silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.
Sri Tatminingsih
–
–
a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.
b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.
d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.
Rahmawati
Video ini memberikan gambaran yang sangat inspiratif tentang bagaimana seorang guru anak usia dini dapat mengemas pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna melalui permainan sederhana seperti pesan berbisik. Upaya guru dalam menggabungkan elemen motorik dengan aktivitas bermain menunjukkan kreativitas dalam menciptakan suasana belajar yang aktif, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak. Permainan ini tidak hanya melatih keterampilan motorik kasar anak seperti berlari zig-zag dan melompat, tetapi juga melibatkan aspek kognitif dan sosial, seperti mengikuti instruksi dan bekerja sama dalam kelompok.
Adapun manfaat pada permainan pesan berbisik yaitu dapat mengembangkan keterampilan motorik kasar, anak-anak dilatih untuk melakukan gerakan aktif seperti berlari, melompat, dan menirukan gerakan, yang membantu memperkuat otot-otot tubuh dan meningkatkan koordinasi gerak. Permainan pesan berbisik melibatkan pengingatan pesan dan gerakan, yang dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi serta memori jangka pendek anak. Anak-anak belajar bekerja sama, bergiliran, dan saling berkomunikasi saat bermain bersama teman-temannya. Dengan menirukan gerakan dari gambar pada kartu, anak-anak diajak untuk berpikir kreatif dan mengekspresikan diri mereka dengan bebas. Pendekatan bermain seperti ini membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak membosankan bagi anak usia dini.
Berikut ini adalah hasil analisis video dalam platform Guru Pintar Online dengan video “Pesan Berbisik” ialah sebagai berikut :
1. Judul Video
• Judul Video : Pesan Berbisik
• Alamat Sumber Video : https://gurupintar.ut.ac.id/pesan-berbisik/
2. Ringkasan Isi Video
• Identitas Video
Nama Tokoh : 2 guru dan kelompok anak perempuan dan laki-laki
Alamat Sekolah : Rumah Bintang
Nama Penulis : Sri Tatminingsih
Sutradara/Pengembang : Tidak diketahui
• Synopsis/Ringkasan Video :
Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.
3. Kelemahan Pembelajaran Dalam video :
• Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan tayangan pembuka dan penutup pembelajaran dalam permainan berbisik.
• Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
• Tidak adanya tujuan pembelajaran dan kesepakatan kelas sebelum permainan dimulai.
4. Kelebihan Pembelajaran Dalam Video :
• Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.
• Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.
• Permainan pesan berbisik sangat menyenangkan sehingga anak-anak sangat antusias
5. Keunikan Yang Terdapat Dalam Pembelajaran :
Adapun keunikan permainan pesan berbisik yaitu permainan yang dapat mengembangkan keterampilan motorik kasar, anak-anak dilatih untuk melakukan gerakan aktif seperti berlari, melompat, dan menirukan gerakan, yang membantu memperkuat otot-otot tubuh dan meningkatkan koordinasi gerak. Permainan pesan berbisik melibatkan pengingatan pesan dan gerakan, yang dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi serta memori jangka pendek anak. Anak-anak belajar bekerja sama, bergiliran, dan saling berkomunikasi saat bermain bersama teman-temannya. Dengan menirukan gerakan dari gambar pada kartu, anak-anak diajak untuk berpikir kreatif dan mengekspresikan diri mereka dengan bebas. Pendekatan bermain seperti ini membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak membosankan bagi anak usia dini.
6. Rencana Perbaikan Yang Dapat Dilakukan :
Melengkapi susunan dalam proses pembelajaran dimulai dari pembuka, inti, hingga penutup. Tujuan pembelajaran juga sebaiknya di sampaikan supaya anak dapat mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai. Menampilkan evaluasi proses pembelajaran berlangsung untuk mengetahui sejauh mana permainan pesan berbisik dapat ditingkatkan atau diperbaiki. Semua komponen tersebut saling terkait dan berperan penting dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif.
Kegiatan pada video diatas merupakan salah satu bentuk pengembangan kegiatan yang dapat dilakukan guru dalam mengembangkan kemampuan motorik anak, kegiatan pesan berbisik juga memiliki manfaat untuk:
1.Melatih daya ingat, karena dalam permainan ini seorang anak harus mengingat pesan atau kata-kata yang disampaikan oleh guru untuk selanjutnya disampaikan kepada temannya.
