silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.
Sri Tatminingsih
–
–
a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.
b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.
d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.
Rahmawati
nama : siti putri bayyinah
nim : 855801262
dunia anak adalah bermain, pada saat bermain anak berkomunikasi, bereksplorasi, mengenal lingkungan sekitar, sehingga permainan bisik berantai efektif sebagai metode yang menyenangkan dalam mengasah kemampuan komunikasi lisan anak.
Menurut Saya sebagai seorang guru, video ini sangat bermanfaat dan memperkaya pemahaman Saya dalam mengajak anak bermain sambil belajar. Permainan “Pesan Berbisik” dimodifikasi sebagai alternatif untuk mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak secara terpadu. Permainan ini juga kompetitif antara dua kelompok anak dan membutuhkan alat seperti kartu bergambar dengan kata-kata yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan sosial-emosional anak.
Nama : Putu Mas Wina Lestari
NIM : 859034204
UPBJJ : Denpasar
Judul video : Pesan Berbisik
Dilihat dari video tersebut, merupakan video yang patut dimododifikasi atau juga dapat diterapkan di lembaga taman kanak – kanak dalam mengembangan motoriknya. Dari pesan yang disampaikan secara berbisik – bisik anak akan mampu meningkatkan konsentrasinya dalam mendengar, dan juga dapat mampu mempraktekkan apa yang didengar salah satunya anak dapat menirukan apa yang mereka dengar. Di dalam video ini juga mengajarkan bahwa, guru harus kreatif dalam mengembangkan aspek perkembangan anak dengan menggunakan metode kegiatan pengembangan atau permainan dengan variatif dan inovatif agar anak – anak tidak pernah bosan dalam belajar. Dan juga permainan ini menunjukkan bahwa tidak selalu kegiatan pengembangan hanya menggunakan media atau alat saja, tetapi kita juga bisa memberikan kegiatan pengembangan tanpa menggunakan alat. Permainan pesan berbisik ini juga menanamkan kedekatan antara guru dan anak dan juga mengembangkan jiwa sosial pada anak karena mereka bekerja sama dalam satu kelompok di dalam permainan tersebut. Bukan hanya mengembangan aspek motorik saja, perminan pesan berbisik ini juga membuat anak untuk memperkaya kosakatanya, dan memahami perintah atau instruksi dari orang lain yaitu dari gurunya. Dengan permanian pesan berbisik ini juga dapat menimbulkan rasa kebanggaan pada anak karena dapat memperagakan atau berhasil dalam permainan tersebut. Ini menunjukkan juga meningkatkan kemampuan anak dalam mengekspresikan aspek emosionalnya. Dilihat dari video itu juga, agar lebih menggunakan ruangan atau tempat yang memungkinan anak untuk bergerak bebas dan leluasa, seperti di halaman sekolah atau di lapangan sekolah. Maka dengan cara seperti itu, anak – anak akan lebih leluasa untuk bergerak atau memperagakan apa yang mereka dengar dari permainan pesan berbisik ini. Dan mereka akan lebih fokus dan teratur dalam mengikuti permainan ini.
Vidio pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru PAUD, dalam mengembangkan motorik kasar bagi anak.permainan ini begitu menarik dan edukatif sehingga dapat saya terapkan dalam kegiatan di kelas. permainan “pesan berbisik” dapat melatih konsentrasi anak karena dalam permainan ini dapat melatih kemampuan nya dalam menyimak setiap kata atau kalimat yang disampaikan oleh guru maupun teman, permainan ini juga dapat melatih kerjasama anak.
Setelah menonton video tersebut, sebagai guru dapat meningkatkan berbagai pengetahuan , pengalaman yang pernah di lakukan di lembaga. melalui Permainan tersebut merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik. Anak-anak terlibat aktif dalam permainan, dengan melakukan berbagai kegiatan di atas anak dapat mengembangkan beberapa aspek diantaranya kemampuan Bahasa, kognitif , di mana anak dapat berimajinasi , melatih konsentrasi serta mengembangkan sosial emosial Ketika anak-anak harus bersikap suportif dalam menerima kemenangan / kekalahan. sebagai guru PAUD kita di tuntut untuk melakukan berbagai variasi dan inovasi dalam hal pembelajaran anak sehingga pembelajaran tidak monoton dan menyenangkan bagi anak.
Nama : Lidya Ndeki
NIM : 856325536
Video diatas sangat bermanfaat buat kita sebagai guru untuk melatih perkembangan motorik anak melalui permainan pesan berbisik. Permainan pesan berbisik ini juga dapat melatih perkembangan anak lainnya seperti sosial emosional anak yaitu dimana anak harus bersikap sportif ketika menerima kekalahan ataupun kemenangan, dan kognitif ketika saat mereka harus berimajinasi sesuai dengan pesan yang diterimanya
Pengembangan Keterampilan Motorik Anak melalui Permainan Pesan Berbisik
Seorang guru anak usia dini sedang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik untuk mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan ini, anak-anak tidak hanya dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig-zag, tetapi juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan menarik.
Pesan Berbisik untuk Pengembangan Motorik Anak:
Permainan pesan berbisik ini melibatkan kegiatan berlari zig-zag, melompat, dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak.
Perkembangan Motorik Anak melalui Permainan Tradisional:
Permainan tradisional juga dapat membantu mengembangkan kemampuan motorik kasar anak, seperti berlari, berjalan cepat, dan gerakan lainnya yang dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak.
Dukungan dan Pendampingan dalam Pengembangan Motorik Anak:
Bunda dan Ayah dapat terus mendampingi Si Kecil setiap ia berusaha mencoba hal-hal baru, termasuk ketika kemampuan motoriknya dilatih. Apresiasi kegiatan yang ia lakukan dengan memberikan tepuk tangan atau semangat dapat membantu Si Kecil terpacu untuk mencoba hal-hal baru.
Dari sumber yang disediakan, terdapat informasi yang relevan dengan upaya pengembangan keterampilan motorik anak melalui permainan pesan berbisik dan permainan tradisional. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya!
Nama : Wiji Tulus Asari
Nim : 858757633
Vidio ini sangat bermanfaat bagi guru dimana cara anak melatik kemampuan motorik anak dengan upaya seorang guru agar anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik dapat mengembangkan keterampilan motoriknya. Dalam vidio ini dijelaskan permainan pesan berbisik , anak-anak selain dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini juga merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.
Nama : Cut Andriyani
NIM : 858191285
Video pembelajaran di atas sangat bermanfaat bagi guru PAUD, dalam mengembangkan motorik kasar bagi anak permainan – permainannya sangat menarik dan edukatif sehingga bisa menjadi contoh untuk saya terapkan yayasan saya, permainan “pesan berbisik” dapat melatih konsentrasi anak karena dalam permainan ini dapat melatih kemampuan anak dalam menyimak setiap kata atau kalimat yang disampaikan oleh guru maupun teman, permainan ini juga dapat melatih kerjasama anak. dengan permainan berbisik ini pula akan secara tidak langsung belajar tentang aspek sosial emosional yaitu dengan cara menunggu giliran untuk di bisikan kata atau kalimat.
Video ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang guru PAUD. Kegiatan ini juga sangat mudah untuk dipraktekkan di sekolah. Melalui kegiatan ini, saya dapat meningkatkan berbagai aspek perkembangan pada anak seperti kemampuan motorik, bahasa, sosial-emosional, dan kognitif anak.