silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.

Sri Tatminingsih

a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.

b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.

d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.

Rahmawati

Similar Posts

852 Comments

  1. Rangga Nuri amila
    Nim : 877308322
    1.Permainan pesan berbisik di atas di harapkan mampu mengembangkan kemampuan motoriknya melalui berlari zig zag, juga melompat pada kegiatan pesan berbisik, anak juga menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru.
    2.kemampuan berbahasa anak dan pengenalan bahasa dengan mengingat pesan yang diberikan sesuai perintah dan pesan yang di terimanya.
    3. Melatih pendengaran anak, kerjasama kekompakan dan konsentrasi dengan teman

  2. Nama : Syipa Herdianti
    Nim :857535928
    Upbjj Kota Bandung
    Izin menanggapi video ini,video ini sangat menjadi referensi saya sebagai seorang pendidik ,untuk meningkatkan motorik kasar anak dan pengembangan bahasa anak. Selain itu juga dengan cara bermain sambil belajar menjadi kan anak lebih semangat dalam melakukan kegiatan ,meningkatkan sosial emosional anak , kerjasama antar teman nya ,melatih kemampuan anak dalam mengingat dan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak . Terimakasih

  3. Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh…
    Tanggapan saya mengenai vidio pesan berbisik.ini merupakan kegiatan pengembangan motorik kasar dan pengembangan bahasa.kemampuan motorik dan berkembang melalui kegiatan berlari zig zag.permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih asyik dan lebih bervariasi.dan metode yg di gunakan guru sudah sesuai dengan pembelajaran di TK.,karna dapat melakukan beberapa perintah sederhana.
    Trimakasih….

  4. YULIA PUTRI
    NIM : 857777521

    Video singkat di atas sangat memberikan inspirasi khususnya bagi guru PAUD seperti saya. Dalam satu jenis permainan pesan berbisik mengandung beberapa cakupan kemampuan dasar anak yaitu motorik, bahasa, sosial-emosional, dan juga kognitif. Kemampuan motorik yang dikembangkan diperoleh ketika anak berjalan zig-zag dan melompat menirukan gambar katak sesuai kartu yang diambil. Kemampuan bahasa diperoleh ketika anak mengucapkan beberapa kosakata baru sesuai perintah guru. Kemampuan sosial-emosional diperoleh ketika anak berbisik ke temannya dan sikap sportif dalam menerima kemenangan dan kekalahan dalam permainan. Sementara itu, kemampuan kognitif diperoleh ketika anak menyebutkan kata sesuai imajinasinya.

  5. Josika Madelin Zhalikhahrani
    nim : 857654851

    pada vidio di atas menjelaskan tentang permainan kreatif dan edukatif untuk mengembangkan perkembangan motorik kasar dan bahasa pada anak. Pada vidio diperlihatkan permainan pesarn berbisik bercerita dan bercakap-cakap dapat mempertambah berbendaharaan kosakata pada anak. serta permainan melompat seperti katak dan berlari sangan menyenangkan bagi anak untuk di lakukan.
    tak hanya itu permainan seperti ini juga dapat meningkatkan kemampuan seperti sosial emosional dan imajinasi anak.
    saya sangat setuju bila kegiatan ini saya terapkan di sekolah saya.

  6. Nama : Lasriyani
    NIM : 860151968
    Pada Video dalam proses pengembangan kemampuan motorik Anak Usia Dini dengan dengam menggunakan permainan Pesan Berbisik ini sangat bermanfaat karena menunjukkan strategi untuk mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini melalui permainan yang menyenangkan dan interaktif. Saya suka bagaimana video tersebut menunjukkan cara-cara untuk meningkatkan kemampuan motorik anak dengan cara yang kreatif dan menyenangkan.