2.Melatih komunikasi , dalam permainan ini anak melibatkan orang lain yaitu temannya,sehingga pada waktu bermain seorang anak dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan temannya.
3.Melatih kerjasama, permainan pesan berantai merupakan permainan yang dilakukan secara berkelompok dan membutuhkan kerjasama untuk mencapai keberhasilan dalam permainan.
4.Melatih konsentrasi, untuk dapat menerima dan mampu menyampaikan kembali kata-kata yang telah didengar, maka seorang anak harus mampu berkonsentrasi dalam kurun waktu yang sangat sebentar.
5.Melatih kecepatan dalam berfikir, hal yang sangat penting dalam permanan ini adalah tentang cara seseorang (anak) memanage memori atau ingatan yang baru saja ia terima lalu memanggilnya kembali dalam waktu yang relatif singkat
Nama : Raudatul Janah
NIM : 858191389
Refleksi yang saya dapat berdasarkan video tersebut yaitu memberikan alternatif untuk pemahaman kepada guru paud dalam melakukan pembelajaran di kelas agar dapat mengembangkan seluruh aspek yang ada dalam diri anak usia dini. Melalui kegiatan pengembangan belajar(bermain) yang lebih bervariasi dan menarik agar seluruh aspek dalam diri anak dapat berkembang secara menyeluruh dan kompleks. Dalam video, kegiatan belajar bermain pesan berbisik dikembangkan oleh guru dengan variasi baru yang biasa disebut kegiatan pembelajaran terpadu, sehingga dalam pembelajaran pesan berbisik modifikasi tersebut banyak sekali aspek yang dihasilkan berkelanjutan seperti adanya perkembangan aspek Bahasa, motoric kasar, kognitif dan sosial emosional yang dihadirkan dalam kegiatan pesan berbisik tersebut.
Nama : Melani Rosita Rasid
NIM : 857985694
UPBJJ : YOGYAKARTA
Pada video berjudul Pesan Berbisik permainan ini tanpa alat jadi bisa dilakukan kapan saja. Permainan ini juga melatih daya ingat anak dan pengenalan beragam kosa kata. Melatih kekompakan pada tiap kelompok yang ikut bermain. Melatih pendengaran anak, kerjasama dan konsentrasi dengan teman.
Nama : Fransiska Hulo
Nim : 858393154
UPBJJ : 50 Samarinda
Metode pesan berbisik, seperti yang digambarkan dalam video di portal Guru Pintar Online, merupakan aktivitas yang menarik dan dapat digunakan untuk melatih keterampilan mendengarkan, mengingat, dan menyampaikan informasi siswa. Namun, analisis menunjukkan bahwa terdapat beberapa potensi penyebab kesulitan yang perlu dipertimbangkan oleh guru dalam implementasinya. Distorsi pesan menjadi tantangan utama akibat panjangnya rantai penyampaian, faktor lingkungan, variasi dalam keterampilan komunikasi siswa, dan kompleksitas pesan itu sendiri.
Nama:Tiyansi camelia novia sari
Nim:858572176
Permainan pesan berbisik yang dimodifikasi dengan aktivitas fisik seperti berlari zig-zag, melompat, dan menirukan gerakan dari kartu sangat efektif untuk melatih motorik kasar sekaligus kemampuan koordinasi anak. Pesan berbisik juga banyak manfaat yaitu:
-Melatih Daya Ingat.
Anak harus mengingat isi pesan tanpa mencatat, melatih memori jangka pendek mereka.
-Meningkatkan Kerja Sama dan Sosialisasi.
Permainan ini menciptakan suasana interaksi sosial yang positif dan menyenangkan.
Anak belajar bergiliran, menunggu, dan bekerja sama dalam kelompok kecil.
-Menumbuhkan Rasa Percaya Diri.
Anak merasa dihargai karena punya peran penting dalam menyampaikan pesan.
Membantu anak yang pemalu untuk berani berbicara dan terlibat dalam kegiatan kelompok.
Bismillah, Assalamu’alaykum
IJin mendiskusikan video diatas tentang Video Pesan Berbisik.
