silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menenyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas.

 

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan dapat mentaati aturan di kelas. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.

Sri Tatminingsih

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, sebelum perlombaan
dimulai guru memberikan peraturan yang disepakati antara guru dan anak
didik sebaliknya anak-anak yang mengikuti pelombaan. Ada beberapa
langkah yang harus di ikuti: anak mengikuti peraturan yang ada dalam
perlombaan, menyusun aturan dalam perlombaan, membuat kesepakatan
bersama, memberi contoh terlebih dahulu sebelum memulai perlombaan,
pemberian hadiah untuk yang menang, konsekuensi untuk anak yang
melanggar aturan tidak mendapatkan sesuai kesepakatan bersama. Kegiatan
tersebut disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik dan
disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

280 Comments

  1. Nama : Rosnah
    Nim : 859816224
    Pokjar : Rate-rate
    Upbjj : Kendari
    Setelah melihat vidio tentang perlombaan ,Menurut saya kegiatan perlombaan yang dilakukan guru sangat menarik sehingga anak didik semangat mengikuti perlombaan tersebut.Melalui perlombaan dapat menstimulasi berbagai perkembangan anak.dapat melatih kedisiplinan anak dalam mematuhi aturan dalam lomba dan tau cara membedakan aturan yang berlaku disaat lomba dan disaat bermain biasa.

  2. Nama : Nabiilah
    NIM : 859527965
    Menurut saya vidio tersebut sangat bermanfaat bagi kita sebagai pendidik/guru PAUD, dalam vidio tersebut menjelaskan bahwa menanamkan disiplin dan mengenalkan taat aturan pada anak usia dini tidak mudah, karena membutuhkan waktu dan kesabaran untuk membiasakannya, untuk itu seorang guru diharuskan lebih kreatif untuk menemukan cara agar anak mentaati aturan tanpa merasa takut dan terancam.

    Pada anak usia dini disiplin harus ditanamkan secara perlahan dan disesuaikan sesuai umurnya, jika anak belum mampu mentaati aturan ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh seorang guru dalam melakukan perlombaan, yaitu :
    1. Jelaskan lebih dulu aturan perlombaan pada anak dan menanyakan apakah ada aturan yang belum jelas
    2. Mengajak anak untuk menyusun aturan
    3. Buat kesepakatan aturan tersebut antara guru dengan anak dan antara anak dengan anak yang terlibat dalam permainan
    4. Contohkan terlebih dahulu
    5. Jelaskan hadiah yang dapat diperoleh anak jika anak tersebut taat pada aturan
    6. Jelaskan konsekuensi yang diperoleh anak jika anak melanggar aturan yang telah ditetapkan

  3. Nama : Uswah Fauziah
    Nim : 857397689
    Prodi : PGPAUD

    Dengan melihat video ini, sebagai guru saya jadi mengetahui betapa pentingnya mengajarkan anak disiplin dan taat peraturan secara bertahap dan menyenangkan. karena bertahap anak jadi terbiasa menggunakannya ketika melakukan kegiatan lain.
    di video ini juga mengajarkan bagaimana cara guru mengatur kelas supaya tertib.

  4. Menurut saya menarik sekali videonya! saya suka bagaimana video ini menunjukkan bagaimana perlombaan bisa menjadi strategi efektif untuk membantu anak TK belajar mematuhi aturan di kelas.
    Beberapa poin yang menurutku bagus:

    1. Guru memberikan aturan yang jelas dan disepakati bersama anak. Ini penting karena anak-anak akan lebih mudah memahami dan mengikuti aturan jika mereka terlibat dalam pembuatannya.
    2. Guru memberikan contoh terlebih dahulu. Ini membantu anak-anak memahami apa yang diharapkan dari mereka dan bagaimana mereka harus berperilaku.
    3. Penghargaan dan konsekuensi yang jelas. Ini membantu anak-anak memahami bahwa ada reward untuk mengikuti aturan dan hukuman untuk melanggarnya.
    Secara keseluruhan, video ini memberikan contoh yang bagus tentang bagaimana melatih anak TK untuk mematuhi aturan.

