silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.

Sri Tatminingsih

a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.

b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.

d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.

Rahmawati

Similar Posts

567 Comments

  1. nama : fitria sarif
    nim : 85570885
    setelah melihat vidio yang berjudul ” pesan berbisik ” yang sangat bermanfaat dan menginspirasi sekali untuk saya terapkan di sekolah saya.karena dalam vidio tersebut mengembangkan motorik kasar dan pengembangan bahasa yang sangat menarik dan anak anak sangat antusias dalam proses belajar.guru menjelaskan materi sangat jelas dan menarik dengan cara memodivikasi permainan yang menstimulasi motorik kasar misalnya melompat secara zig zag.kemudian menyampaikan pesan berbisik dengan cara menyediakan kartu gambar binatang.dengan sistem belajar yang demikian anak anak sangat tertarik dan tidak bosan dalam menjalani proses belajar

  2. Nama = Reni Falevy
    NIM = 858192452

    Permainan pesan berbisik yang diilustrasikan dalam video tersebut tampaknya menjadi alternatif yang menarik dan efektif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan keterampilan motorik anak-anak. Melalui kegiatan ini, anak-anak tidak hanya diberikan kesempatan untuk bergerak aktif, tetapi juga untuk memperbaiki koordinasi, keseimbangan, dan kemampuan motorik halus mereka.

    Pendekatan permainan seperti ini juga memungkinkan guru untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan interaktif, karena melibatkan unsur permainan dan tantangan yang menarik bagi anak-anak. Selain itu, penggunaan kartu dengan gambar dapat membantu memperjelas instruksi dan memicu imajinasi anak-anak.

    Dengan demikian, permainan pesan berbisik ini tidak hanya mengembangkan keterampilan motorik anak, tetapi juga mempromosikan kegiatan fisik yang sehat dan menyenangkan di lingkungan pendidikan anak usia dini.

    Manfaat =
    Saya melihat video pembelajaran dari portal Guru Pintar sebagai sumber yang potensial bagi saya dan rekan-rekan guru PAUD/TK. Konten video haruslah disusun dengan teliti, memastikan relevansi dengan perkembangan anak usia dini dan memenuhi prinsip-prinsip pendidikan yang terbukti efektif. Dalam video, keterlibatan anak harus dikedepankan dengan menggunakan elemen-elemen yang menarik seperti permainan, lagu, dan interaksi langsung. Bahasa yang digunakan haruslah sederhana dan jelas agar dapat dipahami oleh anak-anak serta guru. Selain itu, variasi materi pembelajaran yang mencakup berbagai aspek pengembangan anak akan sangat membantu dalam memperluas repertoar pembelajaran kami. Namun, penting juga untuk memastikan bahwa video-video tersebut mudah diakses dan didukung dengan sumber daya tambahan seperti panduan pengajaran dan aktivitas tambahan. Dengan demikian, video pembelajaran dari Guru Pintar dapat menjadi alat yang bermanfaat bagi kami dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan memperkaya pengalaman pembelajaran anak-anak.

  3. Nama : Siti Rohmah
    NIK : 857856018
    Mata Kuliah : Profesionalitas Guru PAUD
    Assalamu’alaikum wr wb
    Vidionya sangat bagus, menginspirasi saya dalam proses belajar mengajar dengan metode tersebut supaya anak makin tertarik untuk belajar motorik. Terima kasih,
    Wassalamu’alaikum wr wb

  4. Nama : Hidayatun Nahariyah
    NIM : 858538009
    Judul Video : Pesan Berbisik

    Video yang sangat bagus dan menginspirasi.Untuk pesan berbisik sudah pernah beberapa kali saya praktekkan,namun di dalam permainannya saya hanya berbisik menggunakan kata kata yang sesuai dengan tema yang dipelajari.Setelah saya melihat video di atas,saya sangat senang dan mendapatkan inspirasi bahwa permainan pesan berbisik bisa di tambahkan atau di gabungkan dengan permainan yang lain yang bisa digunakan untuk menstimulasi beberapa aspek perkembangan anak sekaligus.Jika di video tadi diperlihatkan permainan pesan berbisik yang mampu menstimulasi aspek motorik kasar dan bahasa anak,saya bisa mempraktekkan permainan tersebut dengan memodivikasinya untuk menstimulasi aspek perkembangan yang lain.misalnya ketika saya ingin menstimulasi motorik dan kognitif anak,saya bisa menggunakan kartu dengan gambar bentuk geometri.

