silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menenyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas.

 

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan dapat mentaati aturan di kelas. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.

Sri Tatminingsih

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, sebelum perlombaan
dimulai guru memberikan peraturan yang disepakati antara guru dan anak
didik sebaliknya anak-anak yang mengikuti pelombaan. Ada beberapa
langkah yang harus di ikuti: anak mengikuti peraturan yang ada dalam
perlombaan, menyusun aturan dalam perlombaan, membuat kesepakatan
bersama, memberi contoh terlebih dahulu sebelum memulai perlombaan,
pemberian hadiah untuk yang menang, konsekuensi untuk anak yang
melanggar aturan tidak mendapatkan sesuai kesepakatan bersama. Kegiatan
tersebut disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik dan
disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

280 Comments

  1. Dalam video tersebut menurut saya sudah cukup baik, guru menjelaskan terlebih dahulu peraturan-peraturan dalam permainannya sebelum di lakukan. Guru juga mengingatkan anak tentang hal yang tidak boleh dilakukan serta akibat jika hal tersebut dilakukan. Hal tersebut dapat membantu anak untuk terbiasa mentaati peraturan.

    Pada tayangan video dengan judul menanamkan ketaatan aturan dengan perlombaan/competition tampak bahwa guru memberikan peraturan yang disepakati antara guru dan anak. video tersebut guru kesulitan saat berhadapan dengan anak baru terutama dengan taat aturan disiplin dalam kelas, terlihat dalam video guru kreatif agar anak-anak taat aturan tanpa merasa takut dan terancam dengan cara bermain dalam bak pasir dengan arahan guru, kegiatan kedua tebak pantomim, guru menjelaskan aturan bermain mudah di pahami oleh anak sehingga terlaksananya perlombaan anak bisa menikmati dengan senang, bagus untuk dilakukan sebagai guru PAUD.

    Dalam video tersebut menurut saya sudah cukup baik, guru menjelaskan terlebih dahulu peraturan-peraturan dalam permainannya sebelum di lakukan. Guru juga mengingatkan anak tentang hal yang tidak boleh dilakukan serta akibat jika hal tersebut dilakukan. Hal tersebut dapat membantu anak untuk terbiasa mentaati peraturan.

    Pada tayangan video dengan judul menanamkan ketaatan aturan dengan perlombaan/competition tampak bahwa guru memberikan peraturan yang disepakati antara guru dan anak. video tersebut guru kesulitan saat berhadapan dengan anak baru terutama dengan taat aturan disiplin dalam kelas, terlihat dalam video guru kreatif agar anak-anak taat aturan tanpa merasa takut dan terancam dengan cara bermain dalam bak pasir dengan arahan guru, kegiatan kedua tebak pantomim, guru menjelaskan aturan bermain mudah di pahami oleh anak sehingga terlaksananya perlombaan anak bisa menikmati dengan senang, bagus untuk dilakukan sebagai guru PAUD.

  2. Dalam video tersebut menurut saya sudah cukup baik, guru menjelaskan terlebih dahulu peraturan-peraturan dalam permainannya sebelum dilakukan. Guru juga mengingatkan anak tentang hal yang tidak boleh dilakukan serta akibat jika hal tersebut dilakukan. Hal tersebut dapat membantu anak untuk terbiasa menaati peraturan. Pada tayangan video dengan judul menanamkan ketaatan aturan dengan perlombaan/competetion tampak bahwa guru memberikan peraturan yang disepakati antara guru dan anak. video tersebut guru kesulitan saat berhadapan dengan anak baru terutama dengan aturan disiplin dalam kelas, terlihat dalam video guru kreatif, agar anak-anak taat aturan tanpa merasa takut pada saat bermain dalam bak pasir dengan arahan guru. Kegiatan kedua tebak pantonim. Guru menjelaskan aturan bermain mudah dipahami oleh anak sehingga terlaksananya perlombaan anak bisa menikmati dengan senang bagus untuk dilakukan sebagai guru paud.