  5. Nama: Anis Salista Elmalia
    NIM: 878188647
    Prodi: PGPAUD
    Menurut saya menarik sekali videonya! saya suka bagaimana video ini menunjukkan bagaimana perlombaan bisa menjadi strategi efektif untuk membantu anak TK belajar mematuhi aturan di kelas.
    Beberapa poin yang menurutku bagus:

    1. Guru memberikan aturan yang jelas dan disepakati bersama anak. Ini penting karena anak-anak akan lebih mudah memahami dan mengikuti aturan jika mereka terlibat dalam pembuatannya.
    2. Guru memberikan contoh terlebih dahulu. Ini membantu anak-anak memahami apa yang diharapkan dari mereka dan bagaimana mereka harus berperilaku.
    3. Penghargaan dan konsekuensi yang jelas. Ini membantu anak-anak memahami bahwa ada reward untuk mengikuti aturan dan hukuman untuk melanggarnya.
    Secara keseluruhan, video ini memberikan contoh yang bagus tentang bagaimana melatih anak TK untuk mematuhi aturan.

  6. Nama : GRACEA PINGKAN SEPTIANA
    NIM : 858995641

    Menurut saya, pengaruh latar belakang anak dan keluarga sebagai berikut:
    1. Setiap anak memiliki kepribadian yang unik, yang dipengaruhi oleh pengalaman hidup, lingkungan, dan interaksi sosial. Anak yang berasal dari keluarga yang mendukung dan memberikan perhatian cenderung lebih percaya diri dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, termasuk di kelas. Sebaliknya, anak yang mengalami kesulitan di rumah, seperti: kurangnya perhatian atau dukungan, mungkin mengalami kesulitan dalam beradaptasi dan mematuhi aturan.
    2. Interaksi anak dengan anggota keluarga dan teman sebaya di rumah sangat mempengaruhi perkembangan sosial dan emosional mereka. Anak yang terbiasa berinteraksi dengan baik di rumah akan lebih mudah beradaptasi dengan teman – teman di sekolah. Mereka belajar tentang empati, berbagi, dan bekerjasama yang merupakan keterampilan penting dalam mematuhi aturan di kelas.

    Strategi Perlombaan dalam Pembelajaran (pada video diatas):
    1. Mengadakan perlombaan di kelas dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan anak. Perlombaan yang dirancang dengan baik dapat menarik perhatian anak dan membuat lebih antusias untuk berpartisipasi. Keterlibatan ini penting untuk menciptakan suasana belajar yang positif.
    2. Dalam konteks perlombaan, anak – anak dapat belajar tentang aturan dengan cara yang menyenangkan. Misalnya, guru dapat menjelaskan aturan permainan dan mengapa aturan tersebut penting. Dengan cara ini, anak – anak tidak hanya mendengar tentang aturan, akan tetapi juga mengalami langsung bagaimana mematuhi aturan yang menyenangkan.
    3. Perlombaan dapat mendorong anak – anak untuk berinteraksi dengan teman – teman, belajar bekerjasama, dan menghargai satu sama lain, belajar tentang sportivitas yaitu menerima kemenangan dan kekalahan dengan baik, yang merupakan bagian dari mematuhi aturan.
    4. Ketika anak – anak berpartisipasi dalam perlombaan dan merasakan pencapaian, baik itu dalam bentuk kemenangan atau usaha yang baik, anak akan merasa lebih percaya diri. Percaya diri dapat membantu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan kelas dan mematuhi aturan yang ada.
    5. Setelah perlombaan, penting bagi guru untuk memberikan umpan balik yang positif bagi anak – anak. Diskusi tentang apa yang dipelajari dari pengalaman tersebut, baik tentang aturan maupun interaksi sosial yang dapat memperkuat pemahaman anak dan mendorong untuk terus mematuhi aturan di kelas.
    Terima Kasih.

  7. Nama: Josika Madelin Zhalikhahrani
    Nim: 857654851
    Dari vidio diatas saya sangat setuju bahwa anak belajar sambil bermain dengan metode perlombaan dapat meningkatkan semangat dan antusias anak dalam mengembangkan beberapa aspek yaitu kedisiplinan dalam mematuhi aturan saat berlomba maupun saat bermain biasa.

  8. Nama : Keisya Natania Hidayah
    NIM : 858015193

    Izin menanggapi video tersebut,

    Setelah menyaksikan program video tentang pengaruh kepribadian, latar belakang anak, dan hubungan mereka dengan orang lain di rumah terhadap kemampuan menyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas, saya menyadari pentingnya pendekatan holistik dalam pendidikan anak usia dini. Setiap anak memiliki latar belakang dan cara belajar yang unik, yang perlu dipahami untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif.

