silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.
Sri Tatminingsih
–
–
a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.
b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.
d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.
Rahmawati
Nama: Rizani Rinja
NIM : 857747883
Dalam video tersebut, cara untuk mengembangkan kemampuan motorik AUD sangatlah kreatif. Dimana ada banyak kegiatan main yang dilakukan oleh guru bersama siswanya. Selain mengembangkan kemampuan motorik, juga dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak, melatih percaya diri dan melatih anak untuk bekerjasama.
2. Video 2
Nama : Risma Septi Lestiyani
NIM : 858536829
Prodi : PG PAUD
Pokjar : Kota Semarang
Video 1 “Pesan Berbisik”
Menurut saya dalam video yang ditampilkan pernah saya lakukan ketika saya melaksanakan pembelajaran dalam rangka menstimulasi motorik anak. Dalam pembelajaran yang saya laksanakan saya meminta anak untuk melakukan loncat kelinci. Dengan melakukan gerakan loncat kelinci akan melatih anak untuk dapat mengembangkan gerak motorik nya. Mereka dapat bergerak lebih tangkas jika dihadapkan pada stimulus yang diberikan. Bermain pesan berbisik juga dapat melatih anak untuk berkonsentrasi terhadap pesan yang di berikan. Karena dilaksanakan dengan suasana yang menyenangkan dapat membantu long term memory pada otak anak untuk ingat lebih lama dan mereka akan terbiasa memiliki ingatan yang tajam.
Saran: Anak diberikan kebebasan untuk bergerak menirukan binatang yang mereka suka, hal terpenting bahwa kegiatan tersebut masih termasuk kegiatan dalam rangka melatih motorik kasar pada anak.
Terimkasih
2. Video 2
Nama : Risma Septi Lestiyani
NIM : 858536829
Prodi : PG PAUD
Pokjar : Kota Semarang
Video 1 “Pesan Berbisik”
Menurut saya dalam video yang ditampilkan pernah saya lakukan ketika saya melaksanakan pembelajaran dalam rangka menstimulasi motorik anak. Dalam pembelajaran yang saya laksanakan saya meminta anak untuk melakukan loncat kelinci. Dengan melakukan gerakan loncat kelinci akan melatih anak untuk dapat mengembangkan gerak motorik nya. Mereka dapat bergerak lebih tangkas jika dihadapkan pada stimulus yang diberikan. Bermain pesan berbisik juga dapat melatih anak untuk berkonsentrasi terhadap pesan yang di berikan. Karena dilaksanakan dengan suasana yang menyenangkan dapat membantu long term memory pada otak anak untuk ingat lebih lama dan mereka akan terbiasa memiliki ingatan yang tajam.
Saran: Anak diberikan kebebasan untuk bergerak menirukan binatang yang mereka suka, hal terpenting bahwa kegiatan tersebut masih termasuk kegiatan dalam rangka melatih motorik kasar pada anak.
Nama : Aluh Meri Patmawati
Nim : 859147379
Video Permainan pesan berbisik ini sangat bermanfaat sekali untuk pembelajaran dikelas, permainan berbisik ini juga melibatkan gerakan motorik seperti berlari zig-zag, melompat, dan menirukan gerakan terlihat menarik dan efektif dalam mengembangkan keterampilan motorik anak usia dini. Kegiatan fisik yang menyenangkan seperti ini dapat membantu anak-anak melatih koordinasi tubuh, keseimbangan, dan kekuatan otot mereka.
Penggunaan kartu bergambar dalam permainan pesan berbisik adalah ide yang bagus untuk membantu anak-anak memahami instruksi dari guru dan mengikuti gerakan dengan baik. Visualisasi sangat penting dalam pembelajaran anak usia dini. Variasi kegiatan seperti ini dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan menarik bagi anak-anak usia dini.
nama : zahrah raudhatul jannah
nim: 856833358
upbjj : bengkulu
judul video. pesan berbisik
kegiatan pada video di atas merupakan salah satu bentuk pengembangan kegiatan yang dapat dilakukan guru dalam mengembangan kemampuan motorik anak, namun pada video dapat dilihat bahwa tidak hanya kemampuan motorik yang dapat menjadi penilaian kemampuan kognitif dan bahasa anak juga dapat sekaligus menjadi penilaian. kegiatan ini melatih konsentrasi siswa dalam menangkap dan mengingat informasi yang di sampaikan oleh guru, serta dismaping itu anak diminta untuk tetap fokus juga dalam mengingat intruksi main yang disampaikan di awal. kegiatan yang bagus dan cukup menarik bagi anak usia dini. namun perlu di ingat pula untuk mempersingkat pesan yang ingin disampaikan dan tantangan main yang akan di lakukan anak saat membawa pesan.
Nama: mai gemini
Nim : 857997785
Upbjj :yogyakarta
Judul : melatih kemampuan motorik melalui pesan berbisik
Reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang diberikan oleh guru adalah anak sangat tertarik dan fokus dalam mengikuti arahan guru dan melakukan kegiatan sampai selesai. Melalui kegiatan pembelajaran pesan berbisik ini saya setuju sekali karena banyak sekali manfaat dan tujuan pembelajaran yang dicapai, selain melatih kemampuan motorik anak yaitu dengan berjalan zigzag, melompat seperti katak berlari dari aspek kognitif sosial emosional pun dapat berkembang seperti mengingat pesan yang diperintahkan menyebutkan huruf, Anak-anak konsentrasi dan penuh kegembiraan dalam melakukan kegiatan, kegiatan pembelajaran seperti ini harus diterapkan dan dapat dikembangkan lagi dengan berbagai media agar lebih kreatif lagi dan lebih banyak tujuan pembelajaran yang tercapai.