  3. Nama : Linsa Aprilia Buring
    NIM : 858400156
    dalam vidido di atas menunjukkan suatu kegiatan pembelajaran yang masih nampak guru dominan dalam memotivasi anak, membuat kesepakatan main dengan anak sangatlah penting, karena untuk melatih disiplin dan pembiasaan rapi, namun perlu diperhatikan bahwa anak harus pada posisi yang nyaman, bisa dilakukan dengan duduk, guru pun duduk sejajar dengan anak. sebisa mungkin menghindari kata “tidak boleh”, pemilihan kata itu bisa diganti dengan kata yang lebih halus untuk anak, misalnya “kita semua harus menjaga agar pasir tidak kemana-mana dengan cara tidak melempar pasir”. saya sangat setuju dengan pemberian reward, karena itu akan memicu semangat anak untuk berkembang maksimal. terimakasih

  4. Menurut saya, dalam video diatas sudah menunjukkan cara melatih dan menunjukkan anak tentang displin akan peraturan permainan. Terlihat dalam video jika guru nya merupakan orang yang kreatif dan juga menjaga anak agar tetap displin dan taat pada peraturan permainan dan juga mampu memberikan contoh serta pemahaman yang baik. Sehingga anak yang melihat pun mampu segera paham dengan apa yang di maksudkan oleh guru tersebut.

  5. berdasarkan dari video diatas sudah menunjukkan bahwasanya guru nya sudah memberikan contoh yang baik sehingga anak nya mampu untuk mengikuti dan menaati peraturan yang diberikan guru selama kegiatan bermain berlangsung

  6. Nama : Vivi
    NPM: 856099748

    berdasarkan dari video diatas sudah menunjukkan bahwasanya guru nya sudah memberikan contoh yang baik sehingga anak nya mampu untuk mengikuti dan menaati peraturan yang diberikan guru selama kegiatan bermain berlangsung

  7. Nama : Hilman Kusmayadi
    NIM : 857507183
    Jurusan : PGPAUD S1
    Pokjar : Gambir
    Nama Tutor : Dian Budiana, M.Pd
    Judul Video GPO “Perlombaan, Competition”
    Bismillah, Penanaman disiplin pada anak usia dini tidaklah mudah. Diperlukan kesabaran dan strategi untuk membuat anak mentaati aturan tanpa merasa takut dan terancam. Dalam video tersebut guru memberikan peraturan permainannya. Dengan memberikan aturan anak bisa belajar disiplin. Kegiatan bermain pasir dan permainan pantomim pada video tersebut mengandung beberapa aspek perkembangan yaitu kognitif, sosial emosional, fisik motorik, seni, moral agama dan bahasa. Dalam permainan ini guru menggunakan metode bermain peran yang dapat mengasah beberapa aspek perkembangan anak usia dini. Meskipun anak asyik bermain tapi guru tetap harus mengawasi kegiatan anak, jangan sampai lengah. Media bermain pasir jika guru lengah bisa anak lempar ke temannya dan membuat mata perih dan dapat membuat suasana kelas tidak kondusif.

  8. Nama : Mar’atul Mukaromah
    NIM : 858937331
    UPBJJ : Jember
    Pokjar : Genteng C

    Menurut pendapat saya tentang vidio pembelajaran yang berjudul Perlombaan “competition” pada vidio tersebut belum menggambarkan seperti competition karena guru hanya memberikan pertanyaan sekilas dan langsung bermain bersama. kelebihan guru sudah menjelaskan aturan sebelum bermain untuk menanamkan sikap disiplin ketika bermain bak pasir. kelemahan, pada permainan kedua guru tidak membuat aturan sebelum permainan sehingga anak tidak memperhatikan dan asyik bermain sendiri. guru tidak memberikan contoh dan reward kepada anak yang dapat melakukan competition

  9. Menurut saya dalam video tersebut guru sudah sangat baik sekali mengajarkan anak untuk disiplin dengan melalui berbagai aturan dalam lomba atau permainan

  10. Nama : Mafazil Uyun
    NIM : 859170861
    Prodi : PGPAUD

    Dalam video ini dapat dilihat bahwa sebelum memulai perlombaan ada beberapa hal yang harus dilakukan, pertama guru harus menjelaskan aturan permainan dan menanyakan kepada anak apakah ada aturan yang belum dipahami, kedua guru memngajak anak menyusun aturan dalam perlombaan, ketiga guru membuat kesepakatan dengan anak yang mengikuti perlombaan, keempat sebelum perlombaan dimulai guru harus memberikan contoh terlebih dahulu, kelima guru menjelaskan hadiah yang akan diperoleh anak jika anak tersebut taaat aturan, keenam guru menjelaskan konsekuensi yang akan diperoleh anak jika melanggar aturan yang telah ditentukan.

Leave a Reply