silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.
Sri Tatminingsih
–
–
a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.
b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.
d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.
Rahmawati
Nama : Izzatul Aufa
Nim : 858332702
UT Banjarmasin
Menurut saya, Melalui permainan tersebut dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak dalam mengucapkan berbagai kata atau kalimat, anak juga mampu terbiasa menyampaikan dengan bahasa yang sopan dan jujur. Permainan ini dapat mengetahui kefokusan anak dalam menerima kata atau kalimat yang disampaikan pendidik atau temannya, anak dapat mengulang kalimat sederhana
NAMA : REFTIA AZKA ARINI
NIM: 877805213
Judul Video yang Dipelajari
Permainan Pesan Berbisik
Gerakan Motorik Kasar untuk Anak Usia Dini
Komentar tentang Video Pembelajaran
1. Permainan Pesan Berbisik: Video ini menunjukkan bagaimana permainan pesan berbisik dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan motorik anak. Saya sangat mengapresiasi pendekatan interaktif yang digunakan oleh guru dalam video ini. Permainan ini tidak hanya melibatkan gerakan fisik seperti berlari zig-zag dan melompat, tetapi juga melatih kemampuan anak untuk mendengarkan dan mengikuti instruksi. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar anak, sekaligus memperkuat kemampuan sosial mereka melalui kerja sama dalam kelompok.
2. Gerakan Motorik Kasar untuk Anak Usia Dini: Video ini memberikan contoh gerakan motorik kasar yang dapat dilakukan di dalam maupun di luar ruangan. Saya menemukan bahwa variasi gerakan yang ditunjukkan sangat bermanfaat untuk menjaga minat anak-anak. Selain itu, penjelasan yang jelas dan demonstrasi yang baik membuat guru dan orang tua dapat dengan mudah mengikuti dan menerapkan gerakan tersebut di rumah atau di kelas.
Masukan dan Saran
Variasi Kegiatan: Saya menyarankan agar video-video pembelajaran ini mencakup lebih banyak variasi kegiatan yang dapat dilakukan dengan alat sederhana yang mudah diakses. Misalnya, menggunakan benda-benda di sekitar rumah atau sekolah untuk menciptakan permainan yang menarik.
Durasi Video: Beberapa video mungkin bisa lebih singkat dan fokus pada satu atau dua gerakan spesifik untuk memudahkan pemahaman. Hal ini akan membantu guru dan orang tua untuk lebih mudah mengingat dan menerapkan gerakan tersebut.
Interaksi dengan Anak: Menambahkan segmen di mana guru berinteraksi langsung dengan anak-anak, menunjukkan bagaimana mereka merespons gerakan, akan memberikan gambaran yang lebih baik tentang efektivitas metode yang digunakan.
Manfaat Video Pembelajaran bagi Guru PAUD/TK
Saya percaya bahwa video-video pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi guru-guru PAUD/TK. Berikut adalah beberapa alasan mengapa video ini penting:
Sumber Inspirasi: Video ini memberikan inspirasi bagi guru untuk menciptakan kegiatan yang lebih menarik dan bervariasi dalam pengembangan motorik anak. Dengan melihat contoh nyata, guru dapat mengadaptasi dan mengembangkan metode yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak di kelas mereka.
Peningkatan Keterampilan: Melalui video, guru dapat belajar teknik-teknik baru dan cara-cara yang efektif untuk mengajarkan keterampilan motorik kepada anak-anak. Ini akan membantu mereka dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di kelas.
Aksesibilitas: Video pembelajaran yang tersedia secara online memungkinkan guru untuk mengakses materi kapan saja dan di mana saja. Ini sangat membantu terutama bagi guru yang mungkin tidak memiliki akses ke pelatihan langsung atau workshop.
