial dengan menerapkan disiplin positif mendorong anak anak untuk mengelola emosi terutama dalam mengahdapi kemenangan maupu kekalahan.
    disiplin positif harus di tenamkan sejak dini sesuai dengan umurnya,dengan cara seperti menjelsakan aturan perlombaan kepada anak terlebih dahulu,melibatkan anak dalam membuat aturan tersebut,melakukan kesepakatan dengan anak dan anak memahami kesepakatan aturan perelombaan tersebut,mencontohkan perlombaan tersebut sebelum memulai sehingga anak tidak kebinggungan dan bertanya pada saat perlombaan di laksanakan,memberikan hadiah atau reward kepada anak yang telah mengikuti kegiatan per,ombaan tersebut yang menang maupun yang kalah,memberitahukan konsekuensi apabila melanggar kesepakatan tersebut sehingga anak anak lebih disiplin dan mentaati peraturan perlombaan tersebut.

  5. Nama : Nurhasanah
    NIM : 858453195
    Judul Vidio : Perlombaan “Competition”

    Dalam Vidio tersebut diatas kita dapat melihat upaya guru untuk dapat menyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas.

    Berikut beberapa cara yang pernah kami terapkan dalam mengenalkan anak tentang mematuhi aturan kelas :
    Mengajarkan anak PAUD mengenali peraturan dalam berkompetisi bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil:

    1. Mulai dengan Penjelasan Sederhana
    Pengenalan Konsep: Jelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami tentang apa itu kompetisi dan mengapa peraturan penting. Misalnya, “Peraturan membantu kita bermain dengan adil dan bersenang-senang.”
    2. Gunakan Permainan
    Permainan yang Terstruktur: Ajak anak bermain permainan sederhana yang memiliki peraturan, seperti “Lomba Balap Karung” atau “Bola Kasti.” Pastikan mereka memahami peraturan sebelum mulai bermain.
    Simulasi: Buatlah situasi kompetisi sederhana di dalam kelas dan jelaskan peraturan yang harus diikuti.
    3. Bermain Peran
    Role Play: Ajak anak berperan sebagai peserta dalam kompetisi. Misalnya, bermain peran sebagai juri, peserta, dan penonton untuk memberikan pemahaman tentang berbagai peran dalam kompetisi.
    4. Diskusi Kelompok
    Refleksi Bersama: Setelah bermain, diskusikan dengan anak tentang pengalaman mereka. Tanyakan tentang peraturan yang diikuti, bagaimana perasaan mereka, dan pentingnya peraturan dalam kompetisi.
    5. Membuat Poster Peraturan
    Kegiatan Kreatif: Ajak anak membuat poster yang berisi peraturan yang telah mereka pelajari. Ini dapat membantu mereka mengingat dan memahami peraturan dengan lebih baik.
    6. Mencontohkan Perilaku Baik
    Teladan: Tunjukkan sikap sportif dan menghargai peraturan saat berkompetisi. Anak-anak belajar banyak dari contoh yang diberikan oleh orang dewasa.
    7. Pujian dan Penghargaan
    Menghargai Usaha: Berikan pujian ketika anak mengikuti peraturan dengan baik. Ini dapat mendorong mereka untuk terus menghargai peraturan dalam kompetisi di masa mendatang.
    8. Berikan Contoh Konteks Sehari-hari
    Cerita dan Pengalaman Nyata: Gunakan cerita atau contoh dari kehidupan sehari-hari yang melibatkan peraturan dalam kompetisi, seperti saat bermain di taman atau dalam permainan kelompok.
    9. Latihan Konsistensi
    Praktik Rutin: Adakan kegiatan berkompetisi secara rutin, seperti lomba lari atau permainan tim, agar anak terbiasa dengan peraturan yang berlaku.

    Dengan pendekatan yang menyenangkan dan interaktif, anak-anak PAUD dapat belajar tentang peraturan dalam berkompetisi sambil menikmati proses belajar tersebut

    Terimakasih

  6. Pramitha Nimas Imanda NIM 858975324
    Banyak sekali ilmu yang didapat melalui video mengenai “Perlombaan” dengan tujuan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas. Saya juga sangat setuju dengan adanya pembiasan dan pengulangan (repetisi) secara perlahan agar anak menghafal aturan-aturan yang sudah disepakati. Apalagi adanya timbal balik menanyakan kepada anak mengapa aturan A dibuat? Ini mengajarkan sebab-akibat kepada anak dan mereka akan mengingat aturan yang ditanyakan oleh guru.
    Kebetulan di kelas kami (kategori usia 1,5-4 tahun) konsep pembelajaran dengan perlombaan ini beberapa kali diterapkan. Pada percobaan pertama hingga ke-3, anak menjadi sangat ambisius hingga melakukan segala cara untuk menjadi yang terbaik (bersikap curang). Hal tersebut termasuk dalam masa-masa kritis dan ‘gambling’ apakah mau dilanjutkan atau tidak. Namun pada percobaan-percobaan selanjutnya, sudah menjadi jauh lebih baik dan anak-anak pada kategori usia di atas 2 tahun mampu memahami aturan yang ada bahkan mampu membantu guru menjelaskan kepada teman yang belum memahami (melanggar aturan kelas).

