Perlombaan “Competition”

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menenyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas.

 

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan dapat mentaati aturan di kelas. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.

Sri Tatminingsih

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, sebelum perlombaan
dimulai guru memberikan peraturan yang disepakati antara guru dan anak
didik sebaliknya anak-anak yang mengikuti pelombaan. Ada beberapa
langkah yang harus di ikuti: anak mengikuti peraturan yang ada dalam
perlombaan, menyusun aturan dalam perlombaan, membuat kesepakatan
bersama, memberi contoh terlebih dahulu sebelum memulai perlombaan,
pemberian hadiah untuk yang menang, konsekuensi untuk anak yang
melanggar aturan tidak mendapatkan sesuai kesepakatan bersama. Kegiatan
tersebut disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik dan
disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

  • Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol…

  • Pesan Berbisik

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu…

  • Senam Tradisional

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan…

  • Cara tepat mengenalkan IT pada Anak (literasi digital)

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Teknologi bagi anak usia dini bukanlah hal yang baru. Anak-anak generasi Z hidup di dalam era teknologi yang sudah sangat berkembang. Bagi generasi-Z, memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran bukanlah hal yang sulit. Tanpa dilatih, mereka sudah bisa menggunakan perangkat teknologi dengan baik. Bagi anak-anak usia dini,…

  • Tebak Pantomim

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam video ini menyajikan  gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui  kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan…

  • Anak Belum Mandiri

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program video ini diperlihatkan upaya guru untuk memberikan toleransi kepada orangtua untuk berada di kelas selama masa orientasi. Guru bekerjasama dengan orangtua untuk memotivasi anak dari agar mandiri dan tidak menangis saat ditinggalkan orangtuanya. Guru mempersilahkan orangtua untuk melepas anak secara bertahap. Kemudian guru…

263 Comments

  1. Nama : Rosnah
    Nim : 859816224
    Pokjar : Rate-rate
    Upbjj : Kendari
    Setelah melihat vidio tentang perlombaan ,Menurut saya kegiatan perlombaan yang dilakukan guru sangat menarik sehingga anak didik semangat mengikuti perlombaan tersebut.Melalui perlombaan dapat menstimulasi berbagai perkembangan anak.dapat melatih kedisiplinan anak dalam mematuhi aturan dalam lomba dan tau cara membedakan aturan yang berlaku disaat lomba dan disaat bermain biasa.

  2. Nama : Nabiilah
    NIM : 859527965
    Menurut saya vidio tersebut sangat bermanfaat bagi kita sebagai pendidik/guru PAUD, dalam vidio tersebut menjelaskan bahwa menanamkan disiplin dan mengenalkan taat aturan pada anak usia dini tidak mudah, karena membutuhkan waktu dan kesabaran untuk membiasakannya, untuk itu seorang guru diharuskan lebih kreatif untuk menemukan cara agar anak mentaati aturan tanpa merasa takut dan terancam.

    Pada anak usia dini disiplin harus ditanamkan secara perlahan dan disesuaikan sesuai umurnya, jika anak belum mampu mentaati aturan ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh seorang guru dalam melakukan perlombaan, yaitu :
    1. Jelaskan lebih dulu aturan perlombaan pada anak dan menanyakan apakah ada aturan yang belum jelas
    2. Mengajak anak untuk menyusun aturan
    3. Buat kesepakatan aturan tersebut antara guru dengan anak dan antara anak dengan anak yang terlibat dalam permainan
    4. Contohkan terlebih dahulu
    5. Jelaskan hadiah yang dapat diperoleh anak jika anak tersebut taat pada aturan
    6. Jelaskan konsekuensi yang diperoleh anak jika anak melanggar aturan yang telah ditetapkan

  3. Nama : Uswah Fauziah
    Nim : 857397689
    Prodi : PGPAUD

    Dengan melihat video ini, sebagai guru saya jadi mengetahui betapa pentingnya mengajarkan anak disiplin dan taat peraturan secara bertahap dan menyenangkan. karena bertahap anak jadi terbiasa menggunakannya ketika melakukan kegiatan lain.
    di video ini juga mengajarkan bagaimana cara guru mengatur kelas supaya tertib.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/
https://topweddinglists.com/liga99/https://topweddinglists.com/priaqq/https://topweddinglists.com/lonteqq/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/https://mtvsz.hu/sb/pkvgames/https://mtvsz.hu/sb/idn-poker/https://mtvsz.hu/sb/dominoqq/https://mtvsz.hu/sb/bandarqq/
https://mtvsz.hu/https://www.sistemasuni.edu.pe/
https://prajaiswara.jambiprov.go.id/https://lpm.stital.ac.id/https://pjm.mercubuana.ac.id/https://sipil.teknik.untan.ac.id/https://teknik.untan.ac.id/https://id.pandamgadang.com/ https://dishub.jakarta.go.id/visi-misi/