Kesimpulan
Secara keseluruhan, video-video pembelajaran dari portal Guru Pintar sangat bermanfaat dan relevan bagi pengembangan keterampilan motorik anak usia dini. Dengan pendekatan yang interaktif dan menyenangkan, video ini dapat membantu guru dan orang tua dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik untuk anak-anak. Saya berharap lebih banyak video seperti ini dapat diproduksi untuk mendukung pendidikan anak usi
Nama : Rantinem
NIM : 860060639
Judul Video : “Pesan Berbisik”
Komentar :
Video ini menggambarkan praktik yang sangat baik dalam mengembangkan keterampilan motorik anak usia dini melalui pendekatan yang menyenangkan dan kontekstual. Permainan pesan berbisik yang dimodifikasi menjadi lebih aktif, tidak hanya menstimulasi motorik kasar (berlari zig-zag, melompat, menirukan gerakan), tetapi juga menumbuhkan kerja sama, konsentrasi, serta komunikasi antar anak.
Masukan dan Saran :
• Akan lebih baik jika guru menyisipkan aspek refleksi setelah permainan, seperti mengajak anak menceritakan kembali gerakan yang mereka lakukan, agar pengembangan bahasa dan kognitif juga terasah.
• Dokumentasi kegiatan bisa ditingkatkan kualitasnya agar lebih mudah dipelajari oleh guru lain.
• Permainan bisa dikembangkan dengan variasi lain, seperti rintangan lembut atau aktivitas musik dan gerak, untuk menambah daya tarik dan stimulasi multisensori.
Video seperti Ini sangat di perlu dan bermanfaat karena
• Sebagai Inspirasi Praktik Nyata
Guru-guru PAUD/TK kerap mencari cara kreatif untuk membuat pembelajaran menyenangkan. Video semacam ini memberikan gambaran konkret dan langsung bisa diadaptasi di kelas masing-masing.
• Mendorong Inovasi dalam Pembelajaran
Tidak semua guru PAUD terbiasa menggunakan permainan motorik yang bervariasi. Video ini dapat membuka wawasan tentang pentingnya variasi dalam mengembangkan aspek motorik anak.
• Menjadi Sumber Belajar dan Diskusi Profesional
Video pembelajaran semacam ini dapat menjadi bahan diskusi dalam pelatihan guru, workshop, maupun di kelas perkuliahan PGPAUD.
• Mendukung Guru dalam Dokumentasi Praktik Baik
Video dapat menjadi bukti praktik baik (best practices) yang bisa diarsipkan dan digunakan sebagai portofolio atau inspirasi lintas lembaga.
Jadi video pembelajaran seperti ini sangat bermanfaat bagi guru PAUD karena menyediakan contoh nyata penerapan metode pembelajaran aktif, menyenangkan, dan bermakna. Diharapkan akan semakin banyak video sejenis dengan variasi kegiatan yang berbeda agar menjadi referensi kaya bagi pendidik anak usia dini.
NAMA:Erny yulentini Bara
NIM. : 859330235
Video di atas sangat bermanfaat untuk saya praktekkan dalam pembelajaran anak didik di kelas. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di video tersebut dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak.
Nama : Rantinem
NIM : 860060639
Judul Video : “Pesan Berbisik”
Komentar :
Video ini menggambarkan praktik yang sangat baik dalam mengembangkan keterampilan motorik anak usia dini melalui pendekatan yang menyenangkan dan kontekstual. Permainan pesan berbisik yang dimodifikasi menjadi lebih aktif, tidak hanya menstimulasi motorik kasar (berlari zig-zag, melompat, menirukan gerakan), tetapi juga menumbuhkan kerja sama, konsentrasi, serta komunikasi antar anak.
Masukan dan Saran :
• Akan lebih baik jika guru menyisipkan aspek refleksi setelah permainan, seperti mengajak anak menceritakan kembali gerakan yang mereka lakukan, agar pengembangan bahasa dan kognitif juga terasah.
• Dokumentasi kegiatan bisa ditingkatkan kualitasnya agar lebih mudah dipelajari oleh guru lain.
• Permainan bisa dikembangkan dengan variasi lain, seperti rintangan lembut atau aktivitas musik dan gerak, untuk menambah daya tarik dan stimulasi multisensori.
Video seperti ini sangat diperlukan dan bermanfaat karena :
• Sebagai Inspirasi Praktik Nyata
Guru-guru PAUD/TK kerap mencari cara kreatif untuk membuat pembelajaran menyenangkan. Video semacam ini memberikan gambaran konkret dan langsung bisa diadaptasi di kelas masing-masing.
