silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.
Sri Tatminingsih
–
–
a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.
b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.
d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.
Rahmawati
Nama : Sri Anugrah
Nim : 859428804
Dalam vidio tersebut menjelaskan bagaimana guru mengembangkan stimulasi perkembangam bahasa dan juga motorik kasar,,
Caranya sangatlah mudah guru menyiapkan sebuah kertas dan pensil lalu berbentuk baris berbisik pesan apa yang ia dapatkan serta memperagakan gerakannya, kegiatan ini sangatlah berguna karena jg melatih kefokusan anak dan kerja sma dalam tik.
Nama: Lilis Hildayati
NIM : 859670346
UPBJJ: UT Surabaya
Pokja: AL-Kodijah Mojokerto
Semester: 2
Tahun: 2024
*Dari video dengan topik pesan berbisik ini dijelaskan bahwa masa usia dini adalah masa yang paling efektif untuk mengembangkan untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak salah satu pengembangan yang penting untuk menstimulasi adalah perkembangan motorik khusus yang motorik kasar dan perkembangan bahasa. Guru dalam pembelajaran kegiatan bercerita menggunakan media boneka sehingga siswa termotivasi dan tidak merasa bosan. Dalam video tersebut juga dijelaskan alternatif yang dapat mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak secara terpadu yaitu melalui permainan pesan berbisik anak melakukan isi pesan sesuai dengan imajinasi mereka.
Nama: SRI AGNESIA LASE
Nim: 859786841
Dalam video Pesan berbisik diatas menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.
Terimakasih🙏
Assalamualaikum
Nama:Nurul sadri
Nim:855889461
Setelah saya nonton video tersebut
Dalam video tersebut guru memberi beberapa permainan kepada murid2 nya ,permainan tersebut mengembangkan motorik anak .agar anak2 fokus dalam permainan tersebut guru memberi beberapa pertanyaan tentang permainan tersebut.
Terima kasih
Nama : BONIFASIA BUAQ TANTING
Nim : 858409571
Dalam vidio tersebut menjelaskan bagaimana guru mengembangkan stimulasi perkembangam bahasa dan juga motorik kasar,,
Caranya sangatlah mudah guru menyiapkan sebuah kertas dan pensil lalu berbentuk baris berbisik pesan apa yang ia dapatkan serta memperagakan gerakannya, kegiatan ini sangatlah berguna karena jg melatih kefokusan anak dan kerja sma dalam tik.
Nama : Aksamina Tse
Nim : 859301051
UPBJJ : Kupang
dari video tersebut kita dapat membangun suasana misterius dan interaktif serta fariasikan gaya penyampaiannya sehingga dapan menyenangkan bagi anak-anak
Nama : Roudatun Nafiah
NIM :858189644
Video pesan berbisik ini sangat bagus dan menarik. Saya suka dengan konsepnya yang sederhana seperti pesan berbisik bisa digunakan untuk mengajarkan pentingnya komunikasi yang jelas dan akurat.
setelah saya menonton video ini saya melihat bagaimana pesan bisa berubah ketika disampaikan secara berantai. Ini menunjukkan betapa pentingnya mendengarkan dengan baik dan memastikan kita mengerti sebelum menyampaikan pesan.
Video ini sangat bagus dan sangat bermanfaat sekali bagi saya sebagai pendidik PAUD. Terima kasih GPO, video ini bisa jadi pengingat yang bagus tentang bagaimana komunikasi yang buruk bisa menyebabkan miskomunikasi dan kesalahpahaman.
Terimakasih.
Bismillah…
Nama : Silvia Puspita Nur
Nim : 858447589
Reaksi Anak : Anak-anak terlihat sangat antusias dan bersemangat saat mengikuti permainan pesan berbisik. Mereka tertawa dan berlari dengan penuh semangat, menunjukkan keterlibatan yang tinggi dalam kegiatan tersebut. Anak-anak berinteraksi dengan baik satu sama lain, saling membantu dan bekerja sama dalam menyampaikan pesan berbisik dan menirukan gerakan. Anak-anak mengekspresikan diri dengan bebas saat menirukan gerakan sesuai gambar pada kartu, menunjukkan kreativitas dan imajinasi mereka.
Kelemahan Guru : Instruksi yang Kurang Jelas, beberapa anak tampak kebingungan dengan instruksi yang diberikan oleh guru, menunjukkan bahwa instruksi bisa lebih diperjelas atau disederhanakan. Guru terlihat lebih fokus pada kelompok secara keseluruhan daripada memberikan perhatian pada kebutuhan individual anak, yang mungkin membuat beberapa anak kurang terlibat.
Kelebihan Guru : Guru menggunakan pendekatan yang kreatif dan menyenangkan melalui permainan pesan berbisik, yang menarik minat dan perhatian anak-anak. Guru berhasil melibatkan anak-anak secara aktif dalam permainan, membuat mereka berpartisipasi penuh dan menikmati setiap aktivitas. Guru memberikan pujian dan dorongan yang positif kepada anak-anak, membangun kepercayaan diri mereka dan membuat suasana belajar lebih menyenangkan. Guru menggunakan kartu gambar sebagai alat bantu visual yang efektif dalam membantu anak-anak menirukan gerakan.
Hal-Hal Unik Yang Ada Pada Video : Permainan ini adalah metode unik untuk mengembangkan motorik anak, melibatkan aktivitas berlari zig zag, melompat, dan menirukan gerakan, yang semuanya dilakukan melalui pesan berbisik. Penggunaan kartu gambar untuk menentukan gerakan yang harus ditirukan anak-anak adalah pendekatan inovatif yang membantu visualisasi dan pemahaman instruksi. Permainan ini tidak hanya mengembangkan motorik anak tetapi juga keterampilan komunikasi, karena anak-anak harus menyampaikan pesan dengan tepat dan mendengarkan dengan baik.
Saran : Guru dapat memperjelas dan menyederhanakan instruksi agar semua anak dapat memahami dengan mudah dan tidak kebingungan. Memberikan lebih banyak perhatian pada kebutuhan individual anak, memastikan bahwa setiap anak terlibat dan mendapatkan manfaat maksimal dari kegiatan.
Nama : MAS’ADAH
NIM :859031065
Setelah melihat Video pesan berbisik ini sangat bagus dan menarik. Saya suka dengan konsepnya yang sederhana seperti pesan berbisik bisa digunakan untuk mengajarkan pentingnya komunikasi yang jelas dan akurat.
setelah saya menonton video ini saya melihat bagaimana pesan bisa berubah ketika disampaikan secara berantai. Ini menunjukkan betapa pentingnya mendengarkan dengan baik dan memastikan kita mengerti sebelum menyampaikan pesan.
Video ini sangat bagus dan sangat bermanfaat sekali bagi saya sebagai pendidik PAUD. Terima kasih GPO, video ini bisa jadi pengingat yang bagus tentang bagaimana komunikasi yang buruk bisa menyebabkan miskomunikasi dan kesalahpahaman.
Terimakasih.
NAMA : SHOFIA KHOFIFAH LIA SARI
NIM : 858183747
Dari video Pesan Berbisik, dapat terlihat anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, tapi untuk mempraktekkan kegiatan ini guru perlu memberikan penjelasan dengan detail, karena dari langkah awal anak melakukan kegiatan Motorik Kasar saya kurang paham harus seperti apa. Lalu anak-anak menyampaikan pesan berbisik. Melalui kegiatan ini dapat menstimulus motorik kasar , bahasa dan sosial emosi dan fokus bagi anak-anak.. Semoga saya bisa mempraktekkan ny disekolah. Terima kasih