  7. Nama : NURHIMAYASARI
    Nim : 856826678

    dari video tersebut dapat diketahui bahwa dengan melakukan permainan tersebut menunjukkan pendekatan yang kreatif serta menyenangkan dalam mengembangkan keterampilan motorik anak usia dini. Dengan melalui permainan pesan berbisik ini yang dimodifikasi dengan aktivitas fisik seperti adanya berlari zig-zag, melompat, dan menirukan gerakan dari kartu sangat efektif untuk melatih motorik kasarnya sekaligus juga kemampuan koordinasi anak. sehingga kita sebagai guru/pendidik mendapatkan pembelajaran sekaligus bahan ajar untuk di lembaga kita. Selain itu juga, dengan penggunaan media visual (kartu bergambar) dan interaksi sosial dalam permainan turut merangsang aspek kognitif dan sosial-emosional mereka. Dengan kegiatan seperti ini patut diapresiasi dan dapat dijadikan inspirasi bagi guru PAUD agar pembelajaran menjadi lebih menarik, variatif, dan bermakna bagi anak-anak sekolah.

  8. Nama : NURHIMAYASARI
    Nim : 856826678

    Dari video tersebut dapat diketahui bahwa dengan melakukan permainan tersebut menunjukkan pendekatan yang kreatif serta menyenangkan dalam mengembangkan keterampilan motorik anak usia dini. Dengan melalui permainan pesan berbisik ini yang dimodifikasi dengan aktivitas fisik seperti adanya berlari zig-zag, melompat, dan menirukan gerakan dari kartu sangat efektif untuk melatih motorik kasarnya sekaligus juga kemampuan koordinasi anak. sehingga kita sebagai guru/pendidik mendapatkan pembelajaran sekaligus bahan ajar untuk di lembaga kita. Selain itu juga, dengan penggunaan media visual (kartu bergambar) dan interaksi sosial dalam permainan turut merangsang aspek kognitif dan sosial-emosional mereka. Dengan kegiatan seperti ini patut diapresiasi dan dapat dijadikan inspirasi bagi guru PAUD agar pembelajaran menjadi lebih menarik, variatif, dan bermakna bagi anak-anak sekolah.

  9. Nur Hafazah
    859180253
    Setelah saya menonton video permainan pesan berbisik tersebut, saya melihat anak-anak tampak senang dan semangat mengikuti kegiatan, anak tidak terlihat bosan, mereka belajar sambil bermain. Pesan berbisik yang sudah dimodifikasi merupakan ide yang cemerlang, karna ada kegiatan motoriknya juga. pada umumnya anak-anak lebih suka bergerak dari pada duduk manis, ketika anak-anak bergerak energi yang ada pada diri mereka bisa mereka keluarkan atau salurkan. video ini juga bisa mengispirasi bahwa permainan yang ada sekarang bisa kita modifikasi untuk lebih disesuaikan dengan kondissi anak atau lingkungan, jadi dengan adanya video ini bisa menginspirasi guru-guru untuk membuat permainan yang lebih kreatif lagi.

  10. Pada video tersebut, tampak guru yang melakukan kegiatan bermain bermakna bersama dengan anak-anak. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mengembangkan motorik anak melalui kegiatan kuda bisik. Dimana anak berjalan zig-zag, melakukan gerakan sesuai kartu gambar yang dipilih dan membisikkan kepada temannya. Pada video tampak guru fokus pada kegiatan motorik, tapi ternyata ada perkembangan lain yang juga ikut terstimulasi, yaitu kognitif, bahasa dan sosial emosional anak. Perkembangan kognitif terlihat ketika anak mendapatkan kartu dan membayangkan/ berimajinasi gerakan seperti di gambar. Perkemangan bahasa terlihat pada saat anak membisikkan pesan kepada temannya. Perkembangan sosialnya terlihat ketika mereka saling bekerjasama dalam kelompok masing-masing untuk lebih dulu menyelesaikan pesan. Dan Perkembangan emosionalnya dapat dilatih ketika anak menang (anak diajarkan untuk tetap rendah hati) dan ketika kelompoknya kalah (anak belajar untuk supportif dan tidak saling menyalahkan).
    Berdasarkan video tersebut, dapat disimpulkan bahwa perkembangan dasar pada anak usia dini itu saling berkaitan dan tidak bisa hanya difokuskan pada salah satu perkembangan saja. Perkembangan anak usia dini itu berkembang secara holistik atau menyeluruh.

Leave a Reply