• Mendorong Inovasi dalam Pembelajaran
Tidak semua guru PAUD terbiasa menggunakan permainan motorik yang bervariasi. Video ini dapat membuka wawasan tentang pentingnya variasi dalam mengembangkan aspek motorik anak.
• Menjadi Sumber Belajar dan Diskusi Profesional
Video pembelajaran semacam ini dapat menjadi bahan diskusi dalam pelatihan guru, workshop, maupun di kelas perkuliahan PGPAUD.
• Mendukung Guru dalam Dokumentasi Praktik Baik
Video dapat menjadi bukti praktik baik (best practices) yang bisa diarsipkan dan digunakan sebagai portofolio atau inspirasi lintas lembaga.
Jadi video pembelajaran seperti ini sangat bermanfaat bagi guru PAUD karena menyediakan contoh nyata penerapan metode pembelajaran aktif, menyenangkan, dan bermakna. Diharapkan akan semakin banyak video sejenis dengan variasi kegiatan yang berbeda agar menjadi referensi kaya bagi pendidik anak usia dini.
Assalamu’alaikum wr.wb
Nama :Rahmayanti
Nim :836044757
Video diatas sangat menginspirasi kami, dan dapat menjadi contoh untuk diterapkan di lembaga kami, dengan permainan pesan berbisik perkembangan motorik kasar anak dapat lebih berkembang.
Nama : Defi Ratnasari
NIM : 856854082
Judul Video : “Pesan Berbisik”
Komentar :
Video ini menggambarkan praktik yang sangat baik dalam mengembangkan keterampilan motorik anak usia dini melalui pendekatan yang menyenangkan dan kontekstual. Permainan pesan berbisik yang dimodifikasi menjadi lebih aktif, tidak hanya menstimulasi motorik kasar (berlari zig-zag, melompat, menirukan gerakan), tetapi juga menumbuhkan kerja sama, konsentrasi, serta komunikasi antar anak. dengan permainan berbisik ini dapat mengasah perkembangan bahasa anak.Video di atas juga sangat bermanfaat untuk dijadikan referensi dalam pembelajaran anak didik di kelas.
Nama: Yenni Destina Manungkalit
Nim: 859896712
Prodi: PG PAUD
Sem: 9
UPBJJ : Medan
SALUT: Tapanuli Selatan
Dalam video GPO tentang pengembangan motorik kasar dan motorik halus anak melalui kegiatan yang dilakukan pada video pembelajaran di atas sangat tepat, namun guru harus ekstra dalam melakukan pengawasan terhadap anak , agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan ketika anak berada di luar untuk bermain bebas bersama dengan teman sebayanya.
Melalui kegiatan berlari zig zag , melompat menirukan gerakan katak ,mendengar cerita melalui metode boneka tangan serta permainan pesan berisik anak bermain sambil belajar mendengarkan, belajar berbicara, belajar mengkoordinasikan mata, telinga, mulut, tangan dan kaki anak secara keseluruhan.
Video ini sangat inspiratif dan memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana permainan sederhana seperti pesan berbisik dapat dimanfaatkan secara efektif untuk mengembangkan motorik kasar dan kemampuan bahasa anak usia dini. Saya sangat mengapresiasi kreativitas guru dalam menggabungkan aktivitas fisik seperti berlari zig-zag dan melompat dengan stimulasi bahasa melalui pesan berbisik. Pendekatan ini tidak hanya membuat anak-anak aktif bergerak, tetapi juga melatih konsentrasi dan kemampuan komunikasi mereka secara menyenangkan.
Secara keseluruhan, video ini memberikan contoh praktik pembelajaran yang kreatif dan efektif, sangat bermanfaat bagi para pendidik PAUD untuk mengembangkan metode pembelajaran yang variatif dan menyenangkan bagi anak-anak.
Nama : siti masriani
Menurut saya, Melalui permainan tersebut dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak dalam menyampaikan berbagai kata atau kalimat, anak juga mampu terbiasa menyampaikan dengan bahasa yang sopan dan jujur. Permainan ini dapat mengetahui fokus anak dalam menerima kata atau kalimat yang disampaikan pendidik atau temannya, anak dapat mengulang kalimat sederhana