    Dalam pengalaman saya sebagai guru TK, saya menghadapi tantangan dalam melatih siswa untuk memahami dan mematuhi aturan di kelas. Saya menerapkan beberapa strategi, antara lain:
    1. Membuat Aturan Bersama: Mengajak anak-anak berdiskusi dan merumuskan aturan kelas agar mereka merasa memiliki tanggung jawab.
    2. Permainan Berbasis Aturan: Mengadakan permainan seperti “Simon Says” untuk mengajarkan kepatuhan terhadap aturan dengan cara yang menyenangkan.
    3. Pujian dan Penghargaan: Memberikan pujian kepada anak-anak yang mematuhi aturan untuk meningkatkan motivasi dan menciptakan suasana positif.
    4. Refleksi Setelah Kegiatan: Mengajak anak-anak merefleksikan pengalaman mereka untuk memahami pentingnya aturan.
    5. Keterlibatan Orang Tua: Melibatkan orang tua dalam mendukung penerapan aturan di rumah untuk menciptakan konsistensi.

    Melalui pendekatan interaktif ini, saya berhasil membantu siswa TK memahami dan mematuhi aturan di kelas. Pengalaman ini menunjukkan bahwa melibatkan anak-anak dalam proses pembelajaran dan menciptakan lingkungan positif dapat membantu mereka menyesuaikan diri dan berperilaku sesuai harapan. Saya berharap pengalaman ini bermanfaat bagi rekan sejawat guru yang menghadapi tantangan serupa.

  9. Nama: Retno Ayu Sita Devi (877956673)

    Solusi yang dijabarkan dalam video tersebut sangat bermanfaat untuk penerapan ketaatan anak melalui kegiatan perlombaan. Dengan perlombaan ketaatan, anak akan lebih memahami tentang aturan yang diberikan guru dengan baik tanpa merasa dipaksa.
    Hal yang dilakukan guru apabila anak belum mampu mentaati peraturan antara lain:
    1. Menjelaskan aturan perlombaan
    2. Mengajak anak menyusun aturan
    3. Membuat kesepakatan aturan
    4. Memberi contoh terlebih dahulu
    5. Menjelaskan hadiah yang akan didapatkan apabila anak taat pada aturan
    6. Menjelaskan konsekuensi jika anak melanggar aturan

    Demikian tanggapan dari saya. Jika ada kurangnya mohon maaf yang sebesar besarnya. Terimakasih

  10. Nama: Vira Kusmawati
    NIM: 857857557
    Prodi: PGPAUD

    Dari video yang terdapat dalam Guru Pintar Online mengenai Membentuk Ketaatan Peraturan Anak Usia Dini dengan judul Perlombaan “Competition” bahwa pada masa awal proses pembelajaran kadang guru mengalami kesulitan saat berhadapan dengan anak baru terutama dalam menerapkan aturan dan disiplin di dalam kelas. Menanamkan disiplin dan taat aturan pada anak usia dini tidkalah mudah karena dibutuhkan waktu dan kesabaran untuk membiasakannya. Untuk itu, seorang guru diharuskan lebih kreatif untuk menemukan cara agar anak-anak mentaati aturan tanpa merasa takut dan terancam. Contoh; guru mengajak anak untuk bermain di dalam bak pasir, akan tetapi ada peraturan yang harus ditaati
    Pada anak usia dini disiplin harus ditanamkan secara perlahan dan juga disesuaikan dengan umurnya. Jika seorang anak belum mampu mentaati aturan ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh seorang guru, contoh: seorang guru memperagakan gerakan pantomime dan anak-anak disuruh menebak.
    Pertama, jelaskan terlebih dahulu aturan perlombaan kepada anak dan menanyakan apakah ada aturan yang belum jelas.
    Kedua, mengajak anak untuk menyusun aturan seperti aturan dalam perlombaan tersebut.
    Ketiga, buat kesepakatan aturan tersebut antara guru dan anak, antara anak dengan anak yang terlibat dalam permainan.
    Keempat, contohkan terlebih dahulu
    Kelima, jelaskan hadiah yang dapat diperoleh anak jika anak tersebut mampu taat pada aturan
    Terakhir jelaskan konsekuensi yang diperoleh anak jika anak mampu mentaati aturan yang telah ditetapkan.
    Terimakasih.

Leave a Reply