silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.
Sri Tatminingsih
–
–
a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.
b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.
d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.
Rahmawati
Wahyudi Chandra Barus
877524066
Menurut pendapat saya video ini sangat menarik,konsep yang dibuat guru dalam video ini dapat menarik antusias anak dalam mengikutinya,dan melalui kegiatan ini dapat mengembangkan kemampuan komunikasi dan daya fokus anak.
Nama : Nur Tahlia Mokodenseho
Nim : 859952939
UPBJJ : UT Manado
Komentar :
Video ini memberikan gambaran yang menarik tentang cara kreatif seorang guru anak usia dini dalam mengembangkan keterampilan motorik anak-anak melalui permainan pesan berbisik. Ini menunjukkan bagaimana kegiatan sederhana dapat diadaptasi untuk menjadi alat pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.
Masukan :
Akan lebih bermanfaat jika video juga menyertakan penjelasan lebih detail tentang tujuan dari setiap kegiatan dan bagaimana masing-masing aktivitas membantu perkembangan motorik anak. Penjelasan ini bisa diberikan oleh guru selama permainan berlangsung atau dalam narasi terpisah.
Saran :
Pastikan ada pengawasan yang memadai dan semua kegiatan dilakukan dalam lingkungan yang aman. Berikan instruksi yang jelas kepada anak-anak tentang bagaimana melakukan gerakan dengan benar untuk menghindari cedera.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh….
Video tersebut memberikan ide pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas yang bermanfaat untuk perkembangan motorik anak..
Teruslah memberikan video-video yang menarik dan bermanfaat untuk anak anak usia dini…
Sekian dari saya
W assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nurul hajjah
Nim 855889099
Vidio seri pembelajaran pesan berbisik ini
Dapat membantu guru mengimplementasikan di lembaga dalam usaha meningkatkan perkembangan anak didik secara alternatif dan terpadu dalam bentuk permainan pesan berbisik untuk perkembangan motorik dan bahasa anak juga sosial emosional anak..
Terimakasih 🙏
Nama : Wiwin Windaningsih
Nim : 859526917
Pada permainan pesan berbisik ini sangat bermanfaat bagi guru pendidik PAUD. permainan ini dapat melatih perkembangan motorik halus anak dan perkembangan bahasa meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak-anak.
NAMA : Tri Sumarsih
NIM : 857620131
sangat baik, kami dapat belajar bahwa dengan permainan pesan berbisik mampu mengembangkan motorik kasarnya dan bahasnya.
Nama : Meylina Aminatul Awallia
NIM : 858875368
Sebagai guru TK, menonton video “Pesan Berbisik” memberikan banyak manfaat berharga bagi saya dalam mengembangkan keterampilan motorik kasar dan bahasa anak-anak. Video ini memperkenalkan permainan yang tidak hanya menarik tetapi juga edukatif, yang dapat saya terapkan dalam kegiatan sehari-hari di kelas. Setelah melihat video tersebut, saya mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana mengintegrasikan permainan yang melibatkan gerakan fisik dan komunikasi verbal untuk merangsang perkembangan anak secara holistik. Permainan “Pesan Berbisik” mendorong anak-anak untuk melompat dan berbalik, yang merupakan bagian dari stimulasi motorik kasar. Aktivitas fisik ini penting untuk mengembangkan koordinasi dan kekuatan otot mereka. Selain itu, aspek bahasa dalam permainan ini juga sangat bermanfaat. Anak-anak belajar mendengarkan dengan seksama, mengenali kosakata baru, dan menyampaikan pesan secara lisan dan tertulis. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan bahasa mereka tetapi juga kemampuan mendengar dan memahami instruksi. Dengan menggunakan kartu bergambar dan tulisan, anak-anak lebih mudah mengenali kata-kata dan meningkatkan kemampuan membaca awal mereka. Manfaat lain yang saya peroleh dari video ini adalah pemahaman tentang bagaimana permainan kompetitif dapat mengajarkan anak-anak tentang kerja sama tim, pengelolaan emosi, dan menghadapi kekalahan dengan sikap yang positif. Aspek sosial-emosional ini sangat penting dalam perkembangan anak-anak, membantu mereka membangun keterampilan interpersonal yang kuat. Secara keseluruhan, video Pesan Berbisik memberikan saya inspirasi dan alat praktis untuk meningkatkan pembelajaran di kelas. Dengan mengadopsi permainan ini, saya dapat menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan mendukung perkembangan anak-anak di berbagai aspek secara terpadu.
Leni Setiyaningsih – 857936677
Analisis Video
berdasarkan ilustrasi video yang dipaparkan. video tersebut memperlihatkan salah satu cara guru untuk mengembangkan kemampuan bahasa dan motorik pada anak usia dini. pendekatan yang dilakukan berupa pesan berbisik, dimana dalam permainan anak akan mengenal bahasa melalui bisikan temannya, melalui media kartu bergambar, melalui kartu huruf, dan juga cara anak untuk menyampaikan pesan yang dibisikkan oleh teman. untuk perkembangan motorik disertakan melalui bermain tebak kata.
Nama: Rafikatun Jariah
Nim: 859172604
Video ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan motorik anak dengan anak bermain lompat zig-zag dan cara ini akan saya coba sebagai salah satu alternatif pengembangan motorik halus nya
Nama: Nurlaili Suhailah
Nim: 859524114
Dalam permainan pesan berbisik berikut ini perkembangan bahasa anak dapat distimulasi melalui beberapa kegiatan yaitu melatih pendengaran, pengenalan beragam kosakata secara lisan, dan pengetahuan beragam kata-kata melalui tulisan