  7. Nama : Nur Lathifah Ekayani
    NIM : 857317968
    UT : UPBJJ UT BOGOR
    Judul : Perlombaan “Competition” – Series penerapan ketaatan peraturan melalui perlombaan “Competition”

    Saya izin memberikan komentar atas video diatas
    1. Guru berupaya menanamkan ketaatan melalui peraturan yang dibuat agar anak dapat konsif dalam bermain
    2. Guru sudah sangat jelas memberikan instruksi mana boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan untuk kebaikan bersama, seperti tidak menabur pasir selain pda tempatnya agar tidak terkena mata
    3. Guru mencontohkan perilaku baik dengan menginstruksikan anak agar belajar antri bergiliran supaya belajar tertib, disiplin dan sabar
    4. Guru menginstruksikan untuk bermain secara berkelompok, hal ini dapat mengembangkan aspek sosil emosional anak agar dapat berteman degan yang lain serta menahan ego.
    5. dalam berkompetisi ada batasan batasan yang dijelaskan dalam video diantaranya :
    buat batasan yang jelas, buat kesepakatan anatara guru dengan anak serta anak dengan anak, lalu mencontohkan dulu cara bermain, menjelaskan hadiah yang akan didapat bila anak taat peraturan , dan hukuman yang akan didapat bila melanggarnya

  8. Bismillah

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Ijin menanggapi Video di atas
    Di video di atas mengajarkan anak mengenai peraturan , mengajarkan anak peraturan sedari dini sangat lah penting di mana Usia dini sangat mudah masuk informasi yang di terimanya lalu di lakukan dalam aktivitas sehari hari, kita harapkan yang masuk adalah hal -hal yang positif.
    dan hal ini anak di ajarkan untuk mentaati peraturan yang di mana, saat ini banyak masyarakat mengetahui peraturan tapi tidak di taati. apalagi peraturan hidup yang tidak terlis itu sangat jarang di lihat ada orang yang menyadari hal tersebut.
    peraturan mengajarkan anak untuk di siplin . sebagai bekal mereka di masadepannya sehingga menjadi masyarakat yang tertib dan teratur.
    Mungkin itu pendapat saya
    Terimakasih atas kesempatannya
    wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

  9. Pernyataan bahwa latar belakang keluarga dan hubungan anak dengan orang lain di rumah sangat mempengaruhi kemampuan anak dalam beradaptasi di lingkungan sekolah, khususnya dalam mematuhi aturan, merupakan hal yang sangat benar. Anak-anak adalah cerminan lingkungan terdekatnya. Pengalaman di rumah, baik itu pola asuh, interaksi sosial, maupun nilai-nilai yang ditanamkan, akan membentuk karakter dan perilaku anak saat berinteraksi dengan orang lain, termasuk guru dan teman sebaya di sekolah.

  10. Assalamualaikum wr wb
    Nama : ZARMINI
    NIM : 855769568

    Video ini sangat menarik, dan memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara seorang guru memberikan peraturan kepada anak dalam kegiatan perlombaan atau permainan serta membuat kesepakatan bersama anak sebelum kegiatan di mulai.

    Dalam membuat aturan kegiatan perlombaan untuk anak, guru perlu menjelaskan dengan kalimat yang dapat dimengerti (sederhana) dan diikuti oleh anak, serta konsekuensi yang diterima jika anak melanggar peraturan yang disepakati bersama.
    Dengan melakukan pengulangan pada awal akan melakukan kegiatan permulaan merupakan trik bagi guru dalam memberikan penguatan pada peraturan ke anak.
    Menanamkan disiplin pada anak melalui berbagai kegiatan terutama dalam perlombaan sangat perlu diterapkan. Dengan pembiasaan yang ada pada peraturan-peraturan anak akan terlatih untuk disiplin dan mengerti akan pentingnya aturan dalam sebuah perlombaan atau permainan.
    Terima kasih.

    Wassalamualaikum wr wb

Leave a Reply