silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.

Sri Tatminingsih

a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.

b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.

d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.

Rahmawati

Similar Posts

564 Comments

  1. Nama: Nhoer Pamatu Espriyati
    NIM: 857990102
    Permainan pesan berbisik digunakan untuk mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selain mengkembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik. Dalam permainan pesan berbisik ini kemampuan bahasa anak dapat di kembangkan.

  2. Vidio yang menginspirasi kami sebagai guru PAUD untuk memberikan kegiatan yang bervariasi pada anak, dengan pembelajaran anak melalui permainan, anak akan senang dan tidak bosan dengan pembelajaran yang menarik. Media belajar pun mudah disiapkan dan di aplikasikan pada anak-anak. Semua aspek perkembangan dapat terstimulasi dengan permainan ini.
    Terimakasi atar vidio inspiratif nya.

  3. Nama : Rustini
    NIM : 857536367

    Permainan pesan berbisik tidak hanya menyenangkan untuk anak, tetapi juga membantu anak-anak PAUD untuk mengembangkan keterampilan mendengarkan, berbicara, dan berkomunikasi. Hal ini juga dapat menjadi kesempatan yang baik untuk memperkuat ikatan sosial di antara anak-anak dan mempromosikan kerjasama tim.
    Namun karena keterbatasan dalam Variasi Pesan, hal ini bisa membuat anak-anak cepat bosan atau kurang tertarik untuk berpartisipasi dalam permainan setelah beberapa putaran.

  4. Nama : Indah Hayati
    NIM : 858449496

    Dalam tayangan vidio pesan berbisik selain mengembangkan kemampuan motorik anak seperti berbalik dengan cara melompat juga mengembangkan kemampuan sosial emosional dengan bekerjasama dengan teman serta melatih kemampuan bahasa yaitu melatih pendengaran dengan menyampaikan pesan bahasa, dan pengenalan beberapa kosa kata melalui tulisan .
    Anak-anak diajak untuk aktif dan saling bekerja sama dengan temannya.
    Menurut saya permainan ini sangat menarik dan dapat menjadi variasi dalam kegiatan pembelajaran supaya anak-anak tidak bosan.

  5. nama : nurul rahmah
    nim : 859788891
    video pembelajaran diatas sangat bermanfaat bagi saya selaku guru juga, saya dapat mempraktikkan nantinya dikelas saya.
    melalui permainan pesan berbisik, saya yakin, anak-anak akan semakin antusias dalam belajar, selain melatih kekompakan antar anak, mereka juga dilatih pendengarannya, dilatih bahasanya, dan belajar kosakata baru yang mungkin belum pernah didengar sebelumnya. terima kasih.

  6. Nama : EKA SUSILAWATI
    NIM : 859164424
    UPBJJ : Mataram

    Pesan Berbisik

    Pendapat saya tentang video pembelajaran PAUD dengan judul Pesan Berbisik ini cukup unik dan menarik. mengapa demikian karena kegiatan pengembangan motorik kasar anak TK melalui kegiatan pesan berbisik ini selain mengembangkan aspek pengembangan motorik kasar anak juga mengembangkan aspek perkembangan bahasa, dan sosial emosioanl pada anak.
    Dalam video tersebut perkembangan motorik kasar anak dirangsang melalui beberapa cara, yaitu:
    1. Anak melompat seperti katak.
    2. Berlari secara zig-zag.
    3. Menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu.

    Perkembangan Bahasa:
    1. Meningkatkan kemampuan menyimak. Saat bermain pesan berbisik, anak harus fokus mendengarkan pesan yang disampaikan secara berbisik. Hal ini membantu mereka untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan memahami informasi.
    2. Meningkatkan kemampuan berbicara. Anak harus menyampaikan pesan dengan jelas dan tepat kepada orang berikutnya. Hal ini membantu mereka untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan artikulasi.
    3. Meningkatkan pemahaman. Saat bermain pesan berbisik, anak dapat belajar kata-kata baru dan menggunakannya dalam kalimat. Hal ini membantu mereka untuk meningkatkan keahlian berbahasa dan kemampuan berbahasa secara keseluruhan.

    Perkembangan Kognitif:
    1. Melatih konsentrasi dan kemampuan mengingat. Anak harus fokus dan konsentrasi saat mendengarkan pesan dan menyampaikannya kepada orang berikutnya. Hal ini membantu mereka untuk melatih konsentrasi dan kemampuan mengingat. Anak harus mengingat pesan yang disampaikan kepada mereka dan menyampaikannya dengan tepat. Hal ini membantu mereka untuk melatih kemampuan mengingat jangka pendek dan jangka panjang.
    2. Merangsang kreativitas dan imajinasi. Anak dapat menggunakan imajinasi mereka untuk membuat pesan yang menarik dan kreatif. Anak dapat menggunakan berbagai cara untuk menyampaikan pesan, seperti menggunakan bahasa tubuh, ekspresi wajah, atau suara yang berbeda.

    Perkembangan Sosial dan Emosional:
    1. Belajar bekerja sama. Bermain pesan berbisik merupakan permainan yang dimainkan secara berkelompok. Hal ini membantu anak untuk belajar bekerja sama dengan teman-temannya.
    2. Belajar mengikuti aturan. Dalam permainan pesan berbisik, ada aturan yang harus dipatuhi, seperti berbisik dan tidak boleh memotong pembicaraan orang lain. Hal ini membantu anak untuk belajar mengikuti aturan dan disiplin.
    3. Meningkatkan rasa percaya diri. Saat anak berhasil menyampaikan pesan dengan tepat, mereka akan merasa bangga dan percaya diri. Hal ini membantu mereka untuk meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri.

  7. Nama : Rahmadela Adelia
    NIM : 857526209

    Setelah melihat video ini, saya bisa lebih faham dan bisa mengaplikasikan permainan pesan berbisik ini dikelas untuk mengasah kemampuan berbahasa anak dan kemampuan kelompok anak juga kemampuan anak untuk fokus dalam menangani sebuah permasalahan. Terimakasih untuk video nya. Sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru paud🤗

  8. Nama: Istiqomah
    Nim : 859684874

    Dalam video yang mengajarkan anak dalam permainan atau pembelajaran pesan berbisik sangat bagus sekali karena dapat mengembangkan bahasa dan motorik pada anak, dengan mengajak anak untuk pembelajaran pesan berbisik meskipun sambil lari harus tetap fokus dan konsentrasi.

  9. Video pesan berbisik sangat menginspirasi saya untuk mempraktekkan di sekolah saya karena dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar,&halus anak,bahasa,kognitif serta sosial emosional sekaligus dalam satu kegiatan main yang sangat mudah untuk dilakukan,terima kasih.

  10. Nama: Siti Mutmainnah
    NIM: 858305626
    Judul video: Pesan Berbisik
    Bermain pesan berbisik dapat menjadi strategi yang efektif dalam mengembangkan motorik anak. Bermain pesan berbisik melibatkan anak dalam aktivitas yang memerlukan gerakan tubuh yang lebih kompleks, seperti berlari zig-zag, melompat, dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Dalam permainan ini, anak-anak tidak hanya dikembangkan kemampuan motoriknya, tetapi juga melalui kegiatan berlari zig-zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik. Namun, Permainan pesan berbisik memerlukan waktu yang cukup untuk anak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan. Jika waktu yang tersedia terbatas, maka anak tidak dapat menyelesaikan tugas dengan baik. Maka guru harus mampu menggunakan waktu pembelajaran secara efisien.
    Terimakasih!

Leave a Reply