silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menenyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas.

 

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan dapat mentaati aturan di kelas. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.

Sri Tatminingsih

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, sebelum perlombaan
dimulai guru memberikan peraturan yang disepakati antara guru dan anak
didik sebaliknya anak-anak yang mengikuti pelombaan. Ada beberapa
langkah yang harus di ikuti: anak mengikuti peraturan yang ada dalam
perlombaan, menyusun aturan dalam perlombaan, membuat kesepakatan
bersama, memberi contoh terlebih dahulu sebelum memulai perlombaan,
pemberian hadiah untuk yang menang, konsekuensi untuk anak yang
melanggar aturan tidak mendapatkan sesuai kesepakatan bersama. Kegiatan
tersebut disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik dan
disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

254 Comments

  1. Nama : Ketut Bella Indriana
    NIM : 859018381
    Prodi : S1 PGPAUD
    Perlombaan anak usia dini adalah kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat untuk membantu anak-anak mengembangkan berbagai keterampilan, seperti:
    • Keterampilan motorik: Perlombaan yang melibatkan aktivitas fisik, seperti lari, lompat, dan melempar, membantu anak-anak mengembangkan koordinasi dan keseimbangan.
    • Keterampilan kognitif: Perlombaan yang melibatkan teka-teki, permainan, dan aktivitas kreatif, membantu anak-anak mengembangkan kemampuan berpikir, memecahkan masalah, dan belajar.
    • Keterampilan sosial: Perlombaan yang melibatkan kerja sama dan interaksi dengan teman sebaya, membantu anak-anak belajar berkolaborasi, berbagi, dan menghormati orang lain.
    • Kemandirian: Perlombaan yang mendorong anak-anak untuk mencoba hal baru dan mengatasi tantangan, membantu mereka membangun rasa percaya diri dan kemandirian.
    Penting untuk memilih perlombaan yang sesuai dengan usia dan kemampuan anak-anak. Hindari perlombaan yang terlalu kompetitif atau menantang bagi anak-anak. Tujuan utama perlombaan adalah untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermanfaat bagi anak-anak.
    Terimakasih 🙏

  2. NAMA : Sugiarti
    NIM : 857621649
    Progdi : S1 PGPAUD

    Dalam video tersebut guru mengajak anak-anak mengikuti perlombaan sederhana seperti melempar bola sebagai media pembelajaran yang menggabungkan aspek motorik dan nilai sportivitas. Aktivitas ini dirancang untuk meningkatkan motivasi, kerja sama, sekaligus menanamkan semangat sportif dalam kerangka pembelajaran usia dini.”
    adapun dalam perlombaan anak dapat meningkatkan kemandirian, dan anak dapat menumbuhkan rasa bahagia terhadap kemenangan orang lain dan memberi selamat kepada teman yang bisa melakukanya,
    guru juga bisa memilih beberapa perlombaan yang sesuai dengan kemampuan anak usia dini. tujuan utama lomba adalah untuk memberikan pengalaman anak dalam bersosialisasi dan mandiri dan tentunya membuata anak senang. terimaksih…

  3. Nama: Amalia Erin Triana
    NIM: 858102827
    Prodi : S1 PGPAUD

    Berdasarkan video tersebut, pada saat penggunaan metode dan penyampaian informasi terkait peraturan yang harus diperhatikan akan sangat mempengaruhi ketertiban anak-anak pada saat proses belajar maupun bermain. Selain itu juga penggunaan metode dapat mempengaruhi minat dan keinginan anak-anak untuk ikut dalam permainan tersebut.

    Terimakasihhh

  4. Nama : Fimanila Nina Amelia
    NIM : 859685006
    Prodi : S1 PGPAUD

    Sebagai guru PAUD dan mahasiswa, video tentang perlombaan “competition” sangat permanfaat bagi saya. Saya dapat mempelajari metode praktis mengajarkan disiplin pada anak PAUD, meningkatkan keterampilan manajemen kelas, dan menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Video ini juga memperkaya pemahaman teori pembelajaran yang telah saya pelajari, mempersiapkan saya untuk menjadi guru yang lebih profesional, dan memberikan inspirasi untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lebih inovatif di kelas.

Leave a Reply