Nama : Dian Octora
NIM : 857996705
UPBJJ Yogyakarta
Matkul Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar AUD
Pada video diatas tentang Kegiatan Pesan berbisik, ada banayk indikator yang didapat melalui kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut dilakukan dengan metode permainan sehingga akan menyenangkan dan menarik untuk anak. Kegiatan pesan Berbisik ini melatih perkembangan pada anak, seperti :
1. Perkembangan motorik kasar.
Sebelum melakukan pesan berbisik, di video diperlihatkan anak melakukan kegiatan -kegiatan yang melatih motorik kasarnya. Kegiatan ini bermanfaat untuk melatih keseimbangan antara otot tangan dan kaki. Kegiatannya seperti melompat, berlari zig zag dan meniru gerakan.
2. Perkembangan Bahasa.
Perkembangan bahasa dari kegiatan pesan berbisik ini sangat bermanfaat dalam :
– melatih daya ingat anak : dengan menyampaikan pesan berbisik pada temannya, melihat gambar lalu menyampaikannya dll.
– Melatih komunikasi : Anak dapat mengungkapkan kata yang telah didengar, berinteraksi dan berkomunikasi dengan temannya.
3. Perkembangan sosial emosional.
Kegiatan ini juga bermanfaat dalam melatih perkembangan sosial emosional, seperti terlihat :
– Melatih kerjasama dengan teman kelompoknya.
– Anak mau bersosialisasi dengan temannya.
4. Perkembangan kognitif.
kegiatan Pesan Berbisik ini juga melatih perkembangan kognitif anak, melalui :
– Melatih anak berkonsentrasi atau daya ingat anak dalam mengingat pesan yang didengar.
– Melatih kecepatan dan ketepatan anak dalam menyampaian pesan.
Dari beberapa pondsi dasar karakteristik perkembangan anak yang didapat, menurut saya kegiatan pesan berbisik ini sangat bermanfaat bagi anak. Permainan ini juga sangat menyenangkan dilakukan dalam proses pembelajaran.
Nama: Yeni Handayani NIM: 857526398 Dalam video di atas dapat di sampaikan bahwa pesan berbisik Sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan motorik anak, baik motorik halus ataupun motorik kasar . – Kegunaan pesan berbisik dalam motorik halus: 1. Melatih keterampilan mendengar yaitu Pesan berbisik memaksa anak untuk mendengarkan pesan yang di bisikan kepadanya untuk membantu meningkatkan kemampuan fokus dan perhatian. 2. Melatih kemampuan berbicara yaitu Anak harus membisikkan pesan dengan jelas dan tepat kepada teman di sampingnya untuk melatih kemampuan artikulasi dan pengucapan kata-kata. 3. Melatih daya ingat yaitu anak harus mengingat pesan yang di bisikan kepadanya dan kemudian menyampaikan kembali, yang melatih kemampuan mengingat terhadap apa yang di sampaikan oleh temannya. – Kegunaan pesan berbisik dalam motorik Kasar 1. Melatih koordinasi gerakan yaitu melibatkan interaksi fisik antar anak, sehingga membantu anak mengembangkan koordinasi gerakan tubuh dan keseimbangan. 2. Meningkatkan kemampuan komunikasi, Anak harus menyampaikan pesan secara berbisik kepada teman di sebelahnya, untuk menyampaikan pesan secara jelas. 3. Melatih kerja sama anak, permainan ini melibatkan kerja sama antar anak dalam menyampaikan pesan secara berantai, yang membantu mengembangkan kemampuan berinteraksi sosial dan belajar bekerja dalam tim. Kesimpulan nya permainan pesan berbisik sangat bagus untuk di terapkan di TK kita di karenakan besarnya pengaruh dari pesan berbisik terhadap perkembangan motorik anak termasuk perkembangan yang lainnya seperti melatih kemampuan menyimak, mendengar, dan kemampuan berbahasa.
RURI RISTI SHAFANIA
858566269
Pada video diatas selain dikembangkan kemampuan motoriknya melalui berlari zig zag, juga melompat pada kegiatan pesan berbisik, anak juga menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru.Pada kegiatan tersebut anak sangat senang sekali karena dapat meningkatkan kerjasama pada anak,melatih kemampuan menyimak,melatih kemampuan mengingat pada anak dan anak lebih percaya diri.Namun ada juga anak yang kurang konsentrasi ksrena kondisi kelas yang ramai dan membutuhkan waktu yang lama.