    Terimakasih

  5. Nama: Difa Rihlati Fadhilah
    NIM: 859655271

    Dari video pembelajaran tersebut, dapat disaksikan bahwa anak diberikan kesempatan langsung untuk mencoba dan ikut terlibat dalam setiap kegiatannya, yaitu bermain pesan berbisik, bercerita, melakukan tanya jawab, melakukan gerakan melompat, berjalan mengikuti perintah, dan lainnya. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh anak di sini mungkin terlihat seperti bermain-main saja, namun hal ini sejatinya adalah proses belajar bagi anak yang bermakna dan praktis. Sebagaimana karakteristik pendidikan anak usia dini yaitu bermain merupakan pembelajaran bagi anak. Dengan melompat, berjalan sesuai arahan, atau berlari, dapat membantu perkembangan motorik kasarnya, dan dengan bercerita, melakukan tanya jawab, dan bermain pesan berbisik dapat membantu perkembangan aspek bahasa pada anak.

    Melalui kegiatan pembelajaran pada video ini, banyak kemampuan serta perkembangan anak yang dapat diases, di mana anak dapat melakukan tanya jawab, anak dapat mengikuti perintah, anak dapat melakukan gerak melompat dan lain lain. Maka, proses penilaian terhadap kinerja anak dapat langsung dinilai oleh Guru sebagai pengamat, penilai, dan juga fasilitator.

  6. Assalamu’alaikum, Wr. Wb.

    Nama : Susanti
    NIM : 857396616

    Mohon izin memberikan pendapat terhadap video yang baru saja saya simak. Pada video tersebut sangatlah menginspirasi saya dalam mempraktekkan beberapa metode permainan disekolah tempat saya mengajar, metode pembalajaran tersebut salah satunya yaitu metode pembelajran pesan berbisik. Anak-anak diarahkan untuk menyampaikan pesan-pesan yang mengandung makna, dimana sebelum anak menyampaikan pesannya, anak dipacu untuk berlatih mengenal huruf dan kata, kemudian pesan secara bergiliran disampaikan kepada teman satu timnya secara berurutan, satu persatu. Menurut saya metode seperti itu sangat efektif dalam melatih anak memahami perintah memyampaikan pesan dengan benar. Sisipan kompetisi didalamnya, mampu melatih anak dalam belajar bersikap sportif.

    Dalam video, terdapat juga adegan dimana anak-anak sudah mampu melakukan permainan gerakan-gerakan motorik kasar, berbagi/bergantian alat permainan dan diberikan kebebasan bermain sesuai dengan alat permainan yang mereka sukai, namun sayangnya dalam video tersebut tidak tampak jelas adanya pengawasan guru, sementara itu, terdapat juga sesi dimana didalam kelas guru memberikan komando/perintah kepada anak, dalam melakukan gerakan-gerakan motorik kasar lainnya sesuai arahan. Anak-anak diberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan baik. Penggunaan media boneka tangan juga sangat baik sebagai media bercerita untuk anak.

    Dalam keseluruhan video yang saya simak, terlihat jelas bahwa anak-anak sudah mampu mencapai aspek motorik kasar, bahasa, kognitif dan sosial emosional yang terpenuhi dengan baik.

    Demikian pendapat saya, terimakasih.

    Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.
    Susanti

  7. Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.

    a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
    tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.

    b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
    pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

    c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.

    d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.

    Saya sebagai guru paud video ini sangat menarik dan bermanfaat buat dijadikan contoh dan pengalaman dalam mengajar.

  8. Dari vidio tersebut kita sebagai guru dapat melakukan stimulasi anak didik dengan berbagai metode . Terimakasih ilmunya .

  9. nama : Aisyah Desyana Ramadhita
    nim : 857112746
    setelah melihat video yang berjudul ” pesan berbisik ” yang sangat bermanfaat dan menginspirasi sekali untuk saya terapkan di sekolah saya.karena dalam video tersebut mengembangkan motorik kasar dan pengembangan bahasa yang sangat menarik dan anak anak sangat antusias dalam proses belajar.guru menjelaskan materi sangat jelas dan menarik dengan cara memodivikasi permainan yang menstimulasi motorik kasar misalnya melompat secara zig zag.kemudian menyampaikan pesan berbisik dengan cara menyediakan kartu gambar binatang.dengan sistem belajar yang demikian anak anak sangat tertarik dan tidak bosan dalam menjalani proses belajar

  10. Wahyu Mirendah
    859656607

    Terima kasih atas inspirasi yang diberikan karena video tersebut sudah bagus dan memberikan ide segar bagi saya untuk melatih kemampuan motorik kasar dan bahasa murid saya ke depannya. Video “Pesan Berbisik”bersifat kompetitif yang akan membuat para siswa bersemangat untuk mengikutinya karena di situ akan menimbulkan rasa kebanggaan jika kelompok mereka menang dan menimbulkan aspek sosial emosional yang mendalam bagi yang mengalami kekalahan. selain itu, permainan ini akan melatih pendengaran anak, mengembangkan banyak kosakata baru dan mengembangkan imajinasi anak karena mereka harus mengutarakan apa yang ada di pikiran mereka dengan bahasa mereka sendiri.

Leave a Reply