Terimakasih.
Nama : Nita Ritani
Nim : 858450999
Judul Vidio : pesan berbisik
Komentar tentang Video “Pesan Berbisik”:
1. Metode Pembelajaran yang Menarik:
Video ‘Pesan Berbisik’ menghadirkan metode pembelajaran yang sangat menarik dan interaktif. Permainan ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga mengajarkan pentingnya keterampilan komunikasi dan mendengarkan.”
2. Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat:
“Permainan pesan berbisik dalam video ini sangat efektif untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat siswa. Mereka harus mendengarkan dengan seksama dan mengingat pesan untuk meneruskannya dengan benar.”
3. Kolaborasi dan Kerja Sama:
“Video ini juga menunjukkan pentingnya kerja sama dan kolaborasi antara siswa. Mereka belajar untuk bekerja dalam tim dan menghargai peran masing-masing anggota dalam menyampaikan pesan.
Masukan dan Saran untuk Video “Pesan Berbisik”:
1. Penyampaian Instruksi yang Lebih Jelas:
“Sebaiknya instruksi untuk permainan disampaikan dengan lebih jelas dan rinci di awal video. Hal ini akan membantu siswa memahami aturan dan tujuan permainan sebelum memulai.”
2. Peningkatan Kualitas Visual:
“Kualitas visual dari video dapat ditingkatkan agar setiap detail permainan dapat terlihat dengan jelas. Ini penting terutama saat siswa berbisik dan meneruskan pesan.”
3. Evaluasi dan Feedback:
“Menambahkan sesi evaluasi dan feedback di akhir permainan akan sangat bermanfaat. Guru dapat memberikan umpan balik tentang kinerja siswa dan memberikan saran untuk perbaikan di masa depan.”
4. Variasi dalam Pesan:
“Menggunakan variasi pesan yang lebih kompleks dapat membuat permainan lebih menantang dan menarik. Pesan yang berbeda-beda akan menguji kemampuan siswa dalam memahami dan menyampaikan informasi secara lebih mendalam.”
5. Penyertaan Semua siswa:
“Pastikan bahwa semua siswa mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam permainan. Ini akan memastikan bahwa setiap siswa merasakan manfaat dari aktivitas ini dan merasa dihargai dalam proses
Nama : Dini Destiani
Nim : 857524964
kegiatan pada video di atas merupakan salah satu bentuk pengembangan kegiatan yang dapat dilakukan guru dalam mengembangan kemampuan motorik anak, kegiatan pesan berbisik juga memiliki manfaat untuk :
-Melatih daya ingat, karena dalam permainan ini seorang anak harus mengingat pesan atau kata-kata yang disampaikan oleh guru untuk selanjutnya disampaikan kepada temannya.
– Melatih komunikasi , dalam permainan ini anak melibatkan orang lain yaitu temannya,sehingga pada waktu bermain seorang anak dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan temannya
– Melatih kerjasama, permainan ini merupakan permainan yang dilakukan secara berkelompok dan membutuhkan kerjasama untuk mencapai keberhasilan dalam permainan.
– Melatih konsentrasi, untuk dapat menerima dan mampu menyampaikan kembali kata-kata yang telah didengar, maka seorang anak harus mampu berkonsentrasi dalam kurun waktu yang sangat sebentar.
– Melatih kecepatan dalam berfikir, hal yang sangat penting dalam permainan ini adalah tentang cara seseorang ( anak ) memanage memori atau ingatan yang baru saja ia terima lalu memanggilnya kembali dalam waktu yang relatif singkat.
Nama : Yuni Indriyastuti
NIM :857859962
Dari vidio diatas guru dapat mengembangkan kemampuan anak dengan pesan berbisik sehingga anak mengembangkan motorik dengan melompat katak,mengembangkan bahasa dengan mengungkapkan pesan yang diterimanya,kemampuan sosial emosional dengan sportif menerima kekalahan,serta kognitif dengan berimajinasi terhadap pesan yang diterimanya
Nama: Ni Putu Diana Sari
Nim: 859028991
Judul: Pesan Berbisik
Dalam video diatas untuk melatih perkembangan motorik kasar pada anak dapat dilakukan dengan lompat kelinci dan lompat katak. Di sekolah say sering melakukan kegiatan tersebut. Selain melatih perkembangan motorik mereka, gerakan tersebut juga dapat melatih keseimbangan dan ketangkasan anak. Selain kegiatan tersebut yang dapat juga melatih motorik anak adalah dengan melakukan kegiatan pesan berbisik. Kegitan ini belum pernah saya lakukan, setelah saya menonton video ini saya mendapatkan inspirasi dan ide untuk melakukan kegiatan pesan berbisik dengan anak. Kegiatan ini dapat melatih pendengaran, konsentrasi, kerjasama dan memperbanyak kosa kata pada anak.